Kami menuliskan mengenai strategi untuk membayar diri sendiri terlebih dahulu. Intinya sebelum kita mengeluarkan uang untuk keperluan sehari-hari ada beberapa hal yang perlu kita bayar terlebih dahulu. Hal yang paling utama adalah membayar kewajiban kita sebagai umat beragama atau manusia untuk membantu sesama kita melalui donasi (zakat, perpuluhan derma), kemudian berinvestasi baru kemudian menggunakan untuk keperluan pribadi kita.

Capture 

 

Donasi (Zakat, Perpuluhan, Derma) sebagai Bagian Sistem Keuangan Pribadi

Menurut opini pribadi, donasi penting sebagai salah satu usaha kita untuk mengembalikan apa yang kita dapat kepada alam atau kepada sesama. Apabila kita ibaratkan keuangan pribadi sebagai sebuah sistem, tentu saja ada komponen masuk (input) dan komponen keluar (output). Salah satu komponen output adalah kegiatan social atau donasi (zakat, perpuluhan derma). Bukan masalah sebutan atau jumlahnya tetapi yang penting dari niat dan keihlasannya. Ketika memberi kita tidak berharap kita akan menerima balasannya.

Berikut ini Tim Finansialku menemui sebuah komunitas social bernama Beruang Matahari yang peduli dengan anak yatim piatu. Mari kita bahas mengenai komunitas ini.

 

Komunitas Beruang Matahari

BeruangMatahari4

Berikut ini wawancara tim Finansialku dengan Beruang Matahari:

finansialku Komunitas Beruang Matahari itu sebenarnya apa sih ?
Beruang-Matahari 

Beruang Matahari merupakan komunitas yang peduli dengan anak yatim di Bandung dengan kegiatan sosial yang sifatnya kontinyu dan berkesinambungan . Beruang Matahari berusaha untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk anak-anak yatim piatu (yang saat ini masih di kawasan Bandung). Setiap sebulan sekali, kami membina salah satu panti asuhan di Bandung dan membekali anak-anak yatim disana dengan pengetahuan dan keterampilan selama satu periode (empat bulan). Program ini merupakan program jangka panjang yang diharapkan akan memberikan hasil yang berdampak dan tepat sasaran.

Awalnya, beruang matahari ini berdiri atas inisiasi sepuluh orang. Kesepuluh orang ini merupakan teman lama waktu masa sekolah dasar. Pada saat bulan puasa tahun 2010, kami mencetuskan ide untuk menggelar acara buka bersama dengan anak-anak yatim. Dari acara buka bersama ini, kami kemudian mendapatkan antusiasme besar dari sahabat-sahabat dan teman terdekat kami. Akhirnya, kami berhasil membuat dua kali acara buka bersama dengan anak-anak yatim. Setelah itu, kami kembali berkumpul dan berpikir bagaimana kalo kita buat saja acara rutin setiap bulan mengunjungi panti asuhan. So, after that, here we are, Beruang Matahari ready to serve the orphanages in Bandung . :)  (Sesungguhnya kami pengen banget berkembang di kota-kota besar lainnya)

   
finansialku Siapa saja anggotanya ?
Beruang-Matahari Kami mengganggap anggota-anggota kami adalah para followers kami di twitter dan teman-temen yang sering ikut berpartisipasi dan ikut kegiatan-kegiatan beruang matahari secara aktif atau pun pasif. Saat ini kami terdiri dari mahasiswa, siswa sekolah, kaum profesional bahkan ibu rumah tangga. Jadi siapa pun yang tertarik bergabung, kami sangat membuka lebar tangan ini. Kami percaya, setiap uluran tangan yang diberikan, memberikan makna yang mendalam bagi mereka. 
  

 

orang-tua-jangan-sampai-salah-mengajarkan-keuangan-kepada-anak-finansialku[Baca juga : 5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney]

finansialku Apa saja kegiatan-kegiatan yang pernah di lakukan oleh komunitas ini ?
Beruang-Matahari 

Program kami masih berfokus pada pemberian bekal dan pengetahuan kepada anak-anak yatim. Setiap empat bulan sekali, dengan frekuensi pemberian materi sebulan sekali, kami mengunjungi salah satu panti di Bandung. Pada setiap kunjungan ke salah satu panti ini, kami memberikan pembekalan yang terintegrasi. Tahun lalu, kami memberikan pelatihan sebagai berikut:Pertemuan 1   –   Pentingnya kerjasama tim (team work) dan melatih sportivitas diri sendiri, disini juga anak-anak yatim belajar mengenai pengendalian diriPertemuan 2   –   Eksplorasi ide melalui gambar dan tulisan, disini anak-anak yatim juga mengasah kreativitas merekaPertemuan 3   –   Setelah mereka memiliki konsep ide mereka, mereka dilatih untuk dapat mengungkapkan ide mereka kepada orang lain melalui teknik seni berbicara depan orang banyak

Pertemuan 4   –   Pengungkapan ide melalui media drama. Disini selain mereka terlatih untuk lebih percaya diri untuk tampil di depan orang banyak, mereka juga mendapatkan seni drama

   
finansialku Cerita yang paling berkesan dan tidak bisa dilupakan ? 
Beruang-Matahari Kami sempat mendapat kesempatan untuk bekerjasama dengan djarieschool, mereka memberikan kami pengajaran dari seorang yang ahli di bidang untuk bercerita tentang keahliannya yaitu seni berbicara depan orang banyak. Pada saat itu, pemberi materi kami tersebut bernama Banyu, seorang MC dan penyiar di salah satu TV dan Radio Swasta. Beliau memberikan materi dengan apiknya, sehingga semua anak-anak terpukau dan tercengang dibuatnya. Anak-anak pun terlihat sangat excited dengan materi yang diberikan. Di akhir acara, mereka juga sempat menampilkan hasil pembekalan yang diberikan Kak Banyu dengan belajar berbicara di depan orang banyak. Hasilnya? Jangan tanya, anak-anak yatim itu sangat berbakat menjadi seorang MC atau penyiar. ;)
   
finansialku Apakah sudah pernah mendapatkan prestasi tertentu ? 
Beruang-Matahari Prestasi tertentu sampai saat ini belum. Yang jelas, kami akan terus berusaha meningkatkan kegiatan sosial kami agar berdampak lebih baik lagi dan lebih luas lagi. Saat ini kami sudah sempat diwawancarai oleh beberapa Radio Swasta di Bandung dan sempat masuk menjadi artikel sebuah majalah/blog hijab online. 
   
finansialku Apakah pembaca Finasialku bisa  bergabung dengan Komunitas Beruang Matahari ini ? Apa saja syaratnya ?
Beruang-Matahari TENTU! Kami sangat terbuka dengan siapapun yang ingin bergabung dengan kami. Syarat: tidak ada, yang penting mau memberikan sumbangan tenaga ataupun materi, sehingga kami bersama-sama dengan semua anggota komunitas Beruang Matahari dapat menumbuhkan senyuman di wajah para anak-anak yatim di Bandung ini. :) Silakan isi formulir untuk pendaftaran.

 

Berikut ini video acara dari Beruang Matahari

 

Acara terbaru dari Beruang Matahari adalah:

Untitled-1

Anak yatim berkesempatan rekreasi ke Trans Studio Bandung

Yuk Bantu Anak Yatim Bandung Bersama Komunitas “Beruang Matahari”

Saat ini Beruang Matahari hendak berulang tahun ke usianya yang ke-1. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati setahun usia Beruang Matahari, kami akan mengadakan acara dengan mengundang 1000 anak yatim untuk berbagi kebahagiaan bersama. Acara tersebut bernama, “One Heart for a Thousand Smiles” (OHFATS 2013).

Tujuan acara diselenggarakannya OHFATS 2013 memberikan kegiatan positif pada anak-anak panti asuhan dalam bentuk berbagi kebahagiaan dengan Ngabuburit, Buka Bersama, Aktifitas Kreatif dan tetap tidak meninggalkan unsur religi dengan pemberian Syiar/Dakwah dari Ustadz yang dikemas secara menarik, aktual, interaktif dan mencerahkan.

Oleh karena itu, kami sangat mengajak para Bapak/Ibu, Akang/Teteh, Adik-Adik, Teman-Teman untuk dapat turut berpartisipasi dalam acara ini. Yuk donasi! Mari kita ceriakan anak-anak panti asuhan itu dengan Ngabuburit Bareng di Trans Studio Mall.

Kapan dan dimana?

Hari/Tanggal : Sabtu, 20 Juli 2013
Tempat : Trans Studio Bandung
Waktu : 13.00 – 19.00
Donasi : Hanya Rp 200.000