Jangan putus asa, ada lima kabar baik virus corona di Indonesia yang berikan kamu harapan hari ini. Yuk tetap semangat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Kabar Baik Virus Corona di Indonesia!

Kita semua tahu penyebaran virus corona di Indonesia kian meningkat, per Senin tanggal 30 Maret kemarin saja angka positif mendekati 1500 orang dengan kematian 122 orang.

Angka tersebut memang mengkhawatirkan kita semua, di berbagai surat kabar masih tersiar bahwa para dokter dan tim medis kekurangan Alat Pelindung Diri (APD).

Meski begitu, kita tak mesti buta hati akan perkembangan baik yang sedang terjadi di Indonesia ini.

Untuk diketahui, berbagai elemen masyarakat kita sedang bergerak demi melawan penyebaran virus corona.

Pelanggan ojek online tak jarang memberi makanan yang telah dipesannya untuk membantu sopir yang kehilangan pendapatan sejak adanya virus corona.

Beredar kabar juga salah satu perusahaan yang tersohor produksi pakaian di Indonesia, PT Sritek mengalihfungsikan untuk membuat Alat Pelindung Diri untuk membantu dokter dan tenaga medis di garda depan

Ada Lima Kabar Baik Covid-19 di Indonesia Hari Ini 02

[Baca Juga: Hindari COVID-19, Ini Daftar Daerah yang Karantina Wilayah]

 

Tak hanya itu, Sobat Finansialku, kami akan menguraikan apa saja kabar baik yang terjadi hari-hari ini, berikut penjelasannya:

 

#1 Banyak Pasien Positif Sembuh

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Senin (30/03) memastikan 10 orang di Depok sembuh dari virus corona.

Dia mengatakan, 10 orang tersebut merupakan bagian dari 37 orang yang saat ini tengah diisolasi lantaran terpapar Covid-19.

Selain Pulau Jawa, di Sumatera Barat juga diberitakan ada Pasien Dalam Pengawasan yang negatif dan diperbolekan pulang. Dari 49 orang Pasien Dalam Pengawasan 32 diantaranya negatif.

 

#2 Jutaan Masker akan Tersedia Kembali

Kabar baik yang kedua adalah jaminan mendapatkan jutaan masker bagi masyarakat, khususnya tenaga medis.

Untuk persiapan masker yang diperuntukkan untuk umum, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga telah mempersiapkan dengan jumlah dua juta lembar.

Masker ini nantinya akan didistribusikan salah satunya melalui gerai PT Kimia Farma dan nantinya pembelian masker dibatasi untuk umum guna meminimalisasi penimbun masker.

 

#3 Hampir 28.000 Orang Daftar Jadi Relawan Covid-19

27.763 relawan mendaftarkan diri untuk turut membantu dari segi medis maupun non medis.

Jumlah total data tersebut dibeberkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (30/03).

Para relawan akan diberikan tugas saat ada permintaan dari rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat yang ada di seluruh indonesia.

 

#4 Tersedia Drive Thru Tes Covid-19

Ini kabar baik yang diharap-harap oleh masyarakat luas. Pemerintah Jawa Barat sudah melakukan rapid test secara masal via Drive Thru.

Metode ini meniru cara Korea Selatan untuk menangani penyebaran virus corona.

Nantinya hal ini akan diterapkan di daerah yang paling parah terpapar virus corona di Indonesia khususnya di Jakarta.

Ada Lima Kabar Baik Covid-19 di Indonesia Hari Ini 03

[Baca Juga: Rapid Test: Metode Baru Deteksi Virus Corona dengan Akurat?]

 

Diketahui sebelumnya, Jakarta merupakan daerah dengan kasus tertinggi positif virus corona di Indonesia.

Selain itu wilayah Jakarta, Pemerintah Indonesia juga menyatakan bahwa telah merencanakan drive-thru tes virus corona di sejumlah daerah.

 

#5 Polusi Jakarta Membaik

Sudah dua pekan perusahaan-perusahaan Jakarta, meski tak seluruh, memberlakukan kebijakan kerja di rumah. Jalanan lenggang dan denyut kota menjadi sehat dan udara membaik.

Melansir dari Kumparan.com, Jakarta berada di posisi ke-30 kota dengan polusi udara terburuk.

Nilai air quality index (AQI) atau tingkat keparahan kualitas udara di Jakarta pada hari ini adalah 73. Semakin tinggi nilainya, maka semakin tinggi tingkat polusi udara di wilayah tersebut. Sementara suhu udara 28 derajat celcius.

Nilai AQI Jakarta pagi Selasa (30/03) ini menunjukkan bahwa kondisi udara di Jakarta berada di level sedang atau moderate. Padahal, jika di hari-hari biasa, tak jarang Jakarta menempati posisi teratas.

Sobat Finansialku, belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka bersama Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Berapa jumlahnya, kami sangat berterima kasih atas kebaikan dan kepedulian Anda. Semoga, donasi ini akan memberikan senyuman mereka kembali dalam menjalankan hidup!

 

Bagaimana Sobat Finansialku tentang artikel di atas, Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya, dan juga jaga selalu kesehatan!

 

Sumber Referensi:

  • Amir Faisol. 30 Maret 2020. BERITA BAIK, 10 dari 37 Pasien Positif Virus Corona di Depok Sembuh. Pikiran Rakyat – https://bit.ly/2wHzAxA
  • Novia Harlina. 31 Maret 2020. Kabar Baik dari Sumbar, 32 PDP Corona Covid-19 Dinyatakan Negatif. Liputan6.com – https://bit.ly/2wHzKoG
  • Indah Gilang Pusparani. 31 Maret 2020. Hampir 28.000 Orang Mendaftar Jadi Relawan untuk Tangani Covid-19. Good News From Indonesia – https://bit.ly/2UN1n7H
  • Nabilla Fatiara. 31 Maret 2020. Kebijakan Work From Home dan #dirumahaja, Kualitas Udara di Jakarta Membaik. Kumparan.com – https://bit.ly/3bEFvSS
  • Addi M Idhom. 30 Maret 2020. Update Corona 30 Maret 2020: Data di Indonesia, 31 Provinsi & Dunia. Tirto.id – https://bit.ly/2JrgDSr

 

Sumber Gambar:

  • Kabar Baik 01 – https://bit.ly/39wmws9
  • Kabar Baik 02 – https://bit.ly/2WZ1UpU
  • Kabar Baik 03 – https://bit.ly/3dCq8Mm