Belajar Investasi itu Mirip dengan Belajar Berenang

Apa kesamaan antara belajar renang dan belajar investasi? Jika Anda tahu kesamaan antara belajar renang dan belajar investasi, Anda dapat lebih sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Supaya Jago Berenang, Belajar Renang Harus Basah

Saya teringat salah satu ucapan guru renang, kalau mau jago renang ya harus basah. Maksudnya adalah tidak ada perenang yang jago, hanya karena teori di darat. Coba Anda perhatikan anak-anak kecil yang jago renang, mereka biasanya mendapat pengarahan di darat dan mempraktekkan di air.

Belajar Investasi itu Mirip dengan Belajar Berenang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Slide: Belajar Reksa Dana untuk Pemula]

 

Sekali waktu, coba perhatikan anak-anak kecil yang baru belajar berenang. Apa yang mereka lakukan saat belajar? Biasanya untuk anak-anak pemula, mereka takut turun ke kolam. Yah seperti Anda ketahui, mana mungkin bisa berenang kalau cuma tahu teori berenang yang baik.

Apakah ada risiko tenggelam atau risiko lainnya? Tentu saja ada risiko tersebut saat berenang. Cara mengatasinya adalah guru renang selalu menjaga disamping murid-murid pemula. Ada juga pemula yang menggunakan pelampung dan berenang di kolam yang lebih dangkal. Untuk orang-orang yang sudah jago renang, juga perlu melakukan pemanasan sebelum berenang.

 

Supaya Jago Berinvestasi, Belajar Investasi Harus Menjalankannya

Begitupula dengan berinvestasi, tidak ada orang yang jago investasi kalau cuma hanya membaca buku, mengikuti seminar tanpa praktek. Disitulah letak kesaman antara belajar berenang dan belajar investasi.

[Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Online]

 

Apakah ada risiko rugi? Tentu saja ada, yang harus Anda lakukan adalah belajar dengan nominal yang kecil (ibarat berenang di kolam dangkal), gunakan metode investasi dan cara mengelola uang yang benar (ibarat menggunakan pelampung). Belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan.

Salah seorang guru investasi dan juga professional trader, Dr. Alexander Elder mengatakan: Pada saat Anda belajar investasi atau trading, fokuslah untuk Berinvestasi dengan cara yang benar. Keuntungan akan mengikuti Anda, jika Anda sudah berinvestasi dengan cara yang benar.

 

Jika Anda sudah tahu letak kesamaan antara belajar berenang dan belajar investasi, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah …

 

Sumber Gambar:

  • Swimming Lesson – https://goo.gl/okajFa

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2016-11-29T13:41:13+00:00 March 26th, 2016|Categories: Investasi, Paper Asset|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download