Apakah Anda pernah membeli asuransi mobil? Pernahkah Anda membeli asuransi mobil kepada perusahaan asuransi yang tidak dapat dipercaya? Pasti pada saat Anda ingin mengklaim manfaatnya, akan ada banyak sekali masalah dan kekecewaaan yang akan Anda dapatkan. Rubrik kali ini akan membahas ciri-ciri perusahaan asuransi mobil dengan reputasi yang terpercaya, agar Anda tidak salah dalam memilih.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Memilih Perusahaan Asuransi Mobil

Semakin banyaknya pengguna asuransi mobil membuat semakin banyak pula perusahaan asuransi yang bermunculan dan menawarkan berbagai penawaran menarik untuk melindungi mobil Anda.

Memang, penggunaan asuransi mobil sudah seperti keharusan saat ini. Selain sebagai bentuk perlindungan, asuransi mobil juga dapat berfungsi sebagai cara atau investasi untuk perawatan mobil.

Jangan Salah Pilih! Inilah Ciri-ciri Perusahaan Asuransi Mobil Dengan Reputasi Terpercaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

Namun, Anda harus pandai dalam memilih perusahaan asuransi mobil mana yang pantas untuk menjamin mobil yang Anda miliki. Jika Anda salah dalam memilih perusahaan asuransi mobil, maka Anda akan kecewa di kemudian hari.

Pilihlah perusahaan asuransi mobil yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik.

 

Ciri-Ciri Perusahaan Asuransi Mobil Dengan Reputasi Terpercaya

Dibawah ini ada beberapa ciri-ciri perusahaan asuransi mobil dengan reputasi terpercaya

 

#1 Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Perusahaan asuransi mobil yang terpercaya sudah pasti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sedangkan perusahaan asuransi yang abal-abal tidak terdaftar.

Anda harus cek terlebih dahulu tentang perusahaan asuransi mobil yang akan Anda pilih, apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum.

Cara mudah untuk mengetahui apakah perusahaan asuransi mobil tersebut terdaftar di OJK atau tidak adalah dengan menghubungi layanan konsumen OJK yang tersedia di seluruh kantor regional di Indonesia.

Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu informasi tentang perusahaan asuransi tersebut lewat situs resmi OJK di website OJK.

 

#2 Pelayanan Klaim Asuransi Yang Baik

Perusahaan asuransi yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya tentu saja tidak menyulitkan nasabahnya dalam hal klaim. Perusahaan asuransi dengan reputasi yang baik akan memiliki prosedur klaim yang mudah sehingga nasabahnya tidak akan kesulitan ketika ingin melakukan klaim.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Memilih Asuransi Mobil dan Cara Klaim]

 

Malahan ketika Anda ingin melakukan klaim, biasanya customer service-nya akan menjelaskan persyaratan apa saja yang dibutuhkan dan bengkel terdekat mana yang terbaik untuk Anda. Anda hanya perlu mengumpulkan persyaratan yang diminta dan mengikuti prosedur yang diminta.

 

#3 Agen Asuransi Yang Profesional

Penilaian bagus atau tidaknya sebuah perusahaan asuransi mobil dapat dilihat juga dari agen asuransi yang dimilikinya. Sebuah perusahaan asuransi yang terpercaya umumnya memiliki agen asuransi yang profesional.

Ciri-ciri agen asuransi yang profesional adalah:

 

#1 Menjelaskan Sesuai Dengan Polis

Agen asuransi yang profesional umumnya menjelaskan segala masalah yang ada sesuai dengan polis asuransi.

Jika kita bertanya akan sesuatu hal yang meragukan, mereka berusaha sebaik mungkin untuk menjelaskan kepada nasabah cara penyelesaiannya sesuai dengan ketentuan yang tertulis di dalam buku polis, agar tidak terjadi kesalahan informasi dan sesuai dengan kenyataan.

punya-mobil-baru-kenali-manfaatnya-asuransi-mobil-sebelum-membelinya-01-finansialku

[Baca Juga: Punya Mobil Baru? Kenali Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Membelinya]

 

Jika Anda mempertanyakan bagaimana caranya jika Anda ingin melakukan klaim asuransi mobil karena lecet, sedangkan asuransi yang dimiliki hanya Total Loss Only (TLO).

Agen yang profesional akan dengan baik menjelaskan kepada Anda bahwa asuransi mobil TLO tidak dapat menanggung mobil yang lecet. Hal ini dikarenakan, asuransi TLO hanya akan melindungi mobil yang rusak lebih dari 75% atau 80% dan risiko kehilangan, sesuai dengan ketentuan polis.

 

#2 Memiliki Pengalaman

Agen asuransi yang profesional biasanya sudah berpengalaman atau sudah mendapatkan pelatihan dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan nasabah dan klaim.

Hal ini disebabkan karena agen asuransi memiliki peran yang sangat penting dalam membantu nasabah, diantaranya pada saat mengajukan klaim dan mengurus segala hal yang berkaitan dengan polis asuransi.

 

#3 Agen Mudah Dihubungi

Agen yang profesional akan mudah untuk dihubungi apabila Anda memiliki kesulitan atau ingin melakukan klaim. Biasanya agen tersebut akan memiliki beberapa nomor kontak atau jaringan media sosial, dimana nasabah dapat menghubungi yang lain ketika salah satunya sulit untuk dihubungi.

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Agen yang baik biasanya akan menjawab semua pertanyaan nasabah dan mempermudah nasabah yang mengalami masalah.

 

#4 Memberikan Perjanjian Secara Tertulis

Perusahaan asuransi yang terpercaya biasanya memberikan semua perjanjian dalam bentuk tertulis.

Jika terdapat penggantian perlindungan, perusahaan asuransi tidak hanya akan mengkonfirmasi melalui telepon atau secara lisan, tetapi mereka juga akan mengirimkan perjanjian tertulis berupa endorsement, yang memiliki kekuatan sama seperti polis aslinya.

Begitu pula dengan pengecualian, semua pengecualian yang dapat menyebabkan ditolaknya suatu klaim, akan dijelaskan secara tertulis oleh perusahaan asuransi yang kredibel, sehingga nasabah dapat dengan jelas mengetahui alasannya apabila klaimnya ditolak.

 

#5 Perusahaan Asuransi Memiliki Kelayakan Finansial

Perusahaan asuransi yang terpercaya pasti memiliki kelayakan finansial, dimana perusahaan tersebut akan mampu membayarkan semua klaim asuransi dari nasabahnya.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia?]

 

OJK telah menetapkan ukuran baku dari kelayakan finansial sebuah perusahaan asuransi dengan tingkat solvabilitas dan Risk Based Capital (RBC).

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua kewajibannya, baik itu utang jangka pendek maupun jangka panjang.

Sedangkan RBC adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua klaimnya.

Solvabilitas dan RBC adalah tingkat keamanan finansial sebuah perusahaan asuransi.

 

#6 Premi Sesuai Dengan Perlindungan

Perusahaan asuransi mobil dengan reputasi terpercaya tidak akan melakukan penawaran perlindungan dengan iming-iming premi yang murah.

Perusahaan asuransi tersebut tahu bahwa perlindungan yang mereka berikan adalah perlindungan yang terbaik dengan pelayanan yang terbaik, sehingga premi yang harus dibayarkan oleh nasabah pun sesuai dengan apa yang mereka berikan.

Premi yang Anda bayarkan akan sejalan dengan perlindungan dan pelayanan yang Anda terima.

Mau Beli Mobil Baru Pahami Dulu Apa Itu Kredit Mobil dan Cara Kerjanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Kriteria Produk Asuransi Mobil Terbaik yang Perlu Anda Ketahui?]

 

Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi Sebelum Membeli

Sebelum membeli asuransi dari sebuah perusahaan asuransi, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak.

Anda bisa mencari tahu informasi lewat internet atau dengan mengakses website OJK atau dengan membaca testimoni-testimoni orang lain yang telah menggunakan asuransi tersebut.

Dengan begitu, ketika Anda membeli asuransi tersebut, Anda dapat yakin bahwa perusahaan asuransi tersebut akan membayarkan klaim Anda saat dibutuhkan.

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini sampai habis. Apakah informasi ini menambah informasi Anda dalam memilih perusahaan asuransi mobil yang lebih terpercaya?

Apakah teman-teman atau rekan kerja Anda juga membutuhkan informasi ini? Bagikan informasi ini kepada mereka yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Ismail Kamal. 31 Mei 2017. Kenali Ciri-Ciri Perusahaan Asuransi Mobil Tidak Kredibel Agar Tidak Dikecewakan. Cermati.com – https://goo.gl/uLJNqM

 

Sumber Gambar:

  • Perusahaan Asuransi – https://goo.gl/3Ko69S
  • Asuransi Mobil – https://goo.gl/N7m1Sv

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com