Aturan 72 dalam investasi adalah salah satu cara perhitungan yang sederhana untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan investasi. Selengkapnya mengenai aturan 72 dalam investasi akan dibahas pada artikel berikut ini.

einstein-compound-interest-rule-of-72 aturan 72 dalam investasi

 

Aturan 72 dalam Investasi dan Perhitungannya

Aturan 72 dalam investasi adalah cara untuk menghitung waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang Kita pada suatu tingkat bunga tertentu. Contoh penggunaan aturan 72 dalam investasi: berapa waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang saya, apabila bunga deposito bank saat ini adalah 4% per tahun?

Cara perhitungannya adalah sederhana dengan cara membagi angka 72 dengan tingkat bunga (r).

rule-of-72-1040cs072612 aturan 72 dalam investasi

[Baca juga : Harga 1 Buah Smartphone = 5 Buah Rumah]

 

Menjawab pertanyaan di atas dapat dihitung dengan cara membagi 72 dengan 4, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang saya, adalah 18 tahun. Apakah arti dari perhitungan ini? Jika saya mendepositokan uang sebesar Rp 10.000.000 dengan suku bunga 4% setahun, maka uang saya akan menjadi Rp 20.000.000 setelah 18 tahun.

Berikut ini video penjelasan aturan 72 dalam investasi:

 

Hasil perhitungan aturan 72 dalam investasi bersifat pendekatan hasil investasi menjadi dua kali lipat. Perhitungan aturan 72 dalam investasi cocok digunakan untuk perhitungan kasar (ketika Kita hanya membawa kalkulator sederhana). Perhitungan lebih detilnya dapat dilakukan dengan perhitungan lainnya.

 

Metode Perhitungan selain Aturan 72 dalam Investasi

Metode lain yang digunakan untuk menghitung waktu pengembalian investasi adalah dengan menggunakan rumus:

Rumus perhitungan T - double selain aturan 72 dalam investasi

Keterangan:

  • T = waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan hasil investasi
  • r = imbal hasil

Tampak repot jika dihitung dengan kalkulator sederhana. Perhitungan ini dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator scientific atau aplikasi spreadsheet (contoh: Microsoft Excel).

Contoh perhitungan menggunakan data pada bagian di atas: berapa waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang saya, apabila bunga deposito bank saat ini adalah 4% per tahun?

Rumus perhitungan T - double selain aturan 72 dalam investasi - contoh 1

Hasil perhitungannya adalah 17,7 tahun atau sekitatr 17 tahun 8 bulan. Hal ini berarti berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan uang saya akan dua kali lipat jika diinvestasikan di deposito dengan return 4% selama 17 tahun 8 bulan.

 

Perbandingan hasil perhitungan dengan menggunakan aturan 72 dalam investasi dengan perhitungan T yang kompleks:

  • Hasil perhitungan Aturan 72 dalam investasi, waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang saya dengan deposito 4% adalah = 18 tahun.
  • Hasil perhitungan perhitungan T yang kompleks, waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang saya dengan deposito 4% adalah = 17 tahun 8 bulan.

 

Rumus di atas masih dapat dikembangkan ke dalam banyak kasus. Contoh pengembangan kasus perhitungan:

Rumus perhitungan T - x selain aturan 72 dalam investasi

Keterangan:

  • x = kenaikan investasi
  • T = waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan hasil investasi
  • r = imbal hasil

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat uang saya tumbuh 50%, apabila bunga deposito bank saat ini adalah 4% per tahun?

Rumus perhitungan T - x selain aturan 72 dalam investasi contoh 1

Hasil perhitungan: 10,3 tahun atau sekitar 10 tahun 4 bulan.  Hal ini berarti berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan uang saya akan satu setengah kali lipat jika diinvestasikan di deposito dengan return 4% selama 10 tahun 4 bulan.

 

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat uang saya tumbuh 50%, apabila bunga deposito bank saat ini adalah 4% per tahun?

Rumus perhitungan T - x selain aturan 72 dalam investasi contoh 2

Hasil perhitungan: 28,0 tahun.  Hal ini berarti berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan uang saya akan tiga kali lipat jika diinvestasikan di deposito dengan return 4% selama 28 tahun.

 

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghitung waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan hasil investasi Kita. Cara pertama dan cara yang paling sederhana adalah dengan aturan 72 dalam investasi. Cara kedua dan cara yang agak kompleks adalah dengan menggunakan rumus perhitungan T.

 

 

Sekarang saatnya Anda menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melipatgandakan uang Anda dengan menerapkan aturan 72 dalam investasi atau metode lain yang lebih kompleks. Jangan lupa sharing pengalaman Anda mengenai investasi, dengan cara meninggalkan komentar ;-)

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku

Ide Bisnis Online untuk Calon Entrepreneur

Baca
finansialku

Menjadi Entrepreneur melalui Bisnis Online

Baca
finansialku

Cara Kaya ala Donald Trump

Baca
finansialku

Mimpi Menjadi Filantropi

Baca
finansialku

Harga 1 Buah Smartphone = 5 Buah Rumah

Baca