Berikan Pinjaman US$300 Juta, Bank Dunia Akan Perkuat Reformasi Fiskal Indonesia

Bank Dunia memberikan pinjaman US$300 juta untuk memperkuat Reformasi Fiskal Indonesia. Simak selengkapnya!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Netralnews Logo

 

Bank Dunia Beri Pinjaman US$300 Juta (Rp4,05 Triliun)

Pinjaman sebesar US$300 juta (Rp4,05 triliun) untuk membantu meningkatkan kualitas belanja pemerintah Indonesia, termasuk untuk administrasi pendapatan dan kebijakan perpajakan (Fiskal). Pinjaman ini disetujui Dewan Direksi Eksekutif Bank Dunia pada awal November 2017 lalu.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A. Chaves mengungkapkan, dalam rangka melanjutkan kemajuan signifikan yang telah dicapai saat ini, Reformasi Fiskal perlu diteruskan agar Indonesia dapat memenuhi aspirasinya.

Berikan Pinjaman US$300 Juta, Bank Dunia Akan Perkuat Reformasi Fiskal Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Lihat Untung dan Rugi Pinjam Uang di Bank (Plus: Syarat Pinjaman Uang di Bank)]

 

Dengan merancang dan menerapkan kebijakan perpajakan dan belanja yang efektif secara langsung dan tidak langsung bakal meningkatkan taraf hidup keluarga miskin dan rentan.

Rodrigo dalam siaran pers, Jumat (17/11/2017) mengungkapkan:

“Dengan adanya sistem perpajakan yang lebih efisien dan adil akan memberikan sumberdaya lebih baik kepada pemerintah untuk menyediakan layanan penting seperti kesehatan, bantuan sosial, dan infrastruktur.”

 

Kesenjangan pendapatan yang ada saat ini disebabkan oleh tingkat kepatuhan yang rendah. Menurutnya Rodrigo, rasio pendapatan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia merupakan salah satu yang terendah di kawasan Asia Timur dan Pasifik.

Hal ini juga disebabkan secara sebagian oleh rancangan kebijakan pajak yang kurang optimal sehingga terbatasnya basis pajak dan sulitnya pengelolaan.

Hans Anand Bek, Ekonom Utama Bank Dunia, team leader untuk program Reformasi Fiskal Indonesia mengatakan, tanpa reformasi besar di aspek pendapatan, Indonesia akan tetap berada dalam peringkat rendah.

“Tanpa reformasi besar dalam pengumpulan pendapatan, seiring dengan terus berlanjutnya harga komoditas yang moderat, maka rasio pendapatan terhadap PDB Indonesia mungkin akan tetap berada pada tingkat yang rendah. Ini akan sangat membatasi ruang fiskal untuk pembelanjaan prioritas pembangunan.”

 

Pembuatan anggaran jangka menengah yang lebih banyak, proses pengadaan barang yang lebih dini, juga pemantauan belanja daerah akan mendukung efisiensi dan efektivitas belanja publik, termasuk untuk kesehatan, belanja modal infrastruktur, dan bantuan sosial.

Pembiayaan ini merupakan pinjaman kedua dari tiga rangkaian pinjaman untuk mendukung Reformasi Fiskal Indonesia.

Bank Indonesia Hentikan Layanan e-Money Milik Bukalapak Hingga Tokopedia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Negara Dengan Suku Bunga Terendah untuk Pinjaman dan Hipotek]

 

Pinjaman pertama mendukung reformasi yang mencakup alokasi yang lebih besar untuk program bantuan kesehatan dan bantuan sosial, juga mengurangi pengecualian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk beberapa barang konsumsi, dan telah membantu keluarga berpenghasilan rendah agar keluar dari kemiskinan.

Pinjaman Reformasi Kebijakan Pembangunan Kedua (Second Fiscal Reform Development Policy) mendukung reformasi pemerintah untuk memperbaiki pengumpulan pendapatan dengan memperluas basis pajak dan memperbaiki tingkat kepatuhan bagi pembayar pajak individu maupun perusahaan.

Pinjaman kebijakan pembangunan ini dibangun berlandaskan Reformasi Fiskal yang didukung oleh program Bank Dunia lainnya yang terkait dengan pengelolaan keuangan publik.

Pinjaman ini disiapkan di bawah kerja sama dengan Pemerintah Perancis melalui Agence Française de Développement.

Dukungan Bank Dunia bagi Reformasi Fiskal Indonesia merupakan komponen penting Kerangka Kemitraan Negara dari Grup Bank Dunia di Indonesia, yang memberi fokus pada prioritas pemerintah dengan dampak perubahan yang besar. 

 

Apakah Anda memiliki komentar dan pendapat? Silakan untuk share pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Reformasi Fiskal – https://goo.gl/k1gATM
  • Bank Dunia – https://goo.gl/QbaUfT

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-27T09:49:16+00:00 November 27th, 2017|Categories: Berita, Utang|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download