Makanan sehat: Menjaga lebih baik daripada mengobati. Jika sudah sakit, tentu biaya pengobatan akan jauh lebih mahal.

Berikut ini berbagai tips sehat bagi Anda yang ingin menjalani kehidupan sukses Anda dengan tubuh yang sehat dan bugar melalui makanan sehat. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Warning!

Pak Arief (bukan nama sebenarnya) adalah seorang distributor perlengkapan bangunan dan sukses dalam usahanya.

Merintis usahanya semenjak 10 tahun lalu, membuatnya banyak belajar mengenai dunia usaha.

Kini, ia memiliki beberapa toko distributor yang membuatnya semakin sukses dan menikmati hasil jerih lelahnya.

Namun, seiring dengan kesuksesannya yang semakin meningkat, ternyata kadar kolesterol dalam darahnya pun meningkat.

Setelah di cek ke laboratorium, ternyata tingkat asam urat pun juga naik. Dokter pun mengindikasikan bahwa Pak Arief memiliki jantung koroner atas keluhan yang ia sampaikan.

Bukannya menikmati kesuksesannya dengan berjalan-jalan ke luar negeri, biaya berobat harus ia keluarkan demi pemulihan kesehatannya.

Tak ingin menjalani hidup sukses dengan berlibur di rumah sakit seperti kisah Pak Arief di atas?

Mari simak rubrik berikut ini untuk membantu Anda lebih memahami bagaimana pendekatan fungsional kedokteran terhadap kesehatan.

Hal ini dapat membantu Anda dalam memiliki gaya hidup sehat dan memperbaiki kesehatan Anda, melalui melalui penjelasan dari ahli kesehatan: Dr. Mark Hyman dan Dr. Steven Gundry.

 

Makanan Sehat Menurut Ahli Kesehatan

Dr. Hyman adalah seorang dokter keluarga yang berpraktik, penulis buku terlaris 10 kali Times New York Times, dan pemimpin, pembicara, pendidik, dan advokat yang diakui secara internasional di bidangnya.

Dia adalah Direktur Pusat Klinik Cleveland untuk Pengobatan Fungsional.

Dia juga pendiri dan direktur medis The Ultra Wellness Centre, ketua dewan Institute for Functional Medicine, seorang editor medis The Huffington Post, dan merupakan kontributor medis reguler di banyak acara televisi termasuk CBS This Morning, Today Show, Good Morning America, CNN, dan The View, Katie dan The Dr Oz Show.

Lakukan Diet Makanan 02 Dr. Mark Hyman - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

Dr. Steven Gundry telah bekerja di bidang kedokteran selama lebih dari 40 tahun. Dia terkenal karena karyanya sebagai ahli jantung dan ahli bedah jantung.

Saat ini, dia berfokus untuk mengajar orang bagaimana menghindari operasi dengan versi nutrisi unik bagi manusia yang dapat meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang dengan melakukan perubahan sederhana pada hidup sehat yang dilakukan.

Dr. Steven Gundry menjabat sebagai Direktur dan Pendiri Institut Jantung dan Paru-paru Internasional serta Pusat Pengobatan Restoratif di Palm Springs dan Santa Barbara.

Lakukan Diet Makanan 03 Piramida Makanan Dr. Gundry - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

#1 Lemak Baik, Minyak Sehat dan Sayur Organik

Pilar pertama piramida di atas terdiri dari lemak baik, sayur organik dan minyak yang sehat. Dr. Gundry berpendapat bahwa ini adalah makanan terpenting dalam makanan kita dan makanan itulah yang paling banyak kita makan.

Makanan tersebut antara lain:

  • Minyak zaitun extra virgin, minyak alpukat, minyak kenari, minyak wijen, dan minyak kelapa
  • Alpukat
  • Romaine, daun selada merah & hijau, kohlrabi, sayuran hijau, bayam, selada mentega, peterseli, adas, rumput laut/sayuran laut
  • Brokoli, kembang kol, keciwis, pak choy, kol, asparagus, dan lobak.

 

#2 Puasa (Skipping Meal)

Tingkat kedua pada piramida makanan sehat di atas memberikan gagasan pentingnya berpuasa. Tubuh kita sebenarnya perlu untuk melakukan puasa.

Dengan berpuasa, kita sedang memberi waktu pada tubuh kita untuk memproses dan mencerna.

Ini benar-benar salah satu kunci nutrisi yang hebat.

