Membeli bisnis waralaba bisa membutuhkan uang miliaran. Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis waralaba namun terkendala uang, solusinya adalah memulai bisnis waralaba pribadi. Seperti apakah bisnis waralaba pribadi? Mari kita simak apa itu pemasaran jaringan: memiliki bisnis waralaba pribadi dengan biaya terjangkau.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Pemasaran Jaringan

Pemasaran jaringan atau biasa disebut multilevel marketing seringkali disalahartikan sebagai sebuah penipuan. Nyatanya tidak! Pemasaran jaringan layaknya membangun bisnis waralaba pribadi, namun berbeda dengan membeli bisnis waralaba, pemasaran jaringan membutuhkan biaya yang cenderung terjangkau. Pemasaran jaringan memang membutuhkan kerja keras, namun kuadran manapun membutuhkan usaha keras untuk meraih kesuksesan bukan? Finansialku akan menjabarkan mengenai pemasaran jaringan: memiliki bisnis waralaba pribadi dengan biaya terjangkau.

Pemasaran Jaringan Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya]

 

Kuncinya Bukanlah Produk, namun Pendidikan

Banyak sekali organisasi yang sudah menjalankan sistem ini, dan jika Anda ingin menjadi bagian dari sebuah organisasi pemasaran jaringan, janganlah memilih yang produknya bagus, namun pilihlah organisasi yang menawarkan pendidikan yang bagus. Organisasi seperti itulah yang akan membantu Anda menyeberang dari sisi kiri ke sisi kanan kuadran. Pada dasarnya, terdapat 2 jenis organisasi pemasaran jaringan:

  1. Organisasi yang hanya ingin Anda menjual sistemnya kepada masyarakat.
  2. Organisasi yang tujuannya adalah mendidik dan membantu Anda meraih keberhasilan.

Disinilah Anda dipaksa untuk menjadi seseorang yang kritis, dimana fokus awalnya adalah bukan untuk memperoleh keuntungan besar-besaran, namun menanamkan pendidikan mengenai produk Anda terlebih dahulu.

Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki]

 

Unsur Penting Pemasaran Jaringan untuk Menjadi Pebisnis Sukses

Menjadi seorang pebisnis tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Anda harus mencari unsur penting yang sebenarnya menjadi dasar untuk menjadi pebisnis sukses. Lalu apakah unsur penting tersebut dalam pemasaran jaringan? Unsur penting untuk menjadi individu B (pemilik bisnis) via pemasaran jaringan adalah:

  1. Menaklukkan rasa takut akan penolakan. Berhentilah memikirkan dan mencemaskan pendapat orang terhadap diri Anda. Janganlah menahan diri hanya karena takut akan anggapan orang-orang di sekitar Anda. Banyak orang yang gagal hanya karena ia berbeda, sehingga semua orang membicarakannya dan menjelek-jelekannya dan membuatnya menahan diri mencapai kesuksesan. “Berbeda” seringkali diasumsikan sebagai keburukan dan diolok, namun belum tentu demikian. “Berbeda” dapat menjadi sesuatu yang baik, bahkan lebih baik dari yang sudah umum.
  2. Melatih diri untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Salah satu kunci untuk menjadi pebisnis adalah belajar untuk memimpin orang. Anda akan bekerja dengan beragam jenis orang dengan karakternya masing-masing yang kerap kali unik dan tentunya berbeda-beda. Orang yang sukses dalam bisnis apapun biasanya adalah mereka yang terlahir dengan bakat memimpin, dimana keterampilan tersebut adalah sebuah keterampilan yang sangat berharga karena mampu menginspirasi banyak orang dan dapat dipelajari.

Kesimpulannya adalah, menyeberang dari sisi kiri kuadran ke sisi kanan bukanlah tentang apa yang Anda lakukan, namun mengenai siapakah diri Anda saat ini. Anda perlu belajar untuk mengacuhkan pendapat orang mengenai diri Anda dan justru belajar untuk memimpin orang banyak. Oleh karena itulah pemasaran jaringan sangatlah disarankan untuk memperoleh kesuksesan, karena komitmennya adalah untuk mengembangkan diri sebagai seorang manusia bukan sebagai wirausaha.

Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang Anda Bisa Kaya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

Organisasi yang Tepat

Sebelum melihat produknya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dasar dalam memilih organisasi pemasaran jaringan. Beberapa kriteria organisasi pemasaran jaringan yang tepat dan baik adalah:

  1. Telah terbukti baik dan memiliki rentetan prestasi yang jelas serta memiliki sistem distribusi dan program kompensasi yang sudah berjalan dengan sukses selama bertahun-tahun lamanya.
  2. Memiliki peluang bisnis yang dapat dipercaya dan dapat Anda bagikan dengan penuh keyakinan kepada orang lain.
  3. Memiliki program pendidikan jangka panjang dengan tujuan pengembangan diri sebagai manusia khususnya di bagian pengembangan kepercayaan diri.
  4. Memiliki program bimbingan yang kuat dimana Anda dididik oleh pemimpin dan bukanlah oleh penasihat.
  5. Memiliki struktur organisasi dengan orang-orang yang Anda hormati dan hargai.

Jika sudah memenuhi 5 kriteria tersebut, barulah Anda dapat berlanjut untuk melihat dan menilai produknya. Jika ingin menjadi seorang individu B yang sukses berkepanjangan, Anda perlu melihat lebih dari hanya produk, namun juga menelaah lebih lanjut mengenai sistemnya, pendidikannya, serta orang-orang yang menjadi bagiannya.

memilih-bisnis-waralaba-yang-mampu-mencetak-laba-finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Aset yang Paling Berharga

Kesuksesan sejati dapat Anda raih dalam pemasaran jaringan jika Anda berkomitmen terhadap salah satu aset yang paling berharga, yakni waktu. Waktu merupakan sesuatu yang tidak dapat dihentikan atau diulang, sehingga kunci kesuksesan adalah dengan memanfaatkan waktu dengan kerja keras dalam jangka pendek untuk menghasilkan pemasukan pasif jangka panjang dalam jumlah yang besar. Jika Anda berhasil membangun sebuah jaringan yang kuat dan solid, Anda dapat memperoleh penghasilan pasif yang rutin meski jika Anda berhenti bekerja. Semua itu dapat dimulai dengan komitmen untuk sukses.

 

Apakah Anda mengetahui kunci sukses pemasaran jaringan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Robert T. Kiyosaki. 2001. The Cashflow Quadrant (Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial).

 

Sumber Gambar:

  • Businessman – https://goo.gl/xWRzMh
  • Networking – https://goo.gl/kVAqAz

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana