Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?

Apakah perlu membeli asuransi mobil rental jika saya memiliki bisnis penyewaan mobil?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, bisnis penyewaan mobil menjadi bisnis yang sangat menjanjikan belakangan ini. Tetapi, menjalankan bisnis penyewaan mobil bukanlah hal yang mudah.

Ada perhitungan bisnis yang dilakukan, termasuk risiko-risiko yang harus dikelola.

Jika Anda ingin atau sudah memiliki bisnis penyewaan mobil, ini adalah salah satu pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan, apakah memang perlu untuk membeli asuransi mobil rental?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil

Dewasa ini, memang bisnis penyewaan mobil menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Kendaraan roda empat dapat memberikan kenyamanan yang luar biasa, terutama saat cuaca terik. Kebutuhan masyarakat atas mobil juga semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Tingginya kesibukan dan aktivitas masyarakat menjadi penyebab utama yang tak bisa dielakkan. Termasuk kecenderungan masyarakat Indonesia yang suka mudik begitu ada waktu libur panjang bisa dijadikan peluang agar bisnis berjalan lancar.

Jika kita mencoba memperhatikannya, biaya sewa mobil yang didapatkan setiap harinya merupakan penghasilan bersih tanpa harus disisihkan untuk mobil.

Memang Anda harus mengumpulkan uang setiap bulannya untuk bayar mobil. Tetapi, itu tidak sebanding dengan keuntungan yang didapatkan.

Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Ini Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil Lho]

 

Apalagi semisal di musim Lebaran kemarin atau libur panjang. Pasti banyak sekali yang mengincar mobil rental sebagai pilihan akomodasi liburannya.

Tentunya untuk harga high season tersebut biasanya harga sewa dibandrol lebih mahal dibandingkan hari biasanya.

Namun, di balik keuntungan yang sangat menggiurkan, ada banyak risiko yang harus Anda terima untuk usaha ini.

Salah satunya karena harga mobil tidaklah murah, sehingga Anda perlu mempersiapkan modal yang tidak sedikit untuk membeli mobil.

Selain itu juga, ada banyak sekali risiko yang harus dihadapi. Misalnya, saja kerusakan mobil akibat kecelakaan, kebanjiran secara tidak sengaja, bahkan jika mobil tersebut ternyata hilang.




 

Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental?

Coba bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk risiko-risiko tersebut.

Baik usaha Anda masih tergolong kecil ataupun sudah besar yang memiliki banyak sekali mobil. Risiko tersebut sama-sama bisa Anda terima. Karena tingginya risiko yang dapat diterima oleh pemilik bisnis penyewaan mobil, disinilah peran dari asuransi mobil untuk bisnis rental diperlukan.

 

4 Alasan Perlunya Asuransi Mobil Rental

Ada 4 alasan perlunya asuransi mobil rental jika Anda ingin atau sudah memiliki bisnis penyewaan mobil.

 

#1 Premi Asuransi Jauh Lebih Ringan Dibandingkan Risiko yang Dapat Anda Tanggung

Jika Anda pernah menghitung atau membeli premi asuransi mobil, tentu Anda mengetahui bahwa premi asuransi mobil biasanya bahkan tidak mencapai 5 persen dari harga mobil yang diasuransikan.

Oleh karena itu, jauh lebih baik jika kita mengalokasikan dan mengeluarkan biaya untuk premi asuransi dibandingkan harus menanggung risiko yang dapat terjadi terhadap mobil rental.

 

#2 Asuransi akan Meminimalkan Kerugian Anda Jika Terjadi Risiko

Di dalam bisnis penyewaan mobil, mobil merupakan sarana utama untuk mendapatkan keuntungan.

Jika terjadi risiko terhadap mobil yang menyebabkan mobil tersebut tidak dapat beroperasi atau bahkan mobil tersebut hilang, maka penghasilan Anda juga akan berkurang.

Fresh Graduate Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru Ini Cara Siapkan DP Mobil! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Inilah Ciri-ciri Perusahaan Asuransi Mobil Dengan Reputasi Terpercaya]

 

Dengan memiliki asuransi mobil, tentu saja kerugian yang ditanggung akan berkurang, karena Anda dapat dengan segera menggantinya dengan mobil yang lain atau membetulkan mobil Anda di bengkel.

Kerugiannya tidak sebesar apabila Anda tidak menggunakan asuransi mobil rental.

 

#3 Kita Tidak Dapat Mengkontrol Penyewa Mobil

Salah satu alasan mengapa asuransi mobil cukup penting adalah karena kita tidak pernah tahu siapa yang menyewa mobil kita, bagaimana cara dia berkendara, apakah orang tersebut akan menjaga mobil kita dengan baik, dan kemana tujuan penyewa mobil tersebut.

Memang Anda akan mendata para penyewa dan mungkin akan menyaring para penyewa dengan beberapa peraturan di tempat penyewaan mobil Anda, tetapi tetap saja ada hal-hal yang tidak dapat Anda kontrol.

 

#4 Tidak Ada Risiko atau Bencana Alam yang Dapat Diprediksi

Alasan terakhir ini mungkin sudah Anda ketahui. Selain penyewa yang tidak akan dapat Anda kontrol seluruhnya, risiko atau bencana alam pun tidak akan dapat Anda prediksi kapan dan dimana akan terjadinya.

Hal inilah yang menyebabkan bahwa Anda harus mempertimbangkan secara serius untuk memiliki asuransi mobil rental jika Anda ingin membuka bisnis penyewaan mobil.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

3 Jenis Asuransi Mobil Rental Yang Dapat Anda Pilih

Seperti yang sudah Anda ketahui, asuransi mobil dibagi menjadi 2 jenis yaitu Total Lost Only (TLO) dan All Risk.

Tetapi ternyata selain dari 2 jenis itu, ada satu lagi alternatif asuransi mobil rental yang dapat dipilih, yaitu kombinasi antara keduanya.

Klasifikasi tersebut dibuat berdasarkan tingkat kebutuhan proteksi yang berbeda baik dari sisi besaran premi maupun layanan yang diberikan. Hal inilah yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang.

 

#1 Total Lost Only (TLO)

Dilihat dari tingkat proteksinya TLO tidak menjamin seluruh resiko yang sering terjadi pada kendaraan. Asuransi ini pada umumnya hanya menjamin pada kerusakan parah lebih dari 75%, kehilangan dan kebakaran.  Kerusakan kecil seperti baret dan penyok tidak dijamin.

Jangan Salah Pilih! Inilah Ciri-ciri Perusahaan Asuransi Mobil Dengan Reputasi Terpercaya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Asuransi Mobil All Risk Selalu Lebih Untung Daripada Asuransi Mobil Total Lost Only?]

 

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa TLO itu kurang lengkap atau tanggung, tetapi premi yang ditawarkan oleh TLO jauh lebih ringan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis juga harus memiliki langkah antisipasi lain selain memiliki asuransi TLO ini agar risiko akibat kelalaian dapat ditekan atau dikurangi.

 

#2 All Risk

Sesuai dengan namanya, asuransi ini meng-cover segala jenis kerusakan umum yang dapat terjadi pada kendaraan, baik sifatnya yang minor atau menyeluruh. Apalagi dengan membeli perluasan proteksi, maka sangat dimungkinkan proteksi yang didapatkan bisa benar-benar komplit. Sebagai konsekuensinya premi asuransi mobil all risk ini relatif lebih mahal.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain tingkat proteksi, yang menjadikan asuransi mobil rental all risk lebih mahal, adalah kemungkinan adanya klaim lebih dari satu kali.

Semakin banyak klaim maka biaya asuransi juga akan membengkak, yang tentu saja hal itu akan dibebankan kepada nasabah.

Biasanya para perusahaan rental mobil akan memilih asuransi mobil ini ketika mereka mengasuransikan mobil rental baru. Alasannya adalah karena harga asuransi mobil baru lebih murah dibandingkan dengan mobil bekas.

Satu lagi yang menjadi pertimbangan asuransi all risk adalah lingkungan operasional kerja yang rawan. Seperti rawan bencana, rawan terorisme, banjir dan lain sebagainya.

 

#3 Kombinasi TLO dan All Risk

Jika di dalam bisnis penyewaan mobil, Anda menggunakan mobil baru dan mobil bekas, maka Anda dapat mengkombinasikan antara keduanya, yaitu TLO untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 5 tahun dan All Risk untuk mobil yang masih baru.

Dengan mengambil strategi tersebut, maka penggunaan asuransi bisa lebih tepat sasaran serta menghemat biaya premi.




 

Miliki Asuransi Agar Anda Tidak Menanggung Risiko Sendirian

Seperti yang sudah Anda baca, bahwa memiliki asuransi merupakan salah satu solusi yang dapat Anda lakukan agar Anda tidak menanggung kerugian yang mungkin dapat terjadi pada mobil atau bisnis rental Anda.

Anda dapat mempertimbangkan solusi ini atau jika terdapat solusi yang lainnya yang dapat mengurangi dampak kerugian dari risiko terhadap bisnis Anda, tentu saja Anda dapat mengkombinasikannya. Selamat berbisnis mobil rental dengan aman.

 

Apakah artikel ini memberikan informasi yang Anda perlukan jika Anda ingin atau sudah memiliki bisnis penyewaan mobil? Bagaimana pendapat Anda tentang asuransi mobil rental?

Apakah informasi di dalam artikel ini menambah wawasan Anda tentang perlunya asuransi mobil rental? Apakah Anda memiliki teman atau rekan kerja yang membutuhkan informasi ini?

Bagikan artikel ini kepada mereka atau orang lain yang membutuhkan wawasan ini juga.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2017. Memilih Asuransi Mobil Untuk Rental Wajib Pertimbangkan Hal Ini. Infopeluangusaha.org – https://goo.gl/6qM8BJ

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Mobil Rental 1 – https://goo.gl/6WL4L1
  • Asuransi Mobil Rental 2 – https://goo.gl/sCzGMG

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download