Ingin membeli mobil? Apakah kondisi finansial Anda sudah mendukung untuk Anda memiliki mobil? Lebih baik mobil bekas atau mobil baru? Cara pembayarannya cash atau kredit? Simak ulasannya berikut ini dari Tim Finansialku bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Beli Mobil – Butuh atau Gengsi?

Bagi Anda yang berusia antara 25-35 tahun, Anda sedang berada di usia produktif dengan berbagai kebutuhan diantaranya kebutuhan pernikahan, keluarga dan juga kendaraan. Kali ini, Tim Finansialku akan membahas mengenai harga kendaraan dalam hal ini adalah mobil.

Mobil seperti apakah yang harus dibeli dan dengan harga berapakah yang harus dikeluarkan dengan gaji yang Anda miliki saat ini serta cara pembayaran seperti apakah yang sebenarnya menguntungkan?

Sebelum menjawab berbagai pertanyaan yang lebih mendalam, alangkah baiknya jika Anda menjawab pertanyaan berikut ini sebelum membeli sebuah mobil yang Anda inginkan.

Pertanyaannya adalah seberapa pentingkah mobil bagi Anda, apakah menunjang kebutuhan Anda sehari-hari, apakah mobil digunakan untuk kepentingan pekerjaan Anda atau hanya sekedar gensi belaka dan keinginan semata untuk memiliki mobil?

Mobil Murah Berapa Harga Mobil yang Sebenarnya Bisa Anda Beli 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Mobil, Beli Ga Ya?]

 

Tidak perlu gengsi dan memaksakan diri untuk memiliki sebuah mobil karena Anda tetap harus memikirkan berbagai kebutuhan sehari-hari sebelum Anda membeli sebuah mobil.

Faktor utama dari kepemilikan sebuah kendaraan berupa mobil adalah seberapa penting mobil tersebut untuk menunjang kehidupan Anda.

Apabila mobil yang Anda beli adalah untuk menunjang pekerjaan Anda dan malahan menambah keuntungan finansial Anda, tentu saja sangat disarankan untuk membeli mobil dan Anda sampai kepada pertanyaan berikutnya, yaitu apakah finansial Anda mencukupi?

 

Perhitungkan dengan Cermat

Mobil seperti apakah yang akan Anda beli, apakah mobil baru atau bekas. Tentu saja kalau mobil baru, fasilitas yang diberikan juga tidak perlu diragukan karena barang masih baru.

Berbeda dengan mobil bekas karena perlu kecermatan dan pertimbangan yang matang dalam memilih mobil yang masih tetap oke dan tidak rewel dalam pembiayaannya kelak. Mengenai harga, sudah pasti untuk mobil yang bekas cenderung lebih murah dan harganya miring.

Perhatikan hal ini! Apabila Anda sudah memperhitungkan dengan cermat untuk memisahkan 30% dari penghasilan Anda (minimal penghasilan Rp10 juta/bulan) untuk cicilan bulanan, dan tentu saja tidak mengganggu pos pengeluaran yang lain, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkredit mobil baru. 

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih yang Mana: Asuransi Mobil TLO atau All Risk?]

 

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil Bekas/Baru

Kelebihan:

  1. Adanya keuntungan non finansial yang didapat, seperti keluarga baru yang dikaruniai anak. Kebutuhan akan mobil diperlukan.
  2. Anda dapat mengatur dan mengalokasikan pengeluaran rutin bulanan yang ada, sepanjang masih dalam batas 30% (termasuk cicilan lain) dari total pemasukan bulanan Anda.
  3. Apabila ada kebutuhan lain yang sifatnya mendesak, sisa uang cash yang kita punya bisa kita gunakan untuk keperluan lain terlebih dahulu.

 

Kekurangan:

  1. Harga riil mobil turun, dan jatuhnya lebih mahal, sementara kita menanggung beban total cicilan sampai lunas, dan apabila terlambat dalam mencicil, maka akan dikenakan penalty atau bunga tambahan, atau bahkan mobil itu bisa disita apabila terlambat membayar lebih dari tiga kali.
  2. Kalau Anda tidak bisa melunasi cicilan, biasanya ada 2 pilihan, mobil akan ditarik oleh dealer dan dijual lagi, jika laku lebih tinggi maka uangnya akan dikembalikan, atau yang kedua Anda yang harus mengusahakan untuk menjual mobil tersebut untuk melunasi total kekurangan cicilan beserta bunganya.
  3. Meningkatnya beban pengeluaran bulanan untuk membayar cicilan kredit mobil.

