Menjelang Hari Raya Idul Adha, sudahkah Anda mengetahui harga hewan qurban sapi limosin dan kambing? Berikut ini 5 informasi terbaru mengenai harga hewan qurban sapi limosin dan kambing.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menyambut Hari Raya Idul Adha, Sudah Siapkah Anda Ber-Qurban?

Umat muslim di seluruh dunia khususnya di Indonesia mulai mempersiapkan hari raya Idul Adha 1438 H yang akan jatuh pada tanggal 1 September 2017 atau 10 Dzul Hijjah dalam kalender Islam. Umat muslim yang hendak berqurban tentunya dari jauh-jauh hari sudah mencari hewan yang akan diqurbankan oleh mereka.

Ada 9 Cara Terbaik Mengajarkan Anak Tentang Beramal 1 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Mengajarkan Amal kepada Anak Anda]

 

Baca terus artikel ini hingga selesai, karena kami akan membagikan perkiraan harga sapi limosin, kambing dan tips memilih hewan Qurban. 

Hewan qurban yang akan disembelih tentunya harus diperhatikan dari segi kesehatan, kesiapan, dan umurnya. Karena untuk menjadi hewan qurban, sapi ataupun kambing harus memenuhi syarat.

Ibadah qurban ini dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu, pertanyaannya Apakah Anda sudah siap Ber-Qurban?

 

Selalu prioritaskan donasi, zakat, amal pada keuangan Anda. Gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda membuat anggaran dan mencatat keuangan. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Untuk mengetahui mampu atau tidaknya kita melaksanakan qurban semula kita harus tahu terlebih dahulu harga pasaran hewan qurban yang baik dan layak untuk di qurbankan.

 

Harga Hewan Qurban: Sapi Limosin

Harga hewan qurban khususnya sapi limosin mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sebelumya, apakah Anda sudah tahu sapi limosin?

 

Sapi limosin merupakan salah satu dari beberapa jenis sapi favorit yang disukai peternak sapi untuk digemukan, dipelihara sebagai sapi kereman dan bahkan untuk dibentuk menjadi sapi ekstrim jumbo yang bisa memiliki bobot sampai diatas satu ton lebih.

Daging sapi disukai oleh banyak orang, namun harga dagingnya juga sangat mahal. Sapi limosin mempunyai harga lebih tinggi dibanding sapi lokal yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, sapi ternak yang awalnya berasal dari Perancis ini banyak dicari apalagi untuk disembelih saat pelaksanaan qurban.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing - Finansialku 01

[Baca Juga: Beramal dalam Mengatur Keuangan Keluarga dan Pribadi]

 

Harga sapi limosin untuk  bobot 600 kg – 1 ton dimulai dari Rp37.000.000, harga sapi ditentukan oleh bobot dan pasaran harga di setiap wilayah yang akan menyebabkan harga sapi berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Selain sapi limosin, masih banyak juga sapi lainnya baik impor atau pun lokal yang harganya lebih murah dari sapi limosin. Berikut gambaran harga sapi untuk qurban tahun 2017:

KelasHarga di Bulan Juli (Rupiah)Harga di Bulan Agustus (Rupiah)
A 201 – 250 kg18.000.00019.000.000
B 251 – 300 kg20.000.00021.000.000
C 301 – 350 kg23.000.00024.000.000
D 351 – 400 kg25.000.00026.000.000
E 401 – 450 kg27.000.00028.000.000
F 451 – 500 kg27.000.00028.000.000
G 501 – 550 kg33.000.00034.000.000
SuperMulai dari 37.000.000Mulai dari 37.000.000

 

Apa Keistimewaan Sapi Limosin?

Berikut ini 4 keistimewaan sapi limosin:

  1. Waktu yang dibutuhkan untuk penggemukan lebih pendek atau lebih cepat.
  2. Sapi limosin lebih tahan terhadap serangan penyakit, terutama antraks yang sering menyerang hewan ternak.
  3. Berdasarkan fakta, kualitas daging sapi limosin dinilai lebih bagus dan lezat untuk dijadikan hidangan.
  4. Nilai jual lebih mahal dibandingkan dengan sapi jenis lainya.

 

Harga Hewan Qurban: Kambing

Kambing menjadi pilihan tepat untuk dijadikan hewan qurban, terlebih untuk pemotongan kambing yang diperuntukan bagi 1 orang yang hendak ber-qurban, jadi orang yang berqurban bebas memilih kambing sesuai dengan yang diinginkan.

Pemilihan kambing saat ber-qurban pun harus diperhatikan terutama segi kesehatan kambing tersebut, hal ini harus diperhatikan karena dipercayai Hewan kurban terbaik tentu juga menjadi amalan terbaik.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing - Finansialku 02

[Baca Juga: 30 Checklist Keuangan dan Cara Menabung Usia 30 an]

 

Bayangkan saja andai ini menjadi qurban terakhir, tentu kita telah memberikan yang terbaik untuk amalan terbaik. 

Kambing menjadi hewan qurban terfavorit karena harga kambing qurban yang jauh lebih murah. Daging kambing sendiri sudah sangat bersahabat dengan lidah orang-orang Indonesia. Biasanya harga tujuh kambing hampir setara dengan harga satu sapi.

Hal inilah yang membuat banyak orang memilih untuk berkurban dengan kambing walaupun saat ini sapi pun menjadi hewan qurban favorit dengan alasan dagingnya lebih banyak dan tebal. Berikut gambaran harga kambing di tahun 2017:

KelasHarga di Bulan Juli (Rupiah)Harga di Bulan Agustus (Rupiah)
A 22 – 30 kg2.300.0002.400.000
B 30 – 40 kg2.700.0002.800.000
C 40 – 50 kg3.300.0003.400.000

 

 

Tips Memilih Hewan Qurban Untuk Idul Adha

5 Tips memilih Hewan Qurban untuk Idul Adha:

 

#1 Usia Hewan Qurban

Hewan Qurban yang baik adalah yang cukup usia, untuk kambing dan domba adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan Qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

 

#2 Tidak Memiliki Cacat

Pastikan pula hewan Qurban tersebut merupakan hewan sempurna tidak mengalami cacat. Terdapat beberapa cacat yang membuat hewan Qurban menjadi tidak sah yakni buta sebelah dan jelas sekali kebutaanya. Sakit, pincang, dan sangat kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang.

Jika tidak sah, maka hewan tersebut memiliki status sebagai daging biasa bukan menjadi Qurban.

 

#3 Memiliki Nafsu Makan Yang Baik

Kesehatan dari hewan Qurban juga perlu diperhatikan, pastikan calon hewan qurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Lebih baik lagi jika Anda menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.

 

#4 Perhatikan Setiap Organ Tubuh Hewan

Perhatikan hewan Qurban melalui mata, hidung, dan anus. Cari hewan yang bersih pada bagian mata. Kelopak mata yang berwarna pucat atau kuning tidak disarankan karena hewan yang sehat memiliki kelopak mata bagian dalam dengan warna pink.

Hidung yang terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan yang pada umumnya berwarna merah terang. Selain itu, yang terpenting adalah proporsi tubuh yang standar, untuk sapi dan kerbau tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing - Finansialku 04

[Baca Juga: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?]

 

Makna ideal bisa Anda lihat melalui kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang. Yang terakhir adalah anus, jika pada bagian anus kotor maka hewan tersebut sedang mengalami diare.

Anda perlu mengingat juga, janganlah membeli hewan qurban yang memiliki korengan karena hewan tersebut mengidap penyakit kulit sceabie yang disebabkan oleh tungau, dan kutu kecil.

 

#5 Pilih Tempat Di Mana Anda Akan Membeli

Memilih tempat dimana Anda akan membeli hewan kurban, menjadi hal yang juga tak kalah penting. Jangan membeli hewan kurban yang diternak di tempat pembuangan sampah, karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengkonsumsinya.

Pilihlah hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat stress yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

 

Selamat Anda sudah mengerti 5 tips memilih hewan Qurban. Mungkin masih ada Saudara Anda yang masih belum paham mengenai cara memilih hewan Qurban. Anda akan menjadi penolong buat mereka, jika Anda share artikel ini.  

 

Sumber Referensi

  • Redaksi. 6 Juni 2017. Harga Kambing Kurban yang Selalu Meningkat Setiap Tahunnya. Globalqurban.com – https://goo.gl/TkhA1Z
  • Redaksi. 22 Agustus 2017. 6 Ciri Khas Sapi Limosin yang Tidak Dimiliki Sapi Lain. Satujam.com – https://goo.gl/feto5Y
  • Redaksi. 8 September 2015. 6 Tips Memilih Hewan Kurban. Dompertdhuafa.org. https://goo.gl/cKodZK
  • Redaksi. 10 September 2016. Tips Memillih Hewan Qurban yang Baik. Cermati.com – https://goo.gl/gddFiq

 

Sumber Gambar:

  • Harga Sapi Idul Adha 2017 – https://goo.gl/KruPsZ dan https://goo.gl/fw1uYT
  • Kambing – https://goo.gl/dMa87F dan https://goo.gl/bhuvFm
  • Harga Kambing Idul Adha 2017 – https://goo.gl/RV4ujM
  • BerQurban – https://goo.gl/DPuLne

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up