Bagaimana cara terbaik mengajarkan anak tentang beramal? Berikut 9 cara terbaik agar anak-anak kita dapat belajar mengenai beramat/memberi kepada sesama yang akan dipaparkan dalam artikel Finansialku.com

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inspirasi untuk Memberi

Memberi adalah salah satu sikap terpuji yang patut untuk menjadi bagian dalam diri pribadi seorang manusia yang memiliki akhlak mulia. Memberi kepada sesama pun diajarkan dalam setiap agama di dunia. Kelihatannya, sikap memberi tampaknya sesuatu yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, bagaimana menularkan sikap memberi ini kepada setiap anak-anak kita semenjak mereka kecil? Berikut ini adalah 9 cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengajarkan setiap anak-anak kita bagaimana untuk memberi atau beramal, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

Ada 9 Cara Terbaik Mengajarkan Anak Tentang Beramal 2 - Finansialku

[Baca Juga: Donasi (Zakat, Perpuluhan, Derma) bersama Beruang Matahari]

 

Beberapa tahun belakangan ini, beramal dan semangat untuk memberi nampaknya merupakan salah satu kebiasaan yang semakin lazim dilakukan setiap manusia, sebagai contoh saat terjadi bencana alam, situasi perang di Irak dan aksi terorisme akhir-akhir ini. Setelah menjadi saksi akan penderitaan dan tayangan yang mengerikan melalui berita di TV, semakin banyak orang memberikan bantuan kepada para korban selamat dari setiap tragedi tersebut.

Banyak orangtua menggunakan setiap momen malapetaka tersebut untuk menjadi kesempatan dalam mengajarkan setiap anak-anak mereka untuk belajar berbagi, memberi dan beramal kepada setiap orang yang membutuhkan pertolongan. Mereka memberikan sumbangan dengan melibatkan anak-anak mereka dalam menulis jumlah nominal sumbangan sebelum dimasukkan ke dalam amplop untuk dikirimkan. Mereka mengizinkan anak-anak mereka untuk menjadi saksi dalam menyatakan belas kasihan kepada orang-orang yang tidak dikenal di seluruh dunia.

Singkatnya, setiap momen atau tragedi bencana yang terjadi dapat memberikan kesempatan untuk mengajarkan kepada anak-anak mengenai beramal. Namun, bagaimana caranya agar setiap orangtua dapat mengajarkan sikap beramal ini secara berkelanjutan? Bagaimana mengajarkan agar sikap memberi ini menjadi bagian hidup dari anak-anak mereka? Bagaimana sikap memberi ini dapat berubah menjadi suatu kebiasaan hidup?

5 Cara Jitu Menabung Yang Belum Kamu Tahu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Jitu Menabung Yang Belum Kamu Tahu!]

 

Demi menolong anak-anak Anda dalam mewujudkan kebiasaan untuk memberi/beramal, pertimbangkan setiap strategi berikut ini yang dapat diterapkan dalam keluarga Anda:

 

#1 Mendonasikan Pakaian

Cek secara rutin setiap pakaian yang ada di lemari Anda dan anak Anda. Pilih pakaian yang masih layak pakai dan donasikan kepada Yayasan Panti yang membutuhkan. Berikan contoh dan penguatan kepada anak-anak Anda untuk melakukannya. Biarkan anak Anda memilih setiap pakaian dan mainan yang akan mereka donasikan. Tujuan dari aktivitas ini tidak akan berhasil sempurna apabila mereka tidak melakukannya sendiri. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, libatkan anak-anak Anda dalam memilih setiap barang-barang yang layak pakai untuk didonasikan dan tentu saja ajak mereka untuk menyaksikan langsung dan berpengalaman dalam menyalurkan donasi tersebut secara langsung kepada orang-orang yang memerlukan.

 

#2 Membantu Tetangga

Ajak anak-anak Anda untuk terlibat dalam aktivitas yang bertujuan untuk menolong atau membantu sesama. Menyapu halaman rumah tetangga, membuat kue untuk dikirimkan kepada para pekerja sosial seperti tukang sapu atau pemadam kebakaran, merupakan aktivitas yang dapat dilakukan.

 

#3 Mendonorkan Darah

Ajak anak Anda untuk melihat Anda sebagai suatu contoh yang dapat mereka tiru seperti mendonorkan darah Anda. Berikan pemahaman kepada mereka akan pentingnya mendonorkan darah bagi orang-orang yang memerlukannya.

Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar 1 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Menabung yang Pastinya Anti Gagal]

 

#4 Perayaan Ulang Tahun Dibalut Kegiatan Amal

Buat sebuah perayaan ulang tahun yang dibalut dengan kegiatan amal. Saat anak Anda ulang tahun, minta para tamu undangan untuk memberikan kado berupa buku (baru ataupun bekas tidak masalah) yang akan didonasikan kepada lembaga sosial yang membutuhkan. Berikan pemahaman kepada anak Anda mengenai anak-anak lain yang mungkin tidak seberuntung dirinya dapat membeli buku sendiri. Ketika Anda dan anak Anda mengirimkan buku-buku sumbangan tersebut, rekam momen berharga itu dalam kamera dan saksikan rekaman tersebut dalam momen ulang tahun anak Anda di tahun-tahun berikutnya.

 

#5 Menyumbang Makanan Hewan kepada Yayasan Hewan Terlantar

Atur waktu untuk membeli makanan anjing atau kucing dan menyumbangkannya kepada Yayasan yang melayani hewan-hewan terlantar. Libatkan dan izinkan anak Anda untuk berinteraksi lebih leluasa dalam aktivitas amat tersebut.

 

#6 Mengirim Makanan kepada Tuna Wisma

Saat liburan, luangkan waktu untuk membuat kue atau makanan dan memberikannya kepada orang-orang jalanan yang tidak memiliki tempat tinggal atau tuna wisma. Libatkan anak Anda dalam mengolah atau memilih makanan yang akan diberikan kepada para tuna wisma itu

 

#7 Menjadi Agen Perubahan dengan Membuat Kotak Amal

Buatlah kotak amal dalam keluarga Anda! Setiap uang jajan yang diberikan kepada anak-anak Anda, ajak mereka untuk mengalokasikan dan memasukkan ke dalam kotak amal yang telah disediakan. Ketika dana yang terkumpul dirasa cukup, ajak anak Anda untuk membeli barang-barang yang akan didonasikan. Usahakan setiap barang yang dibeli adalah barang yang diperlukan oleh penerima sumbangan, misalnya sarung tangan untuk anak-anak yatim menjelang musim dingin. Carilah informasi melalui internet mengenai berbagai lembaga/yayasan sosial yang membutuhkan uluran bantuan/donasi.

Moms, Ajarkan Anak Cara Mengurus Uang Angpao Imlek dengan Cara Ini 2 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ajarkan Anak Cara Mengurus Uang Angpao Imlek dengan Cara Ini]

 

#8 Menolong Kaum Jompo/Tua

Berikan bantuan kepada kaum jompo yang mengalami kesulitan dalam keseharian mereka seperti menolong dalam mengambilkan tongkat atau menuntun mereka saat berjalan, memotong rumput di halaman rumah seorang nenek, mencuci mobil seorang kakek di yang tinggal di sebelah rumah, membantu membersihkan kaca jendela rumah atau menanam bunga di halaman rumah mereka.

 

#9 Melakukan Pelayanan di Rumah Ibadah

Lakukan tugas pelayanan di rumah ibadat Anda seperti membantu memotong rumput halaman atau mengumpulkan daun-daun kering. Jangan lupa untuk melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan tersebut.

Ayo Menabung Demi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Menabung Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia]

 

Memberi adalah Ibadah

Dengan mengimplementasikan berbagai cara di atas, Anda akan mengajarkan anak-anak Anda bahwa beramal tidak harus dilakukan pada saat momen-momen yang darurat saja. Anda dapat mengajarkan kepada mereka bahwa memberi kepada sesama adalah bagian dari hidup. Ketika Anda memberi kepada sesama, Anda pun memberikan pesan penting kepada anak-anak Anda mengenai semangat memberi/beramal adalah suatu ibadah.

 

Pentingkah sikap memberi ditanamkan sejak dini kepada setiap anak-anak kita? Bagikan pengalaman dan pemikiran Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Setiap informasi yang dibagikan oleh Finansialku.com dapat Anda teruskan kepada orang-orang di sekitar Anda untuk menambah wawasan mereka. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Chick Moorman and Thomas Haller. 9 Ways to Teach Your Child about Charity. Parents.com – https://goo.gl/iX8yKf

 

Sumber Gambar:

  • Teach children to donate – https://goo.gl/WWM72H
  • Children and mom – https://goo.gl/zJhiK1

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang