Sudahkah Anda coba makanan unik ini untuk ide bisnis waralaba yang bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda?

Pernah dengar ada makanan unik yang akhirnya bisa sukses jadi bisnis kekinian? Hal ini disebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan baru yang tentunya menarik dan berbeda.

Tak heran bisnis makanan unik menarik banyak pengusaha hebat, apakah Anda salah satunya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Mengintip Bisnis Makanan Unik yang Menguntungkan

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan mau memulai bisnis apa?

Berbisnis memang harus fokus, namun bukan berarti Anda menolak melihat dunia luar yang mungkin berbeda.

Kuncinya adalah Anda tidak sendirian, Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Banyak kisah bisnis luar biasa yang bisa dicontoh, misalnya dalam artikel berikut:

Tengok 5 Peluang Franchise 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses]

 

Pengalaman itu mahal, dan beruntungnya Anda bahwa sudah banyak pebisnis yang mau menceritakan kesalahannya berikut solusi yang sebaiknya diambil. Kini Anda bisa memulai bisnis dengan tenang.

Jangan berhenti juga membekali diri Anda dengan pengetahuan bisnis. Anda bisa dengan mudahnya memperoleh pengetahuan bisnis baru, misalnya dengan download e-book bisnis Finansialku.

Pastinya e-book ini bisa menjadi panduan awal dalam berbisnis. Download e-book-nya secara GRATIS dengan klik tautan berikut ini:

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Nah sekarang mari kembali ke topik bisnisnya. Satu jenis bisnis yang ingin saya bahas kali ini adalah bisnis makanan unik.

Mengapa bisnis makanan unik? Hal ini disebabkan intuisi manusia yang tidak pernah puas, artinya manusia selalu berkembang dan menginginkan sesuatu yang baru.

Dari sinilah muncul banyak bisnis makanan unik yang berhasil menggaet minat masyarakat.

Coba lihat saja salah satu contohnya, es kepal milo yang belum lama ini berhasil viral dan menggaet banyak pebisnis. Jajanan ini awalnya berasal dari Malaysia dan dipopulerkan pertama kali di Yogyakarta pada awal tahun 2018.

Gerai Es Kepal Milo Tok Abah di Kuala Kangsar-lah yang memberi inspirasi pasangan asal Yogyakarta, Danang Arryo Dempo Wiguno dan Rara untuk mengadopsi dan mempopulerkannya di tanah air.

Bisa dibilang, merekalah pelopor es kepal milo yang berhasil viral di tanah air kita ini.

Bisnis ini berubah saat seorang food blogger di Yogyakarta berhasil mempopulerkan es kepal milo ini, lapak Es Kepal Milo Danang dan Rara langsung viral seketika.

Kini sudah sangat banyak gerai es kepal di kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta dan Bandung. Di Jakarta, es kepal serupa mulai viral pada awal April 2019 silam.

10 Makanan Unik Ini Bisa Lho Dijadikan Ide Bisnis Waralaba 02

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Kesuksesan bisnis ini lantas mengundang para pebisnis lain dengan ide-ide uniknya. Bukan hanya milo, kini banyak varian es kepal lainnya yang dijajakan di mana-mana.

Sebagai contohnya adalah es kepal dancow, yang mengadopsi ide yang sama namun dengan saus kental dancow dengan sensasi rasa yang berbeda.

Nah, melihat kesuksesan bisnis es kelap yang viral di media sosial ini, tentunya Anda menyadari betapa masyarakat kita menghargai ide bisnis makanan unik yang baru dan memberikan sensasi lain di lidah.

Untuk itu, Finansialku akan mengajak Anda melihat 10 makanan unik lain yang pastinya menarik untuk dijadikan ide bisnis waralaba:

 

10 Ide Bisnis Waralaba Makanan Unik

Melihat pembahasan di atas tadi, tentunya Anda sudah memahami bahwa peluang bisnis makanan unik ini masih sangat tinggi. Terlebih karena tak terbatasnya ide dan peluang untuk menggaet niche market.

Berbeda dengan makanan pada umumnya, makanan jenis ini memang menyasar pasar yang lebih sempit. Tapi pasar yang disasar adalah mereka yang memang memiliki kebutuhan akan makanan baru.

Nah, tanpa panjang lebar lagi yuk lihat 10 makanan unik yang bisa Anda jadikan ide bisnis waralaba berikut ini:

 

#1 Tahu Kribo

Jika mendengar namanya tentu Anda penasaran, apa sih tahu kribo ini. Nah, tahu kribo memang masih tergolong sebagai kuliner baru dan unik di tengah masyarakat.

Berbisnis tahu kribo bisa menjadi pilihan dalam menjalankan usaha makanan unik dan kreatif lho. Bedanya tahu kribo dengan jajanan tahu lainnya terletak pada proses pembuatannya.

10 Makanan Unik Ini Bisa Lho Dijadikan Ide Bisnis Waralaba 04

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Tahu kribo dibuat dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Setelah itu, baru digoreng.

Untuk membuatnya tidaklah sulit, dan Anda bisa menambahkan topping saus yang unik juga untuk menambah nilai jual.

Ditambah lagi, karena harga tahu yang tergolong terjangkau, Anda bisa memperoleh untung cukup besar dari sini. Menarik bukan?

 

#2 Belalang Goreng

Makanan yang satu ini bukan cuma unik, tapi sedikit ekstrem. Walaupun begitu, makanan ini merupakan sebuah cemilan yang sudah cukup umum di China maupun di Thailand.

Cukup banyak orang yang yang penasaran dengan rasa cemilan yang satu ini.

Bukan hanya rasanya yang menarik, konon mengonsumsi belalang goreng bisa mendapat manfaat, seperti mencerdaskan otak, mempercantik kulit, hingga menjaga kesehatan tulang.

Nah, tidak salah kan memulai bisnis makanan unik yang satu ini?

Namun Anda harus cerdas memperkenalkan produk serta benefitnya agar bisa diterima masyarakat dengan baik, karena pastinya banyak yang awalnya ragu dalam mengonsumsi makanan yang satu ini.

 

#3 Burger Hitam

Burger yang biasa kita konsumsi terbuat dari roti yang berwarna krim kecoklatan, mengapa tidak membuat bisnis makanan unik dan kreatif dengan berjualan burger hitam?

Melihat warna burger yang nggak biasa bikin orang-orang penasaran dan ingin tahu rasa dari burger yang satu ini. Untuk resepnya sendiri, Anda bisa mengetahuinya dari ulasan-ulasan online karena sudah ada beberapa penjual burger hitam ini.

Modal yang perlu disiapkan untuk menjalankan usaha burger hitam diperkirakan mencapai Rp5 jutaan. Omzetnya sendiri bisa tembus Rp10 jutaan per bulan. Cukup menguntungkan bukan?

 

#4 Asinan Rambutan Kiamboy

Pernah mencicipi buah rambutan yang dijadikan asinan? Rupanya buah rambutan yang jadi asinan berhasil menarik minat banyak orang lho. Pastinya makanan ini boleh banget jadi usaha makanan unik dan kreatif.

Cara membuatnya pun terbilang mudah dan modal yang mesti disiapkan pastinya sangat terjangkau. Jadi sangat cocok bagi Anda yang baru akan memulai bisnis.

 

#5 Peach Gum Dessert

Selain asinan rambutan, makanan penutup alias dessert yang sedang hits belakangan ini adalah peach gum dessert. Peach gum merupakan resin alami yang dikeluarkan dari pohon persik, yang berbentuk kristal berwarna kuning di pohon persik.

Getah persik ini bertekstur lembut dan halus, dan akan berubah warna pucat/ sedikit bening apabila dimasak.

Peach Gum sendiri kaya akan kolagen, asam amino, serat dan masih banyak lagi. Peach gum dipercaya dapat membantu Anda memperoleh kulit yang kencang dan lembut karena kandungan kolagennya.

10 Makanan Unik Ini Bisa Lho Dijadikan Ide Bisnis Waralaba 03

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Membuatnya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu merebusnya dengan berbagai bahan lain seperti Red Dates/Kurma Cina, Goji berry, Gula Batu, Jamur Salju, dan Lengkeng Kering.

Dari sini Anda bisa menjualnya per porsi besar dengan harga mencapai 100 ribu rupiah atau menjualnya dengan porsi kecil per sekali makan. Keuntungannya? Jangan ditanya lagi deh, pastinya sangat menarik.

 

#6 Es Krim Goreng

Berikutnya adalah usaha es krim goreng yang bisa jadi pilihan usaha makanan unik dan kreatif. Kabarnya nih usaha yang satu ini bisa mencetak omzet hingga Rp20 juta per bulannya lho.

Meski sudah cukup lama dikenal, bisnis es krim goreng ini masih punya banyak lahan kreatif. Anda bisa mengkreasikan es krim goreng yang tidak biasa dan menciptakan sensasi baru.

Selain itu, bisnis ini juga terjangkau karena hanya dengan modal mulai dari Rp7 jutaan, Anda sudah bisa menjalin kemitraan dengan sejumlah franchise es krim goreng. Bagaimana? Tertarik berbisnis es krim goreng?

 

#7 Dadar Gulung Cokelat

Kalau dadar gulung yang berwarna hijau tampak biasa buat kamu, bagaimana dengan dadar gulung cokelat? Tentu aja warna cokelatnya bikin orang-orang tertarik untuk mencicipi makanan unik yang satu ini.

Dengan bermodalkan Rp3 jutaan, usaha dadar gulung cokelat berpotensi mencetak omzet hingga Rp9 jutaan tiap bulannya.

Cara membuat dadar gulung cokelat sendiri terbilang mudah dan bisa kamu dapatkan infonya dengan gampang di internet.

 

#8 Keripik Tempe

Jika Maicih berhasil membuat usaha keripik pedas sukses, mengapa Anda tidak? Usaha makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa Anda coba adalah bisnis keripik tempe.

Keripik berbahan tempe ini masih jarang lho di pasaran, padahal teksturnya yang menarik dan kandungan proteinnya sangat berpotensi untuk dijual. Anda bisa memberikan bumbu perisa atau pedas agar semakin diminati.

10 Makanan Unik Ini Bisa Lho Dijadikan Ide Bisnis Waralaba 05

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Bagaimana dengan omzetnya?

Kabarnya bisnis ini dapat meraup hingga Rp10 juta per bulannya. Seperti yang diberitakan Detik, seorang wirausahawan bernama Widiatmoko membuka usaha keripik tempe yang dinamakan Tempe King dengan modal Rp5 juta.

Ia mengaku bisa meraup penghasilan Rp10 juta tiap bulannya. Wow banget kan?

 

#9 Burger Sushi atau Burrito

Kreativitas di bidang kuliner terus bermunculan. Salah satunya adalah membuat burger yang dikombinasikan dengan uniknya sushi atau burrito.

Anda bisa membuat burger dengan bahan nasi alih-alih roti dengan isian menarik hingga menyerupai rasa sushi. Tentunya sensasi baru ini akan dicari oleh para pecinta kuliner baru.

Selain sushi, ada juga yang berupaya mengombinasikan burger dengan burrito, jadi burger dibentuk menyerupai burrito dengan isian yang juga berbeda. Ini juga bisa jadi ide bisnis baru bagi Anda.

Nah, membuka usaha burger unik ini ternyata bisa memberi omzet yang lumayan besar lho. Modalnya pun hanya berkisar Rp5 jutaan saja, sangat terjangkau.

 

#10 Cheesecake Smoothies

Dewasa ini, minuman bertema cheese tea dan boba milk tea memang sedang meraja. Terbukti bahwa minuman berbahan susu dan keju memang digemari masyarakat.

Dari sini, mengapa tidak mengembangkan bisnis cheesecake smoothies?

10 Makanan Unik Ini Bisa Lho Dijadikan Ide Bisnis Waralaba 06

 [Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Anda bisa mengembangkan minuman berbahan cream cheese dan susu dipadu dengan berbagai rasa cheesecake. Misalnya saja oreo, strawberry, caramel, dan sebagainya.

Untuk topping-nya, Anda bisa menambahkan boba atau cookies crumble layaknya cheesecake. Menarik bukan ide bisnis yang satu ini?

 

Yuk Berbisnis Makanan Unik dan Meraup Untung

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjadi pebisnis makanan unik seperti es kepal Milo dan meraup untung banyak?

Semoga artikel ini memberi gambaran dan ide bagi Anda yang tertarik dalam bisnis makanan unik ini.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang makanan unik yang sedang viral belakangan ini.

Share artikel ini via Whatsapp atau media sosial lainnya dengan meng-klik tombol di bawah.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang usaha bisnis makanan unik yang bisa menguntungkan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku! Finansialku.com tidak pernah memungut biaya atau pun menjanjikan produk apa pun di luar aplikasi dan official media kami.

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 23 Mei 2019. 15 Makanan Unik dan Kreatif yang Bisa Cetak Untung Kalau Dijadikan Ide Bisnis. Moneysmart.id – http://bit.ly/2lELbIh

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Unik 01 – http://bit.ly/2mOzUFu
  • Makanan Unik 02 – http://bit.ly/2neBVL5
  • Makanan Unik 03 – http://bit.ly/2lhmt0k
  • Makanan Unik 04 – http://bit.ly/2lhmIsg
  • Makanan Unik 05 – http://bit.ly/2lCIffb
  • Makanan Unik 06 – http://bit.ly/2nn7x1j