facebook_pixel

Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi?

Ingin punya keuntungan investasi hingga 2x lipat dari modal, kapan bisa terjadi? Investasi dapat memberikan keuntungan lebih tanpa Anda perlu bekerja menukarkan waktu, tenaga dan pikiran dengan uang. Kapan Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat dari modal investasi yang digunakan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuntungan Investasi Berlipat Ganda

Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan besar? Jika Anda berencana mulai berinvestasi, pasti satu hal yang ada di pikiran setiap orang adalah:

“Saya ingin mendapatkan keuntungan dari investasi ini”

 

Bukankah Anda juga berpikir demikian? Tentu akan menyenangkan jika Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan terkadang perasaan untuk mendapatkan uang. Dengan berinvestasi, uanglah yang bekerja dan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Setiap produk investasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari risiko hingga return investasinya. Setiap investor pun memiliki karakteristik dan pilihan yang berbeda-beda. Pilihan produk investasi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tujuan keuangan seperti apa investasi ini akan digunakan? Apakah jangka pendek, menengah atau jangka panjang?

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui]

 

Tidak semua orang mampu memahami dan menggunakan produk investasi saham. Bisa jadi saham dianggap terlalu berisiko bagi sebagian orang, sehingga mereka memilih investasi yang lebih stabil, misalnya seperti logam mulia. Namun tidak semua orang cukup puas dengan keuntungan yang dihasilkan investasi logam mulia atau reksa dana pasar uang yang relatif kecil.

Lalu bagaimana jika ingin keuntungan investasi mencapai 2 kali lipat dari modal awal yang digunakan? Apakah hal ini mungkin terjadi? Tentu saja memungkinkan.

Ada berbagai produk investasi yang berpotensi memberikan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Misalnya saja saham, reksa dana saham, bahkan investasi properti pun juga berpotensi memberikan keuntungan besar. Namun Anda harus menyesuaikan jangka waktu investasi, risiko investasi serta perkiraan return investasi dalam satu tahun.

 

Berapa Lama Modal Investasi Anda akan Bertambah Menjadi 2x Lipat?

Coba bayangkan jika Anda memiliki uang sebesar Rp100 juta. Uang ini diinvestasikan dan kemudian menghasilkan keuntungan sebesar 100%. Sehingga dana investasi Anda berlipatganda menjadi Rp200 juta. Tentunya keuntungan ini sangat menggiurkan. Tetapi berapa lama dana investasi Anda bisa berlipatganda seperti ini?

Ada cara yang mudah untuk menghitung berapa lama dana investasi Anda akan berlipatganda, yaitu dengan menggunakan aturan 72. Apa sih aturan 72?

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan?]

 

Aturan 72 merupakan cara perhitungan kasar untuk mengetahui berapa lama uang yang Anda investasikan akan bertambah menjadi 2x lipat. Perhitungan kasar ini berarti secara matematis angka yang dihasilkan tidak 100% akurat. Namun secara kasar angka hasil perhitungan aturan 72 akan mendekati angka akurat.

Jangka waktu untuk melipatgandakan uang Anda bergantung penuh pada berapa return dari produk investasi yang Anda gunakan. Semakin tinggi return investasi maka akan semakin cepat dana investasi Anda bertambah menjadi 2 kali lipat.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aturan 72 untuk menghitung kapan dana investasi Anda bertambah menjadi 2 kali lipat, Anda dapat membaca artikel berikut ini:

Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Aturan 72 dalam Investasi?]

 

Cara yang (Bahkan) Lebih Mudah

Aturan 72 adalah cara yang sederhana untuk menghitung berapa lama dana investasi Anda akan berlipatganda. Namun ada cara yang lebih mudah untuk menghitungnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi keuangan Finansialku. Di dalam aplikasi Finansialku terdapat fitur menghitung jangka waktu dana investasi berlipatganda dengan aturan 72.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan aturan 72 pada aplikasi Finansialku:

 

Langkah #1

Masuk ke aplikasi keuangan Finansialku, pilih menu Investasi.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Hati-Hati Keuangan Berantakan Karena Lupa Membayar Tagihan Rutin]

 

Langkah #2

Pilih menu Investasi72

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Langkah #3

Masukkan berapa perkiraan hasil investasi Anda selama 1 tahun. Misalnya Anda ingin mengetahui berapa lama uang Anda yang disimpan pada produk deposito dengan return 5% akan meningkat menjadi 2 kali lipat.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

Langkah #4

Berdasarkan perhitungan Aturan 72, uang Anda baru akan bertambah menjadi 2 kali lipat setelah 14,4 tahun jika diinvestasikan pada produk dengan return sebesar 5% per tahun.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga (Menu Transaksi)]

 

14,4 tahun adalah waktu yang cukup panjang. Jika Anda ingin uang berlipatganda dalam waktu yang lebih singkat maka Anda harus menggunakan produk investasi yang memberikan return lebih besar. Semakin besar return investasi maka akan semakin cepat dana berlipatganda. Yuk kita coba kerjakan quiz sederhana berikut ini:

 

Quiz:

Dana investasi = Rp10 juta

Produk investasi Reksa Dana Pasar Uang = Return 6% per tahun

Produk investasi Saham PT ABC Tbk = Return 15% per tahun

Investasi mana yang akan membuat dana investasi berlipatganda lebih dahulu? Mari kita hitung dengan aplikasi Finansialku berikut ini:

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 07 - Finansialku

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 08 - Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

Berdasarkan perhitungan, jika menggunakan reksa dana pasar uang dengan return 6% per tahun maka uang sebesar Rp10 juta akan meningkat menjadi Rp20 juta dalam jangka waktu 12 tahun. Sementara jika menggunakan investasi saham dengan return 15% per tahun maka uang tersebut akan berlipatganda dalam waktu 4,8 tahun.

 

Keuntungan Berlipatganda Harus Diperhitungkan

Berapa lama dana investasi Anda akan meningkat menjadi 2 kali lipat? Jangka waktu ini dapat diperhitungkan dengan menggunakan fitur Investasi72 pada aplikasi Finansialku. Anda dapat menjadikan perhitungan ini sebagai salah satu referensi ketika memilih produk investasi yang akan digunakan.

 

Apa produk investasi yang Anda miliki saat ini? Berapa besar keuntungannya setiap tahun? Yuk coba hitung kira-kira berapa lama lagi uang Anda akan berlipatganda dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

 

Sumber Gambar:

  • Berjabat Tangan – https://goo.gl/GrLWng
  • Look Out of Windows – https://goo.gl/6ycG99

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download