Aplikasi Finansialku: Hati-Hati Keuangan Berantakan Karena Lupa Membayar Tagihan Rutin

Hati-hati keuangan berantakan karena lupa membayar tagihan rutin. Setiap bulan tentu ada tagihan yang wajib Anda bayarkan. Misalnya tagihan listrik, air, telepon dan tagihan lainnya. Jika tidak dicatat bisa-bisa keuangan tidak terkendali lho. Yuk, belajar untuk mencatat dan membayar transaksi rutin Anda setiap bulannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bayar Tagihan Rutin Ya Harus Rutin

Siapa yang tidak ingin memiliki keuangan bulanan yang teratur? Pasti semua orang ingin seluruh kebutuhannya terpenuhi. Gaji yang diterima di awal bulan bisa bertahan hingga akhir bulan nanti. Bahkan jika memungkinkan ada dana untuk ditabung atau diinvestasikan. Untuk mencapai seluruh kebutuhan tersebut, Anda harus mengelola keuangan dengan baik.

Salah satu cara ampuh untuk mengelola keuangan adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan. Mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setiap bulannya ada pengeluaran yang rutin, ada juga pengeluaran yang tidak rutin. Kedua jenis pengeluaran ini harus tetap dicatat di dalam arus kas Anda setiap bulannya.

Aplikasi Finansialku Hati-Hati Keuangan Berantakan Karena Lupa Membayar Tagihan Rutin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Sebelumnya saya sudah pernah membahas pentingnya mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan Anda. Kali ini saya ingin menekankan pembayaran pengeluaran-pengeluaran rutin. Namanya saja sudah pengeluaran rutin, berarti Anda wajib membayarnya secara rutin. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mencatat secara cermat dan membayarnya tepat waktu:

 

#1 Kebutuhan Pokok

Umumnya tagihan-tagihan yang harus dibayarkan secara rutin setiap bulan adalah kebutuhan pokok. Misalnya tagihan listrik, air, telepon, internet, dan tagihan lainnya. Pengeluaran ini bukanlah pengeluaran yang perlu ditawar-tawar. Hal ini dikarenakan pengeluaran rutin biasanya terkait kebutuhan pokok Anda. Jika pengeluaran seperti belanja atau hiburan masih bisa dihemat atau jika memungkinkan tidak dikeluarkan, pengeluaran rutin ini wajib dibayar. Maka dari itu Anda wajib membayar pengeluaran rutin setiap bulan.

 

#2 Risiko Denda

Tagihan yang tidak dibayar tepat waktu akan selalu merujuk ke denda keterlambatan. Jika Anda tidak membayarnya sesuai perjanjian, akan ada denda yang memberatkan keuangan Anda. Mengapa harus menunda pembayaran yang sudah pasti dibutuhkan setiap bulan?

 

#3 Mengendalikan Pengeluaran Lain

Jangan lupa bahwa pengeluaran rutin biasanya bersifat kebutuhan yang mendasar. Pembayaran ini harus diutamakan sebelum pengeluaran variabel seperti belanja pakaian atau untuk hiburan. Banyak orang yang lupa membayar tagihan rutin, kemudian uang yang diterima terlanjur digunakan untuk berbelanja barang-barang sekunder. Akibatnya ketika harus membayar tagihan rutin uang sudah tidak cukup.

Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran]

 

Jika Anda secara rutin membayar pengeluaran utama tepat waktu, uang yang tersisa barulah benar-benar yang bisa digunakan untuk keperluan lain sehingga tidak ada tagihan yang menumpuk tidak terbayar karena salah perhitungan. Dengan jumlah uang di tangan yang lebih sedikit (karena sudah digunakan membayar tagihan rutin) Anda juga bisa lebih bijaksana dalam berbelanja. Anda akan berpikir dua kali sebelum membeli barang, daripada jika masih memegang banyak uang yang seharusnya untuk membayar tagihan rutin.

Pembayaran tagihan rutin ini sebaiknya dicatat di dalam laporan arus kas Anda. Untuk mencatat seluruh transaksi setiap hari Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan Finansialku.

HR Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

Namun khusus untuk pembayaran tagihan rutin, kami menyediakan fitur lain yang bisa membantu Anda. Di dalam aplikasi Finansialku terdapat fitur ‘Transaksi Berulang’. Fungsinya adalah untuk membantu Anda mengingatkan Anda membayar tagihan rutin setiap bulannya. Selain itu transaksi ini nantinya akan secara otomatis tercatat di transaksi bulanan Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi memasukkan pembayaran tagihan rutin yang berulang-ulang setiap bulannya.

Penasaran cara menggunakannya?

 

Transaksi Berulang Aplikasi Finansialku

Mari kita simak ilustrasi berikut ini mengenai penggunaan fitur Transaksi Berulang pada aplikasi Finansialku:

 

#1

Langkah pertama Anda harus masuk ke aplikasi Finansialku di gadget Android Anda, atau buka aplikasi melalui website Finansialku. Setelah itu masuk dengan akun Finansialku. Jika belum mendaftar sebagai anggota, Anda bisa mendaftar dan mendapatkan free trial selama 1 bulan lho. Setelah masuk, pilih menu ‘Transaksi Berulang’ di aplikasi Finansialku.

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 1

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

#2

Jika belum pernah memiliki transaksi berulang, maka tidak ada transaksi yang tercatat. Pilih tanda (+) untuk membuat transaksi berulang yang baru.

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 2

[Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Membuat Rencana Keuangan yang Sering Dilakukan oleh Keluarga Baru]

 

#3

Isilah beberapa data yang dibutuhkan di laman transaksi berulang baru tersebut. Mulai dari apa nama transaksi yang ingin dilakukan setiap bulan, pilih pengeluaran, pemasukan atau transfer, dan lain sebagainya.

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 3

[Baca Juga: Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja]

 

#4

Misalnya Anda ingin memasukkan pembayaran tagihan internet setiap bulannya. Biasanya tagihan ini jumlahnya tetap sama setiap bulan. Karena itu dapat dimasukkan sebagai transaksi berulang. Tentukan di tanggal berapa setiap bulannya Anda ingin melakukan pembayaran rutin tersebut. Anda juga bisa mengubah transaksi menjadi tahunan atau harian. Jika transaksi berulang setiap tahun maka Anda juga harus memilih bulan pembayarannya.

Setelah itu pilih juga kategori transaksi dan dari rekening mana Anda akan melakukan pembayarannya setiap bulan. Setelah itu klik lambang checklist dan transaksi akan tercatat.

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 4

[Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Cara Menghemat Uang Tagihan Listrik: Tips Cara Hemat Daya dan Energi Listrik]

 

#5

Sekarang pembayaran sudah tercatat di menu Transaksi Berulang Anda. Anda juga bisa mencatat pengeluaran atau pemasukan lain. Misalnya jika harus transfer tunjangan untuk orangtua setiap bulan, pembayaran iuran asuransi, dan lain sebagainya. Setelah ini, Anda akan menerima notifikasi pengingat setiap tanggal yang sudah ditentukan untuk pembayaran transaksi berulang ini.

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 5

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

#6

Anda dapat mengatur jam berapa notifikasi tersebut muncul dengan membuka menu pengaturan. Kemudian pilih jam yang diinginkan. Setelah itu notifikasi untuk membayar tagihan rutin akan muncul di gadget Anda pada tanggal dan jam yang sudah ditentukan.

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 6

[Baca Juga: Kerja 11 Bulan, Libur 1 Bulan Full, Yakin Rencana Keuangan Anda Sudah Siap?]

 

#7

Berikut adalah contoh notifikasi yang akan muncul jika sudah waktunya Anda membayar tagihan rutin:

Transaksi Berulang Aplikasi Keuangan Finansialku 7

[Baca Juga: Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Klik Ya jika Anda sudah membayar tagihan tersebut. Jika Anda belum mengklik Ya maka transaksi belum tercatat. Setelah Anda mengklik Ya maka transaksi akan segera mempengaruhi jumlah saldo di rekening Anda.

 

Mengatur Pembayaran Rutin dengan Tertib

Tagihan rutin biasanya adalah kebutuhan pokok yang harus dibayar untuk mendukung kehidupan Anda setiap bulannya. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mencatat dan membayarnya dengan tepat waktu. Mulai dari menghindarkan Anda dari denda keterlambatan membayar, hingga membantu Anda mengontrol pengeluaran yang sifatnya tidak tetap. Dengan begitu keuangan Anda setiap bulan bisa lebih terkendali.

 

Agar Anda tidak lupa membayar tagihan rutin, cara apa yang biasanya Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut? Silakan beri alasan dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Happy Family – https://goo.gl/NxSqJr dan https://goo.gl/uwJ6zJ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download