 

Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik]

 

Simulasi Kredit Mobil

Misalnya Anda ingin membeli mobil seharga Rp150 juta dengan kredit selama 3 tahun ditambah bunga 7% per tahun.

Dengan demikian, menurut Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP dari Bank Indonesia, uang muka yang harus Anda siapkan adalah minimal 30% yaitu Rp50 juta. Dengan uang muka sebesar Rp50 juta, maka cicilan per bulan yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp3,4 juta.

Rinciannya sebagai berikut:

Harga mobil       : Rp150.000.000
Jangka waktu kredit mobil: 3 tahun (36 bulan)
Suku bunga/tahun: 7% per tahun
Uang muka: Rp50.000.000
Cicilan/bulan: Rp3.360.000
Total cicilan (36 bulan): Rp120.960.000
Biaya administrasi (estimasi): Rp5.000.000
Total pembelian mobil secara kredit (DP+Administrasi+Cicilan): Rp175.960.000

 

Dari simulasi bagian sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa total uang yang akan Anda keluarkan selama 3 tahun kira-kira Rp176 juta. Anda perlu menyadari bahwa dalam waktu 3 tahun mendatang, mobil tersebut akan mengalami depresiasi mungkin harganya bisa menjadi Rp120 juta.

Kasarnya, Anda mengalami kerugian kira-kira sebesar Rp55 juta. Ilustrasi di atas sebagai gambaran dan menegaskan bahwa mobil bukanlah alat investasi! Lain halnya apabila Anda berniat untuk memanfaatkan mobil tersebut untuk tujuan bisnis.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda perlu menggunakan asuransi bagi mobil Anda tersebut atau tidak. Tim Finansialku juga telah memaparkan pentingnya asuransi mobil dan bagaimana memilih asuransi untuk mobil Anda tersebut.

anda-pemilik-mobil-ketahui-cara-klaim-asuransi-mobil-korban-banjir-finansialku

[Baca Juga: Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan kredit mobil:

  1. KTP sebagai pemohon dan penjamin (bisa suami dan istri/anak dan ke-2 orangtua jika belum berumah tangga)
  2. Kartu Keluarga dan NPWP
  3. Bukti kepemilikan rumah (PBB/AJB/Sertifikat) jika rumah bukan milik pribadi (rumah sewa atau rumah mess), lampirkan surat penyewaan atau surat penempatan dari kantor.
  4. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir.
  5. Surat keterangan penghasilan (slip gaji jika pegawai, karyawan, PNS, dan lain-lain)
  6. Surat izin/keterangan usaha/SIUP (jika wiraswasta/usaha sendiri)

 

Tetapkan Standar Prioritas

Tentukan dengan cermat sebelum membeli mobil. Dahulukan kepentingan rutin dan yang mendesak. Selamat membeli mobil bagi Anda yang sudah memiliki perencanaan dan pertimbangan yang matang.

 

Bagikan pengalaman Anda ketika memutuskan untuk membeli mobil baru atau mobil bekas dan cara pembayaran yang Anda lakukan melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan berbagai informasi mengenai artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Beli Mobil Baru Di Dealer Resmi Cash Maupun Kredit. Mobilxenia.com – https://goo.gl/4f0j7g
  • Finansial. 21 Juni 2016. Mana yang Lebih Baik, Kredit Mobil Bekas Atau Kredit Mobil Baru? Blogfinansial.com – https://goo.gl/dr3Kzo
  • Philip Reed. 4 April 2016. How Much Car Can You Afford? Understanding the Numbers. Nerdwallet.com – https://goo.gl/HwJemE
  • David Weliver. 1 Februari 2017. How Much Should You Spend On A Car. Moneyunder30.com – https://goo.gl/mYHWcV

 

Sumber Gambar:

  • Kunci Mobil – https://goo.gl/BVvTNc
  • Mengendarai Mobil – https://goo.gl/cyeyXQ

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana