Fasilitasi Work From Home demi tekan penyebaran COVID-19, beberapa bank naikkan batas transfer dan gratiskan biaya admin top-up gopay!

Bank apa saja? Ketahui selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Daftar Bank yang Naikkan Batas Transfer

Beberapa bank di Indonesia memutuskan untuk menaikkan batas transfer online untuk nasabahnya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung gerakan work from home dan physical distancing untuk tekan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Adapun beberapa bank di Indonesia yang resmi naikkan batas transfer, melansir beberapa sumber, di antaranya adalah:

 

#1 BRI

Sejak masifnya penyebaran COVID-19 di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., melansir laman cnbcindonesia.com mencatat adanya kenaikan transaksi e-banking yang signifikan.

Cara Aman Menggunakan Internet Banking 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Lima Kabar Baik Virus Corona di Indonesia Hari Ini]

 

Oleh karena itu, untuk mendukung gerakan physical distancing, pihaknya memutuskan untuk menaikkan batas transfer harian dari berbagai media yang disesuaikan dengan jenis kartu yang dimiliki nasabah.

Yang pertama, untuk transaksi pembelian di e-commerce melalui Debit Online, Direct Debit, dan Electronic Data Capture (EDC).

Nasabah yang melakukan transaksi dari tiga channel itu, diberi batas transfer terbaru senilai Rp 50 juta sampai Rp 200 juta, yang mulanya adalah Rp 10 juta sampai Rp 100 juta.

Sementara itu, untuk nasabah yang melakukan transfer ke sesama nasabah BRI melalui m-banking dinaikkan batas transfernya menjadi Rp 50 juta sampai Rp 200 juta, yang mulainya adalah Rp 1 juta sampai Rp 50 juta.

Adapun untuk nasabah yang melakukan transfer antar bank melalui m-banking, batas transfer harian dinaikkan menjadi Rp 10 juta sampai Rp 25 juta, yang mulanya adalah Rp 1 juta sampai Rp 25 juta.

Kemudian untuk nasabah yang melakukan transfer ke sesama BRI melalui internet banking atau BRImo, batas transfer terbarunya adalah Rp 100 juta sampai Rp 500 juta per hari.

Tidak berhenti di situ, Bank BRI juga memberikan promosi dan program menarik lainnya yang bisa dinikmati nasabah yang beraktivitas di rumah.

Bank BRI memberikan potongan harga hingga 50% untuk nasabah yang bertransaksi di Tokopedia, Shopee, Sayurbox, Bukalapak, Blibli, Ruang Guru, Alfacart, hingga Lazada.

Perbandingan Pinjam Uang Antara Peer to Peer Lending vs Pinjaman Bank 1 Finansialku

[Baca Juga: Sial! Satu Startup Bangkrut Gara-gara COVID-19]

 

Selain itu, Bank BRI juga memberikan cashback untuk transaksi di Halodoc dan memberikan gratis pulsa untuk nasabah yang isi ulang lewat BRImo.

“Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari peran serta BRI ikut mengkampanyekan #dirumahaja dan #physical distancing. Perseroan terus berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Kami juga terus menghimbau masyarakat untuk bertransaksi nontunai melalui channel layanan yang kami sediakan.” Kata Handayani, Direktur Konsumen Bank BRI.

Untuk diketahui, program ini, berlaku mulai 30 Maret hingga 31 Mei 2020.

 

#2 BCA

Menyusul Bank BRI, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga turut menaikkan batas transfer harian untuk nasabahnya.

Bagi nasabah yang melakukan transfer melalui KlikBCA Individu, batas transfer dinaikkan menjadi Rp 250 juta per hari, yang semula Rp100 juta.

Batas transfer ini berlaku untuk satu nasabah per User-ID untuk transfer ke sesama BCA dan ke rekening lain di dalam negeri.

“Kami Harap, penambahan limit transfer di KlikBCA individu ini bisa memberi nilai tambah ke nasabah dalam bertransaksi finansial.” Kata Hera F Haryn, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA.

Untuk diingat, kebijakan baru ini berlaku dari 27 Maret hingga 31 Mei 2020 mendatang.

 

#3 Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga berpartisipasi dalam mendukung masyarakat untuk melakukan karantina mandiri, #dirumahaja.

Batas transfer harian yang dinaikkan ini, untuk nasabah yang melakukan transfer melalui mandiri online baik pada sesama Mandiri maupun ke bank lain.

Melansir laman republika.co.id, batas transfer untuk transfer ke sesama rekening mandiri, dinaikkan menjadi Rp 200 juta yang mulanya adalah Rp 100 juta.

Sementara untuk transfer online ke rekening bank lain, batas transfer menjadi Rp 200 juta dengan batas per transaksi sebesar Rp 50 juta.

Apa Itu Mobile Banking Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: COVID-19, Ketahui Prosedur Bebas Cicilan Kredit Dari Jokowi!]

 

Selain itu, Bank Mandiri juga turut menaikkan batas transaksi untuk nasabah korporasi yang bertransaksi melalui Mandiri Internet Bisnis (MIB).

Untuk nasabah korporasi yang melakukan transfer ke Bank lain secara online, batas transfer dinaikkan menjadi Rp 200 juta yang mulanya adalah Rp 100 juta.

Sementara untuk SKN, batas transfer mencapai Rp1 miliar, dan pembayaran tagihan hingga Rp 200 juta.

Adapun nasabah Mandiri Cash Management (MCM), diberikan keleluasaan untuk menentukan batas transaksi sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Nasabah bisa menikmati fasilitas ini dengan mengakses fitur ‘Menyetel Batas’ di aplikasi MCM.

 

Selain Batas Transfer Naik, GoPay Kerjasama Dengan Bank di Indonesia untuk Gratiskan Biaya Isi Ulang Saldo

Bukan hanya itu, untuk ‘menahan’ nasabahnya agar tetap berada di rumah, salah satu perusahaan e-wallet di Indonesia, GoPay juga ikut menggratiskan biaya admin isi ulang yang semula dibebankan kepada pengguna.

Hal ini dikatakan langsung oleh Budi Gandasoebrata selaku Managing Director GoPay Indonesia.

Dia menyatakan kalau penggratisan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kolektif masyarakat untuk mengatasi pandemi COVID-19.

“Sebagai uang elektronik dengan pengguna terbanyak di Indonesia, kami harap bisa terus bantu masyarakat merasa aman dan nyaman bertransaksi di rumah saja dengan GoPay.” Katanya dikutip dari keterangan resmi GoPay, melalui laman katadata.co.id.

Dalam promosi ini, GoPay berhasil menggaet beberapa bank, di antaranya adalah Bank mandiri, BRI, BNI BCA, CIMB Niaga, Bank Permata, Pegadaian, dan ATM Bersama.

Selain itu, GoPay juga berhasil menggaet Bank Danamon, BRI Syariah, Bank Panin, OCBC NISP, Bank Sinarmas, Maybank, Bank Bukopin, dan Bank BJB.

kemudian Bank DBS, Bank Mega, Bank mayapada, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank UOBI, Bank Shinhan Indonesia, Bank DKI, dan BPD DIY.

Sistem bebas biaya admin ini akan berbentuk cashback Rp 1.000 dan Rp 2.000 langsung ke ‘dompet’ GoPay nasabah setiap kali lakukan isi ulang.

Sebelumnya, pengguna e-wallet ini dibebankan biaya administrasi setiap kali melakukan isi ulang melalui mobile banking.

Untuk satu jaringan bank, pengguna dikenakan biaya Rp 1.000 dengan minimal isi ulang Rp 10.000.

Sementara nasabah yang melakukan isi ulang saldo melalui mobile banking jaringan ATM Bersama, dikenakan biaya Rp 5.000 hingga Rp 7.500 dengan minimal isi ulang Rp 20.000.

Bebas biaya admin ini diketahui berlaku mulai 30 Maret hingga 31 Mei 2020.

 

Banyak fasilitas dan dukungan yang kita dapatkan dari beberapa aspek pendukung kegiatan kita di rumah.

Oleh karena itu, Finansialku ingin mengajak Sobat Finansialku untuk sedikit lagi bertahan, menghentikan aktivitas di luar rumah. Kita sama-sama melawan COVID-19 supaya cepat menghilang dari Indonesia.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai informasi di atas? Sampaikan pada kami melalui kolom komentar di bawah, ya!

Selain itu, jangan lupa untuk bantu kami untuk sebarkan informasi ini sebanyak-banyaknya, melalui pilihan platform yang tersedia di bawah, ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Arif Budiansyah. 02 April 2020. Bank Berlomba-lomba Naikkan Batas Transfer e-Channel. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2wZzDoj
  • Idealisa Masyrafina. 30 Maret 2020. #dirumahaja, Bank Mandiri Naikkan Batas Transfer Harian. Republika.co.id – https://bit.ly/2R7TnNq
  • Admin.31 Maret 2020. Hingga Rp500 Juta, BRI Maksimalkan Limit Transaksi & Transfer. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3aEleNd
  • Admin. 01 April 2020. Bank Ramai-Ramai Bebaskan Biaya Top Up Gopay di Tengah Corona. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3bYqo71
  • Angga Sukmawijaya. 01 April 2020. Dukung Transaksi Online Saat Corona, GoPay Gratiskan Biaya Top Up. Kumparan.com – https://bit.ly/2UV1MoJ

 

Sumber Gambar:

  • Transfer Bank – https://bit.ly/2UEMi9y