Apakah Anda banyak mendapat undangan pernikahan di luar kota? Sebelum menghadirinya, pasti Anda sudah kebingungan karena banyaknya biaya yang harus disediakan mulai dari biaya perjalanan, akomodasi, hingga hadiah pernikahan. Mari kita lihat bagaimana cara menghadiri pernikahan di luar kota dengan anggaran terbatas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pernikahan Luar Kota Menghabiskan Banyak Uang

Besar kemungkinan Anda memperoleh banyak undangan pernikahan luar kota karena beragamnya kampung halaman teman-teman Anda. Selain itu, akhir-akhir ini muncul trend pernikahan di Bali sehingga meningkatkan probabilitas undangan pernikahan luar kota.

Anda tentunya merasa kesulitan menghemat anggaran untuk menghadirinya, namun ternyata menghadiri pernikahan luar kota belum tentu mahal. Melalui artikel ini, Finansialku akan memberi beberapa tips untuk membatasi anggaran untuk menghadiri pernikahan di luar kota.

Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Traveller, Hati-Hati Tukarkan Mata Uang Jika Mau Berlibur ke Luar Negeri]

 

#1 Menghemat Anggaran Makan

Sesuai dengan tradisi, umumnya beberapa pengantin akan mengadakan makan malam sehari sebelum pernikahan dengan keluarga dan kerabat. Dengan demikian, Anda dapat menghemat anggaran makan jika Anda hadir sehari sebelumnya dan pulang keesokan pagi setelah resepsi dilakukan. Anda hanya perlu membayar sarapan dan satu kali makan siang.

Jika Anda beruntung, biasanya pengantin juga akan mengajak Anda makan bersama saat Anda baru tiba sebagai tanda terima kasih mereka.

Salah satu tips lainnya adalah hindari memesan makanan di hotel. Harga makanan dan pajak di hotel jauh lebih mahal daripada harga makanan normal, bahkan bisa mencapai 3 kali lipat. Sebaiknya Anda mencari makan di luar hotel sambil menikmati pemandangan kota daripada hanya berdiam diri di hotel.

Life Goal! Kunjungi 5 Pulau Terindah di Indonesia Sebelum Ajal Memanggil 03 - Finansialku

[Baca Juga: Life Goal! Kunjungi 5 Pulau Terindah di Indonesia Sebelum Ajal Memanggil]

 

#2 Hindari Membeli Apapun di Hotel

Jika Anda membutuhkan atau menginginkan sesuatu, seperti cemilan di siang hari, jangan sampai Anda membelinya di hotel. Sebagai contoh harga cokelat atau kacang pada mini bar hotel bisa mencapai 5 kali lipat dari harga di supermarket terdekat.

Selain itu, pastikan Anda membawa perlengkapan lengkap seperti sikat gigi dan odol, peralatan mandi, sunscreen atau semprotan serangga. Peralatan mandi atau sunscreen umumnya disediakan oleh pihak hotel, namun beberapa item atau tambahan item biasanya dikenakan biaya tambahan oleh pihak hotel.

Dengan persiapan yang lebih matang, Anda dapat menghindari beberapa biaya tambahan yang sebetulnya tidak penting.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Hindari Memberi Hadiah Pernikahan

Jika undangan pernikahan yang Anda terima berada di dalam kota, Anda dapat memberikan hadiah berupa benda yang memiliki kesan lebih dalam. Namun jika pernikahan tersebut diselenggarakan di luar kota, sebaiknya Anda menghindari hadiah pernikahan dan memberikan angpao berisi uang saja. Mengapa demikian?

Alasan pertama adalah menghindari banyaknya barang yang harus Anda bawa. Dengan perjalanan singkat tentunya Anda ingin membawa barang sesedikit dan sepraktis mungkin. Alasan kedua adalah, hadiah berupa uang umumnya lebih dihargai oleh pengantin dan keluarga.

Karena mereka dapat memilih sendiri barang yang mereka butuhkan. Lalu berapa banyak uang yang harus Anda sediakan? Anda dapat bertanya kepada kerabat standar pemberian hadiah pernikahan berupa uang, biasanya bergantung pada tingkat kedekatan Anda dengan pengantin atau pihak yang mengundang Anda.

berapa-yang-harus-disiapkan-untuk-uang-sumbangan-pernikahan-finansialku

 [Baca Juga: Berapa yang Harus Disiapkan untuk Uang Sumbangan Pernikahan?]

 

#4 Jadikan Undangan Pernikahan Liburan Tahunan Anda

Jika Anda adalah pekerja kantoran dan cuti yang Anda miliki terbatas, jadikanlah momen pernikahan sebagai liburan tahunan Anda. Anda dapat memperpanjang waktu menginap dan mengajak teman-teman Anda untuk sekalian berlibur setelah resepsi selesai dilakukan.

Dengan demikian Anda cukup membayar 1 kali biaya perjalanan namun bisa menghadiri undangan pernikahan dan juga menjalani liburan tahunan. Anda juga sekaligus menghemat jumlah cuti Anda lho.

 

#5 Menghemat Biaya Perjalanan

Biaya yang cukup besar dalam menghadiri undangan pernikahan di luar kota adalah biaya perjalanan. Bagaimana cara untuk mengakali hal tersebut? Pertama-tama, bandingkanlah biaya dari beberapa jenis transportasi yang mungkin Anda gunakan, baik menggunakan mobil, kereta, atau pesawat.

Pilihlah transportasi yang nyaman dengan biaya terjangkau. Jangan paksakan untuk menggunakan mobil jika jarak yang harus ditempuh terlalu jauh, karena walaupun mungkin lebih murah, Anda akan menghabiskan banyak waktu.

Kedua, jika Anda memilih untuk menggunakan kereta atau pesawat, Anda dapat memesan tiket pesawat atau kereta dari jauh-jauh hari, segera setelah Anda mengetahui tanggal pernikahannya. Selain itu, umumnya pernikahan tidak dilakukan pada musim liburan, sehingga Anda bisa mencari promo-promo menarik dari beberapa travel agent terdekat.

Perencanaan Dana Pernikahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pernikahan dan Dana Liburan]

 

Menghadiri Pernikahan Luar Kota Tanpa Penyesalan

Hilangkan anggapan bahwa undangan pernikahan di luar kota hanya akan menghabiskan waktu dan uang. Dengan beberapa tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menghadiri momen pernikahan teman terdekat Anda sambil menikmatinya tanpa menimbulkan rasa penyesalan.

Dengan mengakali hal-hal kecil, seperti menghemat biaya makan dan perjalanan, Anda dapat menghadiri undangan pernikahan di luar kota dengan anggaran yang terbatas sambil tetap menikmatinya.

 

Apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk menghadiri pernikahan di luar kota dengan anggaran terbatas? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Patty Lamberti. 10 Oktober 2016. How to Attend Destination Weddings On A Budget. Moneyunder30.com – https://goo.gl/c5Tgop

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan – https://goo.gl/FcaJ2G
  • Pengantin – https://goo.gl/dAJu0H

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang