Bagaimana cara mengelola atau mengalokasikan uang THR yang didapat pada bulan Ramadhan ? Berikut ini 5 cara alokasi THR di bulan Ramadhan ala HaloMoney.  

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Cara Mengelola Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu pada bulan Ramadhan adalah uang THR (Tunjangan Hari Raya). Apakah Anda sudah mendapatkan uang THR Anda?

Jika ya, apakah Anda sudah tahu cara mengalokasikan uang THR Anda? Berikut ini adalah 5 cara mengalokasikan uang THR ala HaloMoney.

5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Dana Mudik Tanpa Utang, Bisa Kok!]

 

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa persiapan alokasi THR perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindari kesalahan pengaturan keuangan saat memasuki bulan Ramadhan.

“THR merupakan berkah yang perlu dikelola dengan bijak. Jika Anda tidak merencanakan alokasi THR sejak dini, maka Anda bisa saja menggunakan THR untuk kebutuhan-kebutuhan konsumtif. THR dan gaji bulanan harus dipisah untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan di bulan Ramadhan,” kata Jay.

 

Seperti yang dikatakan oleh Jay, Anda perlu memisahkan antara anggaran gaji dan THR. Gunakan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Awas pengeluaran saat bulan puasa bisa jadi meningkat, Anda perlu mempersiapkan dengan baik. Bagaimana cara membuat alokasi THR ? Berikut ini penjelasannya:

 

Pertama: Alokasikan untuk Zakat

Alokasi pertama dan yang paling penting adalah Zakat. Sesuai dengan ajaran Agama, Zakat memiliki perhitungan yang harus Anda ikuti. Jadi usahakan agar Anda mengikuti aturan dan ajaran. 

 

Kedua: Prioritaskan Tabungan dan Investasi

Biasanya orang menggunakan uang THR untuk belanja ini, itu dan mungkin Anda juga begitu kan? Nah coba lakukan sesuatu yang berbeda pada tahun ini. Gunakan uang THR 10% sampai dengan 20% untuk menabung dan berinvestasi. Uang THR ini dapat menambah pundi-pundi investasi. Ingat selalu prioritaskan menabung dan berinvestasi. 

[Baca Juga: Ide Bagus, Gunakan THR untuk Berinvestasi]

 

Ketiga: Bayar Utang, Kredit dan Cicilan

Jika Anda saat ini masih memiliki utang, cicilan atau tagihan yang masih belum terbayar, sebaiknya Anda gunakan uang THR Anda untuk membayar utang tersebut. Jika Anda saat ini sudah bebas dari utang (terlebih utang konsumtif), maka Anda dapat fokus menyiapkan dana darurat. 

Cara Melunasi Hutang, Kredit dan Cicilan [Flowchart] - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Download FlowChart : Cara Melunasi Utang Konsumtif]

 

Keempat : THR Asisten Rumah Tangga dan Uang Lebaran 

Salah satu pengeluaran yang cukup besar adalah THR untuk asisten rumah tangga dan uang lebaran untuk sanak saudara. Biasanya alokasi untuk dana ini bisa memakan 40% – 50% uang THR kita. Asalkan Anda sudah membuat alokasi dari awal, pengeluaran ini tidak terlalu menjadi masalah. 

[Baca Juga: Mau Sehat Keuangan Selama Bulan Ramadhan, Baca 8 Tips Ini]

 

Kelima : Pakaian Baru dan Jamuan Lebaran 

Sisa uang THR dapat Anda habiskan untuk membeli pakaian baru dan mempersiapkan jamuan lebaran. Tetapi ingat, jangan terlalu memaksakan semua serba baru, terlebih harus berutang. Pastikan Anda tetap memegang kontrol atas keuangan Anda. 

[Baca Juga: Kenapa Penting Memegang Kontrol Keuangan Anda?]

 

Berkah Ramadhan, Menjadi Lebih Bermakna Jika Dikelola dengan Bijak

Mengelola uang THR dengan bijak, tentu memberikan nikmat dan makna yang lebih dalam. Dibandingkan untuk berfoya-foya atau gengsi setiap hari makan di restaurant, sebaiknya uang THR digunakan untuk donasi, menabung, berinvestasi, membantu melunasi utang dan memberikan THR kepada asisten rumah tangga.

 
 
Sudahkah Anda membuat anggaran untuk alokasi uang THR 

 

Sumber Gambar

  • Charity – http://goo.gl/tN3bRC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang