Saat ini, pembayaran BPJS juga bisa dilakukan secara online lho! Bagaimana cara mudah bayar BPJS online?

Kali ini, Finansialku akan membahas tentang cara praktis bayar BPJS online. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Sistem BPJS Online yang Super Praktis

Di era sekarang ini, semua yang dikerjakan serba praktis dan mudah, salah satunya ketika membayar BPJS.

Masyarakat akhirnya berbondong-bondong mendaftar karena akses mudah yang didapatkan. Karena mempunyai kartu BPJS. Bahkan saat ini BPJS juga bisa diakses secara online dengan menggunakan pembayaran online.

BPJS sekarang ini digunakan untuk membantu penyaluran berbagai program pemerintah yang telah disediakan. Bagaimana tidak, BPJS menangani salah satu program terbesar yaitu program kesehatan.

Begini Cara Mudah Bayar Bpjs Online Yang Praktis Dan Mudah 02 BPJS Online - Finansialku

[Baca Juga: Punya Aduan Terhadap BPJS Kesehatan? Begini Caranya]

 

Hal tersebutlah yang membuat masyarakat lebih menyukai BPJS dengan berbagai sarana yang ditawarkan hanya dengan membayar Rp25.000 per bulan per orang.

Kesehatan sendiri menjadi salah satu hal pokok dalam masyarakat khususnya Indonesia.

Hal ini cukup dapat dimaklumi karena masyarakat Indonesia yang mayoritas kalangan menengah kebawah, membutuhkan suatu jaminan yang bisa menjamin kemudahan akses kesehatan kapanpun waktunya.

BPJS kesehatan sebenarnya digunakan untuk menggantikan asuransi kesehatan Indonesia atau biasa disingkat menjadi Askes Indonesia.

 

BPJS: Andalan Jaminan Sosial di Indonesia

Saat ini, BPJS menjadi salah satu Andalan dalam menyelesaikan sistem pembayaran nasional untuk jaminan sosial.

Lewat BPJS, masyarakat sangat dimudahkan, dengan membayar beberapa nominal, Anda akan diuntungkan dengan di beberapa jaminan sosial, seperti kesehatan, asuransi kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan lain-lain.

Fakta fakta tersebutlah yang membuat masyarakat lebih mudah mendapat berbagai fasilitas hanya dengan membayar sekali  dan satu lembaga yaitu BPJS.

 

Kemudahan dalam Pembayaran Iuran Peserta BPJS

Penggunaan BPJS yang menyeluruh di semua daerah seringkali membuat tempat pendaftaran dan pembayaran BPJS menjadi sangat penuh dan harus mengantre berjam-jam untuk membayar tagihan BPJS.

Namun tidak semua orang mempunyai waktu untuk mengantre atau hanya sekedar datang ke tempat pembayaran BPJS dengan berbagai alasan, mulai dari pekerja kantoran yang tidak bisa meninggalkan kantor dan sebagainya.

 

Cara Bayar BPJS Online Tanpa Ribet

Saat ini, cara bayar BPJS online bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Sekarang banyak  kemudahan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya yaitu kemudahan dalam pembayaran BPJS. Anda tidak perlu mengantre lama-lama di kantor BPJS untuk membayar uang bulanan.

Salah satunya yaitu jasa online. Sudah banyak jasa yang menyediakan sistem pembayaran BPJS melalui sistem online. Berikut merupakan cara mudah dan praktis membayar BPJS secara online.

 

Cara 1: Pembayaran Online Melalui M-Banking

Menggunakan bank sebagai media pembayaran memang sudah tidak asing lagi di kehidupan masyarakat Indonesia. Masyarakat banyak melakukan pembayaran menggunakan bank.

Apalagi sekarang m-banking sudah mendapat poin lebih positif dari pada sebelumnya. Menggunakan m-banking sendiri cukup lewat hp dan selesai sudah pembayaran BPJS.

Orang-orang yang hidup di zaman digital seperti saat ini tidak bisa lepas dalam menggunakan ponsel membuat m- banking lebih diminati dalam masyarakat.

Mbanking sendiri memberikan fasilitas yang mudah dan jaminan akan tidak bocornya informasi pemilik akun.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Anda tidak perlu lagi khawatir akan hacker yang sering membuat ketakutan tersendiri bagi pengguna, pasalnya semakin hari sistem keamanan yang di berikan juga semakin mumpuni.

Selain itu ada sejumlah asuransi yang di berikan oleh bank untuk menunjang fasilitas tersebut.

 

Cara 2: Memanfaatkan Aplikasi

Aplikasi bukan lagi sesuatu yang baru, apalagi dengan banyaknya aplikasi yang berkembang sampai saat ini. Penggunaan aplikasi untuk membayar memberikan kemudahan hampir sama dengan Anda cukup berdiam diri di rumah dan membuka ponsel Anda.

Banyak sekali aplikasi yang menawarkan jasa pembayaran BPJS, seperti shoppe. Shoppe yang merupakan kios online terbesar saat ini tidak melewatkan BPJS sebagai salah satu fiturnya.

Selain itu ada juga traveloka, traveloka merupakan penyedia jasa traveling juga tidak mau melewatkan BPJS menjadi salah satu fasilitas yang disediakan untuk menunjang kemudahan dalam bertransaksi.

Anda cukup mempunyai salah satu aplikasi tersebut dan menikmati layanan yang diberikan beserta kemudahannya.

 

Cara 3: Uang Virtual

Akhir-akhir ini sering kita temui penggunaan uang virtual semakin banyak dilakukan oleh masyarakat. Berbagai promo dan kemudahan yang didapat membuat penggunaan uang virtual semakin marak.

Uang virtual juga memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan. Salah satu  fasilitasnya adalah layanan BPJS. 

 

Cara 4: E-payment Sistem

Masih banyak orang asing jika mendengar istilah tersebut. E-payment merupakan salah satu fasilitas resmi yang diberikan oleh layanan BPJS langsung.

Jika Anda tipe orang yang kurang percaya dengan berbagai layanan online yang disediakan, Anda bisa membayar menggunakan e-payment sistem yang sudah disediakan oleh pihak BPJS.

Begini Cara Mudah Bayar Bpjs Online Yang Praktis Dan Mudah 03 BPJS Online - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Persalinan yang Ditanggung BPJS Kesehatan dan Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan]

 

Namun sebelum menggunakannya Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pendaftaran adalah pertama, mengakses halaman eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs, lalu klik Registrasi.

Kemudian akan terbuka halaman registrasi dengan alamat website eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/eps/registrasi.bpjs.

Anda dapat memasukkan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) serta email pendaftaran.

Isi kode keamanan (captcha) sesuai gambar yang ada di sebelah kiri, setelah itu klik Register. Kemudian akan terbuka menu Pilih Perusahaan Anda apabila NPP yang dimasukkan benar dan belum diregistrasikan.

Masukkan nama kontak  perusahaan Anda kemudian klik salah satu NPP yang akan didaftarkan. Klik Register lagi setelah itu lakukan konfirmasi. Setelah itu, klik OK.

E–payment sistem memang tidak semudah menggunakan berbagai fitur di ponsel, namun tidak ada salahnya jika Anda mengunakan fasilitas yang sudah disediakan.

Kemudahan dan kesulitannya sendiri bisa membawa dampak ke diri Anda sendiri. seperti Anda akan terbiasa melewati langkah-langkah dalam menggunakan dan mendapat tawaran khusus dari pihak BPJS sendiri.

 

Kemudahan Pembayaran BPJS Kesehatan Via Online

Dengan sekian kemudahan yang ditawarkan BPJS, akses kesehatan masyarakat lebih mudah dijangkau. Pembayaran BPJS dapat dilakukan dimanapun tanpa harus mendatangi kantornya secara langsung.

Masalahnya, ada pula kalangan yang tidak dapat menikmati kemudahan tersebut karena keterbatasan yang dimiliki kalangan bawah atau orang-orang yang buta teknologi.

Dalam hal ini, dibutuhkan pihak yang mampu untuk membantu penyaluran dari orang-orang kalangan bawah atau buta teknologi tersebut agar setiap kalangan mendapatkan kemudahan akses BPJS sehingga kesehatan dapat merata di seluruh kalangan masyarakat.

Apakah Anda sudah menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat? Jika belum Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda salah satunya dalam hal dana darurat

Anda dapat download Aplikasi Finansialku dengan mudah melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store. Rencanakan, kelola dan atasi masalah keuangan Anda sekarang juga, selamat mencoba!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika Anda termasuk orang yang terbantu dengan pentingnya artikel ini terutama dalam proses pembayaran iuran bulanan, maka jangan lupa membagikannya pada sesama peserta BPJS.

Informasi ini merupakan suatu hal yang penting untuk sesama, sehingga Anda tentu ingin bisa bermanfaat bagi orang lain juga bukan?

 

Sumber Referensi:

  • Firdayanda. 15 Desember 2018. Yuk Cari Tahu Mana Cara Bayar BPJS yang Sesuai dengan Dirimu!. Tribunnews.com – https://goo.gl/1PedkP

 

Reverensi Gambar:

  • BPJS Online 1 – https://goo.gl/WhAAm2
  • BPJS Online 2 – https://goo.gl/images/499hHT
  • BPJS Online 3 – https://goo.gl/images/vwqyXR