Blogging merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi besar. Namun perlu diingat bahwa terdapat beberapa tantangan dalam membuat blog, salah satunya adalah sulitnya mencari topik baru setiap harinya.

Anda juga dituntut untuk mampu menulis konten yang baik dan menarik bagi pembaca.  Mari kita lihat bagaimana cara membuat konten yang baik jika Anda ingin membuat blog.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Memulai Usaha Kecil dengan Blogging

Banyak orang yang memilih untuk menjadi pekerja sambilan, atau bahkan memulai usaha kecil milik sendiri karena merasa pekerjaannya kantoran tidak sesuai dengan kepribadiannya atau dengan kesibukannya.

Jika Anda juga demikian, blogging dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat karena selain keseruannya, bisnis ini ternyata memiliki potensi menghasilkan uang yang tidak sedikit. Melalui artikel ini, Finansialku akan memberikan sedikit panduan untuk membuat konten yang baik meski Anda bukan penulis andal.

Bagaimana Membuat Konten Tulisan yang Baik Meski Anda Bukan Penulis Andal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

 

Menjawab Pertanyaan dari Pembaca

Apakah Anda pernah berpikir bahwa blogging mungkin tidak tepat bagi Anda karena Anda kebingungan untuk menulis konten yang baik dan menarik? Sebelum Anda memutuskan untuk berhenti, ingatlah bahwa Anda tidak perlu menjadi penulis andal untuk menjadi blogger yang sukses.

Pada dasarnya konten yang baik adalah konten yang menjawab pertanyaan dari pembaca, namun yang perlu ditekankan adalah bagaimana cara Anda mengolah jawaban tersebut menjadi sesuatu yang mendorong pembaca untuk membacanya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ternyata Anda dapat melakukannya dengan mudah jika Anda menggunakan sebuah struktur sederhana dalam menulis. Struktur tersebut akan membantu Anda mengubah jawaban menjadi sebuah konten yang menarik dan tertata dengan baik.

Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula]

 

Struktur Sederhana dalam Menulis

Dengan bantuan struktur yang sederhana dalam menulis, Anda akan memperoleh komponen inti dari konten atau artikel yang dibutuhkan. Apa saja isi dari sebuah konten dan bagaimana struktur yang tepat? Berikut merupakan struktur sederhana yang dapat Anda jadikan panduan dalam menulis:

  1. HeadlineUmumnya headline merupakan pertanyaan pembaca yang diubah menjadi sebuah judul yang menarik. Judul ini memiliki tujuan untuk menarik perhatian pembaca dan menunjukkan isi dari konten tersebut.
  1. IntroKalimat pembuka yang menjelaskan atau mendeskripsikan masalah dan juga memberi sekilas hint dari solusinya.
  1. 5W. Gunakan 5W untuk memberi solusi terhadap permasalahan yang dituju. Biasanya 5W mencakup who (siapa), what (apa), where (dimana), when (kapan), dan why (mengapa).
  1. Tujuan. Berikanlah contoh yang mendemonstrasikan inti dari pembahasan tersebut. Buatlah pembaca untuk menangkap apa permasalahan yang sedang dibuat dan solusi yang menjadi tujuan dari konten tersebut.
  1. Kesimpulan. Simpulkanlah permasalahan dan solusi atau hasil dari pembahasan yang telah dituliskan sebelumnya. Kesimpulan dapat berupa paragraf atau poin-poin singkat.
  1. Langkah Selanjutnya. Berikan pembaca sekilas mengenai apa yang dapat mereka lakukan selanjutnya. Bagaimana mereka dapat memanfaatkan isi dari bacaan tersebut untuk kepentingannya.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?]

 

Contoh Penggunaan Struktur Sederhana

Untuk memudahkan Anda membayangkan penggunaannya, berikut adalah contoh dari penggunaan struktur sederhana yang telah dijelaskan sebelumnya:

  1. Headline: Bagaimana Membuat Konten Tulisan yang Baik Meski Anda Bukan Penulis Andal.
  2. Intro: Banyak blogger pemula yang mengira bahwa membuat blog membutuhkan kemampuan dan keterampilan dalam menulis, namun mereka tidak memiliki keterampilan tersebut. Lalu bagaimana membuat konten menarik bagi pemula?
  3. 5W: (berikan poin-poin mengenai 5W berikut penjelasan singkatnya).
  4. Tujuan: (menjabarkan panduan mengenai bagaimana membuat konten yang baik meski Anda bukan penulis yang andal).
  5. Kesimpulan: Anda dapat membuat konten yang menarik dengan menggunakan struktur sederhana yang akan membantu Anda menulis poin-poin penting yang dibutuhkan dalam sebuah konten atau artikel.
  6. Langkah Selanjutnya: Dengan menggunakan panduan berikut, Anda dapat memulai membuat konten yang terstruktur dan menarik untuk dibaca. (Anda dapat memberikan template struktur sederhana yang dapat disalin).

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan) 02 - Finansialku

 [Baca Juga:  5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Bagaimana Cara Untuk Memanfaatkan Struktur Sederhana dalam Menulis

Setelah Anda mengetahui struktur sederhana sebagai panduan dalam menulis, yang menjadi pertanyaan adalah apa yang akan Anda tulis? Jawabannya sederhana. Anda hanya perlu mencari pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pembaca dan menjadikannya isi dari konten terbaru Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan gambar atau video yang sesuai dengan isi dari konten tersebut. Selain menambah konten Anda semakin menarik, ingatlah bahwa gambar atau video bernilai lebih dari ribuan kata.

 

Menjadi Penulis Andal itu Mudah

Mungkin Anda akan merasa kesulitan pada awalnya, namun lama-lama Anda akan menemukan celahnya dan menulis konten yang baik akan menjadi mudah. Semakin banyak latihan yang dilakukan, maka konten yang Anda buat akan semakin menarik dan semakin sesuai dengan apa yang pembaca inginkan.

Menulis bukan berarti menceritakan sesuatu hingga ribuan kata, namun bagaimana menjalin komunikasi dengan pembaca secara singkat namun padat.

 

Apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk membuat konten menarik? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Constant Contact. A Beginner’s Guide to Small Business Blogging. Constantcontact.com

 

Sumber Gambar:

  • Man Using Laptop – https://goo.gl/kiXmrt
  • Working Overtime – https://goo.gl/Gq7eu3

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang