Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik

Asuransi apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum mudik? Mengapa asuransi menjadi hal yang perlu disiapkan menjelang mudik? Kali ini, Finansialku akan menjelaskan mengapa perlu mempersiapkan asuransi mobil, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan diri sebelum mudik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Asuransi Mobil

Bagi Anda yang melaksanakan mudik menggunakan mobil, mempersiapkan asuransi mobil Anda merupakan hal yang penting. Pasalnya, terdapat beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi saat Anda berkendara, khususnya mudik, saat menggunakan mobil Anda. Dengan adanya asuransi, Anda akan dapat menekan risiko yang ada, khususnya menekan kerugian finansial yang mungkin Anda hadapi. Untuk itu, sebelum berkendara ke kampung halaman Anda, ada baiknya Anda mempersiapkan hal-hal berikut ini agar klaim asuransi mobil Anda menjadi mudah dan perjalanan mudik Anda terasa nyaman.

Pada umumnya terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda mengecek ulang bagaimana jenis asuransi mobil yang Anda gunakan. Selain itu, lakukan juga pengecekan terhadap besaran coverage yang ditanggung oleh pihak pemberi asuransi. Apabila Anda merasa memerlukan coverage tambahan, segera hubungi pihak pemberi asuransi agar penambahan coverage dapat segera dilakukan.

Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Bila mobil Anda mengalami kerusakan dalam perjalanan mudik, segera dokumentasikan kerusakan yang terjadi dan hubungi pihak penyelenggara asuransi mobil Anda. Jika kerusakan yang terjadi adalah kerusakan atau penyok kecil, Anda dapat melaksanakan perbaikannya setelah Anda kembali dari mudik, namun tetap lakukan pelaporan kepada pihak penyelenggara asuransi.

Jika mobil Anda mengalami kerusakan yang besar dan harus segera diperbaiki, jangan terburu-buru memasukan mobil Anda di bengkel terdekat. Sebab bisa jadi biaya perbaikan tersebut tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Lakukan konfirmasi dan mintalah informasi mengenai bengkel rekanan penyelenggara asuransi terdekat dari lokasi Anda, dan hanya masukkan mobil Anda ke bengkel yang direkomendasikan oleh pihak penyelenggara asuransi.

 

Asuransi Perjalanan

Anda mungkin berpikir bahwa asuransi perjalanan bukanlah hal yang penting karena Anda telah memiliki asuransi jiwa. Namun, kedua asuransi ini merupakan hal yang berbeda. Selama perjalanan, Anda mungkin akan mengalami beberapa kejadian di luar rencana Anda, dan dapat menimbulkan risiko. Kejadian tersebut di antaranya keterlambatan penerbangan, bagasi yang hilang, rusak, atau terlambat, biaya pengurusan dokumen yang hilang, layanan darurat terhadap kecelakaan, serta evakuasi medis hingga pemulangan jenazah bila Anda mengalami kecelakaan dalam perjalanan mudik Anda.

Tentu saja Anda tidak mengharapkan hal tersebut terjadi dalam perjalanan mudik Anda. Meskipun demikian, memiliki asuransi perjalanan merupakan hal yang penting untuk membantu Anda menghadapi hal-hal tersebut saat benar-benar terjadi.

Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan - Finansialku

[Baca Juga: Ini Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan yang Harus Anda Hindari]

 

Asuransi Kecelakaan Diri

Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada Anda ataupun keluarga dalam perjalanan mudik. Kondisi jalanan yang padat, atau jumlah pemudik yang tinggi menyebabkan risiko perjalanan saat mudik menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perjalanan di hari biasa. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan asuransi kecelakaan diri sebelum Anda melakukan perjalanan mudik.

Asuransi kecelakaan diri memiliki beberapa keuntungan yang dapat meringankan beban finansial Anda. Pada umumnya, keuntungan tersebut mencakup santunan untuk keluarga yang ditinggalkan apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian. Selain itu, pihak penyelenggara asuransi juga akan memberikan pertanggungan untuk kecelakaan yang menimbulkan kecacatan, baik cacat tetap maupun cacat total.

Apa Bedanya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Karyawan?]

 

Pentingnya Mempersiapkan Asuransi sebelum Mudik

Perjalanan mudik bisa menjadi perjalanan yang penuh risiko. Hal ini karena banyaknya orang yang melaksanakan perjalanan mudik menyebabkan apapun transportasi yang Anda pilih akan penuh risiko. Baik risiko keterlambatan, kerusakan kendaraan, atau bahkan kecelakaan yang dapat membahayakan Anda dan keluarga.

Ada beberapa hal terkait asuransi yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik.

 

#1 Persiapkan Polis Asuransi Anda

Apapun bentuk asuransi Anda, lakukan pengecekan terhadap masa berlaku polis asuransi Anda. Pastikan bahwa polis asuransi Anda masih berlaku. Apabila ternyata polis asuransi Anda hampir berakhir, segera lakukan konfirmasi perpanjangan, agar jika terjadi sesuatu, Anda dapat segera mengajukan klaim asuransi.

Hal yang tak kalah penting adalah mencatat nomor polis asuransi Anda. Sebab, saat Anda akan mengajukan polis asuransi, nomor polis ini adalah hal pertama yang akan ditanyakan oleh petugas asuransi.

 

#2 Ketahui Cara Pelaporan Klaim Asuransi Anda

Pada umumnya, penyelenggara asuransi memberikan tenggat waktu tertentu untuk melakukan pelaporan klaim asuransi. Ketahui berapa lama tenggat waktu yang diberikan oleh penyelenggara asuransi untuk ada melakukan pelaporan klaim asuransi Anda. Jangan lupa segera menghubungi call center penyelenggara asuransi Anda saat Anda mengalami sesuatu dalam perjalanan mudik.

Mau Mudik Libur Lebaran 2017, Apa Saja yang Harus Mulai Dipersiapkan1 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Mudik Libur Lebaran 2017, Apa Saja yang Harus Mulai Dipersiapkan?]

 

Persiapkan Diri Dengan Asuransi Sebelum Mudik

Dengan mempersiapkan asuransi sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda dan keluarga dapat menekan risiko yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan mudik, khususnya risiko yang bersifat finansial. Selain itu, mempersiapkan asuransi yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan mudik, baik asuransi mobil, asuransi perjalanan, maupun asuransi kecelakaan diri akan memudahkan Anda dapat mengajukan klaim asuransi saat terjadi sesuatu dengan Anda maupun keluarga Anda.

 

Apakah Anda telah mempersiapkan asuransi mobil, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan diri Anda sebelum melakukan perjalanan mudik? Jawablah dan bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka juga ikut mempersiapkan asuransi mobil, asuransi perjalanan, serta asuransi kecelakaan diri sebelum melakukan perjalanan mudik, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Duit Pintar. 13 Juli 2015. Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Biar Hati Plong saat Mudik Lebaran. Duitpintar.com – https://goo.gl/uBJsrF
  • Futuready Team. 21 Juni 2016. 5 Alasan Anda Butuh Asuransi Perjalanan Saat Mudik. Futuready.com – https://goo.gl/m2tIDv
  • Malacca Trust. 16 Juni 2016. Mudik Aman Nyaman dengan Asuransi Perjalanan. Mtwi.co.id – https://goo.gl/CP3CIJ
  • Windi Ariska. 12 Juni 2016. Keuntungan Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Perjalanan Mudik. Medium.com – https://goo.gl/G87G4N
  • Kompas. 21 Juni 2016. Melindungi Diri dari Risiko Kecelakaan Saat Mudik. Kompas.com –  https://goo.gl/qyoh57

 

Sumber Gambar:

  • Mudik – https://goo.gl/KVTI3F
  • Asuransi Mudik – https://goo.gl/oYjXZI

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment