Bagaimana sih cara yang jitu untuk menabung? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan berbagi 5 cara jitu menabung!

 

artikel ini dipersembahkan oleh :

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Cara Jitu Menabung!

Banyak orang merasa kesulitan untuk menabung, bahasa puisitisnya: “Gaji datang dan pergi, mengisi hari-hari, tanpa ada sisa dan jejak.” Padahal Kita sebenernya sangat bisa untuk menabung, cuma Kita tidak menyadari pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Kalau mau menabung coba cek 5 cara jitu berikut, check this out!

 

Buat Rekening Tabungan dan Gaji secara Terpisah

Walaupun sedikit menambah biaya, tetapi ini cara yang ampuh. Buat dua rekening terpisah, rekening pengeluaran dan tabungan. Setiap kali gajian langsung transfer ke rekening tabungan. Kalau bisa, uang di dalam rekening tabungan di depositokan atau di investasikan ke produk reksa dana yang likuid, seperti pasar uang.

 

 [Baca Juga: Ajari Anak Menabung dengan Simpanan Pelajar]

 

Kurangi Pengeluaran

Kurangi pembelian barang-barang yang dirasa kurang perlu. Tidak menggunakan uang dan menyimpannya itu lebih baik daripada terus mencari alasan untuk membelanjakannya.

5 Cara Jitu Menabung Yang Belum Kamu Tahu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: 7 Cara Menabung Untuk Pernikahan Dengan Gaji 3 Jutaan!]

 

Pikirkan Matang-Matang Setiap Pembelian

Sebelum membeli sesuatu, biasakan tanyakan kepada dirimu sendiri apakah pembelian tersebut itu dibutuhkan atau tidak. Apakah itu kebutuhan atau keinginan. Contoh membeli kopi setiap malam adalah hal yang boros. Kalau sesekali dilakukan boleh-boleh saja, tetapi jangan setiap hari. 

 

Menawar itu Perlu

Terkadang kita perlu menawar untuk pembelian barang. Usahakan ketika menawar lakukan dengan cara yang sopan dan baik. Menawar itu perlu untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran. Atau gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon untuk pembelian makanan atau minuman.

[Baca Juga: Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang]

 

Membeli Barang Bekas

Tidak ada salahnya kan, sebelum membeli barang-barang cek dulu harga second nya. Sekarang ada banyak website yang menjual barang-barang bekas. Ga ada salahnya kamu coba lihat dan beli barang-barang bekas. Selamat berburu,

 

 

Jangan lupa bagikan tips menabung ala kamu yang keren!

 

Image Credit:

  • Saving – http://goo.gl/TlNp2J

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku