facebook_pixel

Apa Saja Kriteria Produk Asuransi Mobil Terbaik yang Perlu Anda Ketahui?

Apa saja kriteria produk asuransi mobil terbaik yang perlu Anda ketahui? Jangan salah pilih produk asuransi mobil terbaik, agar Anda dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

8 Kriteria Produk Asuransi Mobil Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

Memilih asuransi mobil memang bukan pekerjaan yang mudah. Ada banyak hal yang harus dan penting dipertimbangkan. Biasanya orang-orang hanya melihat harga premi, namun apakah Anda sudah melakukan perbandingan yang benar? Contoh asuransi A menawarkan Rp 3.500.000 per tahunnya dan asuransi B menawarkan Rp 4.000.000 per tahunnya. Asuransi B lebih mahal Rp 500.000 karena memberikan perlindungan terhadap banjir, sedangkan asuransi A tidak memberikan perlindungan banjir. Jadi menurut Anda mana yang lebih murah?

apa-saja-kriteria-produk-asuransi-mobil-terbaik-yang-perlu-anda-ketahui-finansialku

[Baca Juga: Pilih yang Mana Asuransi Mobil Total Lost Only atau All Risk?]

 

Berikut ini 8 kriteria yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi mobil terbaik:

 

#1 Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus Anda prioritaskan adalah sesuaikan kebutuhan Anda dengan produk yang ada. Hal yang paling sederhana apakah Anda butuh perlindungan komprehensif (all risk) atau cukup dengan perlindungan total lost only? All risk pada umumnya memberikan perlindungan lebih komprehensif dibandingkan dengan total lost only, yang hanya memberikan ganti rugi jika terjadi kehilangan mobil. Tetapi jangan asumsikan all risk dengan semua risiko ya, karena ada beberapa risiko yang tidak dicover oleh asuransi all risk. Jika Anda masih bingung perbedaan keduanya, coba tanyakan kepada agen penjual asuransi kendaraan.

 

#2 Kemudahan klaim dan teknologi

Sebelum bicara mengenai harga, pilih perusahaan yang mudah untuk urusan klaim. Jika Anda adalah orang yang sering bepergian (misal urusan bisnis), maka pilih perusahaan asuransi kendaraan yang memiliki banyak cabang dan fasilitas online claim atau dikenal e-claim.

 

#3 Harga premi tahunan

Pada poin ini silahkan lakukan perbandingan harga premi tahunan yang ditawarkan oleh perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain. Tapi tetap ingat aturan nomor satu yaitu beli produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan beli hanya karena harga premi, karena Anda akan menyesal kemudian hari.

Perhatikan Hal ini Saat Membeli Mobil Baru, Agar Anda Tidak Rugi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografis: Lindungi Diri Anda dan Asset Anda dengan Asuransi]

 

#4 Harga klaim asuransi mobil

Jika Anda belum pernah membeli asuransi mobil, mungkin Anda tidak menyadari ada biaya yang harus dibayar untuk melakukan klaim asuransi mobil. Besaran biaya untuk klaim asuransi mobil berkisar antara Rp 250.000 – Rp 350.000 per bagian.

 

#5 Bengkel rekanan

Bengkel rekanan adalah salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Pastikan perusahaan asuransi memiliki bengkel rekanan yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal Anda. Sebisa mungkin masih dalam satu kota.

Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Mobil Beli Ga Ya?]

 

#6 Fasilitas Mobil Derek

Saat ini ada perusahaan-perusahaan asuransi yang memberikan fasilitas mobil derek gratis. Jadi jika terjadi sesuatu dengan kendaraan Anda di tengah jalan, Anda tidak perlu panik cukup menghubungi perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan membantu memfasilitasi mobil derek. Mobil derek bisa saja milik perusahaan asuransi atau bengkel rekanan, yang penting mobil Anda dapat segera ditangani dengan baik.

 

#7 Fasilitas Mobil Pengganti

Jangan lupa tanyakan juga fasilitas mobil pengganti saat Anda mengajukan klaim asuransi. Biasanya perusahaan asuransi juga akan menawarkan fasilitas mobil pengganti, selama mobil Anda masuk bengkel. Memang fasilitas ini tidak gratis, Anda perlu menambahkan biaya. Jika Anda ingin membeli fasilitas mobil pengganti, tidak ada salahnya lakukan perbandingan dengan harga sewa mobil di rental. Jika harga fasilitas mobil pengganti lebih murah, kenapa tidak?

5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki]

 

#8 Perlindungan Perluasan yang Ditawarkan

Mungkin Anda belum mengenal istilah perlindungan perluasan. Dalam asuransi kendaraan dikenal istilah perlindungan dasar dan perlindungan perluasan. Biasanya jika kita membeli asuransi mobil, paket yang ditawarkan adalah perlindungan dasar.

 

Perlindungan Dasar

Perlindungan dasar tersebut terdiri dari jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia – PSAKBI)

 

Perlindungan Diperluas

Perlindungan diperluas terdiri dari :

  1. Angin topan, banjir, badai, hujan es dan tanah longsor (Typhoon, Storm, Flood, Hail & Landslide). Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kerusakan pada kendaraan yang disebabkan secara langsung oleh angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air atau tanah longsor.
  2. Gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi. Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kerusakan pada kendaraan yang disebabkan secara langsung oleh gempa bumi, tsunami atau letusan gunung berapi.
  3. Huru hara dan kerusahaan (Strike, Riot and Civil Commotion – SRCC). Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat atau revolusi.
  4. Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Perusahaan asuransi akan membayarkan klaim atas ganti rugi tuntutan pihak ketiga, yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan yang dipertanggungkan.
  5. Kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang (Personal Accident / PA). Perusahaan asuransi akan membayarkan klaim jika terjadi kematian, cedera badan yang mengakibatkan cacat tetap dan atau biaya pengobatan terhadap pengemudi dan/atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan apabila terjadi kecelakaan.

 

Ingat Anda belum tentu membutuhkan semua jaminan perluasan, pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, contoh:

  • Jika Anda hidup di kota besar yang sering terjadi banjir, demo anarkis mungkin Anda butuh perluasan untuk banjir (nomor 1) dan huru hara (nomor 3).
  • Jika Anda belum ragu asuransi kesehatan Anda kurang, silahkan pertimbangkan asuransi kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.

 

Beli Asuransi Mobil Terbaik : Kenali Kebutuhan – Sesuiakan Budget – Beli Asuransi dan Tenang

Jadi dapat disimpulkan ketika Anda ingin membeli asuransi mobil terbaik, pertama kali kenali dulu kebutuhan-kebutuhan Anda. Jangan beli hanya karena ga enak sama yang jualan atau penawaran spesial (promo harga). Beli asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan, apakah beli TLO, All Risk atau Tambahan Jaminan Perluasan.

Kenali kebutuhan Anda terlebih dahulu, sesuaikan dengan budget atau uang yang Anda miliki, beli asuransi mobilnya dan Anda akan lebih tenang. Selamat mencoba.

 

Apakah pertimbangan Anda saat membeli asuransi mobil? Silahkan tinggalkan pendapat Anda dalam kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi :

  • Website resmi asuransi ACA – www.aca.co.id
  • Website resmi asuransi Adira Autocilin – www.asuransiadira.com

 

Sumber Gambar:

  • Car accident – https://goo.gl/P5cjZG

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By | 2016-12-02T11:34:08+00:00 October 6th, 2016|Categories: Asuransi, Asuransi Kendaraan|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download