Modalku Peer-to-Peer Lending menawarkan Alternatif Investasi Online

Hingga sekarang, telah ada 26 Peer-to-Peer Lending yang terdaftar di OJK. Salah satu peer-to-peer lending tersebut adalah Modalku yang menawarkan sebuah investasi online alternatif.

Apa itu Investasi online Modalku? Investasi apa yang ditawarkan olehnya? Yuk mari kita bahas bersama.

 

Sponsored Articles

Modalku Peer to Peer Lending

 

Peer-to-Peer: Investasi Alternatif dari Modalku

Modalku merupakan sebuah perusahaan Peer-to-Peer Lending yang hingga sekarang telah menyalurkan lebih dari Rp800 miliar kepada para UMKM.

Sesuai namanya, Modalku menawarkan alternatif pendanaan modal bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Di sisi lain, Modalku juga menawarkan sebuah platform investasi bagi calon investor yang ingin menginvestasikan modalnya.

Tampilan muka website Modalku.co.id, sebuah situs Fintech Peer-to-Peer Lending

 

Nah, seperti apa investasi di Modalku? Sebelum lebih jauh kita berkenalan, ada baiknya kita pahami dulu apa itu platform peer-to-peer lending.

 

Investasi Online Peer-to-Peer Lending

Peer-to-Peer Lending atau P2P Lending merupakan jenis investasi yang akhir-akhir ini sering diberitakan sebagai alternatif investasi. Sebetulnya apa itu Peer-to-Peer Lending

Peer-to-peer Lending (P2P) adalah sebuah metode peminjaman dana yang memungkinkan seseorang untuk meminjam atau meminjamkan dana, tanpa melalui lembaga keuangan.

Dalam investasi peer-to-peer Lending, peminjam dan pemberi pinjaman akan bertemu langsung di dalam sebuah sistem atau platform yang ada.

Sederhananya, peer-to-peer lending merupakan sebuah platform online yang mempertemukan pihak yang ingin mengajukan pinjaman dan pihak yang ingin berinvestasi dengan cara memberikan pinjaman.

 

Keuntungan Peer-to-Peer Lending

Keuntungan bagi pemberi pinjaman adalah bunga dari pinjaman itu sendiri. Besarnya bunga yang dibayarkan dalam platform peer-to-peer lending Modalku cukup bersaing dengan bunga deposito bank.

Hal ini membuat Investasi online Peer-to-Peer lending bukan hanya kabar baik bagi pihak UKM lokal, tetapi juga bagi mereka yang mencari alternatif investasi dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi.

 

Fokus Pendanaan Modalku

Modalku adalah sebuah platform peer-to-peer (P2P) lending terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Bernaung di bawah grup Funding Societies, hingga sekarang telah menyalurkan lebih dari Rp870 miliar di Asia Tenggara, di mana sebesar 50% adalah di Indonesia.

Ketahui Alasan Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UMKM Lebih Berkembang 01 - Finansialku

Pinjaman Peer-to-Peer Lending Membuat UKM Lebih Berkembang

 

Sebagai alternatif pendanaan, Modalku berfokus pada kebutuhan pendanaan kepada para Unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ada 26 sektor yang menjadi fokus pendanaannya. Dengan berbagai pilihan jenis sektor UKM yang ada, maka pilihan investasinya pun sangat variatif.

Modalku berfokus mengembangkan UKM berkualitas Indonesia, karenanya Modalku melakukan screening yang ketat kepada para calon peminjam. Hal ini untuk mempertahankan kepercayaan dari para pemberi pinjaman.

 

Tawaran Investasi kepada para Pemberi Pinjaman

Modalku pun menawarkan tingkat return lebih tinggi dibandingkan deposito dan obligasi kepada para investor atau pemberi pinjaman. Di dalam platform-nya, terdapat pinjaman yang dapat Anda danai.

Berikut tampilan website-nya.

Investasi Online Peer To Peer Lending Modalku

Platform Investasi Online Peer-to-Peer Lending Modalku, memberi kita kebebasan memilih peminjam yang ingin kita danai.

 

Anda dapat memilih sendiri pinjaman mana yang mau ingin Anda danai. Masing-masing pinjaman ada keterangan bunga, waktu pinjaman, nilai pinjaman, tujuan, proses pendanaan dan lain sebagainya.

Sekarang Anda tentunya sudah memiliki gambaran mengenai platform Peer-to-Peer Lending Modalku bukan?

 

Menjadi Pemberi Pinjaman di Modalku

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keuntungan investasi dari peer-to-peer lending didapat dari bunga pengembalian pinjaman yang dilakukan oleh si peminjam.

Untuk menjadi pemberi pinjaman di Modalku, nilai setoran awal ditetapkan sebesar Rp10 juta, dan nilai pinjaman untuk masing-masing loan adalah sebesar Rp1 juta.

Nilai setoran awal ini bukanlah yang termurah di antara platform peer-to-peer lending yang ada di Indonesia, tapi dengan nilai setoran yang cukup besar pun memiliki beberapa keunggulan:

  • Hasil investasi yang didapat setiap bulannya lebih tinggi, dibandingkan bila memulai dengan setoran kecil.
  • Adanya keseriusan untuk berinvestasi dari pihak pemberi pinjaman
  • Bila hasil investasinya dipinjamkan kembali, tentunya hasilnya akan semakin besar (Compound Interest).
  • Dengan deposit awal yang besar, risiko Anda lebih terkendali karena dapat melakukan diversifikasi penempatan dana di berbagai pinjaman. Contoh: dengan Rp10 juta, dapat berinvestasi kepada 10 peminjam yang memiliki profil yang berbeda-beda.

 

Tentunya besaran investasi yang Anda lakukan pun, perlu disesuaikan dengan tujuan keuangan yang Anda butuhkan. Bila Anda telah berusia 30-an, kami, Finansialku memiliki ebook panduan untuk kehidupan keuangan Anda yang dapat Anda dapatkan secara Gratis.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30-an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu, ada beberapa keuntungan dan keunikan investasi Modalku dibandingkan jenis investasi lainnya:

  1. Investasi mudah, semua langsung lewat.
  2. Ada sistem transaksi online yang praktis, yaitu dengan fitur pendanaan otomatis, jadi kita bisa berinvestasi secara otomatis.
  3. Tingkat pengembalian yang cukup tinggi dengan risiko yang terkontrol.
  4. Modalku juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

 

Selama pendaftaran, Modalku tidak mengenakan biaya apa pun. Namun, biaya akan dikenakan pada setiap investor ketika menerima repayment atas pendanaan yang dilakukan. Biaya tersebut akan digunakan untuk pengelolaan efisiensi dan keamanan sistem.

Investasi Peer-to-Peer Lending untuk Penghasilan Pasif Anda, Ini Panduan Lengkapnya

 

Apakah Aman Investasi Online di Modalku?

Bagaimana tingkat keamanan berinvestasi di Modalku? Jika Anda adalah investor yang baik, pasti akan menanyakan tingkat keamanan dari penyedia layanan investasinya.

Platform investasi yang baik pun tentunya harus bisa menjawab pertanyaan ini. Dikutip dari Cnnindonesia.com, Modalku telah bekerja sama dengan bank Sinarmas dan menjadikannya sebagai bank kustodian.

Ini artinya, uang yang Anda setorkan tidak masuk ke rekening pribadi Modalku, namun masuk kepada rekening Bank Sinarmas atas nama Anda sendiri. Hal ini tentunya menghindari kemungkinan uang setoran investor diselewengkan.

 

Berinvestasi Peer-to-Peer Lending di Modalku

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai investasi online peer-to-peer lending di Modalku. Platform investasi ini tentunya mempermudah generasi milenial yang terbiasa hidup di era digital.

Keuntungan lainnya dari investasi peer-to-peer lending ini pun adalah Anda sebagai investor tidak perlu melulu melihat portofolio Anda. Berbeda dengan reksa dana atau saham yang nilainya bisa naik turun.

Dengan adanya teknologi finansial peer-to-peer lending seperti ini, maka perencanaan dan pengelolaan keuangan Anda pun semakin mudah dilakukan.

Jadi, sudahkah Anda merencanakan keuangan Anda dan berinvestasi?

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah mengikuti pembahasan di atas, tertarikkah Anda untuk berinvestasi di platform investasi peer-to-peer lending Modalku?

Silahkan bagikan pendapat dan pengalaman Anda mengenai berinvestasi di platform peer-to-peer. Terima Kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Funding Societies. 2017. Seperti Apa Alternatif Investasi Modalku? https://goo.gl/WWHQBs
  • Funding Societies. 2017. Investasi Alternatif. https://goo.gl/JR1Gxq

 

Sumber Gambar:

  • Book Plant – https://goo.gl/iYKGU8
  • Lamp – https://goo.gl/JWLoFm

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download