Bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan mudah? Moms, keuangan keluarga setiap bulannya harus dikendalikan agar tidak ada kekurangan dana. Berikut adalah cara mudah untuk mengatur keuangan bulanan keluarga Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengatur Keuangan Keluarga Setiap Bulan

Moms, setiap bulan keluarga Anda pasti membutuhkan uang baik untuk kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah anak, membeli pakaian, hiburan, dan kebutuhan lainnya. Penghasilan bulanan yang didapati bisa cukup atau kurang, semua itu tergantung bagaimana cara Anda mengelolanya. Biasanya ibu rumah tangga adalah menteri keuangan keluarga. Jika Anda dapat mengatur keuangan bulanan keluarga dengan baik maka semua kebutuhan pasti tercukupi.

Untuk mengatur keuangan keluarga Anda harus memiliki anggaran bulanan yang jelas dan akurat. Anggaran ini kemudian harus dipatuhi agar keuangan keluarga benar-benar terkendali. Bentuk anggaran bisa bermacam-macam, Moms bisa membuatnya secara tertulis di sebuah buku, atau secara elektronik di komputer. Setelah itu penting untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan keluarga.

Moms, Para Pengatur Keuangan Keluarga, Hindari 6 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Berantakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Para Pengatur Keuangan Keluarga, Hindari 6 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Berantakan]

 

Sayangnya cara ini tidak selalu efektif bagi setiap orang, terkadang Anda bisa lupa dimana letak buku anggaran yang dibuat atau lupa membawanya ketika akan berbelanja. Sementara laptop tidak selalu dibawa kemana-mana.

Akhirnya Moms tidak mengingat berapa anggaran yang boleh digunakan serta berapa yang sudah digunakan. Cara terbaik untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap saat adalah dengan mencatatnya di ponsel atau gadget Anda. Untuk memudahkan pencatatan Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku.

Berikut adalah cara mencatat pengeluaran dan pemasukan bulanan Anda dengan aplikasi Finansialku:

#1 Buka aplikasi Finansialku di ponsel atau gadget Anda. Pilih menu Rekeningku untuk memasukkan jumlah saldo yang ingin anda catat. Rekening itu hanyalah rekening bayangan untuk catatan sehingga Anda tidak perlu memasukkan uang apapun.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 02a - Finansialku

 

#2 Pilih jenis rekening yang ingin Anda buat.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 03a - Finansialku

 

#3 Misalnya Anda memilih membuat akun kas, masukkan berapa jumlah saldo awal uang Anda saat ini. Jangan lupa memberikan nama rekening tersebut agar Anda tidak bingung ketika mencatatnya nanti. Setelah itu tekan tombol simpan.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 04a - Finansialku

 

#4 Sekarang Anda sudah memiliki rekening di aplikasi Finansialku.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 05 - Finansialku

 

#5 Selanjutnya kembali ke menu utama aplikasi Finansialku, lalu pilih menu Transaksi.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 06 - Finansialku

 

#6 Anda bisa mencatat setiap transaksi baik pengeluaran maupun pemasukan dalam menu ini.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 07 - Finansialku

 

#7 Pilih menu uang keluar, uang masuk atau transfer dana. Misalnya pilih menu uang keluar. Masukkan nominal uang yang digunakan, kemudian untuk apa uang itu digunakan, dari rekening mana uang yang Anda gunakan serta kapan transaksi ini dilakukan.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 08 - Finansialku

 

#8 Anda bisa memasukkan transaksi lain. Semua pengeluaran dan pemasukan akan tercatat di menu transaksi.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 09 - Finansialku

 

#9 Anda bisa melihat catatan seluruh transaksi pada menu transaksi. Setelah itu saldo di rekening akan otomatis berkurang atau bertambah sesuai dengan transaksi yang tercatat.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 10 - Finansialku

 

#10 Anda dapat mengaktifkan widget aplikasi Finansialku di ponsel maupun gadget yang digunakan. Sehingga jumlah saldo rekening bisa langsung dilihat pada halaman utama ponsel atau gadget Anda. Anda juga dapat mengklik tanda + di widget Finansialku untuk langsung menambahkan transaksi pada rekening Finansialku.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 11 - Finansialku

  [Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

Setiap pengeluaran yang kecil sekalipun perlu dicatat. Seringkali pengeluaran yang kecil sekalipun dapat membuat keuangan Anda berantakan jika tidak dikendalikan dengan baik. Aplikasi Finansialku dapat memudahkan Anda mencatat setiap pengeluaran tersebut. Dengan begitu setiap kali akan membeli sebuah barang, Anda mengetahui berapa sisa saldo yang masih dapat digunakan.

Seringkali sumber utama permasalahan keuangan keluarga adalah Anda tidak mengetahui berapa uang yang sebenarnya masih dimiliki. Namun karena ada berbagai kemudahan seperti kartu kredit, seseorang tidak merasa bahwa saldonya sudah menipis. Akhirnya, barang apapun yang diinginkan segera dibeli.

Ketidaktahuan akan kemampuan keuangan yang sebenarnya bisa membuat keuangan berantakan. Akhirnya utang kartu kredit menumpuk dan Anda masuk ke lingkaran keuangan bulanan yang segitu-segitu saja. Gaji yang diterima langsung digunakan untuk membayar utang di bulan sebelumnya.

Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga 1 - Finansialku

  [Baca Juga: Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

Namun kemudahan apapun tidak akan ada gunanya jika Anda tidak berkomitmen untuk mengatur keuangan dengan baik. Aplikasi Finansialku didesain sedemikian rupa untuk memudahkan Anda mengatur keuangan setiap bulannya. Tetapi jika Anda tidak berkomitmen untuk disiplin mengatur keuangannya tetap saja keuangan akan berantakan.

Pada praktiknya Anda mungkin merasa tidak terlalu penting untuk mencatat pengeluaran-pengeluaran yang ‘terasa’ kecil seperti uang parkir, membeli cemilan di minimarket, hingga pengeluaran-pengeluaran kecil lainnya.

Tetapi keuangan yang baik dimulai dari hal-hal terkecil pula. Jika Anda terbiasa untuk mencatat seluruh pengeluaran dari yang terkecil sekalipun, maka ke depannya Anda sudah terbiasa mencatat segala pengeluaran. Jika Anda memberikan toleransi untuk tidak mencatat sedikit pengeluaran, lama kelamaan pengeluaran-pengeluaran besar pun tidak akan tercatat.

6 Ciri Wanita yang Dapat Dipercaya untuk Mengurus Keuangan Anda di Masa Depan - Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

Akhirnya Anda kembali ke titik awal dimana keuangan keluarga tidak teratur dan kembali ke kebiasaan menghabiskan uang lebih dari kemampuan karena tidak tahu berapa saldo yang masih dapat digunakan. Sementara kebutuhan keluarga semakin lama akan semakin besar, Anda perlu berinvestasi untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut.

Tetapi dengan kebiasaan mengatur keuangan yang buruk, tentunya Anda akan kesulitan berinvestasi. Tanpa investasi kemungkinan keuangan keluarga akan sangat sulit berkembang. Sebagai ‘menteri keuangan’ yang bertanggung jawab atas keuangan keluarga, tentunya Anda tidak ingin keuangan keluarga mentok segitu-segitu saja bukan?

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai 5 tips simpel mengatur keuangan. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Memulai dari Hal Kecil

Mengatur keuangan keluarga adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Terkadang mencatat pengeluaran dan pemasukan terlihat seperti pekerjaan yang sepele, tetapi jika tidak dilakukan dengan disiplin maka akhirnya semua usaha di awal akan sia-sia juga.

Sebagai menteri keuangan keluarga, Moms harus berkomitmen untuk mencatat setiap pengeluaran keluarga sekecil apapun nominalnya. Aplikasi Finansialku dapat membantu memudahkan Anda mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bulanan.

 

Apakah Anda ingin mengatur keuangan bulanan keluarga dengan mudah, moms? Apa kesulitan Anda yang sering Anda temukan dalam mengatur keuangan bulanan keluarga? Berikan pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Moms and Asian Girl – https://goo.gl/f6ud1z

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana