Mengenal dan menilai melalui review Investree tentu bisa membantu Anda dalam berinvestasi. Karena itu, yuk kenali produk investasi P2P lending yang satu ini.

Finansialku telah merangkum info lengkapnya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Investree

Rumitnya prosedur saat mengajukan pinjaman ke bank ternyata menjadi kendala bagi beberapa orang, hal ini yang memelopori adanya perusahaan Investree.

Investree ini menyediakan tempat bagi individu atau kelompok yang sedang membutuhkan dana (borrower) atau yang ingin meminjamkan dana (lender).

Investree merupakan program layanan peer to peer (P2P) marketplace online yang berkecimpung dalam bidang teknologi finansial. Investree sebagai platform marketplace ini ibarat pusat perbelanjaan.

Ruang berisi penjual dan pembeli yang di dalamnya terdapat proses administrasi, seleksi, analisis, dan prosedur lain atas permohonan pinjaman yang diajukan.

Namun jangan khawatir, Investree ini dilengkapi dengan keamanan yang baik sehingga informasi para borrower atau lender akan terjamin.

 

Hal-hal Penting Terkait Investree Yang Wajib Anda Ketahui

Memilih sesuatu apapun itu pasti memiliki risiko. Nah, untuk itu ada beberapa hal penting dari Investree yang harus Anda ketahui melalui review Investree.

Hal ini agar Anda mengetahui jelas apa risiko hingga keuntungan apa yang akan didapatkan. Akankah baik bagi Anda atau sebaliknya? Simak review Investree di bawah ini penjelasannya!

 

#1 Kuantitas Pinjaman Dalam Investree

Jika Anda merupakan baru mungkin akan sedikit kesulitan dalam memperoleh pinjaman di Investree. Di Investree terkadang hanya menyajikan dua hingga tiga pinjaman saja.

Hal ini berarti kajian risiko dalam setiap transaksi dalam Investree tergolong ketat. Yang biasanya berhasil memperoleh dana pinjaman adalah borrower yang telah pernah bertransaksi di Investree sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, Investree juga terus melakukan perkembangan demi kenyamanan pengguna. Akhirnya saat ini dalam Investree tersedia hingga lima dana pinjaman.

Meskipun sebenarnya website lain ada yang menyediakan lebih dari itu. Namun, Investree ini lebih meyakinkan karena dinilai ketat dalam mengkaji risiko.

Review Investree, Produk Investasi P2P Lending Lengkap. Baca Di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 5 Alasan Menarik Investasi P2P Lending Di Mata Para  Milenial]

 

#2 Variasi Pinjaman Investasi

Variasi pinjaman dalam Investree ini berguna bagi lending/investor yang memberikan dana. Investor akan dimudahkan dalam membuat perencanaan keuangan terhadap likuiditas dananya.

Beberapa borrower dalam Investree ialah financing dari sebuah perusahaan. Borrower tersebut mungkin tertarik pada variasi pinjaman dalam Investree bunga dan tenor yang disediakan.  

Saat ini bunga yang ditetapkan oleh Investree adalah sebesar 12% hingga 20% per tahun dengan tenor yang dibawah dua bulan. Identitas si peminjam juga lebih bervariasi karena pinjaman bisa memiliki borrower yang berbeda-beda.

 

#3 Investree Sangat Aman Digunakan

Yang paling membedakan dari Investree P2P Lending ini adalah layanannya telah mendapatkan izin usaha dari OJK. Biasanya, layanan P2P Lending lain hanya terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Hal ini tentunya salah satu review Investree yang menjadikan faktor pemicu para pengguna menggunakan layanan Investree karena pasti aman dan terpercaya.

 

#4 Investree Anti Tipu-Tipu

Beberapa orang yang telah memiliki pengalaman investasi di Investree, tak satupun yang melaporkan adanya tindakan yang menyeleweng.

Adapun komentar negatif terkait layanan ini yang menyatakan bahwa proyeknya gagal atau pembayarannya telat dan lain sebagainya.

Hal itu sebenarnya wajar saja karena risiko telat bayar atau gagal bayar memang sering terjadi bahkan di tempat lain selain Investree.

Itu juga merupakan hal yang biasa terjadi dan bukan sepenuhnya kesalahan dari pihak Investree. Jadi, sudah jelas bahwa Investree ini anti tipu-tipu.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI REKSA DANA untuk PEMULA

10 Panduan Investasi Reksadana Pemula

 

#5 Jumlah Minimal Investasi Dalam Investree

Review Investree berikutnya adalah nominal yang harus Anda keluarkan saat akan berinvestasi di Investree ini lumayan tinggi.

Dibanding website lainnya, jumlah minimal yang ditetapkan tergolong tinggi yakni Rp 1 juta. Jumlah tersebut sebenarnya merupakan kritikan dari banyak pengguna karena sebelumnya minimal investasi di Investree sebesar Rp 5 juta.

Adapun jika ingin investasi lebih dari Rp 1 juta, Anda harus berinvestasi sebesar kelipatan dari Rp 1 juta. Saat pencarian dana, Anda juga akan dikenakan potongan sebesar Rp 5000.

Review Investree, Produk Investasi P2P Lending Lengkap. Baca Di Sini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah P2P Lending Halal? Simak Di Sini Ulasannya!]

 

#6 Aksesibilitas Investree

Pengguna Investree dimudahkan dalam mengakses website dengan design yang unik. Website Investree juga menyediakan informasi lengkap dan transparan yang barangkali dibutuhkan oleh pengguna tanpa harus mengunduh pdf.

Dalam website Investree juga Anda akan menemukan penawaran reksa dana dan surat berharga negara (SBN) yang memerlukan login ulang untuk mengaksesnya.

Adapun daftar akun Investree di website sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti petunjuknya dengan benar.

 

#7 Investree Melindungi Modal Investor

Para investor tentunya menerima jaminan modal yang dikeluarkan agar tidak mengalami kerugian terlalu besar. Hal tersebut terbukti dengan adanya kewajiban memiliki asuransi jiwa bagi peminjam dengan kriteria tertentu.

Namun, pihak Investree tidak membocorkan mana saja pinjaman yang di-cover asuransi. Hal ini cukup membuat bingung para investor karena mereka bisa saja mengalami kerugian akibat borrower yang gagal bayar.

Perlindungan yang diberikan adalah sebesar 90% hingga 100% modal investor.

Review Investree, Produk Investasi P2P Lending Lengkap. Baca Di Sini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: BAHAYA!! Ternyata Selama Ini Hidup Kita Enggak Aman!]

 

Apakah Anda Cocok Berinvestasi Di Investree?

Investree merupakan layanan yang tepat jika Anda adalah investor yang ingin memberikan dana pinjaman perusahaan.

Cocok juga bagi investor yang ingin main aman dan investor yang ingin memulai diversifikasi di reksa dana dan obligasi negara. Bagi Anda yang mencari pinjaman, sebaiknya pelajari ketentuan dan risiko layanan Investree terlebih dahulu.

Cara pinjam di Investree memang tergolong mudah jika dibandingkan dengan pinjaman bank yang rumit. Uniknya, ada juga layanan Investree syariah yang bisa Anda coba dengan pinjaman yang lebih sedikit jumlahnya dibanding pinjaman konvensional.

Review Investree ini harus Anda cermati baik-baik sebelum mencoba meminjam atau memberikan dana di Investree.

Dengan mempelajari ketentuan dan risiko bergabung Investree terlebih dulu, keputusan yang Anda ambil pun setidaknya memiliki harapan yang baik.

 

Jadi, siapkah Anda untuk investasi bersama Investree? Ayo bagikan inspirasi di atas pada sesama investor pemula, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Review Investree Investasi Return 18% Fintech P2P Lending. Duwitmu.com – https://bit.ly/3kD4JoJ
  • Admin. Review Investree – P2P Lending Produktif Paling Eksis. Adriansiaril.com – https://bit.ly/3kD4JoJ
  • Admin. Review Sekilas tentang Investree.id. Simulasikredit.com – https://bit.ly/2IOdU8I
  • Windy. 16 Maret 2019. Review Investree: Cepat, Mudah dan Menguntungkan. Nextcarrot.com – https://bit.ly/2IJ0XgC

 

Sumber Gambar:

  • Investree 1 – https://bit.ly/2IJ0XgC
  • Investree 2 – https://bit.ly/35BTSXD
  • Investree 3 – https://bit.ly/3f8RWta