Beberapa Hal Ini Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil Lho

Apa saja hal-hal yang mempengaruhi harga asuransi mobil? Seperti yang sudah Anda ketahui, setiap orang yang ingin membeli mobil atau sudah memiliki mobil secara umum pasti memiliki asuransi mobil.

Mungkin Anda pun salah satu orang yang sudah memiliki atau menggunakan asuransi mobil. Tetapi apakah Anda tahu bahwa ada hal-hal tertentu yang dapat mempengaruhi harga asuransi mobil yang Anda beli?

Mari kita lihat hal apa saja yang dapat mempengaruhi harga asuransi mobil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi harga asuransi mobil, diantaranya jenis kendaraan, tunggakan kredit, umur pengemudi dan lain sebagainya. Secara lebih jelas, Finansialku akan memberikan penjelasan untuk Anda.

 

#1 Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan dan tahun pembuatannya merupakan salah satu faktor bagi perusahaan asuransi dalam menentukan premi asuransi mobil yang harus dibayarkan. 

Beberapa jenis kendaraan memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada jenis lainnya.

Mobil sport dan mobil mewah lainnya biasanya lebih mahal preminya karena jumlah klaim yang tinggi untuk kendaraan tersebut serta mahalnya suku cadang pengganti. 

Beberapa Hal Ini Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil Lho 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hey Bikers! Ketahui dan Pahami Manfaat dan Biaya Asuransi Motor]

 

Berbagai jenis alat keamanan dalam mobil juga berpengaruh dalam menentukan premi asuransi mobil. Mayoritas perusahaan asuransi kendaraan memberikan potongan harga bagi kendaraan yang dilengkapi fitur anti-lock brakes, kantong udara, dan alat anti-pencurian lainnya.

Biasanya data dari setiap pembuatan model kendaraan dikumpulkan dan diuraikan untuk menentukan mobil mana yang lebih aman, memiliki biaya rendah untuk perbaikan dan memiliki kejadian lebih rendah dalam pencurian mobil.

Statistik ini berdampak pada rate asuransi mobil untuk semua jaminan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Tunggakan Kredit (Skor Kredit)

Pihak asuransi biasanya akan memeriksa detail pembayaran kredit Anda. Mereka ingin mengetahui apakah Anda membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu atau tidak.

Orang dengan cicilan kredit yang lancar biasanya akan mendapatkan harga asuransi yang lebih murah daripada yang tidak. Mengapa? Karena kredit yang lancar berarti orang tersebut memiliki kapabilitas dalam melakukan pembayaran yang juga lancar terhadap asuransi yang mereka tawarkan.

Sedangkan, orang dengan sejarah kredit yang tidak lancar biasanya akan dikenakan biaya yang lebih tinggi dikarenakan ada kemungkinan pembayaran yang juga tidak lancar.

Refinancing Apakah Anda Tahu Strategi Cerdas dalam Melunasi Kredit Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Inilah Ciri-ciri Perusahaan Asuransi Mobil Dengan Reputasi Terpercaya]

 

Penilaian ini menjadi salah satu penilaian utama yang dilakukan pihak asuransi. Sama seperti pengajuan kartu kredit untuk keperluan sehari-hari, semua sejarah pembayaran Anda akan dijadikan acuan untuk memutuskan menerima pengajuan kartu kredit Anda atau tidak.

Jika Anda pernah memiliki masalah dengan bank mengenai pinjaman uang ataupun tunggakan kartu kredit, Anda akan mendapat premi asuransi dengan harga tinggi, bahkan mungkin permohonan asuransi mobil Anda akan ditolak.

 

#3 Usia dan Jenis Kelamin Pengemudi

Umur juga berperan dalam menentukan premi asuransi mobil yang harus dibayar. Ini merupakan faktor utama jika seorang pengemudi berada di bawah usia 25 tahun. Semakin muda seorang pengemudi semakin mahal juga rate premi asuransi.

Data menunjukkan bahwa pengemudi berusia muda memiliki tingkat kecelakaan, kerusakan dan cedera lebih tinggi dibanding pengemudi yang lebih tua.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Bekas]

 

Jenis kelamin memiliki dampak pada rate asuransi mobil, meskipun tidak signifikan.

Anak laki-laki akan membayar premi lebih daripada anak perempuan terutama selama masa remaja. Ketika sudah menjadi dewasa, pengaruh jenis kelamin terhadap rate asuransi mobil semakin berkurang.

 

#4 Sejarah Klaim Asuransi Mobil

Kebanyakan perusahaan asuransi memiliki skema penilaian dan memberikan penghargaan kepada mereka yang tidak memiliki klaim.

Perusahaan juga memberikan biaya tambahan atau mengurangi diskon kepada mereka yang sering melakukan klaim asuransi mobil.

Perusahaan asuransi juga akan mengecek seberapa sering Anda melakukan klaim dalam lima tahun terakhir. Catatan negatif dalam klaim maupun sejarah mengemudi akan berdampak pada tingkat premi asuransi mobil yang diberikan.

Di sisi lain, menjadi pengemudi dengan catatan baik (tanpa pelanggaran atau kecelakaan) akan membuat Anda mendapatkan potongan harga.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#5 Catatan Mengemudi

Bagi Anda yang sudah sering mengendarai mobil, catatan mengemudi juga menjadi pertimbangan perusahaan asuransi dalam menentukan apakah Anda layak menerima asuransi mobil atau tidak. 

Biasanya perusahaan asuransi akan mengecek dari catatan tilang Anda di kepolisian atau di kejaksaan selama tiga tahun terakhir.

Catatan mengemudi buruk dikombinasikan dengan skor kartu kredit buruk serta sejarah klaim asuransi mobil buruk merupakan penyebab untuk mendapatkan rate asuransi tinggi.

 

#6 Jarak Tempuh Setiap Tahun

Jarak tempuh menjadi salah satu penentu harga asuransi mobil Anda. Perusahaan asuransi juga mengetahui bahwa mobil yang sering dipakai lebih rentan terkena kecelakaan.

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi agar Selamat dan Aman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

Orang yang sering melakukan perjalanan dengan membawa kendaraan roda empat serta jarak yang jauh, akan memiliki risiko terkena kecelakaan lebih besar daripada orang yang menempuh jarak yang pendek.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan potongan harga bagi mobil dengan kilometer yang masih rendah. 

 

#7 Lokasi Tempat Tinggal

Lokasi tempat tinggal pun menentukan harga asuransi yang harus dibayar. Misalnya, Anda berlokasi di daerah sub-urban yang padat penduduk. Secara otomatis, beban asuransi yang diberikan kepada Anda akan lebih mahal.

Hal ini dikarenakan lokasi yang padat penduduk membuat mobil yang Anda miliki rentan terhadap pencurian dan juga terhadap pelaku pengrusakan.

Ada kemungkinan Anda akan bolak-balik ke pihak asuransi karena banyaknya perlakuan seperti ini di lingkungan yang padat penduduk.

Sebaliknya, orang yang tinggal di daerah komplek yang keamanannya terjaga cenderung akan membayar lebih rendah. Daerah seperti ini biasanya memiliki pos jaga, keamanan yang terjamin dan jauh dari para pelaku pengrusakan.

 

Mencari Tahu Sebelum Membeli

Dengan mengetahui hal-hal yang mempengaruhi harga asuransi mobil, Anda dapat melakukan perencanaan dan mungkin juga penghematan pada saat ingin membeli asuransi mobil Anda.

Anda dapat membandingkan antara satu asuransi mobil dengan yang lainnya, atau berdiskusi dengan asuransi mobil yang sedang Anda gunakan tentang hal-hal yang mempengaruhi harga asuransinya, sehingga Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran Anda untuk asuransi.

 

Apakah Anda memiliki asuransi mobil? Menurut Anda, apa yang menyebabkan harga asuransi mobil memiliki premi yang mahal? Berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Harga Asuransi Mobil – https://goo.gl/14o5ei
  • Asuransi Mobil – https://goo.gl/Fy5S2x

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-09-06T07:47:12+00:00 September 5th, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Kendaraan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment