Dunia fashion Indonesia berduka, fashion desainer ternama, Barli Asmara meninggal dunia Kamis (27/8) kemarin.

Mengenang sosok Barli Asmara melalui artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Desainer Berbakat, Barli Asmara Meninggal Dunia

Tanah air kehilangan sosok fashion desainer berbakat, Barli Asmara yang meninggal dunia pada Kamis (27/09) lalu.

Selama lima belas tahun lebih Barli Asmara mendedikasikan dirinya sebagai perancang busana. Barli tumbuh-besar di keluarga yang mencintai dunia fashion. Tak heran jika dirinya melanjutkan tradisi tersebut.

Untuk mengenang kepergiannya berikut adalah dedikasi Barli Asmara semasa hidupnya, melansir dari beberapa sumber;

Desainer Berbakat Indonesia, Barli Asmara Meninggal Dunia 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Ralph Lauren, Pendiri Merek Fashion Ralph Lauren]

 

#1 Punya Empat Label

Lahir di Bandung, Barli mendirikan label pertamanya, bernama ‘Barli Asmara’, pada awal 2000-an.

Kini pria yang khas dengan gaya berkacamata ini sudah memiliki empat label. Selain Barli Asmara, ada B by Barli Asmara, Sui, dan Pelangi Asmara, brand hasil kolaborasi dengan Dian Pelangi.

Sebagai desainer Barli punya gayanya sendiri yang kerap menunjukkan desain modern, edgy serta sarat detail. Namun tetap mengetengahkan simplisitas pada siluet rancangannya.

 

#2 Merengkuh Banyak Penghargaan

Nama Barli Asmara baru melejit di industri fashion pada tahun 2008. Kala itu, dia jadi salah satu desainer yang tampil di Dewi Fashion Knights di Jakarta Fashion Week (JFW).

Meski begitu, kesuksesan yang diperolehnya semasa hidup tidak didapat secara instan. Dalam beberapa wawancara, Barli mengaku sempat menjadi pesuruh di rumah batik.

Semua itu dilakukannya agar bisa mewujudkan cita-cita menjadi seorang desainer. Selain jadi pesuruh di rumah batik, Barli juga memulai kariernya dari show pentas seni remaja.

Desainer Berbakat Indonesia, Barli Asmara Meninggal Dunia 03

[Baca Juga: Ikuti Jejak 3 Pengusaha Batik Ini]

 

Demi mengejar cita-cita, ia memulai karier dengan modal hanya Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Ia bekerja sama dengan sebuah butik milik teman sekolahnya saat itu.

Barli juga menyewa rumah petakan untuk mengawali karier dalam membuat label busananya sendiri.

Dari jatuh-bangunnya Barli Asmara telah menerima sejumlah penghargaan di antaranya; Young Talented Designer, Best Mentor, Fashion Designer of the Year.

Dirinya juga beberapa kali terpilih sebagai Dewi Fashion Knights di ajang fashion terbesar Tanah Air, Jakarta Fashion Week.

 

#3 Merilis Buku Biografi

Di tahun 2016, bersama dengan brand Wardah, Barli Asmara meluncurkan sebuah buku biografi. Buku tersebut diberi judul ‘Lima Belas Warsa Barli Asmara, di Antara Gemerlap Ornamentasi’.

Buku itu menjadi suatu kebanggaan sekaligus bentuk syukur atas apa yang didapatkan Barli selama ini.

Dalam buku tersebut, Barli mengisahkan lika-likunya di dunia fashion selama 15 tahun terakhir. Barli berusaha menunjukkan bahwa kesuksesannya didapat dengan cara yang tak gampang.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Tiga Karya Barli Asmara

Selayaknya fashion desainer, Barli Asmara telah menelurkan ragam karya. Ada yang mengusung budaya Indonesia, ada juga yang terinspirasi dari sebuah bunga.

Berikut ini beberapa koleksi karya Barli Asmara yang dikutip langsung dari website resmi Barli Asmara:

 

#1 Karya Barli Asmara, Jambi for Kain Negeriku

Jambi for Kain Negeriku dibuat berdasarkan kecintaan Barli terhadap budaya Indonesia. Koleksi ini menggunakan warna-warna unik yang tidak familiar untuk batik Jambi seperti warna hitam, putih, dan biru.

Barli menciptakan busana modern dan edgy untuk wanita modern Indonesia. Koleksi ini dihadirkan di Plaza Indonesia Fashion Week 2017.

 

#2 Karya Bali Asmara, Orchid Fervor

Berkolaborasi dengan Wardah YOUniverse Celebrations of Colours serta 7 desainer lainnya, Barli Asmara menciptakan koleksi yang terinspirasi dari bunga Anggrek.

Warna yang digunakan oleh Barli Asmara pada koleksi ini adalah warna yang jadi identitas sendiri dari Barli Asmara, yaitu hitam dan putih. Orchid Fervor ini ditampilkan dalam acara Indonesia Fashion Week 2017.

 

#3 Karya Bali Asmara, Glow of Parai

Glow of Parai adalah koleksi yang merupakan bagian dari Versailles Garden. Koleksi ini dihadirkan di Indonesia Fashion Week 2016.

Menggunakan warna nude, shimmer gold, dan rose gold, Barli menciptakan koleksi cantik yang tidak hanya menampilkan sisi feminin wanita, tetapi juga sisi dinamis yang menjadikan wanita modern dan stylish.

 

Selamat jalan, Barli Asmara, istirahatlah dengan tenang!

 

 

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 27 Agustus 2020. Profil Barli Asmara, Desainer Kondang yang Meninggal di Usia 42 Tahun. Kumparan.com – https://bit.ly/2D7kLaL
  • Redaksi. 27 Agustus 2020. Profil Barli Asmara, Desainer Berbakat Indonesia yang Meninggal di Usia 42. Wolipop.detik.com – https://bit.ly/3b1mZ86
  • Raka Lestari. 27 Agustus 2020. 5 Karya Terbaik Barli Asmara dalam Industri Fashion. Medcom.id – https://bit.ly/2G56Djo

 

Sumber Gambar:

  • Barli Asmara 01 – https://bit.ly/2QtxDee
  • Barli Asmara 02 – https://bit.ly/3b2XOBS
  • Barli Asmara 03 – https://bit.ly/3gDnPJa