Beberapa daerah di Indonesia ini lakukan karantina wilayah untuk kurangi persebaran COVID-19. Kota mana saja?

Informasi selengkapnya dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Daftar Daerah di Indonesia yang Karantina Wilayah Karena COVID-19

COVID-19 makin liar mewabahi Tanah Air. Per Minggu (29/03) pukul 15:32 kemarin diketahui jumlah pasien yang positif terpapar mencapai 1.285 orang.

Sementara itu, jumlah pasien yang meninggal mencapai 114 orang, dan pasien sembuh mencapai 64 orang, sebagaimana dilansir dari laman resmi info COVID-19, covid19.go.id.

Karena hal ini pula, beberapa daerah di Indonesia akhirnya memilih untuk melakukan karantina wilayah untuk menekan jumlah korban terpapar.

Mulai dari Papua hingga Tegal, ini daftar sejumlah daerah di Indonesia yang lakukan karantina wilayah:

 

#1 Papua

Selasa (24/03), Pemerintah Provinsi Papua memutuskan untuk melakukan karantina wilayah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Provinsi Papua.

Hal ini disampaikan melalui keterangan tertulis, melansir laman tempo.co, Sabtu (28/03).

Dikatakan bahwa Pemprov Papua akan membatasi pergerakan penduduk secara tegas dan konkret.

Oleh karena itu, Lukas Enembe, Gubernur Papua meminta warganya untuk tinggal di rumah dan menerapkan physical distancing.

Surat Dari Italia Soal COVID-19_ Jadi Orang Jangan Keras Kepala! 03

[Baca Juga: COVID-19, Ketahui Prosedur Bebas Cicilan Kredit dari Jokowi]

 

Bahkan, Pemerintah Provinsi Papua juga sudah menutup semua bandara, pelabuhan, dan pos lintas batas darat.

Selain itu, Pemprov Papua juga akan membatasi akses WNA yang akan masuk ke Papua.

Pernyataan ini juga diperkuat oleh dr. Siliwanus Sumule selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua.

Dia mengatakan pada laman tempo.co, orang yang datang ke Papua akan mati karena keterbatasan sumber daya di Papua, mulai dari dokter hingga alat di Rumah Sakit.

“Maaf, bahasa saya terlalu (eksplisit). Ngurusin kami punya warga saja, rumah sakit kami enggak mampu, apalagi Anda datang ke sini. Percaya, deh. Kami enggak mampu.” Katanya, dikutip laman yang sama.

 

#2 Tegal

Setelah menemukan salah satu warganya yang positif terpapar COVID-19, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono langsung memutuskan untuk karantina wilayah total sejak hari ini, Senin (30/03).

“Diharapkan masyarakat memahami. Saya pribadi dilematis, bahkan kalau saya harus bisa memilih, lebih baik saya dibenci, daripada maut menjemput mereka.” Katanya, dikutip laman cnnindonesia.com, Jumat (27/03).

Karantina wilayah total ini rencananya akan dilakukan selama empat bulan sejak dimulai hari ini.

Dalam prosesnya, beberapa akses masuk ke kota Tegal dikatakan akan ditutup, kecuali jalan provinsi dan jalan nasional.

 

#3 Solo

Menyusul satu pasien positif terpapar COVID-19 yang meninggal dunia di RSUD dr. Moewardi pada Rabu, (11/03), akhirnya berdasarkan rapat koordinasi yang sudah dilakukan pada Jumat (13/03) lalu, FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo memutuskan untuk menerapkan karantina wilayah sebagian.

Hal pertama yang dilakukannya adalah dengan mengumumkan kalau status COVID-19 di Kota Solo adalah Kejadian Luar Biasa (KLB).

Selanjutnya, Hadi juga mulai meliburkan sekolah selama 14 hari dan menunda acara yang melibatkan banyak orang, membatalkan acara car free day, hingga menutup tempat wisata.

Kebijakan ini dikatakannya bisa diperpanjang, menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan situasi di Kota Solo.

“Mau dikatakan lockdown boleh kalau saya melakukan juga salah, tidak juga saya salah. Mending saya disalahkan orang waras daripada orang sakit.” Katanya, mengutip laman solopos.com melalui cnnindonesia.com.

 

#4 Bengkulu

Daerah selanjutnya adalah Bengkulu. Wali Kota Bengkulu meminta langsung pada Gubernur Bengkulu untuk melakukan karantina wilayah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Melalui surat yang dikirimnya langsung, Helmi Hasan, selaku Wali Kota Bengkulu, meminta sang Gubernur untuk menutup semua akses masuk ke Prov. Bengkulu baik darat maupun udara.

“Ini bukan menunggu virus masuk, jika sudah masuk sudah tidak ada gunanya lagi.” Katanya, mengutip laman tempo.co, Sabtu (28/03).

 

#5 Maluku

Setelah pada Minggu (22/03), seorang warga Bekasi yang ditemukan positif terpapar COVID-19 di Maluku, Gubernur Maluku, memutuskan untuk lakukan karantina wilayah.

Dalam SK Gubernur No. 148 Tahun 2020 tentang Penetapan Status Darurat Bencana Non Alam Virus Corona (COVID-19), karantina wilayah diketahui akan dilakukan selama 14 hari.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengatakan kalau Maluku akan melakukan penutupan sementara jalur transportasi laut dan udara.

Meski melakukan karantina wilayah, dia mengatakan kalau stok kebutuhan pokok selama lima bulan ke depan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.

 

#6 Bali

Melalui surat imbauan Nomor 45/satgascovid19/iii/2020 yang dikeluarkan pada 23 Maret 2020 lalu, I Wayan Koster selaku Gubernur Bali memutuskan untuk melakukan karantina wilayah.

Opsi ini dilakukan setelah meningkatnya kasus penularan COVID-19 di Pulau Dewata yang semakin meningkat.

Mengutip laman cnnindonesia.com, karantina wilayah ini dilakukan dengan cara pemblokiran jalur akses ke beberapa kota tetangga, seperti Denpasar.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#7 Provinsi Sumatera Barat

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga resmi memberlakukan karantina wilayah, sebagaimana dikutip laman suara.com, (29/03).

“Melalui karantina lokal ini, yang dilarang masuk ke Sumbar hanya orangnya saja. Khusus bagi angkutan barang boleh lewat, dengan catatan sopirnya harus diperiksa kesehatan dan memiliki surat keterangan sehat. Jika ada angkutan yang membawa barang, sopirnya harus ada kartu kesehatan, agar boleh lewat.” Kata Nasrul Abit selaku Wakil Gubernur Sumbar, sebagaimana dikutip laman klipositif.com melalui Suara.com, Sabtu (28/03).

 

#8 Tasikmalaya

Menindaklanjuti ditemukannya 5 pasien positif terpapar COVID-19 di Tasikmalaya, Budi Budiman, Wali Kota Tasikmalaya akhirnya putuskan untuk karantina wilayah.

Hal yang dilakukan adalah larangan angkutan umum atau sarana transportasi lainnya yang masuk ke wilayah Tasikmalaya.

“Perintah itu terhitung mulai 29 Maret pukul 00.00 WIB. Ini bagian dari upaya menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Tasikmalaya.” Kata Budi, mengutip laman ayotasik.com, melalui Suara.com, Sabtu (28/03).

 

#9 Tolitoli

Saleh Bantilan, Bupati Tolitoli, mengumumkan akan dilakukan karantina wilayah di Provinsi Tolitoli.

Dia mendeklarasikan akan menutup akses keluar masuk daerah Tolitoli baik melalui darat, laut, dan udara selama 14 hari.

Dikatakannya, kebijakan ini berlaku mulai Senin (30/03) dini hari, pukul 00.00 WITA, sebagaimana dikutip laman papua.tribunnews.com, Minggu (29/03).

Hindari COVID-19, Ini Daftar Daerah yang Karantina Wilayah 02

[Baca Juga: Track Together, Aplikasi Lacak Penyebaran Virus Corona]

 

Adapun, menyusul kota-kota di atas, beberapa kota lain di Indonesia juga sudah mulai menyuarakan wacana karantina wilayah.

Di antaranya adalah kota Bekasi, Bogor, Bandung, Kabupaten Cianjur, hingga Jakarta.

 

Sobat Finansialku, belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka bersama Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Sobat Finansialku, dalam keadaan yang semakin tidak pasti seperti ini, penting bagi kita untuk mampu mengatur ulang anggaran keuangan kita.

Pengaturan anggaran keuangan, tentu diperlukan karena terjadi beberapa perubahan tidak terprediksi menyusul persebaran wabah COVID-19.

Sebelum mengatur ulang anggaran keuangan, kita perlu mengetahui kondisi kesehatan keuangan terbaru kita.

Tidak usah bingung, lakukan dengan mudah melalui aplikasi Finansialku yang bisa didownload di Google Play Store dan Apple Apps Store, atau tekan di sini!

 

Informasi ini akan sia-sia apabila tidak memberi manfaat untuk banyak orang. Bantu kami untuk mencegahnya dengan membagikan informasi ini pada orang-orang terdekat Sobat Finansialku, melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 Maret 2020. Situasi virus corona (COVID-19). Covid19.go.id – https://bit.ly/33StUNk
  • Sachril Agustin Berutu. 29 Maret 2020. Pemkot Bogor Akan Lakukan Simulasi KarantinaWilayah Besok. News.detik.com – https://bit.ly/3bEcaYO
  • Syaiful W Harahap. 29 Maret 2020. Kabupaten Cianjur Segera Lakukan KarantinaWilayah. Tagar.id – https://bit.ly/2xATfPy
  • Admin. 30 Maret 2020. Muncul Simulasi Tutup Akses DKI di Tengah Desakan KarantinaWilayah. News.detik.com – https://bit.ly/3bxzaIP
  • Isal Mawardi. 30 Maret 2020. Walkot Pertimbangkan KarantinaWilayah: Keluar-Masuk Bekasi Dicek Suhu Tubuh. News.detik.com – https://bit.ly/2UJZyse
  • Admin. 29 Maret 2020. Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Lockdown Kota Karena Virus Corona, Papua Termasuk. Papua.tribunnews.com – https://bit.ly/2UunUap
  • Agung Sandy Lesmana. 29 Maret 2020. KaratinaWilayah! Mulai Senin Orang Luar Dilarang Masuk Sumbar. Suara.com – https://bit.ly/2wKDPrW
  • Agung Sandy Lesmana. 28 Maret 2020. Tepat Pukul 00.00 WIB, Tasikmalaya Terapkan Lockdown. Jabar.suara.com – https://bit.ly/2wPNNZh
  • Dany Garjito, Rifan Aditya. 29 Maret 2020. 6 Daerah di Indonesia Terapkan KarantinaWilayah Cegah Penyebaran Covid-19. Suara.com – https://bit.ly/2QX10WX
  • Admin. 27 Maret 2020. Daftar Lima Daerah ‘Lockdown’ Cegah Penyebaran Corona. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3dEcnNj
  • Admin. 28 Maret 2020. Kasus Corona di Indonesia Bertambah, Sejumlah Daerah Pilih ‘Lockdown’ Mandiri. Tempo.com – https://bit.ly/2xAv3ga

 

Sumber Gambar:

  • Karantina Wilayah 01 – https://bit.ly/2WStsNx
  • Karantina Wilayah 02 – https://bit.ly/2Rb7O3B