TERNYATA! Begini Cara Menambang Bitcoin (Cara Mining Bitcoin) yang Dapat Dilakukan oleh Orang Awam

Banyak yang bertanya bagaimana cara menambang Bitcoin (mining Bitcoin) dalam masa kejayaannya ini. Apakah Anda juga tertarik menambang Bitcoin demi memperoleh keuntungan? Jika iya, simak pembahasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Apa itu Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin?

Proses menambang Bitcoin adalah hal yang paling penting dalam perkembangannya. Mengapa? Karena dengan proses penambangan yang dilakukan oleh para penambang Bitcoin (miner), setiap transaksi akan tervalidasi, terbangun, dan tersimpan dalam blok baru dalam blockchain.

Banyak yang beranggapan salah soal menambang Bitcoin, di mana ada anggapan bahwa semua kegiatan mencari Bitcoin seperti mencari Bitcoin gratis via faucet, giveaway, dan game adalah kegiatan menambang Bitcoin.

Padahal sebenarnya menambang Bitcoin atau mining Bitcoin merupakan sebuah kegiatan menambang menggunakan perangkat tertentu, di mana dibutuhkan pemecahan matematika yang melibatkan sejumlah algoritma dan software.

Mata Uang Digital Cryptocurrency 03 Finansialku

[Baca Juga: Di Balik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

#1 Perangkat Menambang Bitcoin

Para penambang melakukan kegiatan menambang Bitcoin dengan menggunakan perangkatnya masing-masing.

Perangkat menambang Bitcoin antara lain adalah CPU, GPU, FPGA, maupun ASIC.

 

#2 Pelaku Pertambangan Bitcoin

Pelaku pertambangan Bitcoin disebut dengan istilah “penambang”, atau dalam bahasa Inggris adalah miner. Nah, apa saja peranan penambang Bitcoin?

 

#3 Enam Peranan Penambang Bitcoin

Untuk menjadi seorang penambang, maka kita harus terhubung ke dalam jaringan Bitcoin.

Setelah terhubung, maka kita akan menjadi “node”, yaitu salah satu dari semua perangkat yang terhubung ke dalam jaringan Bitcoin.

Sebagai “node”, para penambang ini akan menjalankan perannya dan melakukan beberapa tugas berikut ini:

 

  • Mendengarkan Transaksi

Semua node yang telah terhubung di dalam jaringan Bitcoin, harus mendengarkan semua transaksi yang terjadi. Proses ini kemudian dilanjutkan dengan memvalidasi transaksi yang didengar tersebut dengan cara memeriksa tanda tangan digitalnya (digital signature).

Hal ini dilakukan dengan tujuan memastikan tanda tangan digital dan output yang disertakan dalam transaksi itu benar-benar belum dihabiskan (belum dikeluarkan di transaksi lain). Dengan demikian dipastikan tidak ada double spending.

 

  • Menjaga Blockchain dan Mendengarkan Blok Baru

Seorang penambang juga memiliki peran dalam menjaga blockchain. Penambang Bitcoin akan mempertahankan blockchain yang telah menyimpan semua transaksi.

Sejarah blok ini dapat dipindahkan dari node yang telah masuk sebelum Anda. Anda juga bisa mendengarkan blok baru yang di-broadcast dalam jaringan, lalu memvalidasi blok yang diterima.

 

  • Membuat Blok Baru

Setelah Anda memiliki sejarah lengkap blockchain, maka Anda juga bisa mulai membangun blok.

Caranya adalah dengan mengelompokkan semua transaksi yang didengar ke dalam blok baru, kemudian nantinya akan memperluas pada blok yang kita ketahui. Namun, semua transaksi di dalam blok itu harus dipastikan valid.

Cara-Menambang-Bitcoin-2-Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017]

 

  • Mencari Nonce agar Validasi Blok Berhasil

Setelah semua transaksi pada calon blok tervalidasi, selanjutnya Anda mencari nonce agar bisa memvalidasi calon blok tadi. Tahap ini merupakan tahap tersulit bagi tiap penambang.

 

  • Berharap Blok Diterima

Tahap selanjutnya adalah berharap blok tersebut diterima, di mana  tidak ada jaminan bahwa blok baru dapat menjadi bagian dari konsensus blockchain.

Penambang akan meminta persetujuan usulan blok tersebut kepada penambang lain, agar bisa mulai menambang di atas blok tersebut. Jadi bukan pada blok penambang lain.

 

  • Menerima Keuntungan

Tahap terakhir tentunya menerima keuntungan layaknya investasi lainnya. Keuntungan ini baru bisa diperoleh saat penambang lain menerima blok Anda sebagai blok yang valid.

Jika blok diterima, maka Anda akan memperoleh untung sebesar 25 Bitcoin (sesuai yang berlaku saat ini).

Selain itu, jika beberapa transaksi di dalam blok itu dicantumkan biaya transaksi, penambang pun bisa mengumpulkan semua biaya transaksi tersebut.

Lagi! BI Ancam Akan Menindak Pelaku Usaha Pengguna Mata Uang Digital Bitcoin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Usai! Bitcoin Memiliki Peluang Masuk Bursa Berjangka Indonesia]

 

Nah, Anda harus menjalankan keenam peran tersebut untuk bisa menjadi penambang Bitcoin. Sehingga tampak bahwa menambang Bitcoin itu bukan hanya sekedar mencari Bitcoin di faucet, giveaway atau yang lain.

 

#4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menambang Bitcoin

Anda kini sudah mengenal istilah penambang dan perannya dalam menambang Bitcoin.

Kini saatnya memasuki praktiknya, di mana ada 2 hal yang perlu Anda perhatikan saat menambang Bitcoin untuk bisa memperoleh untung:

 

  • Hashrate

Hashrate merupakan angka hasil kalkulasi tingkat performansi perangkat keras (hardware) Anda dalam setiap detik untuk memecahkan masalah matematika dalam pertambangan.

Hashrates diukur dalam satuan megahashes, gigahashes, dan terahashes per detik (MH/sec, GH/sec, dan TH/sec).

Semakin tinggi hashrate Anda dibandingkan hashrate rata-rata, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk memecahkan blok transaksi.

Cara-Menambang-Bitcoin-3-Finansialku

[Baca Juga: Investasi Bitcoin di Indonesia menurut Bank Indonesia]

 

  • Energy Consumption

Seluruh komputasi ini tentunya memakan tenaga listrik, dan listrik membutuhkan biaya.

Sehingga tentunya konsumsi energi atau listrik juga perlu dipertimbangkan saat mengambil keputusan.

Anda harus memastikan bahwa biaya energi listrik ini tidak menghabiskan seluruh keuntungan Anda.

Caranya adalah dengan menghitung berapa hashes yang Anda peroleh dari setiap watt listrik yang digunakan. Anda bisa membagi hash count dengan jumlah watt-nya secara langsung.

Sebagai contoh:

Jika Anda memiliki perangkat 500 GH/sec, dengan 400 watts energi listrik, maka Anda akan memperoleh = 500 GH/sec : 400 watts = 1.25 GH/sec/watt.

Selain itu, Anda juga menggunakan komputer dalam menambang Bitcoin dan komputer pun menggunakan listrik. Oleh karena itu jangan lupakan faktor ini saat Anda berhitung.

 

Cara Menambang Bitcoin (Cara Mining Bitcoin) dengan PC

Sebelum Anda mulai menambang Bitcoin, Anda perlu tahu bahwa menambang Bitcoin adalah tindakan yang legal dan dilakukan dengan menjalankan proses verifikasi hash SHA256 ronde berganda untuk memvalidasi transaksi Bitcoin dan membentuk keamanan yang menjadi syarat bagi buku besar (ledger) umum dalam jaringan Bitcoin.

Nah, seperti telah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak bisa dengan mudah menambang Bitcoin, namun perlu memperhatikan beberapa langkah berikut ini:

 

Langkah #1: Hardware yang Harus Disediakan

Terdapat 4 hardware utama bagi penambang Bitcoin adalah sebagai berikut:

  • CPU/GPU Bitcoin Mining

Kategori terlemah dalam pertambangan Bitcoin adalah komputer Anda.

Secara teori, Anda bisa menggunakan CPU Anda untuk menambang Bitcoin, namun dalam praktiknya terkadang sangat lambat sehingga tidak ada gunanya.

Anda bisa meningkatkan hash rate dengan menambahkan graphics hardware dalam computer desktop.

Graphics hardware ini berisi graphical processing units (GPUs) yang didesain untuk memecahkan masalah matematika dan mengkalkulasi seluruh polygon kompleks yang biasa dibutuhkan dalam video games terkini.

Hal ini menyebabkan komputer menjadi cukup baik untuk memecahkan transaksi blok dalam pertambangan Bitcoin.

Anda bisa membeli GPUs dari dua vendor, yakni ATI dan Nvidia. Harganya berkisar di ratusan US$, namun tentu memberikan dampak signifikan dalam proses menambang Bitcoin.

Sebagai contoh, ATI 5970 graphics card bisa memberi Anda 800 MH/sec, sangat besar apabila dibandingkan dengan CPU, yang hanya menggenerasi kurang dari 10 MH/sec.

Kelebihan lainnya dari graphics hardware adalah bisa digunakan untuk cryptocurrency lainnya di luar Bitcoin.

 

  • FPGA Bitcoin Mining

FPGA atau Field Programmable Gate Array merupakan sebuah sirkuit yang terintegrasi, didesain untuk konfigurasi.

FPGA memungkinkan penambang untuk membeli chips dalam satuan volume, yang kemudian di-customize untuk penambangan Bitcoin.

Karena memang didesain khusus untuk menambang, FPGA menawarkan kemajuan pesat dibanding CPUs dan GPUs.

Single-chip FPGAs bisa menghasilkan 750 megahashes/sec. Tentunya memungkinkan penempatan lebih dari satu chip dalam box.

Infografis Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin? Apa Manfaat dan Kegunaannya? Ketahui Informasi Selengkapnya!]

 

  • ASIC Bitcoin Miners

Application Specific Integrated Circuits (ASICs) didesain khusus hanya untuk melakukan satu hal, yakni menambang Bitcoin dengan kecepatan luar biasa dengan penggunaan energi yang rendah.

Karena chips-nya harus didesain khusus untuk tugas itu, biasanya harganya cukup mahal.

Pada saat ini, kecepatan yang bisa diperolehnya mulai dari 5-500 gigahashes/sec.

Vendor bahkan sudah menjanjikan pengembangan ASIC dengan lebih banyak tenaga, hingga 2 terahashes/sec.

Pada September 2015 Bitcoin Computer diluncurkan, di mana bisa menjadi rumah dari chip penambang dan dijual dengan harga kisaran US$400 atau setara dengan Rp5,5 juta.

 

  • Layanan Cloud

Alternatif lain adalah membeli kontrak menambang Bitcoin lewat cloud, yang akan sangat menyederhanakan proses.

Tetapi sayangnya cara ini meningkatkan risiko karena Anda tidak benar-benar mengendalikan perangkat keras yang digunakan.

Selain itu, sudah amat sering terjadi berbagai penipuan menambang Bitcoin lewat cloud.

 

Langkah #2: Software yang Digunakan untuk Menambang Bitcoin

Bergantung pada perangkat yang Anda pilih, Anda perlu membeli software untuk menambang Bitcoin.

Umumnya, saat menambang Bitcoin, Anda memerlukan komputer yang bisa menjalankan hal berikut:

  • Standard Bitcoin Client

Software ini menghubungkan komputer Anda dengan jaringan yang memungkinkan interaksi dengan klien, mem-forward transaksi dan mengecek blockchain.

Klien kemudian akan menyampaikan informasi secara efektif antara penambang dengan jaringan.

Quiz-Cryptocurrency-Bitcoin-2-Finansialku.com

[Baca Juga: Haramkan Penggunaan Bitcoin, BI Akan Buat Mata Uang Pesaing]

 

  • Bitcoin Mining Software

Bitcoin mining software menginstruksi hardware untuk menjalankan kerjanya, menyampaikan transaksi blok untuk dipecahkan.

Terdapat variasi dalam hal ini, bergantung operating system. Biasanya mereka tersedia untuk Windows, Mac OS X, dan lainnya.

Anda juga membutuhkan mining software jika menggunakan ASIC, meski beberapa model terbaru menjanjikan kelengkapan seperti Bitcoin address, sehingga Anda hanya perlu menghubungkannya ke sumber listrik saja.

Bahkan kini sudah ada mining operating system didesain untuk menjalankan Raspberry Pi, Linux komputer rendah listrik berukuran kartu kredit.

 

Langkah #3: Bergabung ke Kumpulan Penambang Bitcoin

Setelah Anda memulai menambang, kami menyarankan agar Anda bergabung ke kumpulan penambang Bitcoin yang bekerja bersama untuk memecahkan satu blok dan berbagi imbalan yang diperoleh.

Anda akan memperoleh peluang keuntungan lebih besar saat bergabung dengan kumpulan penambang Bitcoin, karena pekerjaan dikerjakan bersamaan meski ada pembagian imbalan.

Untuk kumpulan yang paling terdesentralisasi, kami merekomendasikan p2pool. Nah, ini adalah kumpulan yang dipercaya memvalidasi blok sepenuhnya dengan Bitcoin Core 0.9.5 atau yang lebih baru (direkomendasikan menggunakan 0.10.2 atau lebih baru karena kerentanan DoS):

  • BitMinter
  • CK Pool
  • Eligius
  • Slush Pool

 

Langkah #4: Membuat Dompet Bitcoin

Langkah selanjutnya dalam menambang Bitcoin adalah membuat dompet Bitcoin atau menggunakan dompet Bitcoin Anda yang sudah Anda gunakan untuk menerima Bitcoin yang Anda tambang.

Dompet yang direkomendasikan adalah Copay karena dapat digunakan pada berbagai sistem operasi. Dompet Bitcoin dalam bentuk perangkat keras juga tersedia.

Bitcoin akan dikirim ke dompet Bitcoin Anda menggunakan alamat unik yang hanya diketahui oleh Anda, sehingga penting untuk mengamankannya dari potensi ancaman dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor atau meletakkannya di komputer luar jaringan yang tidak mengakses internet.

Beberapa dompet digital lainnya yang kerap direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • SpectroCoin – Bursa Eropa dengan SEPA hari yang sama dan dapat membeli dengan kartu kredit
  • Kraken – Bursa terbesar di Eropa yang memiliki SEPA hari yang sama
  • Buying Bitcoin Guide – Dapatkan bantuan dalam menemukan bursa Bitcoin di negara Anda
  • Local Bitcoins – Layanan luar biasa ini memungkinkan Anda untuk mencari orang di antara masyarakat Anda yang bersedia menjual Bitcoin langsung kepada Anda
  • Coinbase – Coinbase adalah tempat yang bagus untuk memulai beli bitcoin. Kami amat merekomendasikan Anda tidak menyimpan bitcoin berapa pun dalam layanan mereka

 

[Baca Juga: Lagi! BI Ancam Akan Menindak Pelaku Usaha Pengguna Mata Uang Digital Bitcoin]

 

Langkah #5: Update Terbaru

Terus mengikuti update terbaru Bitcoin adalah hal yang penting untuk mendapat keuntungan dalam menambang Bitcoin. Carilah berita di beberapa situs, misalnya berita di WeUseCoins.

 

Cara Menambang Bitcoin (Cara Mining Bitcoin) dengan Android

Banyak yang bertanya, apakah bisa menambang Bitcoin melalui Android? Jawabannya adalah BISA, meski hasilnya kurang maksimal.

Caranya, buka situs Minergate.com, di mana situs ini akan menjadi penghubung Anda untuk menambang beberapa cryptocurrency, seperti Ethereum, Dashcoin,  Bitcoin, dan masih banyak lagi.

Lalu ikuti panduan berikut:

  1. Download dan install aplikasi Minergate Mobile Miner di Google Play Store
  2. Registrasi dengan memasukkan email dan buat password
  3. Kemudian log in
  4. Anda akan melihat tampilan berbagai cryptocurrency yang bisa ditambang di Minergate
  5. Pilih “Bytecoin
  6. Pilih tombol “Play
  7. Anda bisa melihat tampilan mining speed
  8. Untuk mengecek hasil tambang, pilih menu “Dashboard

 

Bagaimana, sudah siap menambang Bitcoin? Eits, sebelum itu mari menghitung dahulu peluang Anda memperoleh keuntungan berikut ini:

 

Menghitung Profitabilitas/Keuntungan Menambang Bitcoin

Sebelum memulai menambang, pastikan Anda sudah menghitung berapa estimasi profit yang bisa Anda peroleh dari tambang Anda.

Anda bisa memanfaatkan beberapa mining profitability calculator misalnya dari The Genesis Block.

Anda tinggal memasukan beberapa input seperti biaya perangkat, hash rate, power consumption, dan harga Bitcoin terkini untuk melihat berapa lama Anda bisa balik modal dan mulai memperoleh untung.

Matriks ini juga mempu menentukan kesulitan jaringan, di mana kesulitan transaksi blok bervariasi bergantung pada hash rate.

Namun tahukah Anda bahwa bisnis menambang Bitcoin juga bisa membawa kerugian alih-alih untung?

Hal ini disebabkan modal awal yang dibutuhkan cukup besar mengingat semakin baik perangkatnya semakin baik juga peluang menghasilkan keuntungannya. Perangkat ini sangat mahal dan nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Kedua, adanya kemungkinan nilai tukar Bitcoin di pasaran tiba-tiba anjlok karena faktor eksternal. Salah satu penyebabnya, ketika peminat uang digital dan Bitcoin menurun.

Quiz-Cryptocurrency-Bitcoin-1-Finansialku.com

[Baca Juga: Konsultasi: 3 Investasi yang Cocok untuk Pemula Tahun 2018, Apakah Bitcoin, Ethereum dan Cryptocurrency Lainnya Termasuk?]

 

Apa Sebaiknya Saya juga Menambang Bitcoin?

Selama 7 tahun terakhir, harga Bitcoin sudah naik sebesar 35.500 kali lipat dan kecenderungan pada beberapa tahun terakhir adalah naik turun cenderung naik.

Anda bisa memutuskan apakah ingin menambang Bitcoin atau tidak menimbang beberapa informasi yang diperoleh dari artikel ini.

Jika masih ragu, Anda bisa bertukar pendapat dengan pembaca lainnya dengan menuliskan pesan di kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba!

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai apa itu bitcoin. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menambang Bitcoin (cara mining Bitcoin) yang dapat dilakukan oleh orang awam lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Mei 2016. Penjelasan Lengkap Menambang Bitcoin (Bitcoin Mining). Edukasibitcoin.com – https://goo.gl/VYZypE
  • Admin. 26 November 2013. How to Set Up a Bitcoin Miner. Coindesk.com – https://goo.gl/F77K3R
  • Admin. Panduan Menambang Bitcoin – Cara mulai menambang Bitcoin. Bitcoinmining.com – https://goo.gl/WdkW4J
  • Gde Dharma Gita Diyaksa. 30 Desember 2017. Headline: Menambang Bitcoin, Kadang Untung Bisa Juga Buntung. News.liputan6.com – https://goo.gl/1NBKi9
  • CNN Indonesia. 6 Juli 2017. Profil Para Penambang Uang Digital atau Bitcoin Hingga Rp 200 Juta /minggu. Youtube.com – https://goo.gl/WYmkeC
  • 99Bitcoins. 1 Agustus 2015. How to Mine Bitcoins Using Your Own Computer. Youtube.com – https://goo.gl/doj4gC
  • Mining dan trading bitcoin Indonesia. 6 November 2017. Cara Menambang Bitcoin Dengan Android 2017. Youtube.com – https://goo.gl/s5fbJ6

 

Sumber Gambar:

  • Bitcoin Mining – https://goo.gl/FCy3pW
  • Bitcoin Mining 2 – https://goo.gl/43qGHy
  • Bitcoin Mining 3 – https://goo.gl/i9FvL1

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
TERNYATA! Begini Cara Menambang Bitcoin (Cara Mining Bitcoin) yang Dapat Dilakukan oleh Orang Awam
Article Name
TERNYATA! Begini Cara Menambang Bitcoin (Cara Mining Bitcoin) yang Dapat Dilakukan oleh Orang Awam
Description
Banyak yang bertanya bagaimana cara menambang Bitcoin (mining Bitcoin) dalam masa kejayaannya ini.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-10-24T13:31:12+00:00March 7th, 2018|Categories: Bitcoin, Investasi|Tags: , , |2 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

2 Comments

  1. Ordercustomessay 22 March 2018 at 09:19 - Reply

    Fransiska Ardela, S.T, thank you ever so for you post.Much thanks again.

    • Finansialku
      Finansialku 22 March 2018 at 11:58 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment