Konsultasi: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?

 

Apa manfaat asuransi perjalanan Haji dan Umroh? Indonesia memiliki mayoritas penduduk yang beragama muslim dan sering sekali menjalankan ibadah Umroh ke Tanah Suci. Ketika mereka melakukan perjalanan Haji dan Umroh tersebut, banyak sekali risiko yang dapat terjadi. Oleh karena itu, adanya suatu perlindungan akan membuat perjalanan Haji dan Umroh menjadi lebih tenang dan tentram. Salah satu perlindungan yang dapat diambil adalah dengan asuransi perjalanan Haji dan Umroh. Apa manfaat asuransi perjalanan Haji dan Umroh itu?

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Apa Manfaat Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh?

Salah satu teman kami di Facebook bertanya mengenai hal berikut:

Konsultasi Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya 03 - Finansialku

 

Pertanyaan: Selamat siang Finansialku. Saya ingin bertanya mengenai asuransi Haji dan Umroh. Bolehkah saya mengetahui apa manfaat yang saya dapatkan jika saya menggunakan asuransi Haji dan Umroh saat saya melakukan perjalanan nanti? Terima kasih.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan silakan like Facebook Finansialku dan kirimkan pertanyaan Anda.

 

Jawab:

Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan atas segala risiko yang dapat muncul selama melakukan perjalanan Haji, seperti kecelakaan, meninggal dunia, perawatan medis, sampai kehilangan barang atau harta benda. Asuransi perjalanan Haji dan Umroh merupakan produk asuransi yang dikembangkan secara syariah oleh setiap perusahaan asuransi. Asuransi Syariah adalah sebuah sistem dimana para peserta mendonasikan sebagian atau seluruh kontribusi atau premi yang mereka bayar untuk digunakan membayar klaim atas musibah yang dialami oleh sebagian peserta.

Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Haji Untuk Perlindungan Diri Saat Naik Haji]

 

Pengertian Asuransi Syariah berdasarkan Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

 

Manfaat-manfaat Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh

Apa saja manfaat-manfaat dari asuransi perjalanan Haji dan Umroh? Berikut ini penjelasan dari manfaat yang akan Anda peroleh, yaitu:

 

#1 Meninggal Dunia

Manfaat ini memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan apabila peserta/tertanggung meninggal dunia selama dalam masa perjanjian asuransi tersebut. Karena masa menabung untuk perjalanan Haji dan Umroh yang cukup lama, peserta/tertanggung dapat saja meninggal dunia terlebih dahulu atau mungkin saja peserta meninggal dunia selama menunaikan Haji dan Umroh di sana. Karena alasan apapun, selama dalam masa perjanjian asuransi perjalanan Haji dan Umroh ini, maka pihak ahli waris akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan untuk kedukaan yang dialami. Uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk dana yang berhubungan dengan kedukaan.

 

#2 Kecelakaan

Manfaat ini memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan apabila peserta atau tertanggung mengalami kecelakaan selama di perjalanan. Manfaat kecelakaan ini akan memberikan uang santunan kepada ahli waris apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan, cacat karena kecelakaan atau dirawat di rumah sakit karena kecelakaan.

Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya!]

 

#3 Perawatan Medis

Manfaat ini memberikan perlindungan berupa perawatan medis yang disebabkan karena kecelakaan atau sakit penyakit selama melakukan perjalanan Haji dan Umroh. Perawatan medis ini menyangkut biaya pengobatan, biaya rawat inap atau biaya-biaya lainnya yang mungkin timbul selama melakukan perjalanan Haji dan Umroh di sana. Biaya ini biasanya akan ditanggung terlebih dahulu oleh peserta, yang nantinya setelah kembali dari perjalanan Haji, peserta dapat melakukan klaim ke perusahaan asuransi yang bersangkutan. Tentu saja segala dokumen dan kelengkapannya harus dipersiapkan terlebih dahulu, supaya ketika kembali dari perjalanan Haji, tidak ada dokumen yang tertinggal untuk melakukan klaim.

 

#4 Evakuasi Medis dan Repatriasi

Manfaat ini memberikan jaminan kepada peserta untuk dapat kembali ke kota asalnya jika di dalam perjalanan Haji dan Umroh, peserta mengalami sakit atau kecelakaan yang serius atau bahkan sampai meninggal dunia. Seluruh biaya evakuasi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan. Evakuasi medis ini juga dapat berupa evakuasi jenazah ke tanah asal mereka.

 

#5 Uang Tunai

Ini adalah salah satu manfaat yang cukup diperhatikan oleh para peserta Haji. Asuransi perjalanan Haji biasanya digunakan sekaligus untuk menabung dana yang diperlukan untuk melakukan perjalanan Haji dan Umroh. Dana tunai yang ada di asuransi perjalanan Haji adalah dana tunai dengan jumlah yang dijamin yang dapat dicairkan di tahun tertentu sesuai dengan perjanjian. Dana tersebut besarnya beragam sesuai dengan jumlah premi tabungan yang disepakati pada saat mengambil asuransi perjalanan Haji tersebut. Dana tunai ini dapat digunakan sebagai uang saku atau dana perjalanan Haji secara keseluruhannya.

mau-siapin-dana-naik-haji-kenalin-badan-pengelola-keuangan-haji-1-finansialku

[Baca Juga: Mau Siapin Dana Naik Haji? Kenali Badan Pengelola Keuangan Haji]

 

#6 Bagasi dan Harta Benda Pribadi

Manfaat bagasi dan harta benda pribadi adalah manfaat perlindungan berupa ganti rugi apabila peserta mengalami kerusakan atau kehilangan bagasi dan atau harta benda pribadi selama melakukan perjalanan Haji dan Umroh.

 

Contoh Produk Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh

Beberapa contoh produk asuransi perjalanan Haji dan Umroh, yaitu:

 

Asuransi Takaful Dana Haji dan Umroh

Manfaat Takaful Dana Haji dan Umroh, dimana pada akhir perjanjian peserta akan memperoleh:

  1. Dana rekening tabungan yang telah disetor .
  2. Bagian keuntungan atas hasil investasi rekening tabungan (mudharabah).

Bila peserta mengundurkan diri sebelum perjanjian berakhir, maka peserta akan memperoleh: 

  1. Dana rekening tabungan yang telah disetor.
  2. Bagian keuntungan atas hasil investasi rekening tabungan (mudharabah).

Bila peserta meninggal dunia dalam masa perjanjian, maka ahli warisnya akan memperoleh:

  1. Dana rekening tabungan yang telah disetor.
  2. Bagian keuntungan atas hasil investasi rekening tabungan (mudharabah).
  3. Selisih dari manfaat Takaful awal (rencana menabung) dengan kontribusi (premi) yang sudah dibayar.

 

Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar]

 

Amanah Haji Umroh Sun Life Financial

Sun Life Syariah siap untuk membantu masyarakat Indonesia melalui produk ini agar bisa mewujudkan impian mereka untuk bisa menunaikan Rukun Islam Kelima tersebut. Persyaratan minimum untuk mendaftar menjadi anggota adalah mengambil kontribusi sebesar Rp8 juta dengan berbagai macam manfaat yang ditawarkan antara lain:

  1. Mendapatkan santunan berupa uang jaminan untuk rawat inap apabila selama menjalani Umroh nasabah mengalami sakit ataupun kecelakaan.
  2. Mendapatkan uang saku untuk menjalankan ibadah Umroh di Tanah Suci.
  3. Apabila nasabah meninggal dunia sebelum menjalankan ibadah Umroh, maka dana saldo akan dikembalikan lagi sepenuhnya dengan biaya santunan.

Batasan waktu produk Asuransi Jiwa Amanah Haji dan Umroh ini adalah sampai dengan 20 tahun. Keuntungan atau kelebihan produk ini bagi nasabah adalah selama di Tanah Suci, nasabah mendapatkan perlindungan rawat inap apabila jatuh sakit, kemudian juga mendapatkan uang saku dan melakukan klaim apabila sudah kembali dari tanah suci. Dan apabila nasabah ternyata sudah lebih dahulu meninggal dunia sebelum sempat menunaikan ibadah Haji, maka nasabah almarhum tersebut bisa diberikan fasilitas badal Haji (menghajikan orang yang sudah meninggal dunia).

 

Allianz Tasbih

Beberapa manfaat diberikan kepada nasabah Tasbih antara lain:

  1. Penggantian uang kerugian berupa santunan apabila pemegang polis meninggal dunia akibat sakit ataupun kecelakaan.
  2. Mendapatkan evakuasi medis secara darurat.
  3. Menerima santunan sebesar 200% apabila pemegang polis meninggal dunia selama perjalanan Umroh.
  4. Nasabah dapat mengambil seluruh nilai saldo pada akhir masa perjanjian.

 

Donatur Pertanyakan Dana Donasi yang Digalang oleh Cak Budi via Media Sosial 1 - Finansialku

[Baca Juga: Donatur Pertanyakan Dana Donasi yang Digalang oleh Cak Budi via Media Sosial]

 

Rencanakan Perjalanan Haji dan Umroh Dengan Baik

Asuransi perjalanan Haji dapat sangat membantu Anda untuk melakukan perjalanan Haji dan Umroh. Tetapi hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah melakukan perencanaan perjalanan Haji Anda sebelum memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Manfaat-manfaat asuransi perjalanan Haji memiliki keberagaman manfaat yang merupakan satu paket di dalam produk perjalanan Haji yang ditawarkan.  Oleh karena itu, Anda harus tahu apakah manfaat yang ada di dalam asuransi perjalanan Haji tersebut sesuai dengan perencanaan perjalanan Haji Anda. Selamat merencanakan perjalanan Haji Anda!

 

Apakah Anda sedang merencanakan perjalanan Haji dan Umroh? Apakah asuransi perjalanan Haji dapat membantu Anda? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Fakta Peluang Usaha. 12 November 2016. 7 Produk Asuransi Haji dan Umroh Indonesia. – https://goo.gl/TR1wmK

 

Sumber Gambar:

  • Naik Haji – https://goo.gl/shpqfO
  • Dana Perjalanan Umroh – https://goo.gl/vwt1Gg

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment