Bagaimana cara sehat keuangan sebelum Lebaran? Berikut ini 8 tips sehat keuangan yang dapat Anda mulai jalankan.  

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

8 Solusi Sehat Keuangan Sebelum Lebaran

Tidak terasa puasa akan segera datang dan tentu saja artinya Lebaran juga sudah dekat. Menjelang Lebaran, para karyawan mendapat bonus THR (tunjangan hari raya), pebisnis juga mengalami kenaikan omzet penjualan. Kira-kira bagaimana cara memanfaatkan uang tambahan tersebut supaya bisa sehat keuangan?

Mau Sehat Keuangan Sebelum Lebaran Ikuti 8 Tips Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

 

Langsung saja, tips-tips untuk sehat keuangan menjelang Lebaran:

Tips #1 : Cek Kondisi Keuangan

Apakah Anda tahu, sekarang ini kondisi keuangan Anda dalam keadaan sehat? sakit? atau kritis? Sebelum Anda melakukan yang lain, pertama-tama cek dulu kesehatan keuangan Anda. Ketahui berapa persen pengeluaran investasi dan tabungan? Berapa persen utang dibandingkan dengan aset? dan lain sebagainya. 

[Baca Juga: Cek Kesehatan Keuangan Keluarga]

 

Tips #2 : Susun Anggaran

Apakah Anda tahu dimana letak kebocoran keuangan Anda? Berapa jumlah uang yang Anda investasikan setiap bulannya? Berapa pengeluaran bulanan Anda untuk makan dan bersosialisasi? Nah kalau Anda masih bingung atau tidak tahu, itu tandanya Anda tidak memiliki anggaran. Sebaiknya Anda mengenali fungsi dan manfaat anggaran untuk mengelola keuangan Anda. Ow ya ikuti juga saran Li Ka Shing dalam mengelola anggaran keuangan keluarga. Beliau adalah orang terkaya di HongKong, siapa tahu Anda bisa ketularan kaya dengan mengikuti sarannya.  

 

Tampilan Anggaran Keuangan Keluarga Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga:  Apa Itu Anggaran dan Apa Manfaatnya?]

 

Tips #3 : Lunasi Hutang

Apakah Anda masih memiliki utang konsumtif: kartu kredit, cicilan ini itu atau KTA? yuk cepat-cepat dilunasi, mumpung ada dana tambahan dari THR. Inget ya jumlah maksimal utang adalah 30% dari penghasilan. Sebisa mungkin Anda hindari tuh namanya utang-utang konsumtif. Jika Anda bingung cara memperbaiki utang, kami akan bantu Anda strateginya. 

[Baca juga:  6 Cara Bebas Utang dengan Cepat] 

 

Tips #4 : Pilih Investasi Tepat

Setiap perencana keuangan dan ahli keuangan, selalu memberikan nasehat untuk berinvestasi. Pertanyaannya: Apakah Anda sudah pernah mendengar nasehat tersebut? Pertanyaan kedua: Apakah Anda sudah berinvestasi dengan tepat? Nah ini, tidak semua orang mau berinvestasi, karena banyak alasan: sulit, ga ada duitnya, ga ada waktu, malas dan lain sebagainya. Jangan-jangan Anda tidak berinvestasi, karena mendengar mitos-mitos yang salah mengenai investasi. Nah ikuti saran baru ini: Jangan SISIHKAN uang untuk investasi dan tabungan, kalau Anda mau sejahtera. Iya betul, Jangan SISIHKAN.

[Baca Juga: Kalau Mau Sehat Keuangan dan Sejahtera, Jangan SISIHKAN uang untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

Tips #5 : Pilih Asuransi

Apakah Anda tahu, banyak orang menganggap membeli asuransi itu pengeluaran yang tidak berguna. Hal ini disebabkan karena tidak banyak orang yang tahu manfaat asuransi sebenarnya. Apakah Anda pernah mendengar kasus pebisnis sukses atau artis yang harus jual rumah, mobil karena sakit keras? Hal itu disebabkan karena mereka harus membiayai biaya berobat yang mahal. Tentunya Anda tidak mau kan harus mengalami hal tersebut? Jadi jawabannya, Anda butuh ….

[Baca Juga: 5 Langkah Kecil untuk Menjadi Lebih Kaya dan Sejahtera]

 

Tips #5 : Miliki Dana Cadangan

Apakah Anda memiliki dana darurat atau dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang mendadak? Jangan mau kalah donk, mobil saja punya ban cadangan, masa Anda tidak punya dana cadangan? Eits jangan pernah mencadangkan uang dari pinjaman koperasi, pinjaman kantor, KTA, kartu kredit dan lain sebagainya. Ayo mumpung sebentar lagi terima THR, Anda perlu menyiapkan dan darurat yang besarnya 3x – 12x pendapatan Anda. 

 [Baca Juga: Yuk Lunasi Utang Kartu Kredit dan Siapkan Dana Darurat]

 

Tips #7: Ubah Kebiasaan Buruk

Tahukah Anda, apa saja yang dapat menyebabkan seseorang sudah menjadi kaya atau sehat keuangan? Tenyata salah satu permasalahannya adalah karena mindset (ini ada 90 mindset yang salah) atau cara mengelola keuangan yang salah. Oleh sebab itu Anda perlu memperbaiki mindset yang salah dan mulai membangun kesejahteraan.

 [Baca Juga: 90+ Cara Milliarder Mengelola Keuangan yang Harus Anda Tiru]

 

Tips #8 : Komitmen

Pertanyaan terakhir dan paling penting: Apakah Anda adalah orang yang memiliki komitmen untuk kesejahteraan Anda  sendiri? Apakah Anda cukup memiliki kemauan dan memperjuangkan keuangan Anda? Tidak banyak lho orang yang memiliki komitmen, dan kami berharap Anda bukan salah satunya. Setiap orang siapun Anda, apapun profesinya, berapapun gajinya berhak untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

  • Anda berhak untuk membeli rumah pertama Anda.
  • Anda berhak untuk membeli kendaraan.
  • Anda berhak untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak Anda.
  • Anda berhak untuk jalan-jalan ke tempat yang Anda impikan.
  • Anda berhak untuk pensiun aman, nyaman dan tidak perlu cemas.
  • dan Anda perlu MEMPERJUANGKANNYA, karena perjuangan Anda akan sangat berharga.
 

Awas Jangan Lengah, Cermati Penggunaan Uang Anda

Punya uang banyak, biasanya godaan makin besar. Mau beli ini, mau beli itu dan lain sebagainya. Nah cermati pengguanan uang Anda, jangan boros atau membeli sesuatu yang konsumtif. Gunakan bonus Anda untuk membeli barang-barang yang lebih produktif. 

 

Apakah Anda sudah memiliki rencana membelanjakan Tunjangan Hari Raya ?

 

Sumber Gambar

  • Run – http://goo.gl/hdNd6M

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang