Ternyata Sobat Finansialku bisa lho beli hewan kurban pakai kartu kredit. Beneran ga sih? Jadi berniat untuk berkurbar tahun ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Hukum Berkurban Pada Hari Raya Idul Adha

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri.

Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Kurban atau Qurban, yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan.

Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam saat dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah.

Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dikuatkan. Ini berdasarkan pengukuhan Imam Malik dan Imam Al-Syafi’i. Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan ibadah kurban hingga beliau wafat.

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami.

 

Setiap orang yang memiliki kemampuan (harta) untuk berkurban, tapi tidak dilaksanakan, maka ia dilarang mendekati tempat sholat Rasulullah dan majelis (kebaikan) lain.

 

Beli Hewan Kurban Pakai Kartu Kredit, Bolehkah?

Menurut Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Denpasar, Husni Abadi Bin Hasbullah Al Bali yang dikutip dalam berita Republika.co.id, beliau mengatakan bahwa berkurban menggunakan kartu kredit dibolehkan, terutama kartu kredit berbasis syariah.

Tapi, pelunasan dengan kartu kredit harus dilakukan sebelum Hari Raya Kurban.

Berdasarkan cerita Imam Sufyan ats-Tsauri, ulama salaf Abu Hatim dulu pernah berutang membeli unta untuk disembelih. Alasan beliau karena ingin menjalankan firman Allah yang artinya,

”Kalian akan mendapatkan kebaikan dari sembelihanmu.”(Tafsir Ibn Katsir, 5/426).

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing - Finansialku 04

[Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing?]

 

Nah, Sobat Finansialku yang belum punya tabungan cukup atau sulit sekali menabung, kamu bisa banget kredit hewan kurban untuk tahun depan nih.

Jangan lupa untuk melunasi kreditnya sebelum hewan kurbannya disembelih ya. Jadi, ga masalah kok kalau kamu beli hewan kurban dengan berhutang, asal syarat untuk kamu yang memiliki utang terpenuhi.

Seperti punya penghasilan dan sanggup untuk melunasi utangnya.

Sebelum ambil kredit, Sobat Finansialku bisa cek kondisi keuangan kalian lewat Aplikasi Finansialku.

Gimana kondisinya? Udah sehat belum sih? Bakalan mampu gak sih buat lunasin utangnya?

Kalian bisa menggunakan menu Financial Health Check-Up untuk mengecek kondisi keuangan kalian. Isi semua data hingga selesai lalu hitung.

Setelah kamu hitung, nanti akan keluar hasil cek kondisi keuangan kamu.

Jangan khawatir jika hasilnya masih belum cukup baik, kamu bisa langsung konsultasikan hasilnya dengan Financial Planner melalui menu konsultasi keuangan ya! Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Rencanakan Beli Hewan Qurban dan Berlombalah Dalam Kebaikan

Sobat Finansialku, meskipun kredit diperbolehkan. Alangkah lebih baik jika niat baikmu itu direncanakan dari awal. Ikuti tips pada e-Book Finansialku untuk merencanakan keuangan.

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Beli kurban bahkan bisa dengan reksa dana? Masa sih? Coba lihat penjelasannya di sini.

 

Jadi, sekarang sudah mantap kan akan berkurban di tahun depan? Oh ya, Sobat Finansialku kamu juga bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Damanhuri Zuhri. Bolehkah berkurban Pakai Kartu Kredit? Republika.co.id – https://bit.ly/39qAbCo