Bagaimana cara mempersiapkan dana mudik? Jangan sampai Anda liburan pulang kampung dengan dana utang. Liburan paling 1 minggu, bayar utang bisa lebih dari 2 bulan. Sangat tidak disarankan! 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Persiapkan Dana Mudik Tanpa Utang

Bulan ini adalah bulan puasa dan diakhir puasa, ada sebuah hari yang disebut dengan hari kemenangan. Kemenangan melawan hawa nafsu dan perbuatan buruk lainnya. Orang-orang Muslim merayakan hari Kemenangan tersebut dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Berkumpul bersama dengan keluarga besar di hari Lebaran. 

[Baca Juga: Mau Sehat Keuangan Sebelum Lebaran, Ikuti 8 Hal Ini]

 

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa persiapan untuk mudik perlu dilakukan sejak jauh hari, tidak terbatas pada saat mulai memasuki bulan puasa saja.

“Mudik adalah tradisi yang rutin dilakukan setiap Lebaran. Bagi yang akan mudik, persiapan biaya sebaiknya dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menghindari mudik dengan utang. Tentu akan sangat disayangkan jika kita harus kembali beraktivitas setelah mudik sambil dihantui perasaan tidak enak karena harus melunasi utang,” kata Jay.

 

Bagaimana cara mempersiapkan dana mudik tanpa menggunakan utang? Berikut ini 4 langkah sederhana yang dapat Anda lakukan:

 

#1 Buat Perencanaan Mudik

Langkah pertama, Anda perlu mempersiapkan rencana mudik Anda. Mulai dari kemana tujuan Anda, berapa lama, naik kendaraan apa, apa saja yang dibawa (oleh-oleh), kegiatan selama di kota tujuan Anda, tempat tinggal (akomodasi), pengeluaran untung sanak saudara, kerabat dan orang tua. Buat list yang lengkap, agar Anda dapat mempersiapkan rencana Anda dengan baik. 

[Baca Juga: Merencanakan Dana Penrjalanan Liburan]

 

#2 Susun Anggaran Perjalanan Anda

Setelah Anda mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan, saatnya Anda menentukan anggaran. Berapa yang Anda siapkan untuk menyewa mobil, menginap di hotel, membeli makanan, dana untuk oleh-oleh dan lain sebagainya. Anggaran ini sangat penting, agar Anda tidak salah dan tidak kebablasan mengeluarankan uang. Ingat jangan mengedepankan emosi saat menyusun anggaran dan ajak pasangan serta anak-anak menyusun anggaran perjalanan Anda. Lakukan anggaran, agar Anda memiliki kontrol atas keuangan Anda selama liburan. 

 

Tambah Pengalaman dari Perjalanan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Membuat Anggaran Keuangan]

 

#3 Mempersiapkan Dana Mudik

Tahapan ketiga adalah: persiapkan dana untuk mudik. Tentunya Anda akan mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) dari perusahaan. Gunakan sebagian dana THR untuk dana mudik. Selain itu Anda dapat menggunakan dana yang sudah Anda anggarakan untuk perjalanan tahunan keluarga.

 

[Baca Juga: Jangan Pernah Menyisihkan Pendapatan untuk Tabungan dan Investasi]

 

Ow ya, seharusnya pengeluaran Anda saat bulan puasa harusnya berkurang, karena pengeluaran Anda untuk makan berkurang. Sayangnya dari zaman dahulu, sampai sekarang pengeluaran makanan saat bulan puasa malah bertambah. Hal ini dikarenakan seringnya buka puasa di restaurant bersama teman-teman. Idealnya Anda mulai menahan pengeluaran-pengeluaran tersebut dan uang yang seharusnya untuk makan-makan digunakan untuk menambah donasi (Zakat). Tidak ada salahnya juga uang untuk makan-makan, juga bisa dihemat untuk dana Mudik. 

 

#4 Jalankan Rencana Anda

Setelah Anda melakukan perencanaan dana mudik, langkah terakhir adalah jalankan rencana Anda. Libatkan anak-anak dan pasangan dalam menjalankan rencana tersebut. Jangan sok gengsi, mau tampil hebat terus: pulang harus pakai mobil mewah, bawa oleh-oleh yang banyak, menginap di hotel mewah dan lain sebagainya. Anda tahu kapasitas Anda dan Anda perlu memprioritaskan mana yang lebih penting untuk Anda. 

[Baca Juga: Ga Mau Dikatain Makan tu Gengsi, Hindari 9 Hal Ini]

 

Dana Mudik Tersedia, Libuan Aman

Pastikan Anda mempersiapkan dana mudik secepatnya, agar Anda tidak terjebak dengan utang. Masa liburan cuma 1 minggu, abis itu nyicil utang sampai 3 bulan. Ga seru kan?

Selamat menunaikan ibadah Puasa untuk teman-teman beragama Muslim. Semoga teman-teman dapat menikmati Kemenangan yang sesungguhnya di hari Kemenangan.

 

Apakah Anda memiliki strategi khusus menyiapkan dana mudik ?

 

Sumber Gambar

  • Mudik Cipali http://goo.gl/PzpJ8Q

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang