Mau pernikahan irit di zaman now? Cobain deh merencanakan pernikahan sendiri.

Pada zaman now dimana semua serba mahal, kamu masih bisa merencanakan pernikahan sendiri biar lebih irit lho. Penasaran gimana caranya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mau Nikah tapi Gak Mau Boros?

Pernikahan identik dengan biaya yang sangat besar dan mewah. Namanya pernikahan, sebuah momen penting yang sakral, tentunya ingin diadakan semegah dan semewah mungkin.

IRIT! Cara Merencanakan Pernikahan Sendiri Supaya Makin Lengket Bareng Doi 02 Sandra Dewi Wedding - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

Tapi kamu juga harus ingat bahwa pernikahan barulah awal kehidupan bersama pasangan. Kamu akan memasuki dunia pernikahan sesaat setelah resepsi pernikahan, dan sayangnya kenyataan pahit akan langsung bermunculan, contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Perabot rumah belum dibeli, butuh berapa juta ya?
  2. Waduh, butuh mobil nih untuk pergi ke kantor dan antar istri.
  3. Mau punya anak tahun depan? #uangdarimana

 

Kebutuhan setelah menikah masih banyak lho, jadi jangan sembarangan memboroskan uang pada resepsi pernikahan.

Jadi bagaimana solusinya agar pernikahan bisa irit tapi tetap lengket sama si doi?

Salah satu caranya adalah dengan merencanakan pernikahan sendiri. Jadi, jangan apa-apa mengandalkan wedding organizer (WO).

WO memang sangat membantu dalam mengkoordinir acara pentingmu itu, tapi satu hal yang perlu kamu tahu adalah jasanya tidak pernah gratis.

Tidak percaya? Belum lama ini, saya menemani teman saya ke pameran pernikahan dan memperoleh daftar harga dari beberapa wedding organizer ternama.

Ternyata harganya fantastis juga loh, berkisar antara 10 hingga 25 juta rupiah. Harga ini baru berupa jasa perencana pernikahannya saja loh, belum termasuk kebutuhan pernikahan dan vendor lainnya.

Jadi, kalau kamu berniat menghemat 10 hingga 25 juta rupiah ini, salah satu solusinya adalah dengan merencanakan pernikahanmu sendiri bareng pasangan.

Selain bisa menghemat uang, tentunya aktivitas merencanakan pernikahan ini bisa bikin kamu makin lengket sama si doi bukan?

Nah, bagaimana sih cara merencanakan pernikahan sendiri itu? Jangan stres atau panik dulu, Finansialku sudah merangkum cara mudahnya berikut ini:

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

IRIT: Cara Merencanakan Pernikahan Sendiri

Waktu akan menikah pada tahun 2015 dulu, saya berencana merencanakan pernikahan sendiri bersama pasangan. Namun sayangnya keluarga dan teman-teman semuanya tidak sependapat.

Mereka menjelaskan bahwa saya akan terlalu sibuk menyiapkan hal lain sehingga pastinya akan terbengkalai.

Belum lagi pada hari resepsinya, semua orang bilang bahwa saya akan sibuk menjalani prosesi pernikahan. Mana sempat mengurus ini itu?

IRIT! Cara Merencanakan Pernikahan Sendiri Supaya Makin Lengket Bareng Doi 03 Pasangan Asia - Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Mendengar hal ini saya dan pasangan langsung panik dan mencari jasa wedding organizer (WO). Kami pun merekrut wedding organizer ‘A’ dengan reputasi baik.

Memang betul wedding organizer sangat membantu perencanaan pernikahan kami, terutama pada hari resepsi. Namun setelah acara pernikahan beres kami agak menyesali keputusan ini.

Tentunya karena tagihannya muncul dengan nilai yang cukup fantastis.

Kami menyadari bahwa wedding organizer sebenarnya bisa diakali sih. Untuk perencanaan, saya dan pasangan yakin kami bisa melakukannya sendiri. Bahkan, meski dengan bantuan wedding organizer kami banyak melakukan pemesanan vendor sendiri.

Sedangkan untuk hari H, kami juga menyadari bahwa banyak teman dan kerabat yang bisa dimintai bantuan. Sehingga harga yang kami bayarkan terasa sangat sayang sekali.

Namun ini kisah kami, yang berlalu biarlah berlalu. Kini kami disini untuk mengingatkan kamu agar tidak mendapat penyesalan yang sama dengan kami. Caranya adalah dengan merencanakan pernikahan kamu sendiri.

Tidak perlu cemas, merencanakan pernikahan sendiri tidak seseram itu kok. Nih beberapa cara untuk merencanakan pernikahan sendiri agar tetap lancar dan irit:

 

#1 Mulai Buat List Kebutuhan Pernikahan

Langkah pertama yang menjadi penentu seberapa besar anggaran pernikahanmu adalah membuat list kebutuhan pernikahan.

Tentukan dahulu seberapa besar budget pernikahan dan apa saja kebutuhan pernikahanmu berikut vendor-vendor yang memungkinkan dan sesuai dengan anggaran tersebut.

Beberapa kebutuhan pernikahan standar yang digunakan antara lain:

 

#1 Tempat (Venue) dan Dekorasi

Kamu dapat memilih tempat mulai dari hotel, gedung serba guna, hingga aula pertemuan yang biasa digunakan untuk acara. Tanyakan apakah dekorasi sudah termasuk paket sewa tempat atau tidak, jika belum kamu dapat mencari jasa dekorasi terpisah.

 

#2 Jasa Katering

Hitunglah jumlah tamu yang ingin diundang baik saudara maupun teman, karena hal ini mempengaruhi biaya makanan. Kamu dapat menentukan jasa katering yang sesuai dengan tema pernikahan kamu dan menu yang diinginkan.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Undangan

Buat undangan yang sesuai dengan budget dan sesuai jumlah tamu yang telah ditentukan sebelumnya.

 

#4 Hand Bouquet dan Corsage

Meski kelihatannya sederhana, bunga tangan atau hand bouquet tidak boleh terlewatkan pada hari bahagia ini. Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah corsage yakni bunga yang disematkan pada pakaian keluarga.

 

#5 Souvenir

Souvenir merupakan suatu pilihan, karena souvenir sudah jarang digunakan akhir-akhir ini. Jika kamu menginginkannya, pilihlah souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.

 

#6 Baju dan Jas Pengantin

Pilihan baju dan jas pengantin cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan budget. Contohnya adalah kamu dapat membelinya, menyewa, atau bahkan membuat baju sesuai keinginan kamu.

 

#7 Rias Pengantin

Rias pengantin adalah salah satu kebutuhan pernikahan yang dapat dihemat, mulai dari menggunakan jasa teman sebagai Make Up Artist, atau biasanya sudah disediakan di bridal tempat kamu menyewa baju pengantin.

 

#8 Fotografi dan Videografi

Tentukan jasa fotografi dan videografi yang kamu inginkan, usahakan dari vendor yang sama untuk menghemat biaya.

 

#9 MC dan Music Entertainment

Kamu juga perlu mencari MC dan hiburan musik untuk mengisi acara kamu.

 

#10 Cake

Kamu tentunya juga ingin ada prosesi potong kue pengantin bukan? Jadi, jangan lupa merencanakan anggaran untuk kue pengantin ini ya.

 

Untuk membantu pencatatan dan ingatanmu, buatlah checklist kebutuhan pernikahan, sebagai contohnya seperti ini:

Checklist

Deadline

Check Jika Sudah Dilakukan

Pernikahan checklist: 12 bulan sebelum hari pernikahan

 

 

Beritahu berita baik kepada keluarga dan teman. Jika orang tua belum melihat satu sama lain, mengatur waktu agar mereka bertemu. Mengeksplorasi cara untuk mengumumkan pertunangan Anda.

 

 

Memutuskan pada pernikahan dan keterlibatan anggaran Anda untuk memastikan semuanya berjalan benar.

 

 

Menentukan pernikahan tanggal, waktu, tempat, tema, dan lain-lain.

 

 

Menginformasikan tamu penting, pejabat dan cadangan lokasi untuk pernikahan Anda.

 

 

Memilih cincin kawin Anda

 

 

Menyusun daftar awal tamu sehingga kemudian Anda akan menghemat banyak waktu dalam undangan perencanaan.

 

 

Mengatur pertunangan Anda.

 

 

Pernikahan checklist: 9-12 bulan sebelum hari pernikahan

 

 

Mempersiapkan daftar tamu pernikahan penuh. 

 

 

Pilih rombongan pengantin Anda dan gaun mereka dan urutan penanggung jawab pakaian.

 

 

Memesan katering dan mengatur dekorasi, selimut kursi dan linen.

 

 

Memesan fotografer, videografer, DJ, penghibur atau band.

 

 

Menyelesaikan rincian upacara dan agama persyaratan dengan officiant Anda. 

 

 

Memesan bunga Anda, kue, dan item penyewaan dari perusahaan rental.

 

 

Menemukan akomodasi untuk tamu Anda jika diperlukan.

 

 

Mulai membuat nikmat pernikahan Anda sendiri sekarang.

 

 

Mulailah untuk membuat rencana tentang bulan madu Anda.

 

 

Pernikahan checklist: 6-8 bulan sebelum hari pernikahan

 

 

Pilih pakaian pengantin perempuan dan laki-laki.

 

 

Konfirmasi pakaian pesta pengantin anggota.

 

 

Konfirmasi daftar tamu pernikahan. 

 

 

Mulai membuat kartu undangan pernikahan Anda sendiri . 

 

 

Menyelesaikan hari pernikahan katering dengan hotel. 

 

 

Cadangan dan musisi Solo untuk upacara Anda. Anda dapat memilih beberapa besar lagu pernikahan sendiri.

 

 

Memilih pakaian untuk ibu pengantin perempuan dan ibu dari pengantin laki-laki dan memesan pakaian pernikahan laki-laki.

 

 

Check perkawinan persyaratan lisensi

 

 

Pernikahan checklist: 4-5 bulan sebelum hari pernikahan

 

 

Memesan kamar hotel untuk malam pernikahan 

 

 

Pilih bunga untuk memutuskan bunga dan karangan bunga. 

 

 

Shop untuk cincin kawin.

 

 

Pernikahan checklist: 2-3 bulan sebelum hari pernikahan

 

 

Mengirimkan kartu undangan pernikahan.

 

 

Konfirmasi pemesanan kamar untuk tamu luar kota. 

 

 

Jadwal untuk akhir pernikahan gaun pas. 

 

 

Membuat buku tamu pernikahan foto. 

 

 

Memutuskan janji pernikahan Anda atau menulis Anda sendiri.

 

 

Menyelesaikan menu resepsi.

 

 

Mengkonfirmasi rincian pernikahan dengan musisi dan pendeta atau officiant.

 

 

Pembelian hadiah untuk orang tua dan penjawab.

 

 

Pernikahan checklist: 3-4 minggu sebelum

 

 

Panggilan atas semua tamu untuk mengkonfirmasi kehadiran. 

 

 

Konfirmasi hotel, menu, florist, fotografer/videografer, penghibur dan make-up artist. 

 

 

Menyelesaikan rencana bulan madu Anda. 

 

 

Berlaku untuk lisensi pernikahan.

 

 

Rencana makan malam latihan. Pelajari cara membuat latihan makan malam undangan.

 

 

Pernikahan checklist: 1-2 minggu sebelum

 

 

Menyelesaikan tempat duduk grafik dan tempat kartu. 

 

 

Membuat hadiah pesta pengantin untuk penjawab/pengiring pria/pengiring pengantin. 

 

 

Periksa dan pastikan semua aksesoris siap. 

 

 

Mendapatkan persiapan untuk bulan madu dan mengkonfirmasi pengaturan perjalanan.

 

 

Pernikahan checklist: hari sebelum hari pernikahan

 

 

Berlatih upacara dengan officiant, pembawa acara dan pesta pernikahan.

 

 

Bersantai diri Anda! Pergi tidur lebih awal untuk memiliki istirahat yang baik.

 

 

Pernikahan checklist: hari pernikahan besar

 

 

Makan sesuatu untuk memastikan bahwa Anda memiliki energi yang cukup. 

 

 

Mengambil mandi, memperbaiki rambut Anda dan melakukan make-up 2-3 jam di muka. 

 

 

Dapatkan gaun Anda selesai 1,5 jam sebelum upacara pernikahan. 

 

 

Pastikan foto dan video yang direncanakan untuk diambil.

 

 

Pernikahan checklist: setelah pernikahan

 

 

Membuat daftar hadiah dan mengirim tanda terima kasih kartu pernikahan.

 

 

Mengatur untuk pembersihan dan pemeliharaan gaun Anda.

 

 

Mengatur foto dan video pernikahan Anda dan membuat kenang-kenangan, seperti pernikahan DVD slideshow atau lembar memo pernikahan.

 

 

 

#2 Mengalokasikan Anggaran Dana Pernikahan

Setelah kamu membuat list kebutuhan, langkah selanjutnya adalah mengalokasikan anggaran tersebut. Tahap kedua ini terdiri dari beberapa langkah:

  1. Menentukan budget,
  2. Menentukan jumlah tamu yang akan diundang
  3. Mengalokasikan budget agar dapat memenuhi semua kebutuhan resepsi

 

*Tips dalam mengalokasikan anggaran: Mulailah dari prioritas tertinggi terlebih dahulu.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Finansialku akan memberikan sebuah contoh alokasi anggaran pernikahan sederhana untuk memudahkan kamu. Misalkan Kamu menentukan anggaran pernikahan sebesar 60 juta, kemudian memutuskan jumlah tamu adalah sebanyak 200 undangan (400 orang), maka:

No.

Kebutuhan Pernikahan

Rincian

Anggaran

(dalam Rupiah)

1

Tempat: gedung serba guna

Termasuk biaya kebersihan dan keamanan

10.000.000

2

Dekorasi terpisah

Termasuk dekorasi pelaminan, dekorasi kamar pengantin, dan buket bunga

8.000.000

3

Bridal: rias dan sewa baju dan jas pengantin

Termasuk rias kedua orang tua pengantin

10.000.000

4

Jasa catering terpisah

Termasuk 5 menu buffet dan 2 dessert dan 2 minuman untuk 200 undangan (400 orang)

20.000.000

5

Fotografi dan Videografi

12 jam fotografi dan liputan videografi

4.000.000

6

Undangan

Soft cover dengan harga @5.000

1.000.000

7

Souvenir

Buku notes dengan harga @2.000

400.000

8

MC dan Music Entertainment

3 jam MC dan 4 jam music entertainment

4.500.000

Total

57.900.000

*jumlah tamu: 200 undangan (± 400 orang)

 

#3 Merencanakan Biaya Pernikahan

Langkah ketiga yakni mulai mempersiapkan dananya. Seperti telah diungkapkan sebelumnya, jika tidak dipersiapkan #uangdarimana?

Daripada berujung utang dan memasuki dunia pernikahan dengan rasa stres dan bersalah, lebih baik segera buat perencanaan dana lamaran pernikahan kamu.

IRIT! Cara Merencanakan Pernikahan Sendiri Supaya Makin Lengket Bareng Doi 04 Pasangan Asia 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Nah, untuk merencanakan biaya ini pertama-tama kamu harus menentukan tanggal pernikahan. Dengan demikian kamu bisa tahu berapa lama waktu yang kamu miliki untuk menyiapkan pernikahan beserta biayanya.

Kemudian kamu bisa memanfaatkan tools perencana keuangan yang sudah banyak beredar di pasaran. Namun kami sangat menyarankan aplikasi Finansialku, mengapa?

  1. Kamu bisa mengunduhnya secara GRATIS.
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan.
  3. Kamu bisa menghitung dan merencanakan dana pendidikan dengan mudah disini.

 

Nah, tunggu apa lagi, berikut tutorial perencanaan dana lamaran pernikahan dengan aplikasi Finansialku:

  1. Jika kamu pengguna baru silakan klik link di bawah ini atau download di Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

  1. Selanjutnya, masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”
  2. Lalu pilih menu “Dana Rencana Pernikahan”
  3. Input/masukkan data
  4. Klik “Hitung”
  5. Maka akan langsung muncul hasil perhitungan dana yang harus mulai disiapkan per periodenya untuk mengumpulkan seluruh dana lamaran pernikahan kamu.

 

#4 Mulai Membuat Rencana Rangkaian Acara

Sampailah kita ke tahap keempat yaitu mulai membuat rangkaian acara resepsi pernikahanmu. Caranya adalah dengan mengintip susunan acara orang lain dan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu dan pasangan.

Kemudian mulailah atur jadwalnya dengan pembagian waktu yang masuk akal dan tidak terlalu mepet.

Adapun contoh sepenggal rangkaian acara adalah sebagai berikut ini:

IRIT! Cara Merencanakan Pernikahan Sendiri Supaya Makin Lengket Bareng Doi 05 Rangkaian Acara Pernikahan - Finansialku

Penggalan Rangkaian Acara Pernikahan

 

#5 Catat dan Arsipkan Segalanya

Dalam merencanakan pernikahan sendiri, penting untuk memiliki sistem pencatatan yang baik dan rapi. Dengan demikian kamu tidak akan melupakan hal-hal terkecil sekalipun.

Adapun beberapa hal penting yang harus kamu catat dan arsipkan adalah setiap kebutuhan pernikahan, mulai dari:

  • Keuangan: uang muka vendor, tanggalnya, tanggal kapan harus dilunasi, metode pembayarannya, nomor rekeningnya. Arsipkan juga setiap invoice dan tanda terimanya.
  • Checklist: berisi setiap kebutuhan pernikahan.
  • Informasi vendor: foto atau draft atau contoh bahan yang diperoleh dari vendor.
  • Rundown acara, dan sebagainya.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Nah, setelah melakukan 5 tahap tadi maka kamu dan pasangan sudah siap mempersiapkan pernikahan kalian. Setelah kamu menentukan semua kebutuhannya dan mencatatnya, kini tinggal bertemu vendor dan membuat perencanaan lebih lanjut.

Mulai dari menentukan tema, melihat dan merevisi draft desain, memberi persetujuan, hingga mengingatkan vendor akan setiap deadline mereka.

Jangan lupa juga membeli kebutuhan-kebutuhan kecil seperti cincin nikah, kemudian perintilan kecil-kecil yang memang kamu butuhkan pada hari H.

 

Ternyata Merencanakan Pernikahan Sendiri itu Tidak Mustahil

Bagaimana? Ternyata tidak mustahil kan merencanakan pernikahan sendiri bareng pasanganmu? Kamu hanya perlu lebih bersabar dan teliti, karena semuanya harus kamu kerjakan berdua bersama pasangan.

Tapi tentunya beraktivitas berdua ini menjadi sebuah proses perkenalan lebih jauh dengan pasangan, sehingga bisa mendekatkan kamu dengan pasangan.

Kamu juga bisa lebih mengenal karakter pasanganmu dalam proses ini, menarik bukan?

Agar keuanganmu dapat terencana dengan baik kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Apakah kamu sedang merencanakan pernikahan? Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai cara merencanakan pernikahan sendiri lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu kamu.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu, semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Merencanakan Pernikahan. Id.wikihow.com – https://goo.gl/k2jmiM
  • Admin. Checklist pernikahan – Wedding Timeline untuk perencanaan pernikahan yang sempurna. Wondershare.com – https://goo.gl/2wnAsq
  • Asti07469. Susunan Acara Akad Nikah Dan Resepsi. Scribd.com – https://goo.gl/ZPfBMN

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan Sendiri – https://goo.gl/HRNw6x
  • Sandra Dewi Wedding – https://goo.gl/2qqNbU
  • Pasangan Asia – https://goo.gl/92SNHf
  • Pasangan Asia 2 – https://goo.gl/pzrWgf