Jujur saja, Anda bisa sukses berbisnis apabila Anda memiliki pola pikir entrepreneur yang benar.

Namun sayangnya sudah menjadi rahasia umum bahwa masih banyak pebisnis yang menggunakan pola pikir yang salah. Memang seperti apa pola pikir entrepreneur yang benar?

Mari kita simak pembahasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kebohongan pada Diri Sendiri

Para pebisnis memang selalu ingin terlihat kuat, hebat, tanpa adanya sedikit pun kekurangan atau kelemahan. Ini artinya banyak dari pebisnis yang memendam masalah dalam diri sendiri ataupun dari orang terdekat, misalnya keluarga.

Namun, kabar buruknya adalah tidak peduli sehebat apa Anda dalam berbisnis, Anda adalah manusia biasa. Anda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menghadapi masa sulit tersebut.

Apabila Anda terus memaksakan untuk memendam masalah dan berusaha menyelesaikannya sendiri, sama saja Anda berbohong pada diri sendiri.

Ingin Tetap Sukses Berbisnis Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Jika Anda ingin berkembang ke arah yang lebih baik, terdapat 9 pola pikir entrepreneur yang salah dan sebaiknya Anda hindari. Dengan pola pikir baru, Anda akan berhenti membohongi diri sendiri dan bisa membangun bisnis menuju kebebasan finansial.

Finansialku telah merangkum 9 pola pikir entrepreneur yang salah tersebut, sehingga Anda bisa dengan mudah menghindarinya dan menjadi pebisnis yang selalu sukses dalam berbisnis:

 

#1 Menganggap Diri Kurang Pandai

Mayoritas pendiri sebuah bisnis mengandalkan dirinya sendiri untuk membangun sebuah bisnis. Namun, jangan pernah sekalipun menganggap diri kurang pandai.

Tidak semua orang sepandai Albert Einstein, bukan ilmuwan yang pandai menciptakan sesuatu, dan bukanlah lulusan Universitas Harvard. Tetapi itu BUKANLAH MASALAH!

Selama Anda memiliki keinginan untuk terus belajar dan berkembang, maka Anda sudah memiliki kepandaian yang cukup untuk bertahan di dalam kolam persaingan ini.

Seperti penulis best seller Brendon Burchard ungkapkan:

“An expert is a student first.”

 

Dengan kata lain, semua ahli berawal dari pelajar, tidak ada seorang pun yang bisa pandai tanpa belajar.

Dengan demikian, jangan pernah berhenti belajar dan membekali diri dengan hal-hal penting dalam bisnis Anda untuk bisa selalu sukses dalam bidang yang Anda tekuni.

 

#2 Tidak Mengatasi Ketakutannya

Ketakutan akan kegagalan kerap kali menjadi penghambat seorang pebisnis dalam mencapai kesuksesan. Banyak yang bahkan mengurungkan niatnya untuk memulai hanya karena takut gagal.

Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah:

KETAKUTAN merupakan PENGHANCUR MIMPI

 

Anda tidak bisa membiarkannya terus menghancurkan impian-impian Anda!

Konsultasi Apakah Bisa Investasi Reksadana Untuk Modal Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tito Sulistio: Startup Bisa Melantai Di Bursa Efek Indonesia]

 

C. JoyBell C.  meneliti mengenai ketakutan dan mengungkapkan: 

“Don’t be afraid of your fears. They’re not there to scare you. They’re there to let you know that something is worth it.”

 

Artinya, Anda tidak perlu takut akan ketakutan-ketakutan itu, karena mereka bukanlah ada untuk menakut-nakuti Anda, tetapi untuk memberi tahu Anda bahwa dibutuhkan pengorbanan yang sepadan untuk meraih sesuatu.

 

#3 Terlalu Mudah Puas

Anda bisa saja memilih bermain aman dalam zona nyaman Anda, tetapi tahukah Anda bahwa hidup bisa saja menjadi membosankan seperti itu?

Hidup terlalu singkat untuk disia-siakan dan Anda hanya bisa hidup SATU KALI saja.

Jangan biarkan Anda puas dengan keadaan saat ini, dan teruslah menantang kemampuan Anda lebih jauh, bahkan hingga di luar zona nyaman Anda.

Pada intinya, jangan pernah berpikir bahwa sesuatu itu mustahil, karena tidak ada hal yang mustahil apabila Anda berusaha. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.

Inilah Tanda-tanda Bahwa Anda Perlu Memulai Bisnis Sendiri 01 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

#4 Mudah Dipengaruhi Orang Lain

Semakin sukses diri Anda, maka akan semakin banyak pula orang di luar sana yang ingin menghentikan kesuksesan Anda. Inilah yang disebut rasa iri dan dengki.

Sebagai contoh, lihat saja contohnya dari beberapa entrepreneur sukses, misalnya Bill Gates dan Steve Jobs.

Mereka telah meraih kesuksesan luar biasa sambil terus menciptakan teknologi yang berperan besar dalam kehidupan manusia, tetapi mereka hidup tanpa terlepas dari rasa iri orang-orang di sekitar.

Adapun ciri dari orang-orang yang iri dan dengki adalah mereka selalu mencari cara untuk meyakinkan Anda bahwa Anda tidak akan sukses dan akan selalu gagal.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Namun kuncinya hanya 1: JANGAN DENGARKAN MEREKA!

Dengan demikian, Anda tidak akan terpengaruh dengan pemikiran-pemikiran negatif dan terus berjuang tanpa takut gagal.

Justru sebaiknya carilah lingkungan dengan komunitas yang positif dan terus mendukung Anda, sehingga Anda akan bertumbuh semakin kuat dan semakin baik.

 

#5 Mudah Menyerah

Saya ingin memberi sebuah pertanyaan kepada Anda, pernahkah Anda berpikir seperti ini:

“Waduh, sulit sekali. Saya tidak akan bisa melakukannya”

“Ngapain nyusahin diri sendiri?”

“Kelihatannya sulit, lebih baik saya menyerah daripada gagal nantinya”

 

Memang betul jalan menuju kesuksesan tidak akan semulus yang diharapkan, namun saat meraih tujuan Anda akan sadar bahwa seluruh prosesnya sepadan.

Rangkuman Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Tidak ada jalan tol yang mudah dilalui dalam hidup, dan semua orang memiliki jalannya masing-masing. Namun, hasil sukses atau tidak bergantung bukan pada kesulitannya, bukan dari bagaimana Anda menjalaninya.

Dengan berjuang dan terus berusaha, Anda akan belajar dan bertumbuh ke arah yang lebih baik.

 

#6 Merasa Diri Tidak Pantas Mendapat Kebahagiaan

Masa-masa sulit dan kegagalan dalam hidup bisa memberikan dampak negatif pada pikiran. Anda akan terliputi rasa trauma dan kepercayaan bahwa Anda tidak berharga dan tidak pantas mendapat kebahagiaan.

Untungnya, itu TIDAKLAH BENAR!

Tidak peduli saat ini Anda sedang berada pada kondisi seperti apa, Anda berhak memperoleh kebahagiaan DAN kabar baiknya adalah keputusan bahagia atau tidak berada di tangan Anda.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan memutuskan untuk hidup bahagia atau tidak?

Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karir 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?

 

#7 Menganggap Seluruhnya Tidak akan Berhasil

Jika Anda sering melihat sekitar dan menganggap bahwa hidup orang lain kerap kali bahagia dan tanpa masalah, percayalah bahwa itu hanyalah tampak luarnya saja.

Setiap orang memiliki kecenderungan untuk menunjukkan sisi baiknya saja. Contohnya saja pada media sosial, dimana orang bisa saja terlihat hidup bahagia, kaya, dan sukses, tetapi kenyataannya tidaklah demikian.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Setiap orang memiliki kesulitannya masing-masing, tidak ada satu pun yang terlepas dari masalah. Tetapi bukan berarti kegagalan bertubi-tubi menjadi alasan Anda menganggap ke depannya akan selalu begitu.

Jika Anda berpikiran demikian, hapuskan sekarang juga dan sambutlah hari esok dengan kepercayaan diri.

 

#8 Menganggap Tidak Ada yang Memahami Keadaan Anda

Apa yang Anda hadapi mungkin sulit, tetapi kami yakin bahwa Anda tidak sendirian. Masih banyak pebisnis lainnya yang juga mengalami hal yang serupa dengan Anda.

Dengan demikian, Anda bisa membuka diri dan berbagi cerita dengan teman seperjuangan Anda. Hal ini sangatlah bermanfaat karena Anda bisa saling berbagi solusi.

Daripada memendam masalah sendirian, Anda lama-lama bisa sakit lho!

Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian PT – Perseroan Terbatas yang Harus Anda Lengkapi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

#9 Merasa Keadaan Tidak Akan Membaik

Sekali lagi, hidup Anda berada di genggaman Anda. Bagaimana kehidupan Anda nantinya akan dipengaruhi oleh keputusan Anda saat ini.

Jika Anda memutuskan bahwa keadaan akan selalu seperti itu dan tidak akan membaik, otomatis Anda juga bertindak secukupnya. Hasilnya? Anda bisa saja kembali menyesalinya.

Hentikan pikiran-pikiran negatif yang dapat merusak hidup Anda dan mencegah Anda meraih kesuksesan. Putuskan bahwa hari ini segalanya akan berubah menjadi lebih baik.

Jangan biarkan ketakutan-ketakutan dan keraguan Anda menjadi penghambat kesuksesan. Karena meskipun tidak mudah, Anda juga bisa menjalani hidup yang luar biasa indah!

 

Anda Bisa Menjadi Entrepreneur Sukses!

Dari 9 pola pikir entrepreneur yang salah tersebut, berapa banyak yang mengisi pikiran Anda?

Jika lebih dari 5, maka artinya jalan menuju kesuksesan masihlah panjang. Jika Anda ingin memperpendek jalan itu, caranya adalah dengan mengubah pola pikir Anda dan menghindari pikiran-pikiran negatif tersebut.

Kami yakin Anda juga bisa berubah dan memperoleh kesuksesan dalam jangka waktu dekat ini!

Buktikan sekarang juga!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai pola pikir entrepreneur yang salah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kimanzi Constable. 9 Lies We Entrepreneurs Need to Stop Telling Ourselves (The First One Is “I’m Not Smart Enough.” But That’s Totally Not True, Right?). Entrepreneur.com – https://goo.gl/U93cTJ

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir Entrepreneur – https://goo.gl/EFjCuJ
  • Sukses Berbisnis – https://goo.gl/u2tbj8

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang