Punya Mobil Baru? Kenali Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Membelinya

Apakah Anda sudah tahu manfaat asuransi mobil? Banyak pemilik mobil baru yang langsung latah membeli asuransi mobil, tanpa mengenali manfaat asuransi mobil. Sebelum Anda memutuskan beli asuransi mobil, kenali dulu manfaat-manfaatnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Ketahui Manfaat Penting Asuransi Kendaraan

Bagi Anda yang memiliki aktifitas yang sangat padat, Anda tentu akan membutuhkan sebuah moda transportasi yang mumpuni. Berbagai aktifitas di luar rumah akan sangat menyita banyak waktu Anda di jalan, terutama jika Anda tinggal di wilayah perkotaan yang sangat padat dan rawan dengan kemacetan. Menggunakan moda transportasi umum seringkali menjadi kendala bagi Anda untuk bisa tiba di sebuah tempat dengan tepat waktu, mengingat transportasi umum di wilayah perkotaan masih jauh dari kata memadai. Jika sudah begini, pilihan untuk memiliki kendaraan pribadi adalah langkah yang paling tepat.

punya-mobil-baru-kenali-manfaatnya-asuransi-mobil-sebelum-membelinya-02-finansialku

[Baca Juga : Apa Saja Kriteria Produk Asuransi Mobil Terbaik yang Perlu Anda Ketahui?]

 

Memiliki sebuah kendaraan pribadi, akan membuat berbagai aktifitas Anda menjadi lebih mudah dan lancar. Hal ini tentu menjadi harapan Anda ketika meembeli kendaraan tersebut, bukan?

 

Lindungi dengan Asuransi yang Tepat

Namun, selain manfaat yang Anda dapatkan atas kepemilikan kendaraan tersebut, Anda juga tentu mengeluarkan sejumlah dana yang cukup besar ketika membelinya. Untuk itu, sangat wajar jika Anda memberi perlindungan yang tepat kepada kendaraan ini, yakni dengan menggunakan asuransi kendaraan. Penggunaan asuransi mobil akan menjamin kendaraan Anda dan mengalihkan berbagai risiko kerugian yang mungkin saja terjadi setiap saat atas kendaraan tersebut, sehingga kerugian bisa Anda hindarkan. Jumlah kerugian yang bisa timbul pada kendaraan Anda bisa saja mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah, yang tentu saja bisa membebani keuangan Anda dan keluarga. Hal-hal seperti inilah yang harus Anda antisipasi sejak awal, dengan menggunakan layanan asuransi pada setiap kendaraan yang Anda miliki.

anda-pemilik-mobil-ketahui-cara-klaim-asuransi-mobil-korban-banjir-finansialku

[Baca Juga : Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko]

 

Penggunaan asuransi kendaraan, bukan hanya akan menjamin keamanan kendaraan Anda saja. Namun, produk ini juga akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda selama berkendara di jalan raya. Hal seperti ini tentu menjadi sebuah nilai lebih yang akan membuat hidup Anda menjadi lebih tenang, di mana Anda bebas dari berbagai rasa was-was ketika sedang bepergian dengan menggunakan kendaraan Anda.

Simak beberapa manfaat asuransi kendaraan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan ini pada kendaraan Anda:

 

#1 Melindungi dari Risiko Kehilangan (Tindak Pencurian)

Untuk mendapatkan sebuah kendaraan, Anda akan mengeluarkan dana yang terbilang sangat besar, jumlahnya bisa saja mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Mengingat jumlah yang besar ini, sudah pasti Anda menginginkan sebuah keamanan yang maksimal untuk kendaraan tersebut, bukan?

 

Sementara di luar sana, berbagai tindak kejahatan pencurian kendaraan masih sering terjadi, bahkan bisa saja mengintai kendaraan yang Anda miliki. Anda tentu tidak pernah tahu, kapan musibah akan datang dan menimpa kendaraan Anda. Hal seperti inilah yang wajib Anda atasi dengan membeli produk asuransi kendaraan, sehingga risiko kehilangan kendaraan akibat adanya tindak pencurian, bisa dihindarkan. Penggunaan asuransi pada kendaraan Anda, akan menjadi sebuah perlindungan yang paling maksimal yang bisa Anda lakukan. Artinya, ketika sewaktu-waktu risiko pencurian terjadi atas kendaraan tersebut, maka pihak perusahaan asuransi akan menangung kerugian tersebut dengan cara memberikan uang ganti rugi.

Pilih yang Mana Asuransi Mobil TLO dan All Risk - Finansialku

[Baca Juga : Asuransi Mobil, Beli Ga Ya?]

 

Besaran uang ganti rugi ini akan dihitung berdasarkan nilai taksir atas kendaraan tersebut, yang ketentuannya telah diputuskan oleh perusahaan asuransi sejak awal. Namun, berapapun nilai ganti rugi yang akan Anda terima nantinya, hal tersebut tentu akan sesuai dan akan sangat membantu Anda dalam mengatasi masa sulit akibat kehilangan kendaraan tersebut.

 

#2 Melindungi dari Risiko Kerusakan

Siapapun tentu tidak bisa menjamin bahwa kendaraan miliknya akan selalu baik-baik saja, barangkali Anda juga tidak bisa menjaminnya, bukan? 

Berbagai risiko kerusakan bisa saja terjadi pada kendaraan milik Anda, meskipun pada kenyataannya Anda telah begitu berhati-hati ketika berkendara. Selalu ada kemungkinan kendaraan tersebut mengalami kerusakan, baik itu dalam bentuk kerusakan besar atau bahkan sekedar kerusakan kecil yang tidak terlalu parah.

 

Namun, apa pun kerusakan yang dialami kendaraan Anda, sudah pasti hal seperti ini akan membuat kondisinya kurang baik dan bahkan mungkin tidak terlihat menarik lagi (jika ternyata kerusakannya parah). Memperbaikinya? tentu akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar, terutama jika ternyata kendaraan tersebut mengalami kerusakan yang cukup banyak.

Jangan Pusing Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Pilih yang Mana: Asuransi Mobil TLO atau All Risk?]

 

Hal buruk seperti inilah yang akan ditangani oleh produk asuransi kendaraan, di mana berbagai risiko kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda akan ditanggung oleh mereka. Anda tidak perlu lagi memikirkan sejumlah dana besar yang akan dibutuhkan untuk biaya perbaikan, jika sewaktu-waktu kendaraan tersebut mengalami kerusakan.

 

#3 Melindungi Kerusakan yang Dialami Oleh Pihak Ketiga

Saat mengalami kecelakaan di jalan raya, bisa saja Anda akan melibatkan pihak ketiga dalam kejadian tersebut. Kejadian seperti ini akan membuat Anda membutuhkan sejumlah dana yang besar, bukan hanya untuk kendaraan Anda, namun untuk bertanggung jawab atas kejadian yang juga menimpa pihak ketiga tersebut. Besaran biaya ini akan sangat tergantung pada kerusakan yang dialami oleh kendaraan pihak ketiga, di mana jumlahnya bisa saja sangat membebani keuangan Anda yang di saat bersamaan juga membutuhkan dana untuk perbaikan kendaraan pribadi Anda sekaligus.

Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

Jika Anda menggunakan asuransi kendaraan, maka Anda bisa bernapas lega, sebab semua biaya pertanggungjawaban kepada pihak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Anda tidak perlu khawatir, bahkan dengan kondisi kendaraan Anda yang mungkin  juga mengalami kerusakan, sebab pihak perusahaan asuransi juga akan mengurusnya dengan tepat.

 

Pertimbangkan Baik-Baik, Apakah Anda Butuh Manfaat Asuransi Kendaraan

Ketika memiliki kendaraan pribasi, maka sangat penting bagi Anda untuk melindunginya dengan sebuah asuransi. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai risiko kerugian atas kendaraan tersebut, termasuk atas kerugian yang ditanggung pihak ketika ketika Anda mengalami kecelakaan di jalan raya.

 

Apakah Anda mengalamau kesulitan saat memilih asuransi mobil? Silakan share pengalaman Anda pada kolom komentar, terima kasih. 

 

Sumber Gambar

  • Car Insurance – https://goo.gl/kBZqNT dan https://goo.gl/2lttOj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download