Tak hanya di Indonesia, seluruh orang di berbagai belahan dunia ingin mengetahui strategi investasi cryptocurrency. Kenapa semua orang ingin berinvestasi cryptocurrency?

Banyak investor menanamkan modalnya ke mata uang digital ini pasca kenaikan nilai Bitcoin yang begitu fantastis selama beberapa tahun terakhir.

Dalam jangka panjang, tak heran jika tren harga Bitcoin terus merangkak naik. Sebab Jepang telah membuat peraturan yang menguntungkan bagi para pengguna Bitcoin.

Bahkan perusahaan ritel di Jepang sudah menerima pembayaran dengan Bitcoin.

Tak sampai di situ, firma investasi global asal New York, Goldman Sachs juga sedang mempertimbangkan memulai perdagangan baru yang fokus pada mata uang digital.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Strategi Investasi Cryptocurrency

Kejayaan Bitcoin digambarkan sebagai peluang investasi terbesar sejak meledaknya investasi dot com, kripto, dan proyek blockchain mencapai valuasi yang tinggi secara bersamaan.

Bitcoin memang primadona. Saat ini, belum ada instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan sebesar mata uang kripto ini.

Namun, di tengah melambungnya nilai Bitcoin, terbesit kekhawatiran bahwa Bitcoin bubble dan akan segera meledak dalam krisis yang mengerikan.

Dikutip dari situs Kontan.co.id, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyebut bakal membuka peluang perdagangan mata uang digital atau Cryptocurrency Bitcoin di Indonesia.

Adanya perdagangan berjangka Bitcoin akan membantu perlindungan harga (hedging) dari orang yang melakukan transaksi di pasar fisik, karena kripto dinilai lebih independen dibanding bank sentral atau pemerintah manapun.

Biasanya, ada persyaratan hedging untuk investasi di negara-negara yang memiliki inflasi tinggi dan mata uangnya lemah. Sebaliknya, di mata uang digital tidak ada campur tangan otoritas.

Berinvestasi dalam dunia kripto tidak berarti Anda dapat meraih keuntungan yang instan dan menjadi orang kaya dadakan.

Ada beberapa hal yang perlu dipelajari seperti strategi dan pemahaman tentang kurva-kurva yang dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan.

Untuk Anda pemain baru dalam mata uang digital, ada lima strategi yang dapat Anda lakukan yaitu:

 

#1 Miliki Pemahaman Tentang Konsep Cryptocurrency

Dalam investasi penting sekali untuk mengetahui dan memahami secara utuh pengetahuan tentang cryptocurrency itu sendiri.

Anda perlu mengetahui istilah-istilah yang ada dalam cryptocurrency sebelum berinvestasi di bidang ini.

Bila Anda belum mengetahui teknik dasar dari cryptocurrency, Anda akan bingung sendiri ketika berinvestasi.

Anda juga harus mengetahui cara berbisnis, karena dalam cryptocurrency akan ada sebuah proses trading dan investasi. Anda perlu mempelajari ruang gerak cryptocurrency.

Bagaimana-Strategi-Investasi-Cryptocurrency-2-Finansialku

[Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Cryptocurrency (Mata Uang Digital)?]

 

Trader cryptocurrency kebanyakan merupakan orang-orang yang sudah lama mengenal sifat dan karakter cryptocurrency. Mereka telah memahami sistem trading cryptocurrency dengan baik.

Programmer dan orang-orang yang memahami tentang teknologi juga ikut dalam proses trading cryptocurrency, karena memang cryptocurrency merupakan bisnis yang sangat menguntungkan saat ini.

 

#2 Sering-sering Melihat Pasar Bursa

Dasar-dasar dalam trading cryptocurrency tentu harus Anda perhatikan.

Dalam meneliti suatu pasar, biasanya seorang trader akan mengacu pada analisis fundamental, sehingga dengan begitu Anda akan memahami informasi yang berkaitan dengan pasar. Hal ini dapat Anda lakukan dengan sering-sering melihat pasar bursa.

Pasar kripto memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi, pergerakan nilainya dapat terjadi dengan sangat cepat dan mengalahkan logika-logika trading yang selama ini diketahui.

Anda dapat melihat pada grafik di pasar bursa dan fokus pada grafik maka akan mendapat memahami naik turunnya harga secara mudah.

Yang terpenting, Anda harus memahami naik turunnya harga pada vendor tersebut. Karena naik turunnya harga adalah kunci dasar mencari keuntungan dari cryptocurrency.

Di mana Anda harus membeli koin saat harganya turun dan menjualnya lagi saat harganya naik.

Bagaimana-Strategi-Investasi-Cryptocurrency-3-Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: 3 Investasi yang Cocok untuk Pemula Tahun 2018, Apakah Bitcoin, Etherum dan Cryptocurrency Lainnya Termasuk?]

 

Terdapat beberapa faktor yang menentukan naik dan turunnya nilai suatu aset, misalnya para spekulator, perubahan permintaan pasar, penawaran dan manipulasi pasar yang dilakukan oleh para institusi-institusi besar.

Anda harus menghindari mengambil keputusan membeli suatu koin hanya dengan alasan bahwa koin tersebut adalah koin yang sedang populer dan memiliki nilai yang terus meningkat.

Lengkapilah diri Anda dengan pemahaman dari berbagai macam sumber dan teori-teori trading yang umum seperti Fibonacci, Relative Strength Index, MCD, Bolinger Band, dan sebagainya dalam menentukan langkah investasi Anda.

 

#3 Diversifikasi Koin

Para trader profesional biasanya akan membeli berbagai macam aset kripto dan membuat semacam portofolio yang berisi daftar aset mereka.

Diversifikasi seperti ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Misalnya ketika Anda merugi di koin A, maka Anda akan dengan cepat melakukan stop loss dan mencari keuntungan di aset koin B, dan sebagainya.

Alasan kedua adalah tindakan preventif, agar Anda dapat terhindar dari kerugian apabila mata uang tersebut kolaps.

Meskipun posisi beberapa mata uang saat ini sedang di “atas angin”, namun karena cenderung tidak stabil, maka perlu sekali diversifikasi koin.

Cryptocurrency Paling Top 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sifat Cryptocurrency: Sifat Transaksional dan Sifat Moneter]

 

Cryptocurrency sendiri merupakan komoditas yang sangat tidak terprediksi sehingga sangat berisiko.

Utamanya, apabila pihak regulator ke depannya tidak sportif terhadap eksistensi cryptocurrency di masyarakat.

Belilah minimal 2 mata uang kripto dan lakukan pengamatan sesering mungkin di dalam pasar bursa dan pilih mata uang yang paling Anda yakini akan mendatangkan keuntungan.

 

#4 Mulailah dengan Jumlah Kecil dan Lakukan Peningkatan Terukur

Lakukan trading dengan berkualitas, bukan karena kuantitas.

Anda dapat memulai terlebih dahulu dalam jumlah yang kecil yang sesuai dengan kantong Anda.

Sebaiknya uang yang Anda investasikan adalah uang dingin, artinya bukan uang yang Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Setiap cryptocurrency punya kelebihan masing-masing dari segi teknologinya. Tapi tetap pada dasarnya semua berdasarkan hukum permintaan dan penawaran.

Jika sudah terbiasa dengan kejadian-kejadian di pasar, mulailah meningkatkan sedikit demi sedikit modal Anda untuk membeli uang kripto dalam nilai yang lebih besar.

 

#5 Realokasi Investasimu

Trader mata uang kripto bisa mencari keuntungan dari selisih harga uang digital antar bursa (exchange) di berbagai negara.

Pasalnya harga uang digital di setiap bursa bisa berbeda-beda, transaksi antar bursa ini disebut sebagai arbitrage trading.

Anda juga harus selalu update akan berita dan kabar terbaru di pasar modal.

Karena terkadang produk-produk selain Bitcoin juga bisa naik harganya dengan adanya event besar yang dilakukan oleh koin atau upgrade yang dilakukan oleh salah satu mata uang digital.

Misalnya, XLM yang sebelumnya mengumumkan kerja sama dengan IBM, atau Ripple (XRP) yang menggandeng Amex bisa memiliki potensi kenaikan 20%-200%.

Dengan berbagai informasi dari grup chat yang Anda ikuti, juga dari para trading forecaster, akan ada suatu titik di mana Anda mendapat keyakinan bahwa suatu koin akan memiliki performa yang lebih baik daripada yang lain.

Di sanalah kesempatan Anda untuk berpindah-pindah dari satu mata uang ke mata uang kripto yang lain.

 

Sudah Siap untuk Mulai Berinvestasi Cryptocurrency?

Apakah setelah membaca 5 strategi di atas Anda tertarik untuk terjun ke dunia investasi cryptocurrency?

Namun sebelum Anda mulai, Anda juga perlu memahami risikonya. Perlu diingat bahwa ada risiko yang besar pada mata uang kripto.

Mata uang kripto mengandalkan sistem internet, tak ada bank sentral atau lembaga yang mengawasi dan bertanggung jawab pada nilainya. Juga tak ada cadangan devisa atau underlying asset yang secara objektif menentukan nilainya.

Artinya uang investor bisa hilang begitu saja, entah karena penipuan, kejahatan siber atau karena masalah pada komputer dari investor.

Untuk itu, Anda harus selalu melakukan segala sesuatu dengan perhitungan yang matang. Selain itu, Anda juga bisa bertanya ke komunitas trader cryptocurrency jika ada hal yang tidak Anda pahami.

Selamat memulai investasi cryptocurrency dan sukses selalu!

 

Apakah artikel ini membantu Anda memahami strategi-strategi investasi cryptocurrency? Apakah dengan artikel ini Anda tertarik menjadi seorang trader cryptocurrency? Silakan tuliskan pendapat dan pertanyaan Anda di kolom komentar bawah!

 

Sumber Referensi:

  • 16 Oktober 2017. Strategi Investasi Bitcoin Dan Cryptocurrency – Seri Belajar #5. Cryptolocho.com – https://goo.gl/CfKKn8
  • Dessy Rosalina. 11 Januari 2018. CEO Bitcoin.co.id: Wajar Bappebti legalkan bitcoin. Keuangan.kontan.co.id – https://goo.gl/8V21FM
  • Dwi Wahyudi. 05 November 2017. Strategi dan Tips Dalam Menjalankan CryptoCurrency. Cryptouniversity.co.id – https://goo.gl/sbMJzY
  • Tabloid Kontan Mingguan Edisi 04 Desember 2017 – 11 Desember 2017

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Investasi Cryptocurrency 1 – https://goo.gl/FV8U3T
  • Strategi Investasi Cryptocurrency 2 – https://goo.gl/ZZLKom
  • Strategi Investasi Cryptocurrency 3 – https://goo.gl/wKzw39

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang