Definisi Arus Kas atau Cash Flow Adalah

Arus Kas atau Cash Flow adalah gambaran mengenai jumlah uang yang masuk (cash in flow) dan jumlah uang yang keluar (cash out flow). Arus kas atau cash flow dalam keuangan keluarga sedikit berbeda dengan cash flow dalam perusahaan.

Dalam keuangan keluarga, cash flow yang dimaksud adalah cash flow sesuai dengan cash basis. Sebagai informasi, dalam bisnis atau perusahaan dikenal cash basis dan accrual basis.

  • Cash Flow yang positif berarti: penghasilan Anda lebih besar dari pada pengeluaran.
  • Cash Flow yang negatif berarti: penghasilan Anda lebih kecil dari pada pengeluaran.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh keluarga atau individu adalah permasalahan mengurus keuangan, alias kesalahan dalam mengurus cash flow. Aliran arus kas yang dimiliki orang pada umumnya adalah seperti pada gambar berikut ini:

Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menata Keuangan Tidak Sama dengan Ngirit atau Tidak Menikmati Hidup]

 

Penghasilan bulanan setelah dibayar pajak dan potongan, langsung digunakan untuk bayar cicilan dan utang. Setelah itu baru untuk biaya-biaya rumah tangga dan sisanya disisihkan untuk ditabung dan investasi.

Menurut kami, Finansialku.com menyisihkan uang adalah pekerjaan yang sangat berat. Lebih mudah jika Anda memprioritaskan penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan. Di Finansialku.com kami membagi komponen cash flow seperti pada gambar berikut ini:

Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengurus Keuangan dengan Benar?]

 

Penghasilan setelah pajak dan potongan, digunakan untuk berdonasi (beramal, membayar Zakat atau Perpuluhan). Berdonasi adalah salah satu kewajiban sebagai umat beragama dan sebagai wujud syukur kita.

Setelah itu langsung prioritaskan untuk tabungan dan investasi serta membayar premi asuransi. Sisanya baru digunakan untuk bayar utang dan cicilan serta pengeluaran rumah tangga.

Dengan mengubah urutan tersebut, sebagian besar permasalahan keuangan Anda akan cepat terselesaikan.

Jika Anda amati lebih dalam, maka Anda menemukan dua jenis cash flow, yaitu

  • Pemasukan (cash in flow): uang masuk ke dalam rekening atau dompet Anda.
  • Pengeluaran (cash out flow): uang keluar dari rekening atau dompet Anda.

 

3 Jenis Pemasukan dalam Cash Flow Individu dan Keluarga

Dilihat dari jenisnya, penghasilan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu penghasilan aktif, penghasilan dari keuntungan investasi dan penghasilan pasif. Ketiganya memiliki definisi, peran dan manfaat yang berbeda.

Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

  • Penghasilan Aktif adalah penghasilan yang didapatkan karena seseorang bekerja menukarkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan uang. Contoh gaji, bonus, tunjangan, fee, honor, komisi dan lain sebagainya.
  • Penghasilan Hasil Investasi adalah penghasilan yang didapatkan karena uang Anda bekerja menghasilkan pemasukan. (Jadi uang bekerja untuk mendapatkan tambahan uang). Contoh penghasilan dari bunga deposito, penghasilan dari keuntungan penjualan saham, penghasilan dari dividen saham, keuntungan dari kupon obligasi dan lain sebagainya.
  • Penghasilan Pasif adalah penghasilan yang didapatkan karena aset Anda bekerja menghasilkan pemasukan. (Jadi aset bekerja untuk mendapatkan uang). Contoh penghasilan dari uang sewa rumah tahunan, penghasilan dari royalty musik, penghasilan, penghasilan dari iklan di website dan lain sebagainya.

 

2 Jenis Pengeluaran dalam Cash Flow Individu dan Keluarga

Pengeluaran secara umum dibedakan menjadi dua jenis yaitu pengeluaran produktif dan pengeluaran konsumtif.

  • Pengeluaran produktif adalah pengeluaran yang bertujuan untuk membeli aset (baik aset kertas maupun aset nyata).
  • Pengeluaran konsumtif adalah pengeluaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup (baik keinginan maupun kebutuhan).

Perhatikan gambar di bawah ini:

Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Alasan yang Membuat Seseorang Menjadi Susah Kaya]

 

Bagaimana Cara Mengatur Cash Flow atau Arus Kas Keluarga dan Pribadi?

Mulailah dengan mindset dan ketekunan pribadi untuk membuat catatan keuangan, seperti anggaran keuangan rumah tangga (household budgeting) dan catatan keuangan harian. Anda dapat mulai mencatat keuangan dan merencanakan keuangan dengan menggunakan Aplikasi.Finansialku.com.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

  • Anggaran keuangan rumah tangga, memiliki 4 fungsi utama sebagai: alat untuk merencanakan, alat untuk mengawasi, alat untuk berkomunikasi dengan pasangan dan alat untuk mengerem pengeluaran.
  • Mencatat Keuangan bertujuan agar kita dapat mengetahui berapa uang yang sudah masuk dan uang yang sudah keluar. Kemudian bandingkan antara pemasukan dan pengeluaran bulanan.

 

Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda (financial health check up) dengan mengetahui cash flow. Dalam prakteknya, Finansialku.com menggunakan 3 rasio keuangan utama dan penting. Ketiganya dapat Anda ketahui dengan Cash Flow. Ketiga rasio tersebut adalah:

  1. Rasio Tabungan: Rasio yang membandingkan antara jumlah uang yang ditabung atau diinvestasikan terhadap pemasukan seseorang. Nilai idealnya adalah minimal 20%. Lebih besar dari 20% berarti lebih baik.
  2. Rasio Pembayaran Cicilan: Rasio yang membandingkan kemampuan seseorang melunasi atau membayar tagihan, dibandingkan dengan penghasilan. Nilai idealnya adalah maksimal 35%. Lebih dari 35% adalah angka yang buruk (terlebih jika Anda utang konsumtif).
  3. Rasio Pendapatan Pasif: Rasio yang membandingkan antara pendapatan pasif dengan total pendapatan seseorang. Angka yang ideal adalah minimal 50%. Lebih besar dari 50% berarti lebih baik.

 

Anda dapat melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan dengan mengisi form berikut: Cek Finansialku atau download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

 

Sebagai perencana keuangan dan perusahaan yang berpengalaman, kami meyakini bahwa mengurus keuangan adalah hal yang penting dalam hidup Anda. Segeralah mulai mengatur keuangan Anda, agar Anda tidak diatur oleh uang.

 

Sumber Gambar:

  • Dana Rupiah – https://goo.gl/9OfD0I

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2018-10-02T12:51:57+00:00February 6th, 2017|Categories: Istilah Keuangan|Tags: , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. GoodInstan 6 November 2017 at 07:19 - Reply

    wah keren.. terimakasih analisanya..
    Sangat bemanfaat artikel ini..^_^

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 20:50 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment