Bagaimana cara berinvestasi yang efektif untuk mencapai financial freedom? Investasi adalah satu-satunya cara mencapai kebebasan keuangan. Ada banyak strategi yang dapat digunakan dalam berinvestasi. Berikut ini adalah salah satu strategi efektif yang dapat Anda gunakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi untuk Mencapai Financial Freedom

Financial freedom adalah keadaan dimana seseorang bebas secara keuangan. Bebas disini berarti Anda bebas melakukan apa saja yang Anda sukai dalam konteks keuangan. Dalam kondisi financially free Anda tidak perlu bekerja atas dasar kebutuhan untuk menghidupi diri dan keluarga. Kalaupun Anda bekerja, itu hanya karena Anda menyukai pekerjaan tersebut. Secara teknis financial freedom adalah keadaan dimana pendapatan pasif dan pendapatan investasi Anda dapat menutupi pengeluaran. Jika ingin lebih aman lagi, pendapatan pasif dan pendapatan investasi harus sama dengan dua kali lipat pengeluaran Anda. 

 begini-strategi-investasi-yang-efektif-untuk-mencapai-financial-freedom-1-finansialku

[Baca Juga : Inilah Penyebabnya Banyak Orang Sulit Mencapai Financial Freedom]

 

Coba bayangkan berapa besar pengeluaran Anda, artinya penghasilan pasif dan penghasilan investasi Anda harus bisa mencapai angka tersebut. Karena itu Anda perlu strategi yang tepat untuk menghasilkan angka tersebut dengan penghasilan pasif dan investasi. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun strategi investasi yang efektif :

 

#1 Tentukan Tujuan Keuangan

Langkah awal dalam berinvestasi adalah menentukan tujuan keuangan Anda. Setelah itu baru Anda dapat merancang investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Ibaratnya jika ingin pergi ke suatu tempat, Anda harus mengetahui dulu kemana Anda akan pergi. Setelah itu baru tentukan kendaraan apa yang sesuai untuk sampai pada tempat tujuan tersebut. Pastikan Anda tahu apa yang ingin dicapai, tentukan target untuk masing-masing tujuan keuangan. Dalam hal ini tujuan Anda adalah mendapatkan kebebasan keuangan. Tetapi setiap orang memiliki angka yang berbeda untuk mendeklarasikan financial freedomnya. Karena itu Anda perlu mengetahui berapa uang yang harus Anda miliki untuk mencapai tahap financial freedom.

 Membuat Prioritas Tujuan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[ Baca Juga : Buat Prioritas Tujuan Keuangan, Agar Anda dapat Fokus]

 

#2 Buat Portofolio Investasi

Portofolio investasi adalah gabungan dari beberapa investasi dengan porsi tertentu. Membangun portofolio investasi merupakan langkah krusial dalam berinvestasi. Sederhananya, tujuan dari portofolio investasi adalah untuk mendiversifikasi risiko investasi serta mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika salah membuat portofolio investasi, risiko bisa jadi terlalu tinggi. Ketika menghadapi pasar dalam kondisi yang kurang menguntungkan, investasi Anda bisa hancur.

Disinilah kunci efektivitas sebuah investasi. Strategi terpenting dalam membangun investasi yang efektif terletak pada pembuatan portofolio investasi yang baik. Menurut Finansialku, portofolio investasi yang efektif untuk menuju financial freedom adalah portofolio yang mengutamakan pendapatan cashflow. Sekali lagi, financial freedom adalah kondisi dimana pendapatan pasif dan pendapatan investasi dapat menutupi kebutuhan Anda. Cashflow adalah pendapatan yang cair dalam hitungan bulan, sehingga dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran bulanan Anda. Jika Anda hanya mengandalkan capital gain yang cair dalam hitungan tahun, akan sulit untuk menutupi kebutuhan bulanan Anda.

 Dimana saya harus berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Dimana Saya Harus Berinvestasi?]

 

Sebenarnya baik cashflow maupun capital gain sama-sama penting dan dapat memberikan keuntungan. Hanya saja frekuensi pencairan pendapatan yang perlu menjadi pertimbangan. Anda tetap memerlukan capital gain untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Tetapi jika Anda baru mulai berinvestasi, sebaiknya fokus untuk mendapatkan pendapatan cashflow terlebih dahulu. Setelah memiliki pendapatan cashflow yang cukup barulah mulai fokus pada capital gain. Hasil dari capital gain nantinya dapat digunakan untuk membeli aset yang akan menghasilkan pendapatan pasif. Dengan begitu akan semakin mudah untuk mencapai financial freedom.

Jika Anda belum pernah memiliki pengalaman dalam membuat portofolio investasi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan perencana keuangan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan perencana keuangan yang kompeten agar portofolio yang dibuat efektif.

 

#3 Implementasi Investasi

Setelah yakin dengan portofolio investasi yang Anda buat, segera lakukan langkah implementasi. Jangan pernah menunda untuk berinvestasi, karena dalam setiap tahun keterlambatan Anda dapat kehilangan kesempatan yang besar. Dalam langkah implementasi sebaiknya Anda mematuhi portofolio investasi yang sudah dibuat. Jika ingin menambah modal investasi pada salah satu produk investasi, maka Anda harus menambahkan modal pada produk lain juga sesuai porsinya. Dengan begitu proporsi setiap instrumen investasi dalam portofolio Anda tidak akan berubah. Jangan terus mengubah-ubah portofolio investasi Anda karena nantinya hasil investasi bisa tidak maksimal.

mahasiswa-punya-sisa-uang-jajan-rp-100-000-mending-investasi-reksa-dana-atau-jajan-1-finansialku

[Baca Juga : Infografis Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Anak Muda (Mutual Fund)]

 

Terkadang seorang investor dapat terpengaruh dengan kabar terbaru atau isu-isu tertentu mengenai investasi. Akibatnya investor merasa harus mengubah-ubah portofolio investasinya sesuai isu tersebut tanpa mempertimbangkan risiko yang akan dihasilkan. Padahal isu-isu mengenai dunia investasi tidak selalu benar. Jika ada alasan tertentu yang membuat Anda merasa perlu mengubah portofolio investasi, sebaiknya teliti lagi lebih jauh. Apakah alasan tersebut memang benar adanya atau tidak. Jika alasan tersebut rasional dan akan memberikan keuntungan lebih besar maka tidak ada salahnya mengubah portofolio Anda. Selain itu pertimbangankan risiko yang dihasilkan. Ingat, salah satu tujuan portofolio investasi adalah untuk mendiversifikasi risiko. Sebaiknya Anda hitung ulang risiko yang akan dihasilka oleh portofolio baru yang direncanakan. Akan sangat baik jika perubahan tersebut dapat mengurangi risiko portofolio, namun jika menambah risiko sebaiknya Anda pertimbangkan ulang.

 

#4 Review Berkala

Implementasi investasi bukanlah langkah ‘sekali jadi’. Dalam prosesnya banyak pembelajaran yang akan Anda dapatkan, apalagi jika Anda adalah pemula dalam dunia investasi. Karena itu review berkala sangat penting dilakukan. Kaji segala hal tentang investasi Anda mulai dari portofolio, praktek investasi, hingga hasil investasi. Pastikan semuanya berjalan sesuai rencana, jika ada hal yang kurang efektif buat rencana baru. Ingat, jangan gegabah dalam membuat perubahan, kaji ulang rencana baru tersebut hingga Anda yakin bahwa perubahan adalah keputusan yang tepat. Dengan review berkala Anda bisa menemukan kesalahan-kesalahan atau hal yang bisa dikembangkan lebih baik lagi dalam investasi Anda.

sudahkan-keluarga-anda-mereview-akhir-tahun-keuangan-keluarga-1-finansialku

[Baca Juga : Sudahkah Anda Melakukan Review Akhir Tahun Keuangan Keluarga ?]

 

Berinvestasi dengan Efektif

Investasi adalah satu-satunya cara untuk mencapai financial freedom. Ada banyak strategi investasi yang dapat digunakan, tetapi strategi terbaik adalah hasil dari proses yang panjang. Investasi bukanlah sebuah kegiatan ‘sekali jadi’. Banyak proses pembelajaran yang perlu dilalui untuk mencapai strategi investasi yang paling efektif bagi Anda. Penting untuk terus beradaptasi dengan pasar agar investasi Anda semakin optimal.

 

Apakah Kamu para mahasiswa pernah mengajukan KTA ? Silakan share pengalaman dan cerita Anda pada kolom komentar, terima kasih .

 

Sumber Gambar : 

  • Happy Investment – https://goo.gl/Q3CvIh

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang