PT Bank Harda Internsional Tbk. atau Bank Harda diakuisisi perusahaan milik PT Mega Corpora usai beli 73,71% saham PT Hakimputra Perkasa.

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PT Bank Harda Internasional Tbk. (BBHI) Diakusisi

Pengusaha nasional Chairul Tanjung melalui PT Mega Corpora mengakuisisi PT Bank Harda Internasional Tbk. (BBHI).

Dalam akuisisi ini, pemegang saham BBHI yakni PT Hakimputra Perkasa menjual 3,08 miliar saham atau 73,71% saham ke PT Mega Corpora, perusahaan milik Chairul.

Kesepakatan perjanjian jual beli saham tersebut ditandatangani pada 16 Oktober 2020 lalu. Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI, disebutkan Mega Corpora akan menjadi pihak yang akan mengambil alih.

“Mendukung kebijakan perbankan di Indonesia dan akan mengembangkan perseroan untuk menjadi bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik dari segi operasional maupun permodalan,” sebut surat perjanjian antara kedua pihak, yang dipublikasi di BEI.

Bank Harda Diakuisisi Chairul Tanjung Lewat Mega Corpora 02

[Baca Juga: Heboh! Kasus Deposito Hangus Bank BCA Digugat Nasabah, Begini Kronologinya]

 

Untuk melancarkan aksi itu, pihak Bank Harda akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Setelah itu, pihaknya juga akan mengajukan izin pengambilalihan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengutip Medcom dari data RTI, harga saham Bank Harda hingga perdagangan sesi pertama Selasa (03/10) kemarin naik 34,55 persen atau 57 poin dari harga pembukaan menjadi Rp222 per saham.

Broker pembeli bersih saham BBHI terbanyak adalah PT Mega Capital Sekuritas (CD) dengan pembelian 9.734 lot senilai Rp 220 juta.

Sedangkan broker yang melakukan aksi jual bersih terbanyak adakah PT Mirae Asset Sekuritas (YP) yang melakukan jual bersih sebanyak 6.103 lot senilai Rp 134 juta.

Mengacu pada harga tersebut, kisaran nilai akuisisi saham yang akan dilakukan oleh Chairul Tanjung sebesar Rp683,76 miliar. Namun harga akuisisi itu mungkin saja didiskon dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Jika punya pertanyaan dan ingin cari teman diskusi perihal investasi atau saham, kamu bisa ikutan gabung dengan Komunitas Saham Finansialku.

Di dalam komunitas ini kamu akan banyak mendapatkan informasi-informasi eksklusif yang diberikan setiap hari seputar saham.

Bukan cuma itu, Komunitas Finansialku juga selalu menggelar Webinar Saham setiap bulannya.

Apa yang akan didapatkan oleh Sobat Finansialku ketika mengikuti webinar saham premium ini?

Mulai dari mengetahui nilai intrinsik saham yang diulas langsung oleh para ahli, rekomendasi saham di tengah pandemi, dan semua informasi eksklusif yang tidak akan didapatkan di webinar saham lainnya.

Dalam Komunitas Saham Finansialku, kamu juga akan diajak untuk bersama-sama berdiskusi perihal emiten bersama para ahli, untuk investasi jangka panjang yang ideal.

Yuk tunggu apa lagi? Join komunitasnya, ambil untungnya!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Sumber Referensi:

  • Houtmand P Saragih. 02 November 2020. Chairul Tanjung Caplok 73,7% Saham Bank Harda Internasional. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/34Scv9B
  • Annisa Ayu Artanti. 03 November 2020. CT Akuisisi 73,31% Saham Bank Harda Internasional. Medcom.id – https://bit.ly/2JDlzal
  • Redaksi. 03 November 2020. Chairul Tanjung Akuisisi 73 Persen Saham Bank Harda. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/38a9J1i
  • Tri Putra. 03 November 2020. Dicaplok Chairul Tanjung, Saham Bank Harda Tembus ARA!¬†https://bit.ly/34ScToz
  • Redaksi. 03 November 2020. Chairul Tanjung Kuasai 73,7% Saham Bank Harda Internasional. Finance.detik.com – https://bit.ly/2TQvHhD

 

Sumber Gambar:

  • Bank Harda – https://bit.ly/3oTZg0d