Lakukan Diet Makanan 04 Puasa - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

#3 Kacang-kacangan, Tepung Alternatif dan Biji-bijian bebas Lectin

Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan sehat yang bisa Anda makan sebagai cemilan:

  • Kacang almond: Kacang ini hanya mengandung 160 kalori setiap 100 gramnya. Makan kacang almond membantu untuk menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, serta kaya akan biotin, vitamin E, serat, dan vitamin B2.
  • Kacang kenari (walnuts): Kacang kenari mengandung zat antioksidan yang paling tinggi di antara jenis kacang lainnya. Selain itu, kenari kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk melawan peradangan dan penuaan dini.
  • Kacang tanah (peanuts): Kacang ini mengandung 66 kalori, 6,7 gram protein, dan 2,3 gram serat. Kandungan zat antioksidan dalam kacang tanah juga mampu mengurangi kemungkinan stroke karena bermanfaat untuk meningkatkan produksi alami oksida nitrat yang mampu melebarkan pembuluh darah.

 

Lakukan Diet Makanan 05 Kacang - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

 

  • Kacang pecans: Pecans kaya akan sterol, senyawa alami yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kemudian, zat antioksidan yang dikandungnya mampu mencegah penumpukan plak di arteri. Pecans juga tinggi vitamin B3 dan asam oleat.
  • Kacang pistachio: Kacang ini rendah lemak atau kalori, pistachio tinggi vitamin B6, tembaga, serta mangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang pistachio mampu memelihara kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan memperpanjang usia.
  • Kacang kedelai: Kacang kedelai mengandung banyak protein, diantaranya 11 gram per porsi. kacang ini juga mengandung lemak yang rendah, sumber vitamin K yang tinggi yang berperan dalam penyerapan kalsium.
  • Kacang macadamia: Lemak sehat yang dikandungnya sangat tinggi. Kacang ini mengandung lemak omega 7 tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung dan juga menjaga kesehatan kulit. Selain itu, zat thiamin di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dan berperan dalam mengatur sistem saraf.

 

Hindari tepung putih, tepung terigu utuh dan tepung olahan.

Tepung olahan telah benar-benar hilang dari semua nilai gizi. Biji-bijian yang bebas dari lektin akan membawa sejumlah manfaat kesehatan seperti serat, antioksidan dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

#4 Konsumsi Bakteri Baik

Jika mendengar kata bakteri, tentu anggapan kita bahwa bakteri itu merugikan. Ternyata bakteri pun ada yang baik. Menurut penelitian, setidaknya ada 100 triliun bakteri baik yang ada dalam tubuh kita.

Bakteri baik tersebut berperan aktif untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah membantu pencernaan, penghasil antibiotik dan juga vitamin serta mengatur keseimbangan dalam usus dan saluran pencernaan.

Lakukan Diet Makanan 06 Keju- Finansialku

[Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak]

 

Jenis makanan yang mengandung bakteri baik untuk dikonsumsi:

  • Yoghurt dengan kultur hidup.
  • Tempe, miso fermentasi kacang (makanan Jepang), kecap asin fermentasi.
  • Acar kubis.
  • Kombucha: Jenis teh fermentasi dari China yang telah digunakan selama ribuan tahun. Teh ini dibuat dengan campuran kultur bakteri Acetobacter yang menghasilkan asam asetat. Orang China percaya bahwa kombucha adalah minuman yang sehat. Pada abad ke-19, kombucha juga menjadi umum di Rusia.
  • Kefir, produk olahan susu (kambing atau domba) yang juga sama baiknya dengan yoghurt mengandung manfaat baik dari Lactocococcus Lactis
  • Dark chocolate atau coklat hitam juga punya manfaat untuk membantu perkembangbiakan bakteri asam laktat dalam tubuh
  • Kimchi: makanan tradisional khas Korea yang biasanya digunakan untuk pelengkap pada saat makan, terbuat dari sayuran yang difermentasikan, biasanya terbuat dari lobak, sawi putih, kubis, mentimun dan lain sebagainya.
  • Streptococcus yang biasanya digunakan dalam pembuatan keju, mentega, dan yoghurt juga punya peranan untuk memelihara usus.

 

#5 Protein Hewani dari Hasil Laut

Jika Anda akan mengkonsumsi protein berbasis hewani, maka fokuskan pada makanan laut yang ditangkap secara liar, unggas yang dipanggang dan telur omega-3.

Ikan laut liar yang ditangkap: Ikan penuh dengan nutrisi penting seperti protein dan vitamin D. Mengkonsumsi ikan laut sangat bagus untuk mendapatkan asam lemak omega-3, yang memiliki banyak manfaat seperti membantu berbagai masalah kesehatan inflamasi.

Hindari makanan laut yang didapat karena disuntik dengan antibiotik atau bahkan diobati dengan pestisida.

Lakukan Diet Makanan 07 Makanan Laut - Finansialku

[Baca Juga: Gunakan Facebook Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce]

 

Makanan unggas: Unggas bisa menjadi sumber protein yang hebat. Tapi, hewan unggas ternak tidak sama dengan free range atau organik. Free range disini artinya hewan unggas yang mencari makanan mereka sendiri (bukan diberi makan olahan dan zat kimia).

Hindari makan makanan unggas hasil peternakan yang diberi suntikan dan juga makanan yang diolah.

Telur Omega-3: Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi omega-3 dapat menurunkan kolesterol. Jadi, ada baiknya jika kita memastikan omega-3 dari telur adalah salah satu makanan sehat yang kita konsumsi.

Selain itu, ini adalah makanan yang perlu kita konsumsi dalam porsi terbatas setiap harinya.

 

#6 Buah-buahan

Konsumsi buah setiap hari sangat baik, terutama buah yang keluar musiman seperti pepaya, mangga, pisang dan juga alpukat.

Tentu saja buah musiman yang sehat untuk dikonsumsi adalah buah yang terbebas dari suntikan dan juga pestisida.

 

#7 Susu & Produk Olahannya

Jika Anda ingin mengkonsumsi susu, Dr. Steven Gundry menganjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi dari Eropa Selatan, susu kambing, susu domba dan susu kerbau.

Produk susu yang biasanya Anda dapatkan di toko biasanya mengandung kasein A-1.

Kasein A-1 diubah menjadi protein yang disebut beta-casomorphin yang dapat memicu serangan kekebalan pada pankreas. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Konsumsi produk susu jangan berlebihan.

Lakukan Diet Makanan 08 Susu Murni - Finansialku

[Baca Juga: Ingat Kembali! Ini Tips dan Trik Mengembangkan Bisnis Startup Anda!]

 

#8 Protein Hewani Berbasis Peternakan

Dr. Steven Gundry menyarankan untuk hanya mengkonsumsi 4 ons protein yang berasal dari daging hewan yang diberi makan rumput segar (bebas pestisida) dan juga hewan yang digembalakan secara liar (tidak diberi makanan olahan).

Hewan ini memang memiliki kandungan omega-3 yang lebih banyak namun harus tetap diketahui bahwa mereka memiliki kandungan mengandung Neu5Gc – sejenis asam sialat yang ditemukan pada kebanyakan mamalia yang tidak dapat diolah tubuh manusia.

Ingatlah untuk mengonsumsi daging hewan peternakan secara terbatas.

 

#9 Anggur Merah (Red Wine) dan Champagne

Dr. Steven Gundry menambahkan bahwa menkonsumsi red wine sekali hingga 2 kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga kardiovaskular.

 

Raih Sukses dengan Hidup Sehat

Selain mengejar cita-cita dan kesuksesan, jangan lupa untuk menyeimbangkan tubuh Anda dengan makanan sehat dan juga olahraga yang teratur.

Untuk apa memiliki kekayaan yang luar biasa hebatnya namun Anda menghabiskannya hanya untuk pengobatan di rumah sakit.

Lakukan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makan sehat dan juga olahraga yang teratur.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tony Robbins. The Sustainable Health Diet – A New Approach to Food from Dr. Mark Hyman and Dr. Steven Gundry. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/Wopwzc
  • Steven Gundry. 25 April 2017. Dr. Gundry’s New Food Pyramid for Vitality (“The Plant Paradox” Diet). Gundrymd.com – https://goo.gl/k54tUF

 

Sumber Gambar:

  • Diet Makanan Sehat – https://goo.gl/RD4n1w
  • Mark Hyman – https://goo.gl/NtiS5b
  • Piramida Makanan Dr. Gundry – https://goo.gl/6s16RA
  • Puasa Makan – https://goo.gl/aoCUne
  • Jenis-jenis Kacang – https://goo.gl/KkpS22
  • Keju – https://goo.gl/zr7g9t
  • Makanan Laut – https://goo.gl/vPwSdN
  • Susu Murni – https://goo.gl/CoHPCW

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Lakukan Diet Makanan Sehat Agar Biaya Kesehatan Bisa Diminimalisasi
Article Name
Lakukan Diet Makanan Sehat Agar Biaya Kesehatan Bisa Diminimalisasi
Description
Makanan sehat: Menjaga lebih baik daripada mengobati. Jika sudah sakit, tentu biaya pengobatan akan jauh lebih mahal.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo