Indonesia akan pakai aplikasi Trace Together untuk melacak penyebaran virus corona mencontoh Singapura.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Mengenal Aplikasi Trace Together, Pelacak Penyebaran Covid-19!

Selain pemerintah tak sedikit juga elemen lain yang ikut memerangi virus corona di negeri ini.

Pemadam Kebakaran jadi ikut menyemprot ruas jalan dengan disinfektan, para pesohor dan pengusaha terus-terusan menggalang dana, ada juga orang-orang yang diam di rumah demi memutus rantai penyebaran dan. Dan jangan lupakan jasa para dokter dan tim medis lainnya.

Banyak pelajaran baru yang bisa kita simak pasca virus corona ini meluas di Indonesia, salah duanya adalah menjaga kesehatan itu nyata adanya bukan soal slogan.

Sobat Finansialku, ada kabar baik dalam perkembangan pemerintah menangani Covid-19, yakni akan adanya aplikasi yang bisa melacak pasien virus corona secara cepat. Namanya Trace Together.

Aplikasi Trace Together mulanya dipakai oleh pemerintah Singapura untuk melihat rantai penyebaran virus corona di sana.

Seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi tersebut digratiskan oleh pemerintah Singapura dan juga akan disediakan bebas untuk developer dunia.

“Kami percaya keputusan membuka kode aplikasi ini untuk seluruh dunia akan meningkatkan kepercayaan dan kolaborasi dalam melawan ancaman global yang tidak mengenal batas antar negara, sistem politik, maupun ekonomi,” kata Balakrishnan selaku Menteri Smart Nation Initiative Singapura, dikutip dari Kumparan.com.

 

Bagaimana Aplikasi Trace Together Bekerja

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi jika seseorang pernah mengadakan kontak dalam radius 2 meter dan dalam waktu setidaknya 30 menit dengan orang yang teridentifikasi mengidap COVID-19.

Lebih lanjut, dengan aplikasi ini, orang yang terjangkit COVID-19 juga dapat mengingat siapa saja orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan dirinya.

Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan teknologi bluetooth dan baru akan efektif jika sudah diunduh oleh banyak orang.

Trace Together, Aplikasi Lacak Penyebaran Virus Corona 02

[Baca Juga: Dipesan Jokowi Buat Corona, Apa Itu Obat Avigan dan Klorokuin?]

 

Para pengguna aplikasi yang sedang berdekatan akan saling mengirimkan identitas anonim yang sudah terenkripsi ke dalam telepon pintar mereka.

Hal itu dilakukan untuk merekam informasi waktu, durasi, hingga lokasi kontak sesama pengguna aplikasi.

Jika salah satu pengguna aplikasi positif terjangkit COVID-19, otoritas kesehatan akan mengambil data di aplikasi itu.

Dengan cara itu mereka dapat melacak dengan siapapun yang pernah berkontak dekat dengan pasien untuk diisolasi. Dan penyebaran virus bisa terkendali.

Nah, Sobat Finansialku rencananya aplikasi Trace Together juga akan disosialisasikan dan dipakai di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan aplikasi Trace Together ini untuk mendukung sirveilance kesehatan yang dilakukan sesuai dengan regulasi bidang kesehatan, kebencanaan, telekomunikasi dan informatika serta bidang terkait lainnya. 

“Aplikasi ini bisa terpasang pada smartphone pasien positif Covid-19 untuk memberikan penanganan darurat apabila diperlukan oleh pasien tersebut dan dapat melakukan tracing, tracking dan fencing serta dapat memberikan warning jika melewati lokasi isolasinya,” ujar Johnny Plate mengutip dari Kumparan.com.

Johnny menambahkan aplikasi ini juga berfungsi untuk memetakan pergerakan pasien selama 14 hari atau saat masa isolasi berlangsung.

 

Sobat Finansialku, bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya!

Perlu di ingat, jika bukan darurat lebih baik diam di rumah aja.

 

Sumber Referensi:

  • Arif Budiansyah. 27 Maret 2020. Aplikasi Trace Together, Alat Lacak Pasien Corona di RI. Cnbc Indonesia – https://bit.ly/2QJ835B
  • Agritama Prasetyanto. 26 Maret 2020. Singapura Gratiskan Aplikasi Pelacak Sebaran Virus Corona “Trace Together”. Kumparan.com – https://bit.ly/3dzyFQ8
  • Dandy Bayu Bramasta. 22 Maret 2020. Singapura Gunakan Aplikasi “Trace Together” untuk Lacak Sebaran Covid-19. Kompas.com – https://bit.ly/2UkQScE

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi Sebaran Corona 01 – https://bit.ly/2wPLrcT
  • Aplikasi Sebaran Corona 02 – https://bit.ly/33SnUnK