Pentingkah asuransi perjalanan jika sudah memiliki asuransi kesehatan? Banyak orang menyangka asuransi perjalanan sama saja dengan asuransi kesehatan. Nyatanya asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan memiliki konsep dan fungsi yang berbeda. Asuransi kesehatan saja tidak cukup untuk melindungi perjalanan Anda. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Takut Barang Rusak di Bagasi, Pertimbangkan Beli Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan masih dianggap sebagai produk yang tidak diprioritaskan di Indonesia. Banyak orang menganggap asuransi perjalanan adalah asuransi yang mahal dan sama saja dengan produk asuransi lainnya. Pada dasarnya asuransi perjalanan memang memiliki tujuan yang sama dengan asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Tujuannya adalah untuk memproteksi Anda dari segala hal yang tidak diinginkan. Perbedaannya adalah asuransi perjalanan hanya digunakan ketika seseorang melakukan sebuah perjalanan baik di dalam atau luar negeri. Sayangnya pengetahuan mengenai produk-produk asuransi di Indonesia masih sangat minim. Karena itu kebanyakan orang memandang asuransi perjalanan dengan sebelah mata.

 takut-barang-rusak-di-bagasi-pertimbangkan-asuransi-perjalanan-2-finansialku

[Baca Juga : Program Jaminan Hari Tua BPJS TK]

 

Berikut adalah beberapa aspek yang biasanya dilindungi oleh asuransi perjalanan :

#1 Kecelakaan dalam Perjalanan

Jika Anda mengalami kecelakaan dalam perjalanan, asuransi akan memberikan uang pertanggungan atas kerugian yang disebabkan tersebut. Pertangunggan atas kecelakaan dalam perjalanan biasanya mencakup hal-hal berikut :

  1. Santunan kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan
  2. Kehilangan anggota badan atau kehilangan pengelihatan sebelah mata
  3. Kehilangan dua atau lebih anggota badan
  4. Santunan tunai kematian
  5. Cacat tetap total

 

#2 Sakit dan Cidera

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan jika Anda mengalami sakit atau cidera dalam perjalanan. Pertanggungan atas sakit dan cidera pada perjalanan meliputi santunan rawat inap serta biaya evakuasi medis darurat. Jadi Anda tidak perlu takut jika mendadak jatuh sakit di tempat tujuan Anda, karena asuransi akan memberikan uang pertanggungan.

 beli-asuransi-perjalanan-untuk-proteksi-jika-sakit-saat-liburan-ke-luar-negeri-2-finansialku

 [Baca Juga : Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

#3 Repatriasi

Asuransi akan memberikan uang pertanggungan jika ada kejadian tak terduga di tempat tujuan yang mengharuskan Anda pulang. Misalnya saja jika terjadi huru-hara di tempat tujuan sehingga Anda tidak diijinkan keluar dari bandara. Selain itu asuransi perjalanan juga memberikan pertanggungan atas repatriasi jenazah. Jika Anda meninggal di tempat tujuan, asuransi perjalanan akan menanggung biaya pemulangan jenazah ke tempat asal. Terkadang biaya pemulangan tidaklah murah dan akan sangat menyulitkan keluarga apalagi dalam keadaan berduka. Untuk itu asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan yang memudahkan.

 

#4 Ketidaknyamanan dalam Perjalanan

Berbagai kendala dalam perjalanan seperti penundaan atau pembatalan perjalanan sudah biasa terjadi. Setiap orang pasti pernah mendengar penundaan jadwal penerbangan pesawat. Bagi Anda yang tidak sedang diburu waktu, penundaan penerbangan hanya akan membuat sedikit jengkel. Tetapi bagi sebagian orang yang dikejar waktu, apalagi jika mengambil tiket connecting flight, kerugian yang disebabkan bisa sangat besar. Jika tertinggal penerbangan berikutnya maka Anda terpaksa membeli tiket baru yang harganya akan sangat mahal. Karena itu asuransi perjalanan memberikan perlindungan terhadap ketidaknyamanan dalam perjalanan seperti ini. Asuransi perjalanan akan memberikan uang pertanggungan jika Anda mengalami pembatalan atau penundaan perjalanan.

5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [ Baca Juga : 5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya]

 

#5 Bagasi, Barang Pribadi dan Jaminan Tambahan

Ini dia benefit terpenting bagi Anda yang takut barang rusak atau hilang di bagasi. Jika Anda takut barang rusak atau hilang di bagasi sebaiknya gunakan asuransi perjalanan. Asuransi akan menanggung kerugian yang diakibatkan kelalaian maskapai dalam hal bagasi. Bahkan jika bagasi terlambat sekalipun, ada beberapa asuransi perjalanan yang akan memberikan uang pertanggungan. Beberapa asuransi juga memberikan jaminan tambahan untuk barang berharga seperti stik golf yang rentan rusak di bagasi.

 

Berikut adalah salah satu contoh produk asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh asuransi Zurich. Penyebutan nama dan merk bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan sebagai saran untuk pembelian produk asuransi. Finansialku.com tidak terafiliasi dengan asuransi Zurich.

Kecelakaan dalam Perjalanan

Santunan kematian dan cacat tetap akibat kecelakaanRp 10.000.000
Kehilangan anggota badan atau kehilangan penglihatan sebelah mataRp 10.000.000
Kehilangan dua atau lebih anggota badanRp 10.000.000
Cacat tetap totalRp 10.000.000

 

Sakit dan Cidera

Santunan Rawat InapRp 10.000.000
Biaya evakuasi medis daruratRp 40.000.000

 

Repatriasi

Repatriasi JenazahRp 40.000.000
Repatriasi LangsungRp 40.000.000

 

Ketidaknyamanan dalam Perjalanan

Pembatalan PerjalananRp 5.000.000
Penundaan Perjalanan/Penerbangan

Rp 200.000 / 6 jam

max Rp 1.000.000

 

Bagasi dan Barang Pribadi

Kehilangan Barang PribadiRp 200.000 / kg, max. Rp 2.000.000

 

Jaminan Tambahan

Santunan GolfRp 20.00.000 / kg

Dengan manfaat di atas, Anda harus membayar premi sebesar Rp 31.940

 

Contoh di atas adalah salah satu contoh produk asuransi perjalanan yang ada di pasar. Ada banyak ragam produk asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan penyedia asuransi. Untuk mendapatkan benefit yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu apa saja produk asuransi perjalanan yang ada. Tanyakan secara terperinci setiap keuntungan yang didapatkan serta persyaratan yang harus dipenuhi.

 

Asuransi Perjalanan dapat Melindungi Anda

Kebanyakan orang memandang asuransi perjalanan sebelah mata. Sebenarnya pandangan tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan akan produk-produk asuransi yang ada di pasar. Banyak orang menyangka asuransi perjalanan adalah asuransi yang sangat mahal dan tidak berguna. Padahal harga yang ditawarkan setiap perusahaan dapat beragam. Manfaatnya pun sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Asuransi perjalanan dapat memberi perlindungan yang efektif bagi perjalanan Anda. Terutama jika Anda takut mengalami kerugian karena hal yang sering terjadi seperti kehilangan dan kerusakan bagasi serta penundaan dan pembatalan perjalanan.

 

Apakah Anda pernah mengalami delay pesawat atau kerusakan barang bawaan? Silakan share pengalaman dan cerita Anda pada kolom komentar, terima kasih .

 

Sumber Gambar : 

  • Airplane Bagage – https://goo.gl/YbeNUZ dan https://goo.gl/IZT4Vc

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku