Sebelum Hari Raya Idul Fitri, membeli mobil ternyata merupakan nilai tersendiri dan kebanggaan bagi sebuah keluarga yang akan pulang ke kampung halaman. Selain membeli mobil difungsikan untuk menunjang pekerjaan, ternyata membeli mobil difungsikan sebagai reputasi di lingkungan kampung halaman.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Membeli Mobil Baru

Sebelum memutuskan untuk punya mobil sendiri, ada baiknya jawab dulu pertanyaan dibawah ini.

7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya?]

 

#1 Apa alasan punya mobil?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan mendasar yang berkaitan dengan kondisi keuangan untuk masa akan datang. Tanyakan pada diri Anda fungsi mobil yang baru. Apakah tujuannya hanya untuk sekadar hobi, menunjang reputasi, atau memang dipergunakan untuk mobilitas.

Misalnya, mobil yang dimiliki saat ini terlalu kecil untuk membawa keluarga besar, sehingga membutuhkan mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) yang bisa memuat lebih banyak.

 

#2 Mobil jenis apa yang tepat?

Saat ini sudah banyak jenis mobil yang tersedia di pasaran. Hampir tiap waktu selalu hadir tipe dan jenis baru. Anda perlu memilih, mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda saat ini.

Jika yang ditekankan adalah reputasi saat pulang kampung, maka jenis sedan premium akan terasa cocok. Jenis mobil ini memang lebih identik dengan “status” ketimbang dengan fungsi utama mobil sebagai alat mobilitas.

Lain halnya jika diperuntukkan untuk mengantar anak sekolah atau untuk berbelanja, untuk kebutuhan ini lebih pas dengan jenis city car. Selain irit bahan bakar, mobil ini juga gesit di jalanan karena dimensinya yang mungil. City car juga cocok melintas di jalanan perkotaan yang macet.

Perlu dipertimbangkan juga dengan kondisi jalan yang dimiliki saat ini, apabila sering melintas jalanan rusak, maka pilihan bisa pada mobil SUV. Mobil ini terkenal tangguh dalam kondisi jalanan yang tidak mulus dan tetap nyaman untuk ditumpangi.

Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

#3 Berapa budget yang Anda miliki?

Saat kita hendak memiliki mobil kita harus perhitungkan budget yang kita miliki. Kendaraan sebaiknya dibeli dengan cara tunai, karena mengingat nilainya yang terus menerus tergerus seiring dengan perjalanan waktu.

Kalau pun memilih dengan cara kredit, pastikan total utang yang ditanggung tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan Anda. Jika Anda sudah memiliki cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), maka total cicilan KPR dan cicilan mobil Anda maksimum 30% dari penghasilan.

Bila hendak melirik mobil bekas, perhatikan juga biaya rekondisinya. Bagaimanapun membeli mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Pastinya mobil bekas ada cacat karena pemakaian. Jadi, untuk pengeluarannya perlu dikalkulasikan dengan matang.

[Baca Juga: Begini Cara Merencanakan Dana Membeli Mobil Honda Jazz!]

#4 Berapa besar pengeluaran untuk ‘merawat’ mobil?

Memiliki mobil berarti harus siap dengan mengeluarkan biaya perawatan. Mulai dari servis, ganti spare part, ganti ban, biaya bahan bakar, biaya parkir, pajak kendaraan tahunan, sampai dengan asuransinya.

 

#5 Sampai kapan mobil itu digunakan?

Harga mobil dari waktu ke waktu akan semakin menurun. Bahkan ada merek mobil tertentu yang harga jualnya bisa jatuh sampai 30%. Perlu diperhatikan untuk nilai depresiasi yang dimiliki oleh mobil.

Semakin besar usia kendaraan maka semakin besar pengeluaran untuk pemeliharaan kendaraan. Rata-rata umur kendaraan yang sudah diatas 5 tahun akan membutuhkan penggantian komponen ‘slow moving’ yang relatif mahal.

Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik]

 

7 Pengeluaran Tambahan yang Harus Dipikirkan Saat Membeli Mobil

Ada pengeluaran-pengeluaran tambahan yang perlu dipikirkan saat kita akan membeli kendaraan. Berikut ada rincian pengeluaran tambahan yang perlu dipikirkan saat membeli kendaraan.

 

#1 Tempat Parkir Kendaraan

Mobil perlu memiliki tempat parkir yang memadai. Hal ini diperlukan untuk mengurangi risiko kecurian dan kerusakan ketika mobil diparkir sembarangan. Perlu dipertimbangkan apakah rumah Anda memiliki lahan parkir yang memadai atau perlu menyewa tempat untuk memarkir kendaraan Anda.

 

#2 Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM A

Jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk bisa mengendarai mobil adalah SIM A. Untuk pengeluaran biaya penerbitan SIM A yang baru saat ini adalah Rp120.000, sedangkan untuk memperpanjang SIM A adalah Rp80.000.

 

#3 Biaya Asuransi Mobil

Kendaraan bermotor yang dibeli melalui kredit, terutama kendaraan baru, biasanya dilengkapi dengan asuransi. Asuransi kendaraan bermotor sendiri ada tiga jenis, yaitu Total Lost Only (TLO), komprehensif, dan all risk.

Asuransi TLO menjamin kerugian akibat kehilangan atau rusak total mobil minimum 75% akibat kecelakaan. Sedangkan asuransi komprehensif merupakan asuransi yang menjamin kerugian akibat kecelakaan mobil baik besar maupun kecil, termasuk lecet dan penyok.

Untuk asuransi all risk merupakan asuransi mobil komprehensif yang dilengkapi dengan pelunasan jaminan banjir, gempa bumi, huru-hara, terorisme serta tanggung jawab pihak ke-3. Biasanya leasing mendaftarkan kendaraan kredit ke asuransi jenis TLO.

 

#4 Biaya Pajak STNK Tahunan

Agar mobil yang Anda beli bisa dipakai, Anda harus memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang merupakan identitas mobil Anda. Setiap tahunnya Anda harus mengatur pengeluaran ini. Besarnya biaya pajak STNK yang harus dibayarkan bervariasi tergantung jenis dan tahun mobil.

7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Baru 03 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Memilih Asuransi Mobil dan Cara Klaim]

 

#5 Biaya Servis

Agar mobil selalu dalam kondisi sempurna, harus sering dirawat ke bengkel. Ada dua tipe servis, yakni servis berkala dan servis tambahan jika mobil Anda bermasalah.

Untuk mobil dengan model baru biasanya akan mendapatkan program servis gratis untuk jarak tempuh 50.000 km atau kurun waktu 4 tahun, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Sebagai contoh: mobil Calya untuk 60.000 km dan 140.000 km akan memiliki jasa Rp399.000 dan Rp726.000 untuk komponen.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#6 Biaya Bensin, Tol dan Parkir

Bila kita hendak membeli mobil untuk pulang kampung saat Idul Fitri, tentunya akan menjadi pertimbangan kita untuk biaya bensin dan tol yang akan kita keluarkan. Dengan kondisi macet yang dimiliki pada saat jalan mudik, tentunya kebutuhan bensin akan semakin bertambah.

Sebagai contoh: Jika mobil Anda menggunakan Pertamax, untuk mobil di Indonesia biasanya memiliki perbandingan 1:11 yang artinya tiap satu liter Pertamax dapat ditempuh dengan jarak 11 km. Bila mobil Anda menempuh jarak 50 km per hari maka jumlah Pertamax dengan asumsi 20 hari kerja per bulan maka uang yang Anda siapkan untuk konsumsi Pertamax adalah Rp927.000. 

Pilih yang Mana Asuransi Mobil TLO dan All Risk - Finansialku

[Baca Juga: Pilih yang Mana: Asuransi Mobil TLO atau All Risk?]

 

#7 Biaya Depresiasi

Keadaan kendaraan pada dasarnya akan turun seiring perjalanan waktu dan akan berdampak ketika Anda akan menjual mobil Anda. Keadaan inilah yang disebut dengan depresiasi.

Sebagai contoh: bila kita membeli Avanza Veloz dengan harga Rp215.000.000 dan akan dijual 3 tahun kemudian dengan nilai depresiasi per tahun 8% maka akan menjadi Rp164.000.000

 

Perhitungkan dengan Matang

Jadi sebaiknya, sebelum Anda membeli mobil, coba diperhitungkan dulu pengeluaran-pengeluaran yang sudah dirinci ini. Jangan sampai karena ingin bergengsi Anda menjadi lebih besar pasak daripada tiang, lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

 

Apakah Anda berniat membeli mobil? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Duit Pintar. 1 Desember 2015. Jawab 5 Pertanyaan Ini Dulu Sebelum Berniat Punya Mobil Baru, Lagi. Duitpintar.com – https://goo.gl/KOz9Sg
  • Cermati. 5 Juni 2015. 7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil. Cermati.com – https://goo.gl/RDpgr6
  • Christian Wardlaw. Februari 2013. Hidden Costs of Buying a New Car. https://goo.gl/yUUvIH
  • Dina Rayanti. 22 Maret 2017. Mengintip Biaya Servis Mobil. Detik.com – https://goo.gl/NPpYg9

 

Sumber Gambar:

  • Buying New Car – https://goo.gl/mWwjK4 dan https://goo.gl/r0oYVK
  • Pajak Kendaraan – https://goo.gl/ZU0P0X

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana