Bagaimana cara mengatur anggaran dana pernikahan dan cara menghemat biaya pernikahan yang sesuai dengan budget Anda? Pernikahan menjadi sebuah cita-cita bagi banyak orang, namun pernikahan selalu identik dengan resepsi yang mahal dan boros. Pernikahan tak harus jutaan rupiah, mari kita hitung anggaran dana pernikahan dan ikuti cara menghemat biaya pernikahan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pernikahan Adalah Awal, Bukan Akhir

Mungkin Anda merasa bahwa pernikahan adalah tujuan hidup, akhir dari perjalanan mencari pasangan. Namun nyatanya pernikahan barulah awal kehidupan Anda bersama pasangan.

Oleh karena itu, hendaklah Anda bersikap bijak dalam menghitung anggaran dana pernikahan dan menghemat biaya pernikahan agar dapat memulai pernikahan dengan baik.

Finansialku akan menunjukkan bahwa pernikahan tak harus jutaan rupiah, mari kita hitung anggaran dana pernikahan dan ikuti cara menghemat biaya pernikahan.

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas]

 

#1 Tentukan Anggaran dan Membuat Daftar Kebutuhan Pernikahan

Langkah pertama yang menjadi penentu anggaran pernikahan Anda adalah membuat daftar kebutuhan pernikahan. Tentukan dahulu seberapa besar anggaran pernikahan dan apa saja kebutuhan pernikahan Anda berikut vendor-vendor yang memungkinkan dan sesuai dengan anggaran Anda. Beberapa kebutuhan pernikahan standar yang digunakan antara lain:

  1. Tempat (Venue) dan Dekorasi. Anda dapat memilih tempat mulai dari hotel, gedung serba guna, hingga aula pertemuan yang biasa digunakan untuk acara. Tanyakan apakah dekorasi sudah termasuk paket sewa tempat atau tidak, jika belum Anda dapat mencari jasa dekorasi terpisah.
  2. Jasa Catering. Hitunglah jumlah tamu yang ingin diundang baik saudara maupun teman, karena hal ini mempengaruhi biaya makanan. Anda dapat menentukan jasa catering yang sesuai dengan tema pernikahan Anda dan menu yang diinginkan.
  3. Susunan Acara. Tentukan susunan acara berikut seluruh kebutuhannya, misalkan acara lempar bunga, maka siapkan buket bunganya.
  4. Undangan. Buat undangan yang sesuai dengan budget dan sesuai jumlah tamu yang telah ditentukan sebelumnya.
  5. Souvenir. Souvenir merupakan suatu pilihan, karena souvenir sudah jarang digunakan akhir-akhir ini. Jika Anda menginginkannya, pilihlah souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.
  6. Baju dan Jas Pengantin. Pilihan baju dan jas pengantin cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan budget. Contohnya adalah Anda dapat membelinya, menyewa, atau bahkan membuat baju sesuai keinginan Anda.
  7. Panitia. Anda dapat menggunakan panitia atau wedding organizer atau mengatur pernikahan Anda sendiri.
  8. Rias pengantin. Rias pengantin adalah salah satu kebutuhan pernikahan yang dapat dihemat, mulai dari menggunakan jasa teman sebagai Make Up Artist, atau biasanya sudah disediakan di bridal tempat Anda menyewa baju pengantin.
  9. Fotografi dan Videografi. Tentukan jasa fotografi dan videografi yang Anda inginkan, usahakan dari vendor yang sama untuk menghemat biaya.
  10. MC dan Music Entertainment. Anda juga perlu mencari MC dan hiburan musik untuk mengisi acara Anda.

 

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

#2 Mengatur dan Mengalokasikan Anggaran Dana Pernikahan

Setelah Anda menentukan anggaran dan membuat daftar kebutuhan, langkah selanjutnya adalah mengalokasikan anggaran tersebut. Mulailah dari prioritas tertinggi terlebih dahulu.

Finansialku akan memberikan sebuah contoh alokasi anggaran pernikahan sederhana untuk memudahkan Anda. Misalkan Anda menentukan anggaran pernikahan sebesar Rp50 juta, maka dapat dialokasikan sebagai berikut:

NoKebutuhan PernikahanRincianAnggaran (Rp)
1Tempat: gedung serba gunaTermasuk biaya kebersihan dan keamanan3.000.000
2Dekorasi terpisahTermasuk dekorasi pelaminan, dekorasi kamar pengantin, dan buket bunga8.000.000
3Bridal: rias dan sewa baju dan jas pengantinTermasuk rias kedua orangtua pengantin10.000.000
4Jasa catering terpisahTermasuk 5 menu buffet, 2 dessert dan 2 minuman untuk 200 undangan (400 orang)20.000.000
5Fotografi dan Videografi16 jam fotografi dan liputan videografi2.000.000
6UndanganSoft cover dengan harga @Rp5.0001.000.000
7SouvenirBuku notes dengan harga @Rp2.000400.000
8MC dan Music Entertainment3 jam MC dan 4 jam music entertainment2.500.000
TOTAL46.900.000

*Jumlah tamu: 200 undangan (± 400 orang)

 

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

#3 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan cenderung mahal meskipun Anda sudah mengalokasikannya sedemikian rupa, maka banyak pasangan yang menunda pernikahan karena beban finansial tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya beberapa penghematan yang dapat mempengaruhi anggaran dana pernikahan secara signifikan, antara lain:

  1. Mengurangi jumlah tamu. Pernikahan adalah acara yang penuh keakraban, hingga tidak perlu mengundang terlalu banyak orang. Undanglah keluarga dan kerabat dekat yang akan membuat momen pernikahan semakin berkesan.
  2. Pilihlah hari kerja. Menikah pada hari kerja akan menghemat beberapa biaya, seperti contohnya biaya sewa gedung yang ditawarkan lebih murah pada hari biasa daripada akhir pekan.
  3. Mengatur pernikahan sendiri. Aturlah pernikahan Anda sendiri untuk menghemat biaya panitia atau wedding organizer.
  4. Sewa gaun daripada membeli. Gaun pengantin hanya akan digunakan satu kali saja, sehingga tidak ada gunanya jika Anda membelinya. Pertimbangkan pula designer baru yang harganya masih terjangkau daripada designer
  5. Tentukan prioritas. Pilihlah beberapa kebutuhan pernikahan yang menurut Anda penting dan Anda dapat mengalokasikan sisa anggaran Anda pada bagian itu dan menghemat kebutuhan pernikahan yang menurut Anda kurang penting.
  6. Dekorasi pelaminan sendiri. Dekorasi pelaminan masa kini semakin sederhana dan berbeda dengan dekorasi tradisional. Anda dapat mempertimbangkan untuk mendekorasi sendiri untuk menghemat biaya sewa jasa dekorasi.
  7. Manfaatkan keterampilan teman dan kerabat. Jika Anda memiliki kerabat atau teman dengan keterampilan tertentu, misalkan fotografi, tidak ada salahnya menggunakan jasa teman untuk menghemat biaya.
  8. Tidak perlu mewah, yang penting berkesan. Pesta pernikahan tidak perlu besar-besaran dan mewah, Anda dapat membuatnya tetap sederhana namun menjadi momen berkesan bersama keluarga dan kerabat terdekat Anda.

 

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Buat Biaya Pernikahan Lebih Baik Invest Emas atau Reksa Dana?]

 

Pernikahan Tidak Harus Mahal

Hilangkan anggapan bahwa pernikahan itu mahal dan boros. Anda dapat mewujudkan pernikahan impian Anda dengan anggaran terbatas hanya dengan mengaplikasikan beberapa cara menghemat biaya pernikahan yang telah dijabarkan sebelumnya. Jadikan momen pernikahan Anda bahagia dan berkesan, bukannya mewah dan menimbulkan stress pada akhirnya.

 

Apakah Anda mengetahui cara menghemat biaya pernikahan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Risma Prismayani. 3 Februari 2016. Anggaran Menikah dibawah Rp 50juta? Bisa! Qmfinancial.com – https://goo.gl/tvSuHJ
  • Duit Pintar. 4 September 2015. Bujet Nikah Cuma 50 Juta? Nih, Tips Bikin Resepsi Pernikahan Murah tapi Tetap Megah! Duitpintar.com – https://goo.gl/pp93Vj
  • Siantita Novaya. 6 Desember 2016. Menikah Tak Harus Ratusan Juta, Ini 10 Cara Ampuh Menghemat Dana! Idntimes.com – https://goo.gl/qCqj9x

 

Sumber Gambar:

  • Hiasan Pernikahan – https://goo.gl/FPCQbl
  • Bride – https://goo.gl/2b6wiQ
  • Pernikahan – https://goo.gl/5h4bOK dan https://goo.gl/IHkGHc
  • Groom and Bride – https://goo.gl/s5OMnZ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang