Sudahkah Anda mengenali P2P Lending Terbaik yang ada di Indonesia? Silakan simak artikel berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Daftar P2P Lending Terbaik di Indonesia

Peer to Peer (P2P) lending merupakan salah satu cara berinvestasi yang mulai marak diperbincangkan akhir-akhir ini, sebab dianggap lebih menjanjikan dan dapat memberi keuntungan yang lebih dari rata-rata.

Namun meski demikian, calon investor juga harus lebih berhati-hati dalam memilih platform P2P lending yang ingin digunakan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, pada daftar berikut ini, Anda bisa mengenali platform P2P lending terbaik yang ada di Indonesia dan yang pastinya telah terdaftar OJK.

 

#1 Investree

Investree merupakan salah satu pelopor P2P lending pertama di Indonesia. Return rata-rata yang ditawarkan dalam platform ini juga terbilang cukup tinggi, yaitu hingga 17,5%.

Dan apabila pihak yang menerima pembiayaan telat melakukan pembayaran, maka Anda sebagai investor akan mendapat kompensasi biaya keterlambatan.

Terdapat dua jenis pembiayaan yang bisa Anda lakukan di sini, yaitu untuk pinjaman pribadi dan untuk pembiayaan bisnis.

Untuk pinjaman pribadi Anda bisa membiayai mulai dari Rp 1 juta, sedangkan untuk pembiayaan bisnis Anda setidaknya menyetor sebesar Rp 5 juta.

Salah satu kelebihan Investree ialah tidak adanya biaya transaksi sehingga Anda dapat menerima uang secara utuh.

Selain itu, semua orang juga berkesempatan untuk berperan sebagai investor pada platform ini, baik WNI maupun WNA dengan syarat harus memenuhi batas umur yang ditentukan, yaitu 17 tahun.

Daftar P2P Lending Terbaik di Indonesia dan Terdaftar OJK Terbaru 2020! 01 - Finansialku

[Baca Juga: FAQ P2P Lending]

 

#2 KoinWorks

KoinWorks juga merupakan platform P2P Lending resmi yang telah terdaftar OJK dengan jumlah pengguna yang sudah cukup banyak.

KoinWorks menawarkan return yang juga cukup tinggi, bahkan bisa melebihi 20% dalam setahun. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam melakukan pendanaan yang menawarkan return tinggi.

Semakin tinggi return yang ditawarkan, maka akan semakin tinggi juga risiko yang ada. Untuk itu pihak KoinWorks juga melakukan pembagian kategori untuk setiap pinjaman yang ada.

Pinjaman yang dianggap lebih berisiko akan masuk dalam kategori E.

Berbeda dengan platform sebelumnya, Anda bisa melakukan pendanaan di KoinWorks dengan jumlah mulai dari Rp 100.000 saja!

Hal ini membuat semua orang berkesempatan untuk mulai berinvestasi, meskipun dengan nominal yang tidak begitu tinggi.

Bunga yang telah Anda hasilkan dalam KoinWorks bisa Anda ambil setiap bulan, dan apabila Anda hendak menarik kembali dana pokok yang telah Anda masukkan, maka Anda dapat melakukannya kapan saja Anda mau.

 

#3 Amartha

P2P lending yang satu ini merupakan salah satu platform yang menawarkan pinjaman kepada pengusaha kecil di pedesaan maupun di kota yang ada di pulau Jawa.

Amartha menawarkan pelayanan kepada mereka yang bahkan belum memiliki akses untuk kredit perbankan.

Daftar P2P Lending Terbaik di Indonesia dan Terdaftar OJK Terbaru 2020! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pasti Untung Kalau Tahu Cara Kerja P2P Lending!]

 

Dengan menjadi investor di Amartha, maka Anda juga sedang membantu pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya.

Return yang diberikan Amartha juga cukup menarik, yakni rata-rata sebesar 17,5% per tahun.

Untuk menjadi seorang investor pada platform ini, maka sebelumnya Anda harus melakukan pendaftaran dan menyetorkan uang sebesar Rp 3 juta.

Untuk memproteksi setiap investornya dari risiko gagal bayar, Amartha telah bekerjasama dengan lembaga asuransi dan penjamin kredit.

 

#4 Danamas

Danamas ialah P2P lending yang merupakan cabang dari Kelompok Usaha Sinar Mas, dan merupakan startup P2P lending pertama yang mendapat ijin Otoritas Jasa Keuangan.

Selain bisa menjadi investor, Danamas juga menawarkan pinjaman dengan nominal yang tinggi kepada masyarakat, khususnya untuk UMKM dan pengusaha kecil.

Danamas memang memiliki tujuan agar semakin banyak pengusaha kecil di Indonesia.

 

#5 Modalku

Modalku merupakan platform P2P lending yang juga dikenal memiliki performa yang baik. Perusahaan ini membangun kerjasama dengan investor Singapura dalam hal dana bantuan.

Suku bunga atau return yang Anda terima dari berinvestasi melalui Modalku memiliki nilai yang bervariasi, tergantung kondisi pasar serta nilai pinjaman yang diberikan.

Daftar P2P Lending Terbaik di Indonesia dan Terdaftar OJK Terbaru 2020! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tertarik? Begini Cara Investasi P2P Lending Bagi Pemula!]

 

Untuk mulai berinvestasi di Modalku, Anda setidaknya memiliki modal sebesar Rp 10 juta yang nantinya akan menjadi deposito Anda, kemudian Anda bisa mendanai dengan jumlah mulai dari Rp 1 juta untuk setiap peminjam.

Di Modalku, Anda tidak akan dapat mengetahui profil penerima dana yang Anda investasikan, dan Anda hanya bisa melihat performa dari usaha yang ia jalankan serta profil dari perusahaan tersebut.

 

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

 

Perlu Hati-hati!

Saat hendak berinvestasi, maka Anda juga perlu berhati-hati dan melakukan analisa dengan baik untuk meminimalisasi risiko yang ada.

 

 

Dari platform P2P Lending yang telah kita bahas, mana yang menurut Anda paling baik? Silakan beri tanggapan Anda dalam kolom komentar berikut ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan saudara Anda yang ingin berinvestasi P2P Lending.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 09 Februari 2019. Review KoinWorks, Investree, Amartha│Apa Iinvestasi P2P Lending Terbaik Paling Aman. Duwitmu.com – https://bit.ly/2W3vg4n
  • Mas Khamim. 11 Januari 2020. 9 Situs P2P Lending Indonesia Terbaik dan Terpercaya. Investasi.online – https://bit.ly/2KHuc0J

 

Sumber Gambar:

  • P2P Lending 1 – https://bit.ly/2YQoPEO
  • P2P Lending 2 – https://bit.ly/2SQcGMg
  • P2P Lending 3 – https://bit.ly/2LflBm3