Pemerintah bakal berikan bantuan modal kerja untuk UMKM sebesar Rp 2,4 juta dalam waktu dekat.

Simak penjelasannya di artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pemerintah Beri Bantuan Modal Kerja Untuk UMKM

Pemerintah berencana untuk memberikan bantuan modal untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta dalam waktu dekat.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada pengusaha UMKM yang belum terhubung dengan akses perbankan.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan pinjaman sebesar Rp 2 juta dengan tenor 12 bulan dan suku bunga pinjaman 0% untuk UMKM.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan peluncuran program akan dilakukan secepat mungkin pada bulan ini atau tetap pada perayaan HUT Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020.

“Kita rencananya yang Rp2,4 juta ini dengan data yang ada yang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada Agustus ini, mungkin sesudah atau pada saat 17 Agustus nanti oleh Bapak Presiden atau menterinya,” katanya mengutip dari Bisnis, Rabu (12/08).

Dapat Modal UMKM Begini Langkah Jitu Memajukan Bisnis UMKM Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! Begini Syarat dan Cara Dapat Bantuan Rp 600 Ribu]

 

Lebih lanjut, masih dari laman yang sama, Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah saat ini tengah mengidentifikasi 9 juta pelaku usaha sangat kecil untuk diberikan bantuan produktif sebesar Rp 2,4 juta.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk UMKM telah mencapai Rp 32,5 triliun atau 26,4 persen dari alokasi sebesar Rp 123,46 triliun. Dia merincikan per 3 Agustus stimulus subsidi bunga sudah terealisasi sebesar Rp 1,3 triliun yang dinikmati oleh lebih dari 2,4 juta debitur.

Pemerintah pun terus menggelontrokan stimulus untuk untuk meringankan beban UMKM, serta untuk mendukung kelancaran cash flow dan menghindari adanya pemutusan pekerjaan.

Sejauh ini Sri Mulyani menyebut tantangan dalam meluncurkan program ini adalah masalah data. Untuk itu, saat ini pemerintah sedang membereskan data UMKM yang akan mendapat bantuan agar tepat sasaran.

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan besaran bantuan uang tunai ini akan diberikan secara bertahap.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan dalam waktu dekat ini pemerintah akan menyasar 1 juta UMKM terlebih dahulu, hingga semua pelaku UMKM yang terdaftar bisa mendapatkannya.

“Bantuan akan diberikan secara bertahap, mulai dari menyasar 1 juta UMKM hingga akhirnya diterima oleh 12 juta UMKM. Kami harapkan dana ini bisa digunakan bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari tapi bisa digunakan untuk modal berusaha,” terangnya mengutip dari Kompas.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Maria Elena. 11 Agustus 2020. Bantuan Kredit Modal Kerja UMKM Rp2,4 Juta Cair Bulan Ini. Bisnis.com – https://bit.ly/3fPu7oX
  • Maria Elena. 11 Agustus 2020. Segera Meluncur, Ini Kriteria UMKM yang Dapat Bantuan Modal Kerja Rp2,4 juta. Bisnis.com – https://bit.ly/2FhGD3V
  • Elsa Catriana. 11 Agustus 2020. Ini Syarat Pelaku UMKM Bisa Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta dari Pemerintah. Kompas.com – https://bit.ly/3iyjUyG
  • Herdi Alif Alhikam. 12 Agustus 2020. Begini Kabar Bantuan Modal Rp 2,4 Juta Buat UMKM. Finance.detik.com – https://bit.ly/3kExTEW
  • Amy Happy Setyawan. 11 Agustus 2020. Pemerintah Bakal Berikan Bantuan Modal Kerja untuk Ibu Rumah Tangga Sebesar Rp 2 Juta per Debitur. Tribunnewswiki.com – https://bit.ly/3ai2C6j