Apa saja pengeluaran tambahan saat Anda membeli mobil bekas? Saat Anda ingin membeli mobil, pasti banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Salah satunya yang pertama kali muncul adalah ingin membeli mobil bekas atau baru?

Anda tentu ingin sekali membeli mobil yang baru, namun saat terbentur dengan masalah biaya, maka pilihannya akan jatuh pada mobil bekas.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membeli Mobil Bekas

Mobil salah satu kebutuhan yang tergolong dalam kebutuhan sekunder, artinya mobil bukan merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki seperti layaknya memiliki rumah.

Namun faktor transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari kata nyaman memang membuat orang kemudian memilih untuk membeli mobil untuk keperluan sehari-hari.

Saat ini, mobil murah sedang menjadi primadona dalam penjualan kendaraan. Angka penjualan yang tinggi dan permintaan pasar yang seolah tak pernah sepi menjadi alasan kenapa semakin hari semakin banyak tipe mobil murah yang beredar di pasaran.

Meski begitu, harga mobil murah juga belum tentu terjangkau bagi semua orang, mengingat harga yang ditawarkan rata-rata di kisaran seratus jutaan. Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan anggaran yang terbatas, maka tidak ada salahnya Anda memikirkan untuk membeli mobil bekas.

Sebagaimana namanya, kondisi mobil ini sudah tentu tidak lagi baru. Namun, bukan berarti mobil bekas memiliki kondisi buruk dan tidak layak untuk ditumpangi. Ada banyak mobil bekas yang dijual dan masih dalam keadaan terawat. 

7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Bekas 02 - Finansialku

[Baca Juga: [Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

 

Membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas akan menuntut Anda untuk memiliki kecermatan dan kehati-hatian yang lebih, mengingat Anda tidak tahu bagaimana pemilik sebelumnya merawat mobil tersebut.

Banyak orang yang tertipu saat membeli mobil bekas. Hal ini sering terjadi karena tidak semua orang memiliki keahlian dalam melihat dan menilai keadaan sebuah mobil bekas. Dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang cukup dalam melakukan hal ini.

 

Untung Rugi Membeli Mobil Bekas

Bagi Anda yang masih ragu untuk membeli mobil bekas. Berikut ini kami berikan beberapa uraian mengenai keuntungan membeli mobil bekas:

  • Mendapatkan harga dan angsuran yang murah, nilai mobil yang turun dari waktu ke waktu akan membuat cicilan mobil bekas menjadi lebih murah daripada kredit mobil baru. Jika tahun 2010 harga mobil tersebut Rp200 juta, bisa jadi tahun ini sudah tinggal Rp100 juta.
  • Dalam pengajuan dan administrasi kredit mobil bekas ini umumnya akan berjalan lebih cepat dan mudah dibandingkan proses pengajuan kredit mobil baru.
  • Anda dapat membawa pulang mobil sebelum lunas. Meski pembayaran belum lunas, Anda sudah bisa membawa mobil yang Anda inginkan. Hal ini berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu plat nomor kendaraan dari kepolisian untuk bisa Anda gunakan.
  • Mobil tipe baru dan fitur bagus dengan harga murah. Setiap tahun brand-brand otomotif ternama selalu meluncurkan mobil-mobil tipe baru dengan spesifikasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Maka itu artinya, akan ada banyak pilihan mobil bekas yang telah dijual di pasaran. Anda dapat dengan leluasa pergi langsung ke showroom dan memilih fitur-fitur mobil serta brand yang Anda inginkan, juga dengan didukung dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Bertahan hingga enam digit. Banyak orang beranggapan bahwa jika mobil sudah mencapai jarak tempuh 100.000 kilometer, maka sudah saatnya mobil tersebut untuk diganti. Namun sesungguhnya saat ini, mobil-mobil keluaran terbaru sudah sanggup bekerja dengan baik walaupun jarak tempuhnya sudah mencapai 200.000 kilometer. Semua itu tergantung dari perawatan mobil Anda. Bahkan jika Anda mampu merawat mobil Anda dengan baik, mobil Anda bisa digunakan hingga jarak tempuh enam digit maksimalnya atau setara 900.000 kilometer.
  • Biaya bulanan dapat lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Mobil keluaran terbaru biasanya akan mewajibkan penggunanya untuk menggunakan bahan bakar non subsidi, supaya mesin lebih awet. Hal ini berarti biayanya lebih mahal dalam hal pengeluaran bulanan. Selain itu, pajak kendaraan baru, terutama kendaraan mewah sangat mahal jika dibandingkan dengan pajak kendaraan bekas.

 

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi agar Selamat dan Aman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi agar Selamat dan Aman]

 

Namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang merugikan dalam membeli mobil bekas.

  • Mobil bekas memiliki bunga cicilan yang lebih besar dibandingkan mobil baru. Jika kredit mobil baru memiliki bunga cicilan 3% per tahun, maka bunga setoran untuk kredit mobil bekas dapat mencapai 6% per tahun. Selain tingkat bunga, setoran dari kredit mobil bekas juga akan ditambah dengan premi asuransi. Besaran premi asuransi mobil ditentukan oleh usia kendaraan. Semakin tua usia mobil, maka semakin besar tingkat atau suku premi asuransinya.
  • Harga jual kembali yang rendah. Munculnya mobil dengan fitur dan model baru membuat harga mobil sebelumnya akan menjadi terus menurun dari waktu ke waktu. Rata-rata sebuah mobil mengalami penurunan harga sekitar 15%-25% per tahun selama lima tahun sejak awal pembeliannya.
  • Biaya perawatan yang cenderung lebih banyak dari mobil baru. Makin tua mobil tersebut, makin sering “rewel” ketika Anda menggunakannya. Namun masalah-masalah ini dapat dihindari dengan mudah apabila Anda tahu cara memilih mobil bekas yang tepat.

 

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

Kesalahan Fatal Saat Membeli Mobil Bekas

Saat Anda sudah yakin dalam membeli mobil bekas, sebaiknya Anda menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini:

  • Tidak menanyakan sejarah mobil. Saat membeli mobil bekas, banyak hal yang harus Anda teliti, salah satunya adalah tentang sejarah mobil tersebut. Tanyakan dengan detail tentang hal ini. Cobalah untuk menelusuri asal-usul mobil tersebut dan cari tahu mengapa mobil tersebut dijual, apa sudah pernah tabrakan/kecelakaan, apa pernah terendam banjir, siapa pemilik sebelumnya, apakah mobil tersebut bekas jadi mobil sewaan atau mobil sitaan perusahaan leasing, dan sebagainya. Mengetahui sejarah mobil akan menghindari kerugian yang muncul di kemudian hari.
  • Tidak mengerti soal mesin. Ketika membeli mobil bekas, Anda harus memprioritaskan untuk mengecek kondisi mesin. Mobil bekas yang masih bagus tentu memiliki suara mesin yang masih terdengar halus dengan bagian kaki-kaki dan suspensi yang masih terasa empuk. Anda juga harus memastikan setiap komponen mesinnya original atau setidaknya masih terlihat berfungsi dengan baik. Bila Anda tidak mengerti mengenai mesin, Anda bisa mengajak teman atau orang lain yang Anda percaya untuk melihat mobil bekas yang mau Anda beli.
  • Tidak memeriksa catatan servis kendaraan. Biasanya setiap kali melakukan servis, maka pihak bengkel akan menuliskan catatan servis berkala dan komponen apa saja yang pernah diganti sehingga Anda lebih mudah menilai performansi mobil bekas tersebut. Pilihlah mobil yang rutin melakukan servis dan komponen yang diganti diusahakan yang original.
  • Terburu-buru saat test drive. Pada saat test drive, harus melakukannya dengan teliti, jangan terburu-buru menilai kondisi mesin yang sebenarnya baru bisa dilihat setelah dipakai beberapa lama atau dibawa jalan beberapa jauh. Dengan melakukan test drive, Anda dapat melihat performa mesin yang sebenarnya. Perhatikan suara mesin, getaran mesin, fungsi panel, lampu indikator yang terdapat pada dashboard, dan asap pada knalpot mobil tersebut.
  • Tidak membandingkan terlebih dahulu. Jangan cepat puas dengan mendatangi satu penjual saja. Datangi beberapa penjual dan lakukan perbandingan antara satu mobil dengan mobil lainnya. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan mobil bekas yang paling berkualitas dengan harga yang sesuai, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian setelah melakukan pembelian tersebut.
  • Tergoda dengan harga murah. Hindari untuk segera memutuskan dan membeli hanya karena tergoda dengan harga yang murah. Jangan sampai harga yang murah akan membuat Anda mengalami kerugian di kemudian hari, dimana Anda harus bolak-balik melakukan perawatan di bengkel. Anda perlu memastikan kondisi dan segala risiko yang mungkin akan Anda tanggung setelah melakukan pembelian tersebut.
  • Tidak memeriksa kelengkapan surat-surat. Surat-surat kendaraan adalah hal krusial yang wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dijual dengan harga tinggi. Anda wajib memastikan bahwa mobil yang Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

 

Mobil Murah Berapa Harga Mobil yang Sebenarnya Bisa Anda Beli 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mobil Murah: Berapa Harga Mobil yang Sebenarnya Bisa Anda Beli?]

 

Pengeluaran Tambahan Saat Membeli Mobil Bekas

Selain mempertimbangkan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil bekas, Anda juga perlu mengetahui pengeluaran tambahan yang akan Anda keluarkan saat membeli mobil bekas. Ini sangat berguna untuk mengatur perencanaan keuangan Anda kedepan, supaya nantinya keuangan Anda tidak menjadi jebol.

Berikut pengeluaran tambahan saat membeli mobil bekas:

 

#1 Biaya Balik Nama Mobil

Biaya balik nama di tiap wilayah berbeda-beda, tergantung bagaimana peraturan pemerintah daerah setempat ditetapkan. Sebagai contoh, pemerintah provinsi Banten baru mengeluarkan pengampunan denda pajak kendaraan bermotor, untuk warga Banten tahun 2017.

Keringanan dan pembebasan pajak daerah ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2017 tentang penghapusan bea balik nama kendaraan bermotor, mutasi masuk dari luar daerah dan mutasi dalam daerah, serta penghapusan sanksi administrasi atas keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Kebijakan ini berlaku efektif hanya selama tiga setengah bulan mulai dari 15 Mei 2017 sampai 31 Agustus 2017.

7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Baru]

 

Secara umum, biaya yang harus dikeluarkan untuk balik nama terbagi menjadi dua, yaitu biaya pajak dan biaya di luar pajak. Mari kita mengenal biaya-biaya nama kendaraan:

 

Biaya pajak

Biaya pajak adalah biaya yang akan tertera di STNK sesudah proses balik nama STNK selesai. Biaya yang tertera di STNK adalah:

  1. PKB. PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor bisa Anda lihat di STNK dengan patokan biaya yang biasanya tidak berubah dari pajak tahun lalu. Bahkan biayanya bisa turun seiring dengan bertambahnya usia mobil Anda. PKB biasanya 1,5% dari nilai jual kendaraan Anda.
  2. BBN KB. BBN KB atau Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor bisa Anda hitung dengan rumus perhitungannya adalah: BBN KB = 2/3 x PKB
  3. SWDKLLJ. SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biayanya sudah ditentukan oleh pemerintah, yaitu sebesar: untuk motor: Rp35.000 dan untuk mobil: Rp143.000 (biaya bisa berubah sewaktu-waktu).
  4. Biaya ADM STNK. Biaya ADM STNK atau Biaya Administrasi STNK juga telah ditentukan oleh pemerintah, yaitu sebesar: Untuk motor: Rp50.000 dan untuk mobil: Rp75.000 (biaya bisa berubah sewaktu-waktu).
  5. Biaya ADM TNKB. Biaya ADM TNKB atau Biaya Administrasi Tanda Kendaraan Bermotor telah ditentukan oleh pemerintah, yaitu sebesar: untuk motor: Rp30.000 dan untuk mobil: Rp55.000 (biaya bisa berubah sewaktu-waktu).

 

Biaya di luar pajak

Biaya di luar pajak adalah biaya yang tidak tertera di STNK, yaitu meliputi:

  1. Pengesahan hasil cek fisik kendaraan yakni sebesar Rp30.000
  2. Pendaftaran untuk balik nama BPKB yakni sebesar Rp80.000
  3. Tip untuk petugas yang melakukan cek fisik yakni bersifat sukarela (Rp20.000)
  4. Pendaftaran untuk balik nama STNK yakni sebesar Rp30.000

Total biaya: Rp160.000

Itulah biaya-biaya yang harus dibayar bagi Anda yang hendak melakukan ganti nama pada dokumen kendaraan bermotor bekas yang baru dibeli.

Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya?]

 

#2 Biaya Pajak STNK Tahunan

Terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dimulai diberlakukan tahun 2017 menyebabkan terjadinya perubahan biaya dalam pengurusan STNK.

Ada sejumlah pungutan yang sebelumnya tidak dikenakan biaya (gratis) kini dikenakan biaya dan ada biaya yang mengalami kenaikan. Keputusan ini diambil dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik.

Usul perubahan tersebut berasal dari Kepolisian RI yang disetujui oleh Kementerian Keuangan dan diketahui Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Anggaran DPR.

7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Bekas 03 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

#3 Biaya Asuransi Mobil

Memang ada perlakuan yang berbeda dalam mengurus asuransi mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru. Hal ini disebabkan pihak asuransi harus menaksir dahulu harga pasaran mobil bekas, lalu pihak asuransi juga akan menyurvei mobil yang hendak diasuransikan untuk menakar risikonya.

Survei itu mencakup cek fisik termasuk pre assisting damage atau memeriksa kerusakan mobil bekas yang mungkin sudah ada saat itu.

Usia kendaraan juga menjadi poin pertimbangan mobil bisa diasuransikan atau tidak. Masing-masing perusahaan asuransi punya kebijakan berbeda-beda dalam menentukan usia kendaraan mobil bekas. Ada yang maksimal tujuh tahun dan ada pula yang sampai 10 tahun.

Usia mobil bekas juga kadang menentukan jenis asuransi. Semakin tua mobilnya maka akan dirujuk menggunakan asuransi TLO (Total Loss). Asuransi TLO menjamin kerugian akibat kehilangan atau rusak total mobil minimum 75% akibat kecelakaan.

Alasannya, semakin tua usia mobil bekas maka ketersediaan komponen semakin sulit dan harga jualnya terus menyusut.

Premi asuransi untuk mobil bekas biasanya lebih mahal dari mobil baru meski harga pertanggungannya atau rate asuransinya sama dengan mobil baru.

Hal ini disebabkan pihak asuransi membebankan biaya loading mobil bekas lebih besar dari mobil baru, karena mobil bekas peluang terjadinya kerusakan atau keausan komponen lebih besar. Rata-rata biaya loading mulai dari 5% hingga 10% tergantung perusahaan asuransi.

 

Simulasinya adalah sebagai berikut:

Asumsi rate asuransi = 3%, Persentase loading yang ditetapkan = 10%

Maka biaya loading-nya: 3% x 10% = 0,3%

Jatuhnya biaya premi asuransi mobil bekas = asumsi rate + biaya loading

= 3%+ 0,3% = 3,3%

Andai kata 3,3% itu adalah premi untuk perlindungan all risk, maka bila harga mobil bekas tahun 2010 Rp100 juta maka premi yang harus dibayarkan adalah:

3,3% x Rp100 juta = Rp3,3 juta per tahun

 

Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik]

 

#4 Biaya Keuangan

Biasanya kita akan membeli mobil bekas dengan cara kredit. Anda akan dihadapkan dengan sejumlah biaya akibat pembelian secara kredit diluar dari cicilan bulanan. Pada umumnya, ada dua komponen biaya yang akan ditagihkan pada pembayaran pertama yang Anda lakukan, yakni biaya provisi dan biaya fidusia.

Biaya provisi atau lebih dikenal dengan biaya administrasi merupakan sebuah biaya yang sifatnya wajib dan akan Anda temukan di dalam hampir semua pembelian yang Anda lakukan secara kredit.

Pada umumnya, jumlah provisi akan berbeda-beda dan bergantung pada jenis barang yang dikreditkan, dimana pihak leasing atau bank biasanya akan menentukannya dalam bentuk persentase yang kemudian dikalikan dengan total harga barang yang dikreditkan tersebut.

Sedangkan biaya fidusia merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan sebagai tanda bukti kepercayaan. Misalnya saat mengajukan kredit mobil ke leasing, maka Anda akan dikenakan biaya fidusia sebesar Rp50.000.

 

#5 Biaya Servis

Yang perlu jadi pertimbangan saat kita membeli mobil bekas adalah biaya servis yang akan kita keluarkan. Terlebih semakin bertambahnya usia kendaraan tentunya semakin perlu perawatan agar mobil selalu dalam kondisi sempurna, biasanya ada saja kerusakan di mounting girboks atau mesin, oli yang sudah aus atau gearbox-nya sudah rusak.

Ada dua tipe servis yang biasa dilakukan, yakni servis berkala dan servis tambahan jika mobil Anda bermasalah.

Sebagai contoh: mobil Innova diesel untuk servis berkala 240.000 km akan memiliki biaya jasa Rp912.000 dan Rp1.680.000 untuk komponen. Ini belum termasuk bila mobil sudah memiliki masalah maka tentu biayanya akan bertambah.

Panduan Lengkap Cara Memilih Asuransi Mobil dan Cara Klaim 01 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Memilih Asuransi Mobil dan Cara Klaim]

 

#6 Biaya Depresiasi

Depresiasi kendaraan adalah seberapa “nilai” mobil Anda hilang selama periode 10 tahun melalui penggunaan sehari-hari. Setelah periode 10 tahun itu, satu-satunya nilai yang tersisa adalah nilai “memo” kendaraan Anda.

Ketika Anda membeli mobil bekas, tentu saja nilai depresiasinya sudah jauh turun dibandingkan dengan mobil baru. Depresiasi ini akan sangat berpengaruh untuk Anda ketika Anda ingin menjual kembali mobil Anda. Namun bicara depresiasi, ini tidak mutlak berlaku pada semua jenis mobil.

Sebagai contoh, bila Anda membeli mobil Nissan Juke tahun 2012 dengan harga Rp250 juta, setelah dipakai 2 tahun dan dijual sekarang harganya anjlok sampai Rp170 juta, berarti dalam 2 tahun depresiasinya Rp80 juta.

 

#7 Biaya Bensin, Tol dan Parkir

Konsumsi bahan bakar juga perlu jadi pertimbangan ketika Anda membeli mobil bekas. Mobil yang baru biasanya sudah menggunakan generasi mesin yang baru yang lebih hemat dibandingkan dengan generasi dari mobil bekas.

Sebagai contoh: Avanza 1,3 belum VVTI untuk pemakaian bensinnya 1:12, artinya setiap satu liter bensin dapat ditempuh dengan jarak 12 km. Sedangkan untuk Avanza G VVTI perbandingannya adalah 1:15.

Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan biaya-biaya rutin yang lainnya saat menggunakan kendaraan seperti untuk tol dan parkir.

Beli Mobil Baru, Harga Berapa yang Saya Sanggup - Finansialku

[Baca Juga: Beli Mobil Baru, Harga Berapa yang Saya Sanggup?]

 

Pertimbangkan Pengeluarannya Saat Membeli Mobil Bekas

Anda perlu bijak dalam pembelian mobil bekas. Butuh ketelitian dan kecermatan agar mobil yang Anda pilih tentunya dapat tepat guna. Selain itu, perlu diperhitungkan juga pengeluaran tambahan yang akan terjadi bila Anda membeli mobil bekas. Sudah siapkan keuangan Anda dengan pengeluaran tersebut?

 

Apakah Anda mengetahui pengeluaran lain apalagi yang muncul saat membeli mobil bekas? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 Mei 2016. Cermat Memilih Mobil Bekas Sebelum Kredit. Cermati.com – https://goo.gl/j51kMi
  • Admin. 7 April 2016. 8 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mobil Bekas. Cermati.com – https://goo.gl/3ZdsSn
  • Admin. 5 Oktober 2015. 7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas. Cermati.com – https://goo.gl/EB07by
  • Boby Chandro Oktavianus. 21 September 2016. Cari Mobil Bekas? Ini yang Perlu Anda Tahu. Cermati.com – https://goo.gl/5rQ2cn
  • Admin. 5 Oktober 2015. Beli Mobil Bekas? Ini Untung dan Ruginya. Cermati.com – https://goo.gl/WeH5BE
  • Admin. 8 Agustus. 2016. 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas. Cermati.com – https://goo.gl/P7HJpN
  • Admin. 4 Desember 2015. Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Mengurusnya. Cermati.com – https://goo.gl/cLBS7h
  • Tunaiku. 30 Desember 2016. Mau Beli Kendaraan Bekas? Simak Langkah Mengurus Balik Nama Beserta Estimasi Biayanya Berikut Ini. Tunaiku.com – https://goo.gl/dtR5GZ
  • Rizki Abadi. 11 Januari 2017. Biaya Balik Nama dan Pembuatan STNK Baru. Cermati.com – https://goo.gl/fK5UmP
  • Kathy Teel. 9 Juli 2012. Costs of Buying a Used Car. Dmv.org – https://goo.gl/DIRaEj
  • Admin. 25 Januari 2016. Hidden Costs when Buying a Used Car (Or, Why It’s Not as Cheap as You Think It Is). Ridetime.ca – https://goo.gl/8mqYlL
  • Duit Pintar. 1 September 2015. Hayo Dong Jangan Remehkan Keuntungan Asuransi untuk Mobil Bekas. Duitpintar.com – https://goo.gl/sGv5Fc
  • Jeff Cuellar. 23 September 2013. Costs to Consider When Buying a Used Car. Moneysmart.sg – https://goo.gl/AyCmak
  • Admin. 6 Juni 2016. The Cost of Owning A Car. Commbank.com.au – https://goo.gl/w5cKfH

 

Sumber Gambar:

  • Mobil Bekas – https://goo.gl/vyVzyM dan https://goo.gl/Smtsm0
  • Pajak Kendaraan – https://goo.gl/RccV1I

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana