Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan

Kesalahan apa saja yang seringkali terjadi dalam mengurus asuransi perjalanan? Memilih asuransi perjalanan tidak boleh sembarangan dan tidak boleh asal-asalan. Hindari beberapa kesalahan saat memilih asuransi perjalanan sebagaimana diterangkan di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Ini Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan yang Harus Anda Hindari

Masyarakat saat ini memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Ini tercermin dari tingginya aktivitas travelling tidak hanya antar lokal saja tetapi juga internasional. Jauhnya jarak tempuh, ramainya lalu lintas serta lalainya manusia menjadikan suatu perjalanan berisiko pada kecelakaan atau hal buruk lainnya. Untuk meminimalisasi risiko tersebut, dibutuhkan asuransi perjalanan. Memang, asuransi perjalanan tidak menjamin nasabahnya terhindar dari tragedi buruk selama perjalanan. Akan tetapi, manfaatnya akan dirasakan saat si korban tragedi membutuhkan biaya pengobatan dan lain sebagainya.

Seorang yang bijak tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih asuransi perjalanan. Apalagi ini berkaitan dengan keuangan yang dikelola dan seberapa baik cara pemanfaatan uang tersebut. Agar tidak terjerumus ke dalam penyesalan, jangan sampai sekalipun Anda melakukan blunder (kecerobohan) saat memilih asuransi perjalanan. Lalu apa saja kesalahan yang sangat membahayakan tersebut?

takut-barang-rusak-di-bagasi-pertimbangkan-asuransi-perjalanan-1-finansialku

[Baca Juga: Takut Barang Rusak di Bagasi? Pertimbangkan Asuransi Perjalanan]

 

#1 Melakukan Aktivitas yang Tidak Ter-cover dalam Kesepakatan

Sudah menjadi rahasia umum jika setiap asuransi mengharuskan calon nasabahnya membaca dan memahami peraturan yang telah dibuat. Peraturan-peraturan tersebut meng-cover segala hal yang kemungkinan besar Anda lakukan selama liburan, termasuk aktivitas-aktivitas untuk mengisi waktu luang secara umum seperti selam scuba yang dipandu instruktur yang handal. Begitupun saat Anda hendak melakukan aktivitas-aktivitas, perhatikan selalu bahwa aktivitas tersebut ter-cover secara khusus. Misalnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka tidak akan dilindungi asuransi jika mereka tidak menggunakan helm saat mengendarai motor. Aktivitas berkendara tanpa helm sangat membahayakan nyawa dan ini harus dihindari. Wajar saja jika asuransi tidak mau meng-cover kecerobohan seperti itu.

 

#2 Lupa Menyertakan Kondisi Kesehatan saat Pendaftaran Asuransi

Mencantumkan keterangan kesehatan memang tidak wajib saat membeli asuransi. Perlu diketahui bahwa tidak memberitahukan kondisi kesehatan termasuk salah satu kesalahan saat memilih asuransi perjalanan. Alasannya, asuransi tidak akan memberikan perlindungan pada nasabah atas kondisi kesehatan yang tidak disertakan dalam informasi. Itu artinya, jika Anda dirawat di rumah sakit karena kondisi kesehatan yang tidak diberitahukan sebelumnya, konsekuensinya Anda akan kehilangan tiket pesawat Anda atau rencana travelling. Selain itu, tidak ada cover atas biaya medis selama masa perawatan Anda di rumah sakit.

5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya]

 

#3 Minum Alkohol atau Sejenisnya

Asuransi perjalanan tidak akan berkompromi pada tindakan yang melanggar hukum atau nilai-nilai. Dalam kebijakan asuransi perjalanan, nasabah tidak boleh dalam pengaruh alkohol atau melakukan hal-hal yang melanggar hukum lainnya. Ini juga merupakan kesalahan saat memilih asuransi perjalanan yang harus dihindari. Jika tidak, tentu saja asuransi tidak akan memberikan perlindungan finansial sebagai konsekuensi melakukan perbuatan di luar kesepakatan.

Mengkonsumsi alkohol merupakan tindakan yang tidak ter-cover oleh asuransi perjalanan. Sebenarnya, alkohol tidak dipermasalahkan jika dikonsumsi sewajarnya. Yang menjadi kekhawatiran adalah dampak yang ditimbulkan dari minum alkohol. Belum lagi jika konsumsinya dilakukan secara berlebih, ini akan memicu terjadinya gangguan kesehatan seperti kram, keselo dan patah tulang.

Menurut SCTI (Southern Cross Travel Insurance), banyak sekali insiden kecelakaan yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebih belakangan ini. Berdasarkan klaim yang diberikan, para aksesor menerapkan tes kelayakan bahwa luka yang dialami bisa memperoleh tanggungan asuransi.

Apakah Anda Perlu Asuransi Perjalanan

[Baca Juga: Apakah Perlu Asuransi Perjalanan?]

 

Misalnya seperti ini: Anda baru saja minum beberapa bir di samping kolam tengah hari ketika Anda terpeleset. Akibatnya engkel and terkilir dan butuh pengobatan. Inilah yang dengan kejadian yang tidak diduga dan layak mendapatkan perlindungan asuransi dari SCTI. Di sisi lain, jika engkel Anda terkilir setelah jam 3 dini hari, saat Anda sedang dalam keadaan mabuk-mabuknya dan Anda terjatuh ke dalam kolam renang. Jika Anda mengklaim pertanggungan dari pihak asuransi, mereka tidak akan menyetujui. Pasalnya, ini adalah kejadian tak diduga yang tidak melukai.

 

#4 Asal-Asalan Memilih Produk

Membeli produk asuransi kendaraan sama saja dengan membeli perlindungan dalam perjalanan. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dalam memilih dengan cara memahami produk yang ditawarkan. Sebab, masing-masing tawaran memiliki premi serta perlindungan yang berbeda. Kenyataannya, masih sering dijumpai kesalahan saat memilih asuransi perjalanan semacam ini tanpa betul-betul paham bagaimana perlindungannya dan jumlah premi yang harus dibayarkan. Barulah ketika risiko terjadi, seorang nasabah menyadari apa saja perlindungan yang seharusnya dibeli dan apa saja yang tidak. Dengan tidak memahami besarnya premi, kemungkinan mereka menghabiskan uang untuk premi yang mahal sementara perlindungannya sedikit.

Infografis #5 Lindung Diri Anda dan Asset Anda dengan Asuransi 2- Finansialku

[Baca Juga: Lindungi Diri Anda dan Aset Anda dengan Asuransi]

 

#5 Tidak Mempertimbangkan Reputasi Perusahaan Asuransi

Siapa saja yang ingin dilindungi asuransi perjalanan, tentu akan berhadapan dengan perusahannya. Boleh saja Anda berharap berbagai keuntungan dari asuransi yang akan tapi bagaimana dengan perusahaan asuransi yang akan menyediakan produk tersebut? Kesalahan yang sering terjadi yaitu tidak mempertimbangkan bagaimana reputasi perusahaan tersebut. Bisa jadi karena kurangnya mencari informasi tentang perusahaan tersebut terkait berapa lama berdirinya, berapa banyak nasabahnya, seperti apa pelayanannya dan banyak atau tidak nasabah yang komplain.

 

#6 Tidak Mengambil Jaminan Perluasan

Tidak semua kerugian dalam perjalanan bisa diklaim dan mendapatkan ganti rugi. Perusahaan hanya akan menyetujui ganti rugi hanya pada kasus kerusakan karena kecelakaan atau atau perlindungan allrisk serta TLO. Adapun biaya medis, kerugian atas kecelakaan diri serta kerugian atas bencana alam termasuk ke dalam jaminan perluasan. Jika ingin mendapatkan perlindungan ini, pemegang polis harus menambahkan premi.

 

Menurut Anda, seberapa penting asuransi perjalanan saat Anda melakukan travelling? Berikan penilaian 1 (sangat tidak penting) sampai 5 (sangat penting) pada kolom di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Futuready Team. 08 September 2016. Kesalahan dalam Memilih Asuransi Kendaraan. Apakah Anda Pernah Melakukan Salah Satunya? https://goo.gl/1EpBft
  • Justin Davies. 18 April 2016. 5 Travel Insurance Mistakes that People Make. https://goo.gl/djfQlZ

 

Sumber Gambar:

  • Selfie Group – https://goo.gl/q8Ijal

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment