Bagaimana agar sukses dalam memulai bisnis? Membuat startup bisnis mulai dari nol hingga sukses memang tidak mudah. Kita sering mendengar ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis untuk membuat bisnisnya sukses. Tidak jarang mereka mengalami kegagalan, tetapi kegagalan inilah yang menjadi pemicu para pebisnis memperbaiki yang kesalahan dan mencari celah dari kesalahan itu.

 

Artikel ini Dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Mau Memulai Bisnis? Miliki 6 Hal ini Agar Sukses Saat Berbisnis

Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha mereka. Banyak kisah sukses para pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Kedisiplinan dan kebiasaan memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang.

 

#1 Motivasi Bisnis dan Niat yang Kuat

Saat bicara tentang bisnis, hal paling mendasar yang harus dipahami adalah motivasi membangun bisnis itu sendiri. Ada banyak contoh disekitar kita yang latah untuk ikut-ikutan jadi pebisnis karena melihat kesuksesan pebisnis lain.

Kita perlu memahami kenapa kita ingin memulai bisnis sendiri. Apakah karena ingin menambah penghasilan, investasi masa depan, memenuhi kebutuhan rumah tangga, menyalurkan hobi dan lain sebagainya.

Dengan motivasi yang jelas, Anda dapat mengukur apakah bisnis Anda sudah berjalan sesuai dengan tujuan/jalur yang benar.

Motivasi ini membuat Anda menjadi lebih fokus dan tidak mudah menyerah saat bisnis Anda mengalami masa sulit. Sebab, Anda sudah memiliki fondasi yang kuat dalam memulai bisnis.

Mau Memulai Bisnis Miliki 6 Hal Ini agar Sukses saat Berbisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Dalam Bisnis Anda]

 

#2 Kaya Inovasi dan Kreativitas

Inovasi dan kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha. Ide bisnis yang kreatif dan orisinal akan membuat diri Anda sulit ditiru orang lain.

Bahkan bila ditiru, orang lain akan sulit berpaling karena ide bisnis itu sudah melekat pada diri Anda. Selain itu, ide bisnis yang kreatif secara tidak langsung akan menambah value atau nilai dari bisnis itu sendiri.

Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat menghasilkan.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Unik dan Berbeda

Para pebisnis pemula terkadang banyak meniru pebisnis sebelumnya tanpa ada modifikasi keunikan tersendiri. Keunikan akan memberikan kepada Anda kesempatan untuk menjadi pioner dalam bisnis jenis itu. Anda tidak akan memiliki pesaing karena bisnis Anda sangat berbeda.

Beragam keunikan dari inovasi yang Anda tawarkan akan membuat konsumen semakin puas. Misalnya ketika Anda membuka usaha bengkel mobil, kemudian ditambah dengan cafe, pelayanan cuci mobil gratis, dan usaha lainnya. Hal-hal unik yang menambah nilai bagi konsumen sangat berarti. 

15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

#4 Perencanaan Keuangan

Setelah memahami, menemukan dan menentukan motivasi berbisnis, jangan abaikan yang namanya perencanaan keuangan. Saat sudah siap untuk memulai bisnis, kita wajib memisahkan antara uang pribagi dengan uang bisnis.

Sebaiknya mulai membuat pembukuan sederhana untuk pemasukan dan pengeluaran masing-masing rekening, agar dapat terkontrol dengan baik.

Disiplin soal cashflow juga harus dijaga. Disiplin dalam memilah rekening bisnis untuk keperluan bisnis dan rekening pribadi untuk keperluan pribadi. Supaya tidak ada tumpang tindih pengambilan uang bisnis dari rekening pribadi atau sebaliknya.

Tetap alokasikan penghasilan khusus untuk pos dana darurat atau proteksi/asuransi. Pos dana darurat ini dapat digunakan saat Anda membutuhkan dana cepat yang bisa diambil, tanpa perlu mengutak-atik rekening untuk keperluan bisnis.

Sementara proteksi bermanfaat untuk melindungi semua aset kita, mulai dari yang pribadi hingga aset bisnis.

 

#5 Reputasi

Calon pebisnis harus mampu membangun reputasi yang positif dari pihak lain. Reputasi itu menyangkut kejujuran dan integritas. Dua faktor itu menjadi poin penting agar ide bisnis dapat berjalan. Bahkan dengan reputasi yang terjaga, tak jarang bakal mendapat bantuan dari pihak lain.

Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp100 Juta, Bagaimana Cara Menyiapkan Dananya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp100 Juta, Bagaimana Cara Menyiapkan Dananya?]

 

#6 Punya Business Plan

Anda perlu menjabarkan tujuan Anda dalam sebuah business plan yang terdiri dari beberapa tahap yang dikerjakan selama beberapa waktu ke depan. Berusahalah untuk mengerjakan daftar rencana itu sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Dalam membuat business plan Anda perlu membuatnya dengan konsep yang sederhana dan cobalah memikirkan hal-hal apa yang Anda perlukan. Terlalu banyak berpikir tentang konsep malah membuat bisnis Anda diam tak bergerak.

Strategi yang sederhana yang dilakukan pada target pasar yang tepat hasilnya akan jauh lebih baik dalam memulai bisnis yang sukses.

Daftar Orang Terkaya di Dunia 2017 dan Nasihat-Nasihatnya dalam Berbisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia 2017 dan Nasihat-Nasihatnya dalam Berbisnis]

 

6 Hal Tersebut Merupakan Modal Awal Saat Memulai Bisnis

Sebagai modal awal sebelum Anda memulai bisnis, Anda harus benar-benar memahami sekaligus melakukan hal yang sudah dijelaskan. Tujuan 6 poin di atas supaya usaha dan bisnis yang Anda lakukan menjadi berhasil dan sukses.

Jika Anda mengabaikan satu hal saja, maka bisnis Anda akan menjadi bisnis yang tidak seimbang. Yang terpenting adalah melakukan yang terbaik versi Anda sendiri. Selamat memulai bisnis sukses Anda!

 

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam memulai bisnis? Hal-hal apa saja yang Anda lakukan? Berikan pengalaman berharga Anda pada kolom di bawah ini agar para pembaca pun mengetahui manfaat yang besar ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tifanny. 7 April 2017. Kalau Udah Paham Sama 4 Hal Ini, Pasti Udah Siap Berbisnis. Duitpintar.com – https://goo.gl/rzOauJ
  • Fafa Khalifah. 3 April 2017. Bisnismu Bakal Sukses Kalau Sudah Punya 6 Hal Ini. Duitpintar.com – https://goo.gl/OJ34vp

 

Sumber Gambar:

  • Business Plan – https://goo.gl/XQF9GF
  • Memulai Rencana Bisnis – https://goo.gl/Cg5G1H

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana